10 Ide Warna Gamis yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Ditulis oleh Suci Maharani R

Pada dasarnya, gamis adalah gaun yang panjangnya hingga mata kaki dan bentuknya lebar sehingga dapat menyamarkan lekukan tubuh. Gamis pun jadi salah satu outfit hijab yang nyaman dan fleksibel untuk digunakan ke berbagai acara. Makanya, tidak mengherankan kalau gamis jadi salah satu outfit wajib para hijabers Indonesia. 

Namun, memilih warna gamis terutama yang cocok untuk kulit sawo matang itu tidak mudah lho. Tapi tenang saja, Kamini punya list warna-warna gamis yang cocok untuk kulit sawo matang di bawah ini. Let’s check this out!

1. Abu-Abu

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Abu-Abu_

Bagi para penyuka warna netral, kulit sawo matang juga cocok banget dengan gamis berwarna abu-abu. Warna netral ini memang bisa diandalkan, karena bisa membuat kulit sawo matang terlihat lebih calm. Di sisi lain, gamis abu-abu ini akan memberikan kesan modern dan stylish, lho.

Ada beberapa shade warna abu-abu yang bisa kamu coba. Misalnya abu-abu gelap untuk tampilan yang lebih bold, tinggal pilih saja hijab warna hitam agar warna abu-abu terlihat mencolok. Sementara warna-abu muda ini bisa memberikan kontras warna dengan kulit sawo matang, terkesan lebih calming dan modis.

2. Biru

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Biru_

Gamis warna biru jadi salah satu warna yang bisa banget kamu pakai, meski warna kulitmu cenderung gelap atau sawo matang. Lantas shade warna biru apa saja yang cocok? Bisa dilihat pada gambar di atas, kamu bisa mencoba warna biru navy, biru denim dan biru langit.

Biru navy dan cobalt blue yang kontras warnanya lebih gelap,  ternyata bisa membuat warna kulit terlihat lebih menonjol, eksotis dan terkesan elegan-classy. Sementara biru langit memilih shade yang lebih lembut dan pucat, sehingga bisa membuat warna kulit terlihat lebih cerah dengan kesan casual.

3. Cokelat

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Cokelat_

Tidak semua warna cokelat cocok untuk digunakan oleh para pemilik kulit sawo matang atau gelap. Namun, tidak  berarti kamu harus menghindarinya juga. Ada beberapa shade warna cokelat yang bisa membuat kulitmu terlihat lebih cerah. 

Kuncinya adalah memilih warna cokelat yang paling tua atau cokelat yang paling lembut. Kamu bisa memilih warna cokelat yang shade-nya terinspirasi dari alam. Misalnya warna cokelat tua, camel dan khaki. Ketiga warna ini tidak akan membuat warna kulitmu terlihat pucat, justru akan menambah kesan eksotis dan natural.

4. Hijau

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Hijau_

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kulit sawo matang terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan warna-warna bertema natural atau earthy. Salah satu warna gamis yang cocok untuk kulit sawo matang adalah warna hijau. Tunggu dulu, jangan asal memilih gamis berwarna hijau ya. 

Supaya kulit terlihat lebih segar, Kamini sarankan untuk memilih warna cerah seperti lime green dan olive green. Kedua warna ini akan membuat kulit terlihat lebih cerah secara instan dan memberikan kesan energik. Sementara untuk warna hijau yang lebih deep, kamu bisa memakai gamis warna hijau emerald yang terkesan lebih anggun dan sophisticated.

5. Hitam

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Hitam_

Banyak yang mengatakan kalau kulit gelap seperti sawo matang harus menghindari warna hitam. Justru gamis warna hitam ini akan membuat warna kulitmu terlihat lebih menonjol. Di sisi lain, warna hitam juga bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan segar, lho.   

Mungkin gamis warna hitam polos ini terkesan biasa saja, maka dari itu kamu bisa mengakalinya dengan memakai hijab bermotif dengan warna yang kontras seperti merah, kuning atau oranye. Kalau tidak ingin ribet, tinggal pakai saja gamis berwarna hitam dengan aksen printed dan padukan dengan hijab pastel seperti nude atau beige yang halus.

6. Kuning

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Kuning_

Gamis warna kuning adalah warna paling mencolok dan sering dihindari oleh para hijabers. Nyatanya, gamis warna kuning ini jadi salah satu warna yang paling direkomendasikan dan cocok banget untuk kulit sawo matang. 

Fyi, gamis warna kuning ini akan memberikan kilauan untuk kulit sawo matang dan membuatnya semakin eksotis. Warna ini juga cocok untuk merepresentasikan kesan fresh, energik dan ceria. Kamu bisa mencoba warna kuning pastel, mustard hingga kuning lemon jika ingin lebih berani.

7. Merah

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Merah_

Siapa bilang kulit gelap alias sawo matang tidak cocok memakai gamis berwarna cerah seperti merah? Larangan tersebut sudah ketinggalan jaman. Sekarang, kamu bisa mengekspresikan kepribadian lewat berbagai warna termasuk merah. Vibran warna yang diberikan akan mempertegas warna kulit dan memberikan kesan percaya diri yang tinggi.

Nah, kamu bisa memilih beberapa shade terang seperti merah, crimson red, dan candy red. Tiga warna cerah tadi bisa meningkatkan kesan fresh dan bikin kulit lebih berkilau. Kalau kamu suka warna yang lebih menenangkan, bisa memilih warna burgundy, merah marun dan ruby cherry yang lebih deep. Warna gamis ini akan memberikan kontras dengan kulit sawo matang dan membuatnya tampak cerah.

8. Oranye

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Oranye_

Jangankan untuk kamu yang berkulit sawo matang, perempuan yang warna kulitnya cerah pun kadang takut memakai gamis berwarna oranye. Tapi kamu perlu tahu, warna oranye tidak selalu bikin penampilan terkesan norak dan ngejreng. Sebaliknya, warna oranye ini bisa menunjukkan rasa percaya diri dan stylish.

Khusus yang berkulit sawo matang, kamu bisa mencoba memakai gamis berwarna oranye cerah yang memberikan vibes neon-ish look. Tapi kalau mau lebih santai dengan sedikit kesan cheerful, kamu bisa memakai gamis warna oranye tua yang terkesan smokey. Warna ini akan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan merona.

9. Pink

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Pink_

Pink adalah warna favorit kebanyakan wanita, tapi apakah warna ini terlihat cantik di kulit sawo matang? Jawabannya iya banget. Ternyata warna pink ini cocok banget jika digunakan pada kulit dengan tone warm. Gamis warna pink ini akan memberikan kesan feminim, serta kontras warnanya terlihat halus dan lembut. 

Kamu bisa memakai gamis berwarna pink cerah hingga pastel sesuai selera. Namun, pastikan fashion item pelengkap yang digunakan adalah warna-warna netral ya. Alasannya, supaya gamis warna pink ini menjadi fashion statement dan warnanya tidak akan bertabrakan dengan warna kontras lainnya.

10. Putih

Warna Gamis untuk Kulit Sawo Matang - Putih_

Tentu saja gamis warna putih selalu menjadi andalan banyak hijaber, termasuk mereka yang berkulit sawo matang. Gamis warna putih ini tidak hanya terkesan minimalis, elegan dan adem, tapi bisa membuat warna kulit terlihat lebih cerah. 

Bisa dilihat pada gambar di atas, model gamis ini ada yang simpel, modis hingga classy. Tinggal pilih saja warna hijab dan fashion item pelengkap lainnya yang sesuai dengan tema acara dan gaya. Kalau ingin minimalis dan elegan, pilihlah warna netral dan pastel sebagai pasangannya. Kalau ingin lebih stylish dan chic, bisa memakai warna cerah seperti merah atau kuning. 

Tidak hanya warna-warna netral, ternyata kulit sawo matang juga bisa memakai gamis yang warnanya cerah dan ceria. Jadi, jangan takut untuk mencoba warna-warna mencolok karena warna tersebut bisa membuat penampilanmu terlihat modis dan penuh percaya diri. Selamat mencoba ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram