Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Tanpa Ribet

Lagi asyik menyetrika pakaian, tapi tiba-tiba setrika menjadi lengket karena Anda menggosok bagian plastik atau sablon pada pakaian? Selain sablon pakaian jadi rusak, setrika yang terkena plastik juga tidak dapat dipakai untuk melicinkan pakaian dengan baik. Anda harus mencari cara membersihkan setrika yang lengket terlebih dahulu sebelum kembali menggunakannya.

Tidak hanya memberikan cara membersihkan setrika yang lengket saja, Kamini juga akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa penyebab mengapa setrika bisa menjadi lengket. Jadi, Anda bisa menghindari penyebab tersebut agar setrika tidak menjadi lengket dan kotor.

Penyebab Setrika yang Lengket

Walaupun setrika dipakai untuk menggosok baju yang sudah bersih, tapi tidak menutup kemungkinan setrika tersebut tidak bisa menjadi kotor. Nah, kenali beberapa penyebab setrika lengket berikut ini:

1. Menyetrika pakaian yang bersablon atau mengandung rubber

Menyetrika pakaian yang bersablon atau mengandung rubber

Tanpa Anda sadari suhu setrika yang Anda pakai sedang sangat tinggi dan berpotensi untuk membuat pakaian jadi gosong. Keadaan setrika seperti ini tidak baik untuk pakaian, terutama pakaian berbahan tipis, rubber, atau yang terdapat sablon di atasnya.

Setrika yang panas tersebut akan langsung merusak sablon pada pakaian Anda. Otomatis, sablonan pakaian tersebut akan melekat pada setrika dan membentuk gumpalan. Nah, Anda harus segera membersihkan setrika tersebut jika ingin setrika Anda dapat kembali melicinkan pakaian tanpa gangguam.

2. Penggunaan pelicin pakaian

Penggunaan pelicin pakaian

Dewasa ini, ada produk pelicin pakaian yang dapat diaplikasikan sedikit untuk melicinkan pakaian secara lebih baik dan praktis. Namun, penggunaan pelicin pakaian ternyata dapat membuat setrika cepat kotor dan kehilangan kinerjanya, lho. Pasalnya, setrika akan menyerap kelembaban dari pelicin pakaian tersebut sehingga membuat permukaan setrika cepat kotor.

3. Setrika terlalu sering dipakai

Setrika terlalu sering dipakai

Tak dapat dipungkiri bahwa setrika adalah salah satu benda elektronik yang dibutuhkan oleh hampir semua orang. Sayangnya, terlalu sering memakai setrika bisa membuat sisa-sisa kotoran menepuk. Alhasil, Anda harus melakukan pembersihan terlebih dahulu agar permukaan setrika kembali licin dan dapat dengan mudah digunakan.

Cara Membersihkan Setrika yang Lengket

Ketika setrika Anda lengket, apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda harus mengganti setrika baru? Tak perlu mengganti setrika baru karena dengan beberapa cara membersihkan setrika yang lengket ini, Anda dapat kembali melicinkan pakaian dengan setrika lama Anda. Yuk, simak beberapa cara yang akan kami bagikan ini.

1. Menggunakan Kain basah

Kain basah

Saat setrika sudah dingin, ambil kain yang sudah dibasahi dengan air, tapi peras dulu agar airnya tidak berlebih. Gosok bagian bawah setrika dengan kain lap yang sudah dibasahi tadi sampai keraknya hilang. Bila perlu, kerok kotoran yang menempel di setrika dengan jari Anda sembari diusap dengan lap basah.

2. Oleskan Odol / Pasta Gigi

Odol Pasta Gigi

Tak banyak orang yang tahu bahwa kerak lengket yang berada di bawah setrika bisa dibersihkan dengan odol. Selama ini odol dikenal sebagai pertolongan pertama untuk meredakan luka bakar. Kini, Anda bisa membersihkan kerak setrika dengan odol.

Caranya adalah oleskan odol secukupnya di bagian bawah setrika yang terkena kerak lengket. Kemudian, gosok kerak tersebut dengan kain kering secara perlahan. Lakukan langkah-langkah ini berulang kali sampai kerak lengket yang ada pada setrika benar-benar hilang.

3. Bersihkan dengan Baking soda

Baking Soda

Baking soda merupakan bahan serbaguna yang bisa menghilangkan noda di segala benda, termasuk pada setrika. Untuk memanfaatkan baking soda sebagai bahan untuk membersihkan setrika yang lengket, buat pasta kental dari baking soda dan sedikit air.

Oleskan pasta baking soda ini langsung ke bagian kerak lengket yang menempel di permukaan setrika. Apabila nodanya tidak kunjung hilang, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok noda tersebut.

4. Campurkan Cuka dan Garam

Cuka dan garam

Kedua bahan yang satu ini bisa dengan mudah Anda peroleh di dapur. Ya, cuka dan garam adalah bahan sederhana yang bisa membantu Anda membersihkan kerak lengket di bawah setrika. Langkah-langkah menggunakan cuka dan garam sebagai cara membersihkan setrika yang lengket diawali dengan menyiapkan wadah, disarankan untuk menggunakan panci.

Masukkan cuka dan garam dengan perbandingan 2 : 1. Panaskan kedua bahan ini di atas kompor sampai garam larut dalam cuka, tapi Anda tidak perlu memanaskan sampai mendidih.

Diamkan larutan garam dan cuka sampai dingin, lalu celupkan kain bersih ke dalam larutan ini. Peras kain yang Anda gunakan, lalu usapkan ke kerak lengket yang berada di bawah setrika. Jika noda masih membandel, gunakan sikat gigi bekas untuk mengelupas kerak lengket setrika.

5. Gosokka Lilin pada Setrika yang Panas

Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Tanpa Ribet 52

Dengan media lilin Anda bisa menghilangkan kerak lengket yang sangat membandel. Apabila semua cara membersihkan setrika yang lengket sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa mencoba cara pembersihan dengan lilin.

Pertama, panaskan setrika Anda terlebih dahulu, lalu gosokkan satu batang lilin ke permukaan setrika yang lengket. Segera usapkan kain yang tebal pada permukaan setrika untuk melunturkan sisa lilin dan kerak lengket yang menempel. Anda bisa melakukan cara ini hingga berulang kali sampai kerak lengket dan noda lilin terlepas dari setrika.

6. Gosokkan Setrika Panas Pada Daun pisang

Daun pisang cara membersihkan setrika

Yang satu ini adalah bahan tradisional yang bisa Anda peroleh dengan mudah. Jika tidak punya pohon pisang, beli daun pisang ini di pasar karena harganya pun tidak terlalu mahal.

Cara menghilangkan noda lengket pada setrika dengan daun pisang dimulai dengan memanaskan setrika sampai suhu maksimal. Kemudian, gosokkan setrika ke daun pisang. Dalam sekejap daun mungkin akan gosong dan mengeluarkan aroma terbakar.

Namun, hal tersebut tidak masalah karena kerak lengket yang selama ini menempel di setrika Anda akan melekat pada daun tersebut. Daun pisang juga bisa dipakai sebagai alas untuk menyetrika sehari-hari. Bahkan, setrika yang dialasi dengan daun pisang ini akan menjadi lebih licin meskipun Anda tidak menggunakan cairan pelicin pakaian.

7. Amplas

Amplas

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak lengket di setrika adalah dengan amplas. Sebenarnya kami tidak terlalu menyarankan Anda untuk menggunakan amplas, tapi jika noda lengket sangat membandel maka tak ada salahnya Anda memakai cara terakhir ini.

Gosokkan amplas ke bagian bawah saat setrika dalam keadaan dingin. Jangan menggosok terlalu keras karena hal tersebut dapat menggores permukaan setrika. Anda pun bisa memakai benda tumpul untuk mengerok kerak lengket tersebut.

Itulah serba-serbi cara membersihkan setrika yang lengket. Apabila Anda mendapati bahwa setrika Anda lengket, segera cari cara untuk menghilangkan kerak lengket tersebut. Pasalnya, jika kerak tersebut dibiarkan begitu saja maka kerak dapat melekat semakin kuat. Selain itu, setrika yang di bawahnya terdapat kerak lengket tidak akan dapat digunakan untuk melicinkan pakaian dengan baik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram