Review Pembersih Wajah 2-In-1, Viva White Clean & Mask Refreshner

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Kegiatan membersihkan wajah merupakan basic skincare yang wajib dilakukan semua orang. Tahap ini dinilai penting mengingat setiap hari wajah kita terpapar banyak debu, polusi dan bakteri yang secara kasat mata nggak tampak tapi bisa membahayakan kulit.

Bila dibiarkan begitu saja, kulit dapat mengalami masalah seperti pori-pori yang tersumbat hingga kemunculan jerawat. Maka dari itu, sebaiknya kita rutin membersihkan wajah dua kali sehari untuk menjaganya tetap bersih dan terhindar dari masalah kulit.

Dalam urusan membersihkan wajah, tentu sudah banyak produk pembersih wajah dengan berbagai format yang bisa kamu pilih. Dimulai yang berformat gel, foam, bar atau sabun batangan, krim dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang, banyak brand kecantikan yang mulai berinovasi membuat pembersih wajah dengan format yang unik. Contohnya Viva dengan produk Clean & Mask Refreshner andalannya. Ingin bekenalan dengan produk pembersih wajah unik ini? Baca ulasan saya berikut!

Tentang Produk

review viva white clan and mask

Produk Clean & Mask Refreshner merupakan salah satu pembersih wajah dari rangkaian Viva White yang merupakan extension brand milik Viva. Rangkaian Viva White terdiri dari produk-produk skincare yang berfokus untuk mencerahkan kulit penggunanya.

Sesuai dengan namanya, Viva White Clean & Mask Refreshner memadukan fungsi pembersih dan masker wash off dalam satu produk. Jadi kamu nggak hanya bisa menggunakan produk ini sebagai pembersih wajah harian saja, tapi juga bisa menjadikannya masker wajah yang dapat digunakan 2 kali dalam seminggu.

Produk 2-in-1 ini tersedia dalam 3 varian yaitu Clean & Mask Refreshner For Oily-Acne Skin, For Dry- Fine Wrinkle Skin dan For All Skin Types. Saya sendiri memilih varian For All Skin Type karena merasa wajah saya bertipe normal-kombinasi yang nggak begitu parah.

Klaim dan Benefit

Viva White Clean & Mask Refreshner For All Skin Type merupakan produk pembersih wajah sekaligus masker dengan teknologi pH balanced. Produk ini juga punya kandungan ekstrak yoghurt, aloe vera serta d-panthenol yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit wajah.

Bahkan Viva mengklaim dengan pemakaian teratur produk ini dapat menjadikan kulit wajah bersih, segar dan tampak lebih cerah.

Cara Pemakaian

review viva white clan and mask_cara pakai

Sudah disebutkan sebelumnya kalau produk ini bisa berfungsi sebagai pembersih wajah harian ataupun sebagai masker wash off yang bisa digunakan dua kali tiap minggu. Untuk lebih spesifiknya, cara pemakaian Viva White Clean & Mask Refreshner adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pembersih wajah. Keluarkan produk secukupnya pada telapak tangan, lalu tuangkan sedikit air untuk mengencerkan produk. Kemudian ratakan pada wajah dengan diusap sambil dipijat perlahan beberapa saat. Barulah dibilas dengan air hingga bersih.
  • Sebagai masker. Keluarkan produk secukupnya dan tutulkan pada beberapa titik wajah. Kemudian ratakan namun hindari area mata dan bibir. Diamkan masker selama kurang lebih 3 menit. Gunakan 2 kali seminggu.

Kemasan

review viva white clan and mask_kemasan

Viva White Clean & Mask Refreshner dikemas dalam tube flip-top khas kebanyakan produk pembersih wajah. Varian For All Skin Type sendiri punya warna dasar putih dan pink dengan grafis aquatic yang menarik.

Lubang tempat produk keluar juga punya diameter yang pas dengan tekstur produk didalamnya. Jadi jumlah produk yang keluar pun selalu cukup. Semua bagian kemasan produk terbuat dari bahan plastik yang spill-proof dan sleek. Pembersih sekaligus masker dari Viva ini dikemas dalam ukuran 50g yang menurut saya cukup travel-friendly untuk dibawa kemana-mana.

Ingredients List

review viva white clan and mask_ingredients

Kira-kira ada yang unik nggak ya dari sisi formulasi produk ini, mengingat fungsinya yang praktis baik sebagai pembersih wajah maupun masker? Silahkan baca ingredients list dari Viva White Clean & Mask Refreshner ini!

Full Ingredients

Aqua, Kaolin, Propylene Glycol, Acrylates/Vinyl Neodecanoate Crosspolymer, Lauryl Glucoside, Potassium Lauryl Phosphate, CI 77891, Cocamide DEA, Dipropylene Glycol, Divinyldimethicone/Dimethicone Copolymer, Aloe Barbadensis Gel, Perfume, Panthenol, Methylparaben, Sodium Hydroxide, C12-13 Pareth-23, C12-13 Pareth-3, Yogurt Filtrate, Cyclotetrasiloxane, Phenoxyethanol, Butylene Glycol

Key Ingredients

  • Kaolin

Salah satu komposisi yang cukup banyak terdapat dalam Viva White Clean & Mask Refreshner adalah Kaolin. Bahan satu ini merupakan mineral berbentuk tanah liat yang punya kemampuan cukup baik dalam menyerap minyak. Kaolin biasanya banyak digunakan dalam produk masker, terutama yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak pada wajah.

  • Aloe Barbadensis Gel

Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya sangat baik digunakan untuk melembabkan. Penggunaan gel lidah buaya dalam Viva White Clean & Mask Refreshner menyeimbangkan fungsi kaolin yang menyerap minyak. Sehingga dengan adanya bahan-bahan pelembab seperti lidah buaya, kamu nggak perlu khawatir produk akan membuat wajah menjadi kering.

  • Panthenol

Bahan satu ini merupakan bentuk alkohol dari vitamin B5. Panthenol dikenal juga sebagai pro-vitamin B5 yang dapat memberikan manfaat dalam melembabkan kulit. Panthenol merupakan bahan pelembab berjenis humectant yang bisa mengikat kelembaban pada kulit.

  • Yogurt Filtrate

Dalam dunia kecantikan, yogurt dipercaya memiliki fungsi dalam mencegah efek agresor berbahaya pada kulit. Yogurt yang mengandung asam laktat juga disebut-sebut bisa menyamarkan tampilan garis halus dan kerutan dengan cara mengencangkan kulit. Yoghurt bahkan bisa membantumu mendapatkan tampilan kulit lebih cerah dan halus.

Impresi

Mendengar namanya yang unik tentu membuat saya penasaran untuk berkenalan langsung dengan Viva White Clean & Mask Refreshner. Kira-kira seperti apa karakteristik produk ini dari tekstur, aroma dan sensasinya ketika diaplikasikan pada kulit? Yuk kenalan!

Tekstur

review viva white clan and mask_tekstur

Saat pertama kali mengetahui produk dual-purpose ini memadukan fungsi masker dan pembersih wajah, tekstur menjadi salah satu aspek dari produk yang nggak sabar untuk saya cari tahu. Ketika membuka cap flip-top dan menekan badan botol produk, saya disambut dengan krim agak encer berwarna putih yang keluar dari botol.

Tekstur krim ini nggak seperti minyak yang cenderung greasy, melainkan powder-based. Saya biasanya mendapatkan tekstur seperti ini ketika melarutkan masker bubuk dengan air ataupun air mawar dengan kekentalan yang agak encer.

Aroma

Pembersih wajah sekaligus masker ini memang punya kandungan parfum di dalamnya. Karena itu, kala saya menggunakan produk ini, saya dengan jelas bisa mencium aroma produk yang terasa seperti bedak. Beruntungnya, aroma Viva White Clean & Mask Refreshner For All Skin Type ini masih terasa lembut bagi hidung.

Aplikasi

review viva white clan and mask_aplikasi

Pengalaman saya mencuci wajah dengan Viva White Clean & Mask Refreshner sebenarnya manis dan pahit. Produk sangat baik dalam membersihkan wajah tanpa meninggalkan sensasi kulit yang terasa kering ataupun ketarik. Produk juga terasa lembut bagi kulit dan bisa mengangkat kelebihan minyak dengan optimal.

Akan tetapi, beberapa kali mata saya malah menjadi merah setelah selesai membersihkan wajah pakai produk ini. Ternyata ada sebagian produk yang masuk ke dalam mata ketika saya membersihkan wajah. Karena itu menurut saya, bila ingin menggunakan produk ini, sebaiknya hindari pengaplikasian pada area mata.

Setelah selesai membersihkan wajah menggunakan Viva White Clean & Mask Refreshner, wajah saya jadi tampak matte, terasa segar, lembab, dan sedikit lebih cerah dari sebelumnya, meski efek tone up-nya hanya sementara.

Performa

review viva white clan and mask_performa

Baik sebagai pembersih wajah maupun sebagai masker, saya yakin kalau Viva White Clean & Mask Refreshner punya fungsi utama deep-cleansing. Soalnya kemampuannya dalam membersihkan kotoran dan minyak sangat baik pada kulit wajah saya.

Saya bahkan jarang mendapati area T-zone tampak berminyak tiap bagun pagi, setelah menggunakan produk ini pada malam harinya. Padahal produk pencuci wajah yang biasanya saya gunakan saja masih nggak optimal untuk mengurangi jumlah minyak tersebut.

Setelah 30 hari menggunakan Viva White Clean & Mask Refreshner pun, saya merasa kalau produk ini nggak bikin pori-pori tersumbat. Pembersih wajah ini juga bisa mengurangi produksi minyak harian pada wajah dengan baik. Tapi untuk kemampuannya dalam mencerahkan dan melembutkan, saya belum bisa memastikannya ya.

Soalnya saya nggak mendapati kulit wajah pada hari ke-30 menjadi lebih cerah dibandingkan hari ke-0. Begitupula pada tekstur kulit saya yang nggak banyak berubah setelah penggunaan sampai hari ke-30.

Tips dan Trik

Bila kamu punya kulit kombinasi seperti saya, yaitu cenderung berminyak pada area T-Zone sementara area lainnya yang normal, kamu bisa melakukan teknik multimasking dengan varian berbeda dari Viva White Clean & Mask Refreshner.

Kamu bisa menggunakan varian Oily-Acne Skin pada bagian T-zone dan varian For All Skin Type pada area lain. Atau bila ada area kulit wajah yang sangat kering bahkan terdapat garis halus, kamu bisa menggunakan varian Dry-Fine Wrinkle Skin pada area tersebut.

Harga dan Tempat Pembelian

review viva white clan and mask_harga dan tempat

Viva sepertinya nggak pernah membandrol harga tinggi pada produk-produknya. Produk inovatif seperti Clean & Mask Refreshner saja dibanderol dibawah 20ribu. Kamu juga akan sangat mudah menemukan produk ini di drugstore ataupun supermarket terdekat. Tentu saja Viva Clean & Mask Refreshner juga bisa kamu dapatkan melalui pembelian online.

Kesimpulan

review viva white clan and mask_kesimpulan

Untuk kamu yang mencari produk pembersih wajah multifungsi yang ekonomis, praktis, dan baik dalam mengurangi minyak serta memiliki kemampuan deep cleansing, Viva White Clean & Mask Refreshner ini wajib masuk dalam list. Tinggal pilih saja varian yang paling menggabarkan kondisi kulitmu. Kamu bahkan bisa menggunakan lebih dari satu varian bila punya kondisi kulit wajah kombinasi.

Pros

  • Praktis karena bisa digunakan sebagai pembersih wajah maupun makser
  • Affordable dan mudah ditemukan
  • Kemasan spill-proof dan travel friendly
  • Terasa lembut pada kulit dengan aroma powdery yang lembut
  • Dapat mengurangi produksi minyak
  • Terasa menyegarkan
  • Nggak bikin kulit kering dan ‘ketarik’
  • Nggak menyumbat pori-pori

Cons

  • Produk bisa masuk ke dalam mata bila nggak berhati-hati saat digunakan. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan produk pada area mata
  • Nggak bikin tekstur kulit jadi halus ataupun buat kulit jadi cerah. Pemakaian dalam jangka waktu panjang mungkin akan menunjukkan perubahan pada aspek ini

Secara keseluruhan produk ini cukup berkualitas meski datang dari brand lokal. Lagi-lagi Viva dapat membuktikan pada konsumen bahwa mereka berani untuk berinovasi dengan produk-produk berkualitasnya yang ramah kantong.

Punya pengalaman serupa saat menggunakan Viva White Clean & Mask? Atau malah pengalamanmu berbeda? Jangan ragu untuk berbagi lewat kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram