kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser

Review Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 6 Juni 2021

Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser adalah satu dari dua produk perawatan kulit premium Viva untuk kulit sensitif. Sebelumnya, Kamini sudah pernah mengulas Viva White Gentle Care Face & Body Moisturizer.

Jadi, kedua produk ini 'lahir' berbarengan, seperti anak kembar yang tidak bisa dipisahkan. Setelah mencuci muka dan mandi dengan Face & Body Cleanser, langsung gunakan Moisturizer-nya di seluruh tubuh. Ya, sama seperti pelembabnya, Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser for Sensitive Skin ini dapat digunakan untuk wajah maupun badan.

Menurut Viva, produk ini diformulasikan dengan bahan-bahan spesial yang free sulphate. Viva juga menggunakan Mild Surfactant Technology sehingga cleanser-nya dapat membersihkan kulit secara maksimal dengan lebih aman dan lembut, tanpa mengiritasi kulit. Penasaran dengan produknya? Simak ulasan selengkapnya dari Kamini di bawah ini.

Tentang Produk

Kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra, dan biasanya orang tidak hanya sensitif di satu titik saja, tapi di seluruh tubuh juga. Untuk itulah Viva menciptakan produk ini. Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser adalah pembersih kulit wajah dan tubuh yang telah teruji klinis dan secara dermatologis.

Face & Body Cleanser dari Viva White Gentle Care ini diperkaya dengan kandungan Aloe Vera Juice dan Bisabolol. Kedua zat tersebut disukai karena dapat melembabkan kulit dengan baik sambil membantu meringankan kemerahan karena memiliki sifat ant- irritant. Dengan produk ini, kulit sensitifmu akan senantiasa bersih, lembut, sehat, dan terawat.

Klaim & Benefit

Produk ini diformulasikan dengan beberapa keunggulan untuk kulit sensitif, seperti Mild Ingredients, Mild Cleansing Agent, pH balanced, 0% Paraben, 0% Alcohol, 0% SLES, 0% SLS, Allergen Free Fragrance, dan No Color Additive.

Viva juga memastikan produknya telah lulus dermatologically tested, sehingga Cleanser ini aman buat semua jenis kulit terutama untuk kulit sensitif.

Kemasan

Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser memiliki kemasan yang 100% sama dengan Moisturizer-nya. Jadi, jangan sampai salah beli atau salah pakai, ya. Perhatikan dulu kalau yang buat cuci muka dan mandi itu yang ada tulisan Cleanser di kemasannya.

Produk yang saya punya ini kemasan kecil, yaitu 125 ml, jadi mudah digenggam dan bisa dibawa ke mana-mana. Selain ukuran 125 ml, produk ini juga tersedia dalam size 500 ml (dengan botol pump). Kalau yang besar lebih cocok buat penggunaan di rumah tentunya.

Di bagian belakang kemasan Cleanser ini terdapat penjelasan singkat mengenai produk, key point produk, cara pemakaian, dan bahan-bahan pembuatan produk. Terus, ada juga perusahaan dan masa expired produk. Setiap produk yang baru datang memiliki tanggal kedaluwarsa yang panjang, sekitar dua tahunan.

Bentuk tutupnya flip top, sudah sangat tepat karena packaging botolnya itu pipih. Kebayang kalau pakai tutup ulir, tidak cocok plus pasti ribet dan isinya lebih gampang tumpah.

Kalau flip top kan kencang dan kuat, jadi lebih tahan banting. Corong lubangnya cukup kalau menurut saya, tidak kebesaran tidak juga kekecilan sehingga produk yang keluar bisa diatur dengan pas. Good job, Viva!

Ingredient List

Ingin tahu ada apa saja bahan-bahan pembentuk Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser? Kamini akan membahasnya di bawah ini. Pertama dalam format bahan-bahan lengkap, kemudian kami akan menjelaskan beberapa bahan penting di dalam produk ini.

  • Full Ingredients

Aqua, Cocamidopropyl Hydroxysultaine, Sodium Cocoyl Isethionate, Disodium Cocoyl Glutamate, Butylene Glycol, Lauryl Glucoside, Glycerin, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Propanediol, Glycol Distearate, Perfume, Phenoxyethanol, Sodium Chloride, Citric Acid, Sodium Cocoate, Ethylhexylglycerin, Bisabolol, Triethylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Juice.

  • Key ingredients

Selain bahan-bahan di atas, ada beberapa bahan lainnya yang dijadikan sebagai 'kunci' dari produk ini. Apa saja itu? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Gliserin

Ini adalah bahan yang identik dengan kulit. Gliserin merupakan pelembab alami yang ada di kulit kita. Dengan menambahkan zat Gliserin, maka tentunya kelembaban kulit akan meningkat drastis, sebab molekul ini sangat identik dengan kulit alami manusia.

Gliserin juga memiliki manfaat lainnya, seperti menjaga lipid kulit di antara sel-sel kulit agar selalu sehat, melindungi kulit dari iritasi, serta memulihkan skin barrier yang rusak. Produk yang mengandung gliserin tinggi sangat bagus untuk merawat kulit yang sangat kering, loh!

2. Bisabolol

Selanjutnya ada kandungan yang memiliki sifat soothing kulit, yaitu Bisabolol. Memiliki nama lengkap Alpha-Bisabolol, zat ini adalah salah satu bagian aktif dari Chamomile yang mengandung sekitar 30% bisabolol.

Ini adalah cairan berminyak bening yang digunakan dalam perawatan kulit sebagai bahan anti-inflamasi. Bisabolol juga memiliki sifat menenangkan kulit yang bagus.

3. Aloe Barbadensis Leaf Juice

Selain Bisabolol, Aloe Barbadensis Leaf Juice juga memiliki kelebihan untuk menenangkan kulit. Bingung ini apa? Ini adalah Aloe Vera. Aloe Vera adalah salah satu tanaman ajaib yang sudah dipercaya sejak dulu hingga saat ini. Tanaman ini memang memiliki beberapa sifat yang sangat bagus untuk kulit.

Aloe Vera adalah pelembab kulit yang hebat dan memiliki beberapa sifat anti-inflamasi, antara lain mengandung salisilat, polisakarida, magnesium laktat, dan C-glucosyl chromone. Tanaman daun ini juga mengandung beberapa komponen antibakteri, sehingga dapat membantu penyembuhan luka dan regenerasi kulit secara umum.

Impresi

Tadi itu pengenalan tentang produk Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser dan juga bahan-bahan pembuatnya. Sekarang, kita akan masuk ke pembahasan lebih dalam lagi tentang produknya. Check it out!

Tekstur & Swatch

Face & Body Cleanser ini memiliki tekstur seperti campuran antara losion dan gel. Warnanya putih dan ada something sparkly-nya gitu. Jadinya cantik banget, kayak lelehan mutiara.

Saat terkena kulit yang kering, teksturnya agak lengket. Tapi, setelah terkena air, langsung jadi licin banget dan enak buat cuci muka ataupun mandi.

Mungkin kamu akan mengira produk ini tidak mengeluarkan busa sama sekali, seperti produk serupa kebanyakan. Tapi, saya melihat ada sedikit busa di sana, walau tentu tidak sebanyak facial wash apalagi sabun mandi biasa.

Wangi

Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser memiliki aroma! Saya bingung bagaimana menjelaskannya, tapi wanginya itu 'Viva banget'. Buat kamu yang sudah sering menggunakan produk Viva pasti mengerti. Aromanya lembut dan tidak mengganggu, kok.

Daya Tahan dan Performa

Nah, ini dia segmen paling mendebarkan dari kolom review Kamini. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara pakai Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser dan juga hasil pemakaiannya!

Cara Pemakaian

Cara menggunakan Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser adalah basuh wajah (atau badan) terlebih dahulu. Lalu, tuangkan Viva Cleanser ke tangan atau sponge mandi, setelah itu buat busa (tapi busanya memang tidak banyak, ya!).

Ratakan busa Cleanser ke wajah dan badan, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Keringkan wajah dan tubuh dengan handuk, lalu lanjutkan perawatan kulitmu dengan Viva White Gentle Care Face & Body Moisturizer.

Hasil

Foto di sisi kiri adalah ketika saya membaurkan busa Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser di seluruh wajah saya. Terlihat busanya tidak 'nampak', ya? Padahal waktu pertama kali kena air, Cleanser ini berbusa, kok! Cuma, memang nanti busanya seperti memadat, makanya Cleanser ini jadi terlihat putih-putih di wajah saya.

Sedangkan foto di sisi kanan adalah setelah saya membasuh muka. Sayangnya, after feel setelah mencuci muka dengan Cleanser ini adalah kesat. Padahal saya pikir kulit saya bakal tetap licin. Tapi, bukan kesat kering, tertarik gitu, ya. Tapi, kesat bersih seperti habis membilas piring yang sudah dicuci.

Kesimpulan

Jujur, saya kurang merasa nyaman dengan rasa kulit saya setelah mencuci muka dan mandi dengan Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser. Karena saya mengharapkan kulit saya terasa licin, tapi ini malah kesat.

Jadi, saya merasa harus buru-buru mengaplikasikan Viva White Gentle Cleanser-nya setiap sehabis cuci muka dan mandi. Sepertinya Viva memang menciptakan kedua produk ini untuk dipakai bersama-sama, jangan dipakai salah satu saja.

Setelah menggunakan Cleanser ini selama beberapa kali, saya tidak merasakan hal negatif apapun. Produk ini memiliki performa yang sangat baik ketika dipakai sebagai pencuci muka maupun sabun mandi. Saya memang tidak memiliki kulit sensitif, tapi kulit saya sangat kering sehingga perawatan Gentle dari Viva White ini sangat cocok untuk kulit saya.

Pros (+)

  • Produk ini cocok di kulit saya yang super kering
  • Harganya tidak terlalu mahal untuk tipe cleanser tanpa busa
  • Produk lokal dari merk ternama, halal
  • Cleanser-nya multi fungsi, bisa dipakai untuk wajah maupun badan
  • Membuat kulit jadi lebih lembab seiring pemakaian

Cons (-)

  • Kulit terasa kesat setelah mencuci muka atau mandi, tapi tidak membuat kulit kering
  • Untuk kemasan 125 ml jika dipakai bersamaan sebagai sabun muka dan sabun mandi tentu akan cepat habis, jadi lebih baik langsung membeli yang ukuran besar saja

Harga & Tempat Membeli

Seperti yang telah saya katakan di atas, Viva White Gentle Care Face & Body Cleanser ini tersedia dalam 2 macam kemasan: 125 ml & 500 ml. Kamu bisa membelinya di Shopee dan Lazada melalui link di atas. Menurut saya produk ini sangat baik untuk melembabkan kulit, formulanya juga ringan, dan uniknya bisa sekaligus dipakai buat mandi. Worth to buy!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram