Kamini.id / Romansa / 10 Cara Agar Hubungan Langgeng Sampai Maut Memisahkan

10 Cara Agar Hubungan Langgeng Sampai Maut Memisahkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Percayakah Anda bahwa mendapatkan cinta si dia lebih mudah dibanding mempertahankan hubungan Anda dengan si dia? Mungkin Anda bisa menarik perhatian si dia dengan berbagai cara. Namun, ketika Anda sudah berhasil mendapatkan cintanya, sanggupkah Anda agar diri sendiri dan si dia sama-sama saling mencintai hingga maut memisahkan?

Seiring berjalannya waktu, hubungan cinta dengan pasangan bisa menjadi hambar. Akibatnya, Anda atau pasangan jadi merasa jenuh dan berujung pada perpisahan. Untuk mencegah perpisahan tersebut, simak 10 cara agar hubungan langgeng seumur hidup dari Kamini ini, yuk!

10 Cara Agar Hubungan Langgeng

1. Miliki komunikasi yang nyaman

Miliki komunikasi yang nyaman Cara Agar Hubungan Langgeng

Faktor utama penyebab perpisahan antara Anda dan kekasih biasanya disebabkan oleh misscommunication. Komunikasi yang tidak baik dapat menimbulkan kesalahpahaman. Akibatnya bisa timbul kecurigaan dan hal-hal lain yang bisa membuat hubungan kian retak. Cara agar hubungan langgeng adalah usahakan untuk berkomunikasi dengan pasangan setiap hari, terutama bagi Anda yang menjalin hubungan jarak jauh.

Dewasa ini, teknologi semakin canggih dan komunikasi beda negara pun bisa dilakukan dengan mudah. Pilih cara komunikasi yang menurut Anda dan dia nyaman, mulai dari chatting, panggilan video, atau mungkin langsung bertemu.

2. Saling percaya dan jadilah orang yang bisa dipercaya

Saling percaya dan jadilah orang yang bisa dipercaya

Kepercayaan memang sangat diperlukan bagi pasangan kekasih maupun suami-istri. Tanpa kepercayaan, hubungan Anda pasti tidak akan berjalan lancar. Baik Anda dan dia harus bisa saling percaya satu sama lain.

Nah, untuk membuat pasangan percaya, jadilah orang yang bisa dipercaya. Jujurlah terhadap pasangan meskipun Anda yakin si dia tidak bisa menerima kejujuran Anda. Di samping itu, jangan pernah berbohong. Pasalnya, sekali Anda berbohong dan dia mengetahui kebohongan Anda, maka sulit baginya untuk bisa mempercayai Anda lagi.

3. Tunjukkan perhatian Anda

Tunjukkan perhatian Anda

Mungkin Anda bukan seorang romantis yang tiba-tiba memberi bunga atau berbagai hadiah untuk pasangan. Namun, setidaknya Anda bisa menunjukkan perhatian Anda lewat perkataan dan perilaku, bukan? Perhatian kecil bisa berarti besar bagi pasangan.

Misalnya, menanyakan apa ia sudah makan atau belum. Jika ia berkata belum, tak ada salahnya untuk bersikap lebih romantis dengan membawakan dia makanan atau mengajak ia makan bersama. Baik pria maupun wanita sama-sama harus menunjukkan perhatian kepada pasangan agar hubungan menjadi lebih awet.

4. Terbuka saat tidak suka dengan yang ia lakukan

Terbuka saat tidak suka dengan yang ia lakukan

Untuk mencegah pertengkaran, mungkin Anda cenderung diam dan tidak berterus terang ketika tidak menyukai apa yang pasangan Anda lakukan. Ini bukan cara agar hubungan langgeng. Anda harus terbuka apabila ada suatu hal yang Anda tidak sukai dari yang ia lakukan.

Susunlah kata-kata yang tepat agar tidak menyakiti perasaannya. Bahkan, bila ingin menegur atau memberi nasehat, jangan gunakan nada tinggi. Cukup bicarakan baik-baik dan berikan alasan yang jelas mengapa Anda tidak menyukai apa yang ia lakukan. Dengan demikian hati jadi lega dan si dia pun jadi tahu perasaan Anda yang sebenarnya.

5. Inisiatif untuk berbaikan pasca bertengkar

Inisiatif untuk berbaikan pasca bertengkar

Anda dan dia baru saja bertengkar? Tapi ini bukan alasan untuk mengakhiri hubungan Anda dan si dia. Pertengkaran memang menjadi “bumbu” dalam kehidupan cinta. Namun, pertengkaran tidak harus diakhiri dengan perpisahan. Mungkin Anda dan dia merasa gengsi untuk mengajak berbaikan lebih dulu.

Nah, tak ada salahnya jika Anda mengambil inisiatif untuk mengajak dia berbaikan pasca bertengkar. Jika Anda tidak ingin kehilangan si dia, maka inilah saat yang tepat untuk berbaikan dengannya. Jangan biarkan pertengkaran terus menerus larut dalam hubungan Anda.

6. Jangan biarkan masalah berlarut-larut

Jangan biarkan masalah berlarut-larut

Dalam suatu hubungan kekasih, pasti ada saja masalah yang bisa membuat hubungan Anda dan dia jadi renggang. Akan tetapi, masalah ada bukan untuk dihindari, melainkan untuk segera diselesaikan.

Apabila ada permasalahan di antara hubungan Anda dan si dia, segera ajak dia untuk bertukar pikiran mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Pasalnya, jika sebuah masalah dibiarkan berlarut-larut tentu saja dapat merusak hubungan Anda dengan si dia.

Satu lagi yang perlu Anda cermati untuk memiliki hubungan yang langgeng, yakni jangan pernah mengungkit masalah yang sudah berlalu. Jalani saja hubungan Anda dengan si dia tanpa menengok ke masalah yang sudah berlalu.

7. Cintai dan beri perhatian pada keluarganya

Cintai dan beri perhatian pada keluarganya

Tahukah Anda bahwa seseorang pasti senang ketika mendapatkan pasangan yang juga sayang dan perhatian terhadap keluarganya. Cara agar hubungan langgeng sampai seumur hidup adalah Anda memperlakukan keluarganya seperti keluarga Anda sendiri.

Berikan kasih sayang dan perhatian kepada keluarganya. Bahkan, jika si dia lupa mengunjungi keluarganya, Anda dapat berinisiatif untuk mengajaknya menengok orang tua dan saudara-suadaranya.

Bagi Anda yang belum menikahi si dia, bawakan saja barang atau makanan kesukaan orang tuanya. Anda juga bisa memberikan perhatian dengan menanyakan kabar orang tuanya dan menyatakan kerinduan untuk bisa bertemu dengan keluarganya.

8. Buat kejutan atau hal-hal terduga untuk mencegah kebosanan

Buat kejutan atau hal-hal terduga untuk mencegah kebosanan

Jenuh saat menjalin hubungan dengan seseorang adalah hal yang wajar. Apalagi jika Anda sudah membina hubungan hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, jangan jadikan kebosanan ini sebagai alasan untuk mengakhiri hubungan.

Anda harus pandai membuat kejutan atau hal-hal terduga untuk membuat hubungan tidak membosankan. Misalnya, diam-diam merencanakan makan malam romantis atau liburan berdua. Jika si dia lupa dengan hari-hari spesial dalam hubungan, tak ada salahnya membuat kejutan berupa perayaan kecil untuk memperingati hari spesial tersebut.

9. Jangan posesif, berikan ia waktu sendiri

Jangan posesif, berikan ia waktu sendiri

Kadang-kadang si dia juga butuh waktu bersama keluarga atau teman-temannya. Menjalin kasih tidak harus selalu berdua terus menerus, bukan? Agar Anda dan dia tidak bosan, sesekali miliki waktu untuk bersama keluarga atau teman saja tanpa membawa pasangan.

Selain itu, jadilah orang yang tidak posesif dan mengekang pasangan. Selama hal yang ingin dia lakukan itu baik, berikan dukungan Anda. Buatlah hubungan menjadi lebih santai dan menyenangkan tanpa mengekang satu sama lain atau selalu harus berdua.

10. Bersyukur dan terima ia apa adanya

Bersyukur dan terima ia apa adanya

Cara agar hubungan langgeng hingga maut memisahkan adalah selalu bersyukur atas apa yang Anda miliki. Terimalah pasangan Anda apa adanya dengan segala kekurangannya.

Jika Anda mulai bosan dengan si dia dan mencoba untuk mencari penggantinya, ingatlah perjuangan Anda dulu ketika mendapatkanya cintanya dan bagaimana pahit manisnya Anda berdua dalam menjalani hubungan. Dia memang tidak sempurna, tapi Anda pun juga tidak sempurna. Biarlah ketidaksempurnaan Anda dan dia menjadi saling melengkapi satu sama lain.

10 cara agar hubungan langgeng ini berlaku bagi pasangan kekasih maupun suami istri. Jadilah seorang yang setia dan tidak menyerah begitu saja terhadap hubungan Anda. Ingat, seorang yang hebat bukanlah seorang yang bisa mendapatkan cinta dari wanita atau pria yang lebih baik dari pasangan Anda sekarang, melainkan seorang yang dapat setia dan mempertahankan hubungan dengan pasangan Anda saat ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar