Kamini.id / Tips Mencuci / Inilah 5 Cara Mengatasi Baju Kelunturan yang Efektif

Inilah 5 Cara Mengatasi Baju Kelunturan yang Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baju, seprai, atau pakaian batik yang baru saja kamu beli, sebaiknya dicuci terpisah dengan baju lama dan pakaian yang lainnya ya. Karena terkadang saat pertama kali dicuci, warna pada baju, seprai atau pakaian batik tersebut akan luntur dan bisa merusak warna pada baju lama dan pakaian yang lainnya.

Kamu harus tetap menggunakan prosedur yang sudah ditentukan yang biasanya tercantum di label pada pakaian. Pada label tersebut biasanya akan tercantum suhu air yang digunakan untuk mencuci pakaian, dicuci menggunakan tangan atau boleh menggunakan mesin cuci, suhu saat disetrika, boleh menggunakan pemutih atau tidak, dan lain sebagainya.

Kalau kamu tidak berhati-hati dan teliti dalam mengelompokkan warna, bahan, dan cara pencucian pakaian, pasti nantinya kamu jadi sebal sendiri kalau baju kesayangan kelunturan, bukan? Tapi, sekalipun hal itu terjadi, kamu jangan langsung buang baju tersebut atau menjadikan baju itu jadi kain lap, ya.

Kelunturan memang sebuah ‘kecelakaan’ yang sebenarnya sering terjadi pada saat proses mencuci pakaian. Tapi kamu tidak usah khawatir, ada kok 5 cara mengatasi baju kelunturan dengan mudah. Berikut penjelasannya dari Kamini:

Cara Mengatasi Baju Kelunturan

1. Baking Soda

Cara Mengatasi Baju Kelunturan baking soda

*

Ya, baking soda memang sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk campuran saat membuat kue, tapi juga bisa digunakan untuk hal lainnya. Seperti pada perawatan kecantikan, menghilangkan noda kuning pada gigi dan juga pada piring. Tapi, ada satu manfaat lagi dari baking soda, yaitu bisa untuk mengatasi baju yang kelunturan.

Cara mengatasi baju kelunturan dengan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda + sabun cuci baju dalam wadah bersih. Lalu, oleskan campuran tersebut pada bagian baju yang kelunturan. Kemudian, rendam dalam air hangat berisi sabun cuci pakaian anti noda selama 30 menit. Setelah itu, kucek sampai noda luntur hilang. Lalu bilas sampai bersih.

2. Vetsin dan Sabun Cuci Pakaian

Vetsin dan Sabun Cuci Pakaian

* sumber: www.launcherchem.com

Cara mengatasi baju kelunturan yang ke-2 adalah dengan memanfaatkan bahan penyedap rasa, yaitu vetsin atau kalau menggunakan bahasa anak jaman now adalah micin. Vetsin berfungsi untuk membuat masakan terasa lebih enak dan gurih. Tapi, vetsin juga bisa digunakan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian, lho.

Kamu hanya perlu menyiapkan ember bersih yang diisi dengan air hangat. Lalu, masukan vetsin dan sabun cuci pakaian, dengan takaran sabun cuci pakaian lebih sedikit daripada vetsin lalu aduk sampai rata.

Kemudian, masukan pakaian yang kelunturan. Diamkan selama 30 menit atau sesuaikan dengan tingkat kelunturannya. Lalu, cuci pakaian tersebut seperti biasa, usahakan menggunakan sabun cuci pakaian anti noda. Kemudian bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

3. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

* sumber: botanicalgrowersnetwork.net

Belimbing wuluh memiliki rasa yang asam. Tidak hanya enak untuk campuran bumbu berbagai macam masakan, belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian.

Kamu harus mencari belimbing wuluh yang masih segar, cuci bersih lalu potong menjadi dua. Usapkan bagian potongan yang basah pada noda luntur.  Diamkan selama tiga puluh menit lalu cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci pakaian anti noda, kemudian bilas sampai bersih.

4. Cuka Dapur

Cuka Dapur

Satu lagi cara mengatasi baju kelunturan menggunakan barang dari dapur. Kali ini kita akan menggunakan cuka. Biasanya cuka dapur digunakan untuk membuat acar, atau sebagai penambah rasa pada saat menyantap bakso, asinan dan makanan lainnya. Cuka juga berguna untuk menghilangkan amis pada ikan dan ayam sebelum diolah menjadi masakan.

Tapi, ternyata cuka juga bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian, lho! Kamu hanya perlu mengoleskan cuka pada bagian baju yang terkenal noda luntur. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian, jangan lupa untuk mencuci baju seperti biasa.

5. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Sudah diketahui semua orang, kalau jeruk nipis memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk campuran makanan dan diolah menjadi minuman, jeruk mungil ini dapat digunakan juga untuk membersihkan noda. Contohnya, noda kuning pada gigi dan kuku, menghilangkan bau amis pada ikan dan ayam, dan masih banyak yang lainnya. Termasuk noda luntur pada pakaian.

Caranya, ambilah beberapa buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua. Gosokkan potongan jeruk nipis tersebut pada noda luntur pada pakaian. Kemudian bilas dengan air bersih. Lalu cuci pakaian seperti biasa menggunakan sabun cuci pakaian anti noda. Lalu bilas sampai bersih.

Nah, itu dia 5 cara mengatasi baju yang kelunturan ala Kamini. Usahakan untuk selalu menggunakan air hangat pada saat proses perendaman, ya, dengan suhu sekitar 30°-40° C. Lakukan cara yang sama jika masih terdapat sisa noda luntur pada pakaian, sampai noda luntur benar-benar hilang.

Cara-cara diatas biasanya akan langsung berhasil dilakukan pada pakaian yang baru saja terkena luntur, sedangkan pakaian yang sudah terlalu lama terkena luntur, biasanya butuh waktu yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sedangkan untuk pakaian berwarna putih, biasanya bisa langsung menggunakan pemutih pakaian atau kamu bisa menggunakan Vanish Penghilang Noda Membandel yang bisa kamu dapatkan di MatahariMall lewat link ini.

Dan, khusus untuk pakaian batik kamu yang kelunturan, kamu nggak usah khawatir. Bisa kamu atasi dengan merendam pakaian batik yang kelunturan tersebut ke dalam air kelapa. Lakukan perendaman selama satu malam.

Setelah direndam satu malam, bilas dan cuci batik dengan sabun khusus batik atau sabun cuci pakaian anti noda. Dan pakaian batik kamu pun sudah bersih seperti semula. Tapi ingat, saat merendam jangan mencampurnya dengan pakaian lain ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Tipsnya sangat membantu, Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020