Kamini.id / Bedak Wajah / Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jenis kulit orang bermacam-macam, namun kategori besarnya bisa dibilang ada tiga, yaitu normal, kering dan berminyak. Untuk orang dengan jenis kulit normal, mungkin tidak akan mendapatkan banyak kendala dalam riasan wajah, terutama bedak. Untuk orang dengan jenis kulit kering dan berminyak, akan agak tricky.

Untuk kesempatan kali ini, Kamini mau membahas bagaimana cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak. Anda perlu menemukan produk yang tepat untuk kulit Anda dan juga cara yang tepat untuk menggunakannya. Mulai dari primer, alas bedak hingga finishing powder, semua akan dibahas di sini. Yuk, disimak!

Cara Memakai Bedak Agar Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak

1. Cuci Muka

cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak cuci muka

Langkah pertama dalam cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu. Sebelum menggunakan make up, wajah Anda harus benar-benar bersih dari keringat, kotoran, polusi, dan apa pun itu.

Gunakanlah pencuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Biasanya pencuci muka tersebut akan mengandung lemon, beras dan bahan lainnya yang dapat bekerja secara efektif menyerap minyak berlebih dari kulit. Untuk lebih lengkapnya, bisa Anda baca di artikel pencuci wajah untuk kulit berminyak.

2. Face Primer

Face Primer

Siapa yang suka pakai primer? Bagus! Berarti selain suka make up, Anda juga peduli dengan kulit Anda. Jika Anda belum mulai menggunakan primer, mungkin Anda belum mengetahui manfaat dari face primer. Dengan menggunakan primer sebelum make up, pori-pori wajah Anda akan ‘tertutup’, sehingga kosmetik lainnya yang akan Anda gunakan tidak akan masuk dan menyumbat pori-pori.

Lalu, face primer juga dapat membuat kulit menjadi mulus dan halus. Pori-pori besar? Jerawat? Komedo? Bye-bye, semuanya lenyap disamarkan oleh primer. Lalu, primer juga dapat membuat warna kulit terlihat rata dan dapat membuat make up menjadi lebih tahan lama dan lebih enak di-blend. 

3. Foundation

Foundation

Sebelum pakai bedak, tentunya akan lebih maksimal jika Anda menggunakan alas bedak terlebih dahulu. Alas bedak ada bermacam-macam, namun yang kualitasnya paling baik adalah foundation. Anda bisa mendapatkan flawless look dengan menggunakan foundation, karena foundation memiliki coverage yang super tinggi, sehingga dapat menutupi kekurangan pada wajah dengan baik.

Gunakanlah oil-free foundation sehingga alas bedak dapat bertahan lebih lama pada kulit berminyak. Jadi, urutannya sejauh ini adalah mencuci muka – menggunakan primer – lalu mengaplikasikan foundation. Namun, jika Anda merasa foundation terlalu ‘berat’ untuk Anda, maka Anda bisa menggunakan alas bedak lainnya seperti BB Cream.

4. BB Cream

BB Cream

Jika Anda tidak mau sering-sering menggunakan foundation, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih ringan seperti AA/BB/CC/DD/EE cream. Mungkin nama-nama krim ini agak memusingkan buat yang belum terlalu faham kosmetik. Tapi, sebenarnya itu hanya permainan nama saja, karena kandungan di dalamnya tidak jauh berbeda.

AA mengedepankan aura, CC mengedepankan correcting, DD dan EE mengedepankan moisturizing, dan yang paling populer adalah BB cream, yaitu pelembab sekaligus bedak yang sangat praktis. Karena sudah mengandung bedak, BB cream bisa langsung dipakai begitu saja tanpa apa pun lagi. Namun, untuk orang dengan kulit berminyak, mungkin agak riskan jika menggunakan BB cream saja.

Untuk itu, BB cream dapat Anda gunakan sebagai murni alas bedak. Setelah menggunakan BB cream, timpa lagi wajah Anda dengan bedak tabur, selaku bedak wajib untuk para memilik wajah berminyak.

5. Setting Powder

Setting Powder

Yang satu ini juga sering banget dilewatkan oleh orang-orang, entah karena tidak tahu, entah karena merasa tidak penting. Padahal, setting powder merupakan elemen yang sangat penting dalam make up, apalagi kalau wajah Anda berminyak. Setting powder bekerja untuk mem-bake make up pada wajah Anda agar tetap stay seperti itu tanpa luntur karena minyak wajah atau pun karena masalah lainnya.

Selalu gunakan setting powder setelah menggunakan alas bedak untuk mendapatkan hasil matte yang fresh dan tahan lama sepanjang hari. Untuk hasil terbaik, gunakan setting powder khusus untuk kulit berminyak, tapi kalau adanya yang biasa pun tidak apa-apa karen fungsi setting powder sama saja yaitu untuk me-matte-kan wajah.

Cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak adalah dengan mengaplikasikan setting powder pada bawah mata, bawah hidung, dagu, rahang dan dahi. Jangan ‘merasa sayang’, ya, karena setting powder memang harus digunakan tebal-tebal.

Setelah digunakan jangan langsung disapukan, tapi tunggu selama kurang lebih 3 menit. Itulah yang dimaksud dengan teknik baking. Setelah itu, baru sapu sisa bedak sampai hilang. Ingat, sapu bersih, ya, bukan diratakan layaknya make up.

Tapi, untuk orang dengan wajah super berminyak, sebaiknya gunakan juga setting powder pada seluruh wajah. Kali ini Anda tidak perlu mengaplikasikannya tebal-tebal, cukup ditap-tap saja sedikit pada seluruh wajah menggunakan spons atau kuas. Jika Anda tidak punya setting powder, Anda bisa menggunakan bedak bayi sebagai setting powder.

6. Loose Powder

Loose Powder

Barang siapa yang memiliki wajah berminyak, maka wajib memiliki dan menggunakan bedak tabur. Loose powder, atau bedak tabur, merupakan bedak yang bentuknya berupa serbuk halus. Anda bisa meng-skip beberapa langkah di atas dan di bawah ini, tapi Anda tidak bisa tidak menggunakan bedak tabur.

Cara menggunakan bedak tabur adalah dengan menggunakan spons besar yang berlapis bulu halus dan pendek. Biasanya loose powder sudah hadir dengan spons-nya sendiri, jadi Anda tidak perlu bingung untuk membeli di mana sponsnya. Selain menggunakan spons yang tersedia, Anda bisa juga menggunakan kuas.

Aplikasikan bedak tabur pada seluruh wajah Anda. Untuk warnanya, Anda tidak perlu bingung kenapa warna loose powder ada macam-macam, mulai dari putih, krem, cokelat, hingga ada juga yang warna oranye dan pink. Tapi, pada akhirnya setelah dipakai di wajah, bedak tabur tidak akan terlihat warnanya, kok.

7. Pressed Powder

Pressed Powder

Kalau yang satu ini sih digunakan untuk jaga-jaga saja, kalau Anda sedang bepergian, lalu wajah Anda tiba-tiba breakout. Karena, biasanya orang malas membawa loose powder ke mana-mana. Alasannya adalah karena bedak tabur ukuran kemasannya lebih besar dan sering tumpah-tumpah. Berbeda dengan compact powder yang ramping dan apik.

7. Makeup Setting Spray

Makeup Setting Spray

Make up terakhir yang perlu Anda aplikasikan pada wajah berminyak adalah dengan menggunakan setting spray. Lagi-lagi, benda ini merupakan salah satu benda yang paling sering diabaikan orang. Kenapa? Karena kebanyakan orang merasa tidak memerlukannya.

Padahal, setting spray benar-benar berfungsi dengan baik dalam menjaga wajah tetap terlihat matte dan make up tetap pada tempatnya selama waktu yang lama. Biasanya setting spray juga dilengkapi dengan water dan oil resistance.

8. Blotting Paper

Blotting Paper

Yang ini bukan bagian dari make up yang bisa Anda aplikasikan pada wajah, tapi blotting paper merupakan benda wajib lainnya yang harus dimiliki para pemilik wajah berminyak. Ketika wajah mulai break out, maka penolong Anda adalah blotting paper alias kertas minyak.

Ya, itulah cara memakai bedak agar tahan lama untuk kulit berminyak versi Kamini. Apapun jenis kulitnya, kita tidak bisa langsung menggunakan bedak saja jika menginginkan riasan yang flawless. Bedak harus diiringi dengan kosmetik lainnya agar bisa menjadi senjata kita untuk beraktivitas sehari-hari. Slay all day with matte face, selamat berdandan!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019