kamini.id

Beauty Terms - M

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Macadamia Seed Oil

Macadamia Seed Oil

Minyak yang diekstraksi dari kacang Macademia asal Australia. Bahan ini berfungsi sebagai agen pelembab tipe oklusif (occlusive) yaitu bahan yang dapat menjaga kelembaban kulit. Selain itu, bahan ini juga mengandung asam lemak palmitoleat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Madu.

Madu

Cairan kental berwarna keemasan yang dihasilkan oleh lebah menggunakan nektar tanaman berbunga, disimpan dalam sarang lebah, dan akan dikonsumsi bila terjadi kelangkaan bahan makanan.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, madu juga dapat dimanfaatkan dalam produk kecantikan misalnya pada produk makeup, parfum, produk pewarna rambut dan masih banyak lagi.

Untuk kulit, madu dapat berperan dalam menarik hidrasi dari luar ke permukaan kulit, dan menjadikan kulit terasa halus.

Magnesium Ascorbyl Phosphate

Magnesium Ascorbyl Phosphate

Sebutan lain untuk minyak jagung. Merupakan minyak nabati yang banyak digunakan untuk memasak. Tapi minyak jagung yang kaya kandungan vitamin E ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pembuat sabun.

Make Up Artist

Make Up Artist (MUA)

Sebutan untuk seorang seniman profesional yang menggunakan kulit, terutama wajah, sebagai kanvas. Mereka dapat menyamarkan ketidaksempurnaan wajah, membuat tampilan wajah menjadi lebih artisik dan sebagainya.

Makeup artis juga memiliki fokus yang berbeda-beda contohnya MUA untuk rias pengantin, face and body painting atau special effect yang terinspirasi dari lagu, film maupun karya fiksi.

Makeup Eraser

Makeup Eraser

Nama dagang untuk produk berbentuk pulpen yang dapat memperbaiki riasan kurang rapi secara instan. Produk ini sangat baik dalam memperbaiki makeup waterproof dan telah diformulasikan dengan vitamin E serta ekstrak chamomile untuk menenangkan kulit sensitif.

Makeup Powder Balls

Makeup Powder Balls

Produk makeup bertekstur bubuk yang dibentuk menjadi bola-bola bulat kecil dan dikemas dalam wadah. Produk yang biasanya dibuat ke dalam bentuk ini adalah bronzer, blush, bedak dan illuminator.

Makeup Remover

Makeup Remover

Produk perwatan wajah yang digunakan untuk membersihkan makeup. Hadir dalam beberapa tekstur seperti krim, water-based, gel hingga lembaran tisu.

Makeup Sponge

Makeup Sponge

Istilah lain untuk menyebutkan spons aplikator untuk mengaplikasikan dan meratakan foundation, concealer atau bedak. Produk ini juga dikenal sebagai beauty blender

Malic Acid

Malic Acid

Merupakan kelompok alpha hydroxy acid yang berfungsi untuk eksfoliasi. Asam ini dapat mencegah kekusaman, menyamarkan kerutan serta garis halus. Bahan ini juga digunakan untuk mengontrol pH dari produk kosmetik.

Mandelic Acid

Mandelic Acid

Bahan yang diekstraksi dari kacang bitter almond dan merupakan kelompok alpha hydroxy acid. Bahan ini berfungsi membersihkan pori-pori kulit.

Mango Seed Butter

Mango Seed Butter

Emulsi yang didapatkan dari ekstrak biji manga. Bahan ini kaya akan bahan pelembab berjenis occlusive atau yang dapat menjaga kelembaban kulit dan menjadikan kulit menjadi lebih halus. Bahan ini juga memiliki sifat menanangkan dan melindungi terhadap sinar UV.

Manicure

Manicure

Perawatan kecantikan untuk kuku-kuku jari tangan. Tahapan dalam perawatan ini termasuk memotong, mengikir, membentuk, memoles kuku menggunakan cat kuku, dan merawat bagian kutikula. Terkadang, perawatan ini juga menggunakan teknik pijat pada tangan agar tangan lebih rileks.

Manicurist

Manicurist

Seseorang yang memiliki keahilan dalam manicure atau merawat tangan, kaki, kuku, serta menghias kuku.

Marshmallow Root

Marshmallow Root

Bahan yang diekstraksi dari tanaman marshmallow bertekstur mirip jelly. Bahan ini sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, pernafasan, dan masalah kulit.

Selain itu, bahan ini juga dapat memberikan hidrasi dan menghaluskan kulit sekaligus mencegah kulit kehilangan kelembaban. Ekstrak tanaman marshmallow juga digunakan sebagai perisa makanan.

Marula Oil

Marula Oil

Minyak yang diekstraksi dari pohon Marula dari Afrika. Bahan ini menawarkan asam lemak esensial dan antioksidan, serta cenderung mudah menyerap.

Maskara

Maskara

Produk kosmetik yang digunakan untuk meningkatkan tampilan bulu mata. Produk ini dapat melentikkan, memanjangkan, menghitamkan dan menambah volume bulu mata.

Masker Rambut

Masker Rambut

Produk perawatan rambut yang memberikan kelembaban intens untuk mengatasi rambut rusak termasuk rambut rontok. Hal ini karena makser rambut memiliki kandungan pelembab yang lebih tinggi dibandingkan kondisioner.

Penggunaan makser rambut juga tidak setiap hari, hanya satu sampai dua kali dalam seminggu.

Masker Wajah

Masker Wajah

Produk perawatan yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Produk ini biasanya berupa lembaran tisu sekali pakai dengan kandungan serum atau essence yang tinggi.

Masker wajah juga bisa berupa krim serta bubuk yang dipalikasikan ke seluruh wajah dan didiamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas hingga bersih. Selain itu, masker wajah juga ada yang berbentuk peel-off alias dibersihkan dengan cara dikelupas.

Mata Panda

Mata Panda

Sebutan populer untuk kondisi lingkar mata yang mulai menghitam atau menggelap. Kondisi ini juga kadang disebut sebagai dark circle atau dark undereye.

Mata panda terjadi karena tampilan pembuluh darah tampak jelas pada area tersebut. Hal ini dapat terjadi karena area bawah mata memiliki kulit cenderung tipis dibandingkan area tubuh lainnya.

Mata panda dapat desbabkan oleh faktor keturunan, alergi, penumpukan melanin, sampai pola hidup yang kurang baik untuk tubuh.

Matte

Matte

Isitilah untuk menyebutkan permukaan yang menyerap cahaya atau tanpa kilau. Istilah ini sering digunakan untuk menyebutkan produk kecantikan yang memberikan tampilan akhir pada wajah tanpa kilau sedikitpun.

Medpor

Medpor

Nama dagang dari bahan baku implant hidung atau telinga. Bentuk produk ini tampak seperti tulang tiruan. Bahan ini diklaim memiliki performa yang lebih baik dan lebih aman dibandingkan silikon.

Karakterisik medpor adalah berpori, tidak rentan bengkok, dan cenderung cocok dengan jaringan pada tubuh.

Melanin

Melanin

Pigmen yang menjadi pewarna rambut, mata dan rambut. Pigmen ini sebenarnya berperan sebagai proteksi alami kulit terhadap suatu gangguan dari luar, misalnya paparan sinar matahari, perubahan hormon dan lainnya.

Kelebihan produksi pigmen ini dapat menganggu penampilan karena menyebabkan penggelapan pada kulit seperti dark spots contohnya.

Melanoma

Melanoma

Jenis kanker kulit yang paling mematikan. Kanker ini berkembang pada sel-sel pernghasil pigmen dan biasanya terletak pada bagian punggung, kepala, kaki serta leher. Melanoma memiliki bentuk tak beraturan dan lebih dari satu warna.

Bila terdapat tahi lalat yang terserang melanoma, maka akan terasa gatal hingga menyebabkan pendarahan.

Melanosit

Melanosit

Sel-sel yang memproduksi melanin (pigmen warna kulit). Aktivitas melanosit dalam tubuh dapat dipengurhi oleh paparan sinar UV, perubahan hormonal, obat-obatan tertentu, laser dan penyakit.

Melasma

Melasma

Kondisi kulit kronis yang biasanya ditandai dengan terbentuknya bercak perwarna gelap atau coklat pada jidat, pipi dan dagu. Kondisi ini dapat dipicu oleh sinar UV, panas, dan perubahan hormonal.

Melatonin

Melatonin

Merupakan hormon yang dapat mempengaruhi struktur dan fungsi kulit. Hormon ini juga berkaitan erat dengan kualitas tidur seorang individu.

Menthol

Menthol

Ekstrak dari tanaman mint. Bahan ini berperan sebagai cooling agent (pendingin) yang sering ditemukan pada produk lip balm, toner, dan krim pencukur. Mentol juga dapat digunakan sebagai obat oles untuk meredakan bekas sengatan dan gatal.

Mentoplasty

Mentoplasty

Disebut juga sebagai operasi dagu (chin surgery). Prosedur bedah ini dilakukan untuk membentuk kembali dagu menggunakan implant atau menghilangkan bagian tulang pada dagu.

Mesoterapi

Mesoterapi

Teknik perawatan kulit dengan menyuntikkan cairan berisi vitamin, enzim, ekstrak tanaman dan hormon. Teknik ini juga dapat digunakan untuk mengencangkan kulit (mesolift) atau mengangkat kelebihan lemak dan menghancurkan selulit (mesopoli)

Methyilglioxal

Methyilglyoxal (MGO)

Bahan aktif yang bertanggung jawab atas sifat antibaketri dari madu Manuka. Bahan ini juga memiliki manfaat lain bagi tubuh seperti penyembuhan luka, mengobati sakit tenggorokan dan meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Methylisothiazolinone

Methylisothiazolinone

Bahan pengawet yang digunakan untuk melawan bakteri dan jamur dalam produk perawatan tubuh termasuk kosmetik. Akan tetapi, bahan ini dapat memicu reaksi alergi pada kulit. Mathylisothiazolinone juga digunakan dalam produk lem, detergen hingga cat.

MFG Date

MFG Date

Keterangan tanggal produksi dari suatu produk. MFG merupakan singkatan dari manufacturing. Tanggal ini masih sering salah diduga sebagai expiration date (exp).

Mica

Mica

Bahan mineral yang sering digunakan dalam produk kosmetik. Biasanya memberikan efek shimmer dan glitter. Selain itu, mica juga digunakan dalam produksi plastik, cat mobil dan pasta gigi.

micellar water

Micellar Water

Produk bertekstur cair atau sedikit berminyak yang digunakan untuk mengangkat makeup sekaligus membersihkan kulit tanpa perlu dibilas. Produk ini biasanya merupakan campuran antara air, agen penghidrasi, serta surfaktan yang lembut. Surfaktan inilah yang dinamakan micelles.

Penggunaan micellar water sangatlah mudah, yaitu dengan menuangkan secukupnya pada kapas kecantikan, kemudian diusapkan pada wajah hingga semua makeup terangkat.

Microbeads

Microbeads

Partikel plastik yang dibuat menjadi butiran-butiran halus berdiameter kurang dari 0.25 – 1 mm. Bahan ini biasanya digunakan dalam produk kecantikan contohnya sabun dan scrub karena berfungsi sebagai bahan yang mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Microbeads juga kadang digunakan dalam produk pasta gigi. Sayangnya, walau diklaim aman digunakan untuk kulit, microbeads tidaklan bersahabat bagi lingkungan utamanya ekosistem laut.

Microbiome

Microbiome

Kumpulan mikroorganisme yang hidup baik di dalam maupun di luar tubuh kita. Mikroorganisme yang dimaksud sebut saja jamur, virus, protozoa, dan bakteri.

Jangan salah, sebagian besar dari mikroorganisme ini tidak berbahaya dan malah cukup bermanfaat bagi sistem imun. Pada kulit, microbiome berfungsi sebagai barisan pertahanan pertama yang melindungi kulit dari bahaya luar.

Microblading

Microblading

Teknik tato yang dilakukan menggunakan jarum kecil dengan pigmen semi-permanen. Teknik ini biasanya dilakukan untuk menyulam alis. Hasil dari teknik ini bisa bertahan hingga 1 -2 tahun.

Microcrystalline Cellulose

Microcrystalline Cellulose

Pulp yang diambil dari sel tanaman. Bahan ini digunakan dalam industri makanan sebagai peningkat tekstur hingga pengganti lemak. Pada produk kecantikan sendiri, bahan ini umumnya digunakan sebagai bahan eksfoliasi dengan level iritasi yang rendah.

Microneedling

Microneedling

Prosedur pemicu respon alami kulit untuk menyembuhkan masalah kulit menggunakan alat khusus dengan jarum-jarum kecil yang dapat menembus kulit. Prosedur ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan memicu pergantian sel untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Micropigmentation

Micropigmentation

Prosedur yang dilakukan untuk menambahkan atau mengganti warna kulit dengan cara menambahkan pigmen di bawah lapisan epidermis. Teknik ini disebut juga sebagai permanent makeup, permanent cosmetic atau cosmetic tattooing.

Teknik ini dapat diaplikasikan pada alis, bibir, bekas luka, hingga untuk menyamarkan kebotakan.

Microsclerotherapy

Microsclerotherapy

Teknik yang digunakan untuk mengobati pembuluh darah yang terlihat jelas pada kulit. Prosedur yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus pada pembuluh darah tadi, kemudian tampilan pembuluh darah akan hilang seiring berjalannya waktu.

Middle Notes

Middle Notes

Aroma kedua dari tiga lapisan parfum setelah top notes. Aroma ini biasanya muncul 15- 60 menit setelah parfum disemprotkan pada kulit. Aroma ini kemudian secara bertahap akan menyatu dengan kulit dan semakin lama akan semakin melembut.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi / Microdermabrasion

Perawatan yang dilakukan oleh ahli kulit dengan tujuan mengekfoliasi sel-sel kulit mati. Prosedur ini dilakukan dengan menyemprotkan kristal aluminium-oksida super kecil pada permukaan kulit wajah.

Miliaria

Miliaria

Kondisi kulit yang diakibatkan karena tersumbatnya seluran keringat dan keringat yang terperangkap di bawah kulit. Ciri malaria adalah munculnya ruam pada kulit berupa lecet atau benjolan merah.

Mineral Makeup

Mineral Makeup

Merupakan produk makeup yang mengandung bahan mineral alami seperti mica, besi oksida, zinc oksida dan titanium oksida. Kebanyakan produk ini juga tidak mengandung minyak atau lilin tambahan pada formulasinya.

Mineral makeup cenderung lebih tidak mengiritasi dibandingkan produk makeup berbahan organik.

Mineral Oil

Mineral Oil

Mineral oil diambil dari minyak bumi yang telah mengalami proses pemurnian dan proses khusus lainnya. Bahan ini berfungsi sebagai oksulif dan emolien yang dapat menjaga hidrasi dan menjadikan kulit terasa lembut.

Minyak ini juga bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori, menjadikannya bahan yang bersahabat dengan kulit sensitif.

Mineral Powder

Mineral Powder

Bedak tabur dengan kandungan bahan-bahan mineral seperti titanium dioksida, talc, dan zink oksida. Bedak jenis ini cenderung tidak menyumbat pori-pori dan cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak dan sensitif.

Mineral Sunscreen

Mineral Sunscreen

Jenis tabir surya dengan bahan aktif utama mineral seperti zinc oksida atau titanium oksida. Mineral sunscreen disebut juga sebagai physical sunscreen. Sunscreen jenis ini biasanya meninggalkan noda putih (white cast) ketika digunakan.

Minyak Atsiri

Minyak Atsiri

Terjemahan dari essential oil, yaitu minyak yang diekstraksi dari tumbuhan dan memiliki aroma khas. Minyak ini bersifat mudah menguap dan diklaim mampu memberikan efek menenangkan hingga dapat mengobati penyakit tertentu.

Moisturizer

Moisturizer

Istilah lain untuk menyebutkan produk pelembab, yaitu produk kosmetik yang digunakan untuk memberikan kelembaban, melindungi dan menghaluskan kulit.

Momoko Makeup

Momoko Makeup

Mengacu pada tren pengaplikasian blush on pada area bawah mata hingga ke tulang pipi. Menampilan kesan makeup monokromatik yang terlihat menggemaskan dan fresh.

Sesuai dengan namanya, trend ini pertama kali dipopulerkan di Jepang dan diambil dari nama desainer wanita asal negeri sakura tersebut, bernama Momoko Ogihara, yang pertama kali menggunakan riasan ini.

Monodoses

Monodoses

Kemasan produk sekali pakai. Kemasan ini cenderung lebih higienis dan jumlah produk yang digunakan pun tepat sesuai yang dianjurkan oleh pabrikan.

Monolid

Monolid

Bentuk mata yang tidak memiliki kelopak. Bentuk mata satu ini umumnya dimiliki oleh ras Mongoloid atau orang-orang Asia Timur.

Moringa

Moringa Seed Oil

Minyak hasil ekstraksi tumbuhan moringa yang sering ditemukan di pengunungan Himalaya. Minyak ini kaya akan asam lemak omega dan antioksidan, serta menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk kulit, moringa bermanfaat sebagai anti-penuaan, menyembuhkan luka, menghidrasi, menghilangkan breakout dan bersifat anti-mikroba.

Makeup Of The Day

MOTD (Makeup Of The Day)

Istilah populer yang digunakan untuk menunjukkan riasan wajah yang digunakan pada hari itu, diabadikan dalam bentuk foto, kemudian diunggah ke media sosial.

Mousse

Mousse

Istilah lain untuk menyebutkan tekstur busa yang diambil dari bahasa Prancis. Mousse juga bisa merujuk pada makanan yang mengandung krim atau gelatin dengan tekstur spons yang ringan.

Hair Mousse

Mousse Rambut

Produk penataan rambut bertekstur busa yang digunakan untuk mengeraskan, melindungi dan menjadikan gaya rambut tahan lama.

Multimasking

Multimasking

Kegiatan menggunakan banyak produk masker pada area yang berbeda di wajah secara bersamaan. Contohnya adalah menggunakan clay mask pada area T-zone, kemudian menggunakan eye mask pada area bawah mata, dan hydrating mask pada pipi. Teknik ini sangat berguna bagi pemilik kulit kombinasi.

Musk

Musk

Salah satu aroma base note yang namanya diambil dari rusa jantan tanpa tanduk. Benar, musk awalnya merupakan aroma yang diproduksi oleh kelenjar perut rusa tersebut, kala mengeluarkan feromon yang kuat untuk memikat rusa betina.

Akan tetapi, kini aroma musk juga bisa dibuat dengan proses kimiawi. Aroma ini sering digambarkan sebagai aroma mirip kayu-kayuan, manis, powdery, atau spicy.

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram