10 Cara Mengatasi Masalah Keuangan yang Cukup Efektif

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 Agustus 2021

Memiliki masalah keuangan yang serius dapat berdampak buruk pada kehidupan. Banyak keluarga yang harus menjalani kehidupan berat karena memiliki permasalahan keuangan yang cukup parah. Mulai dari perceraian, terlilit hutang, terlibat masalah hukum, hingga nekat mengakhiri hidup. Persoalan tersebut tentu bukan hal yang bisa dianggap remeh. 

Mengatasi berbagai permasalahan keuangan memang bukan hal yang mudah dan memerlukan perjuangan, serta pengorbanan. Supaya kamu bisa mengatasi permasalahan keuangan yang berat. Simak ulasan yang telah Kamini rangkum di bawah.

1. Membuat Pembukuan Keuangan

cara mengatasi masalah keuangan_Membuat Pembukuan Keuangan

Masalah keuangan menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap keluarga. Supaya kondisi keuangan terkendali, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat pembukuan keuangan. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran uang setiap bulannya. Hal ini untuk mencegah pembengkakan biaya pengeluaran. 

Selain itu, catatan tersebut juga berguna untuk memantau kondisi keuangan dan mempermudah dalam membuat perbandingan untuk bulan berikutnya. Setelah kamu mengetahui kondisi keuanganmu sepenuhnya, kamu bisa mulai menekan pengeluaran atau biaya yang berlebihan dengan mengalokasikan biaya tersebut untuk kebutuhan yang lebih penting, atau membuat skala prioritas.

2. Menjalani Gaya Hidup Hemat dan Sederhana

cara mengatasi masalah keuangan_Menjalani Gaya Hidup Hemat dan Sederhana

Besarnya penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya akan tetap habis bila digunakan secara terus menerus dan tidak terkendali. Sifat boros merupakan kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri. Meski sebagian besar masyarakat menyadari hal tersebut, tetapi masih banyak juga yang menjalani gaya hidup boros. 

Pengaruh lingkungan memberi kontribusi yang cukup besar dalam menjadikan seseorang bersifat boros. Selain itu, kebiasaan yang dibawa sejak kecil pun dapat mempengaruhi hal tersebut. Untuk mencegah kondisi keuangan terpuruk karena hal tersebut, mulailah untuk menjalani gaya hidup hemat dan sederhana. 

3. Memiliki Dana Darurat

cara mengatasi masalah keuangan_Memiliki Dana Darurat

Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah keuangan mendadak adalah dengan memiliki dana darurat. Dana darurat dapat membantu kamu bila terjadi sesuatu hal yang berada di luar prediksimu seperti kehilangan pekerjaan, terkena penyakit berat, atau terjadi bencana alam yang membuat sumber penghasilan kamu terhambat. 

Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu mengganggu aset yang kamu miliki untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Menjual aset untuk mengatasi masalah memang dapat membantu, namun hal tersebut harus dilakukan penuh pertimbangan dan kecermatan. Hal ini bertujuan agar tidak menambah permasalahan baru yang mungkin dapat memperparah kondisi keuangan keluarga. 

4. Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit

cara mengatasi masalah keuangan_Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit

Adanya kartu kredit memang bisa sangat membantu. Hanya saja, kemudahan yang ditawarkan pihak Bank terkadang membuat seseorang sulit untuk mengendalikan diri untuk tidak berbelanja. Penggunaan kartu kredit yang berlebihan menjadi salah satu penyebab munculnya masalah keuangan yang kerap dialami oleh setiap orang. 

Plafon tinggi yang diberikan oleh pihak Bank kerap dijadikan kesempatan oleh sebagian orang untuk berbelanja sesuai keinginan tanpa pertimbangan kebutuhan atau kondisi keuangan. Hal tersebut tentu saja bisa berdampak buruk. 

Untuk mencegah masalah serius karena kartu kredit, gunakan uang tunai atau kartu debit saat berbelanja. Selain untuk membatasi jumlah pengeluaran, hal itu dapat melatih kamu untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan. 

5. Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

cara mengatasi masalah keuangan_Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang

Hal lain yang tidak kalah penting untuk mencegah timbulnya masalah keuangan adalah dengan membuat rencana keuangan jaka panjang. Membuat rencana keuangan jangka panjang sangat penting untuk mengontrol kondisi keuangan di masa depan. 

Kamu bisa mengalokasikan dana untuk sejumlah keperluan mulai dari biaya pendidikan, kesehatan, dana pensiun, hingga warisan. Membuat perencanaan keuangan jangka panjang bisa sangat membantu di masa depan. 

Seperti kita ketahui, banyak orang yang harus mengalami masalah keuangan menjelang usia senja karena tidak memiliki rencana keuangan yang jelas. 

6. Berinvestasi 

cara mengatasi masalah keuangan_Berinvestasi

Berinvestasi adalah cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah keuangan yang mungkin kamu hadapi. Meski demikian, kamu harus jeli dan teliti ketika hendak berinvestasi. Pilihlah instrumen investasi yang tepat agar bisa memberi keuntungan. Beberapa di antaranya yang bisa kamu coba antara lain seperti investasi emas, properti, reksadana, atau deposito. 

Investasi adalah cara yang banyak dipilih oleh orang untuk mendapatkan keuntungan besar. Hanya saja, sebelum mulai melakukan investasi, sebaiknya mulailah untuk mengetahui beberapa hal mulai dari mengenal kebutuhan, produk dan jasa yang ditawarkan, manfaat dan risiko, serta mengetahui hak dan kewajiban. 

Hal itu penting untuk diketahui untuk mencegah kamu dari kerugian atau investasi ilegal. Seperti kita ketahui, saat ini banyak orang yang terjebak dan mendapat kerugian karena kurang memiliki pengetahuan mengenai masalah investasi. 

7. Mencari Penghasilan Tambahan

cara mengatasi masalah keuangan_Mencari Penghasilan Tambahan

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan agar masalah keuanganmu teratasi adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Besarnya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terkadang melebihi pendapatan yang diterima setiap bulannya. Hal ini tentu akan menjadi masalah bila tidak segera ditangani secara serius. 

Salah satu cara untuk mengatasi masalah keuangan tersebut adalah dengan mencari pekerjaan sampingan, entah itu dengan berdagang atau membuka layanan jasa. Maraknya marketplace di tanah air juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu dalam mendapatkan penghasilan tambahan. 

8. Menghindari Pinjaman

cara mengatasi masalah keuangan_Menghindari Pinjaman Bank

Kesulitan ekonomi terkadang memancing seseorang untuk melakukan pinjaman, baik ke Bank atau pinjaman dana instan/online. Bunga pinjaman yang mencekik terkadang menjadi penyebab seseorang mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, sebelum terlanjur meminjam uang, sebaiknya kamu pertimbangan terlebih dahulu keputusan tersebut secara matang. 

Bertambahnya hutang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami tekanan dalam hidup, bahkan bisa membuat seseorang mengalami depresi. Untuk mencegah itu, cobalah untuk mencari alternatif lain yang tidak memberatkan seperti menjual aset, mencari pekerjaan yang lebih baik, atau membuka usaha dengan modal kecil.

9. Membiasakan Diri untuk Menabung 

cara mengatasi masalah keuangan_Membiasakan Diri untuk Menabung

Menabung memang bukan hal baru ditelinga kita. Sejak kecil, orang tua dan guru kerap mengingatkan kita untuk rajin menabung. Meski terdengar sederhana, tetapi banyak orang yang sulit menabung karena berbagai alasan. Membiasakan diri untuk menabung sejak dini merupakan cara efektif untuk mengatasi permasalahan keuangan. 

Kamu bisa menabung uang di Bank, atau menyimpannya sendiri di tempat yang aman. Mulailah untuk menyisipkan sebagian kecil penghasilan kamu untuk ditabung. Selain itu, buatlah target yang ingin kamu capai dengan tabunganmu. Hal itu untuk memotivasi kamu agar tetap konsisten saat menabung. 

10. Sering Bersedekah 

cara mengatasi masalah keuangan_Sering Bersedekah

Sedekah adalah salah satu perbuatan baik yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah adalah pemberian harta secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah sendiri memiliki banyak keutamaan. Mulai dengan menghapus dosa, mendatangkan pahala, menjadikan harta yang dimiliki penuh berkah, serta mendatangkan rezeki. 

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa mengeluarkan harta untuk sedekah dapat mengurangi harta yang kita punya. Padahal, Allah SWT sendiri akan memberikan balasan rezeki yang berlipat ganda bagi orang-orang yang rajin bersedekah. Hal tersebut pun telah dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis. 

Demikianlah 10 cara mengatasi masalah keuangan yang cukup efektif, yang berhasil Kamini rangkum untukmu. Masalah keuangan memang kerap dialami oleh setiap orang.

Selain berusaha, berdoa juga menjadi hal penting untuk bisa mengatasi persoalan tersebut. Jika kamu mengetahui cara lain yang lebih baik, tulis pendapatmu di kolom komentar, ya! Baca juga tips mengelola keuangan satu ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram