Kamini.id / Serum Wajah / 7 Manfaat Serum Vitamin C Wardah untuk Kesehatan Kulit

7 Manfaat Serum Vitamin C Wardah untuk Kesehatan Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kalian sedang mencari produk skincare yang efektif untuk mencerahkan kulit sekaligus dapat membantu mencegah munculnya penuaan dini? Ini tandanya kalian harus step up your skincare game dengan mencoba serum vitamin C. Teruntuk kalian yang mempunyai budget tight, kalian tidak perlu khawatir karena brand lokal Wardah juga menyediakan produk serum vitamin C dengan harga terjangkau.

Wardah C-Defense Serum ini selain dapat membantu kulit menjadi lebih cerah dan mengatasi penuaan dini, ia juga memilki manfaat lainnya yang dapat membantu kalian untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat. Penasaran apa saja? Berikut 7 manfaat serum vitamin C Wardah untuk kesehatan kulit.

1. Menangkal Radikal Bebas

Wardah C Defense Serum

* sumber: blogunik.com

Sebelum kita membahas apa yang dapat ditimbulkan oleh radikal bebas, kita bahas dulu sedikit mengenai apa itu radikal bebas. Jadi, radikal bebas ini merupakan molekul tidak stabil yang sangat reaktif. Untuk membuatnya stabil, ia merebut elektron dari molekul stabil lainnya.Hal ini menyebabkan molekul stabil tersebut menjadi tidak stabil. Alhasil, terjadilah chain reaction atau reaksi berantai negatif.

Radikal bebas ini sebenarnya bagian penting dalam banyak proses biologis. Namun  jika jumlahnya terlalu banyak, ia dapat menyebabkan oxidative stress atau kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Dan oxidative stress pada kulit ini akan menyebabkan berbagai macam kerusakan kulit seperti, munculnya tanda-tanda penuaan dini, melemahkan skin barrier, hiperpigmentasi, memicu terjadinya inflamasi bahkan hingga kanker kulit.

Radikal bebas dapat terbentuk melalui proses biologis seperti proses dalam pernapasan. Faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi, radiasi, asap rokok, dan toxic lainnya juga dapat mendorong terbentuknya radikal bebas. Sehingga, memproteksi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi merupakan langkah yang penting untuk mencegah produksi radikal bebas.

Dan antioksidan juga dapat membantu menetralisir serangan radikal bebas tersebut. Sebenarnya tubuh kita juga memproduksi antioksidan, namun untuk melawan serangan dari radikal bebas yang banyak dibutuhkan jumlah antioksidan yang tinggi. Sehingga,kandungan antioksidan pada makanan dan skincare mempunyai peran penting disini. Dan salah satu kandungan yang kaya akan antioksidan adalah vitamin C.

Antioksidan yang terdapat pada Vitamin C dapat menetralisir radikal bebas dengan memberikan elekrton pada radikal bebas tanpa membuat dirinya menjadi molekul tidak stabil. Dengan kata lain, salah satu manfaat dari serum vitamin c Wardah ini adalah memproteksi kulit dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas.

2. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk mengakselerasi produksi kolagen serta elastin pada kulit. Kolagen adalah  jenis protein yang secara natural terdapat dalam tubuh kita. Dan ia memilki peran penting untuk menjaga kekencangan kulit. Namun, produksi kolagen dapat berkurang seiring dengan pertambahan usia dan juga faktor eksternal seperti paparan sinar UV, rokok dan lain-lain.

Hal tersebut juga berlaku pada elastin. Elastin sendiri merupakan jenis protein yang memiliki peran untuk membuat kulit menjadi elastis dan juga kenyal. Dengan kata lain, jika kedua protein dapat berfungsi dengan semestinya, maka kulit kita akan tetap kencang, elastis dan juga kenyal.

Tidak hanya itu, antioksidan yang terdapat pada vitamin C dapat memproteksi kulit dari radikal bebas yang berpotensi untuk mempercepat proses penuaan kulit. Dengan demikian, vitamin c yang terkandung dalam serum ini dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini sekaligus mengatasi tanda-tanda penuaan.

3. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C pada serum Wardah ini mampu menghambat pembentukan melanin yang bertanggung jawab dalam memberi warna gelap pada kulit.  Hal tersebutlah yang membuat vitamin C menjadi skin-brigtening agent yang efektif menyamarkan flek hitam, sun spot hingga bekas jerawat pada kulit.

Sehingga dengan menggunakan serum vitamin C Wardah ini dengan rutin, noda-noda pada wajah akan tersamarkan, warna kulit menjadi lebih rata dan tentunya terlihat lebih cerah.

4. Memperbaiki dan Memproteksi Kulit

Memperbaiki dan Memproteksi Kulit

Vitamin C dapat membantu memperbaiki sel kulit rusak yang diakibatkan oleh oxidative stress. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, vitamin C memiliki kemampuan untuk menstimulasi produksi kolagen. Dan ketika produksi kolagen tinggi, ia mampu menjalankan peran lainnya yaitu membantu memperbaharui serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain itu, vitamin C juga dapat meminimalir kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.  Vitamin C disini berperan sebagai “booster” yang dapat memaksimalkan fungsi sunscreen dalam memproteksi kulit dari efek buruk sinar UV. Sehingga, serum vitamin c wardah ini bermanfaat untuk memperbaiki sekaligus memproteksi kulit dari kerusakan.

Baca juga: Kenali Macam-Macam Serum Wardah Beserta Kegunaannya

5. Anti-Inflamasi

Anti-Inflamasi

* sumber: www.laroche-posay.co.uk

Produksi radikal bebas berlebih pada kulit dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh yang juga dapat menyebabkan inflamasi. Dan antioksidan dari vitamin C yang terdapat pada serum wardah ini memiliki peran untuk mencegah terjadinya infamasi pada kulit yang dapat diakibatkan oleh radikal bebas.

Lalu,dalam serum ini juga terkandung  ekstrak aloe vera dan biosaccharide yang merupakan anti-inflamasi yang poten. Sehingga, ketiga kandungan tersebut membuat serum Wardah ini dapat membantu mencegah terjadinya inflamasi pada kulit.

6. Memperkuat Skin Barrier

Memperkuat Skin Barrier

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya polusi, asap rokok, paparan sinar matahari dapat mengakselerasi produksi radikal bebas pada kulit. Dan tentunya hal itu dapat menyebabkan skin barrier semakin lemah. Skin barrier yang tidak prima dapat melemahkan fungsinya untuk melindungi kulit dari agresi eksternal serta dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit.

Antoksidan yang terkandung dalam serum ini mampu memproteksi kulit dari serangan radikal bebas. Yang artinya ia juga dapat menjaga skin barrier agar tetap prima. Vitamin C juga berperan dalam diferensiasi keratinosit yang dapat memperkuat fungsi skin barrier.

Tidak hanya itu, ekstrak aloe vera yang ada dalam serum ini juga turut berperan dalam memperkuat skin barrier. Aloe vera mengandung polisakarida yang dapat menghidrasi kulit, bekerja sebagai anti-inflamasi sekaligus membantu memperkuat fungsi skin barrier.

7. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya Vitamin C mampu menstimulasi fungsi skin barrier dan produksi Salah satu fungsi dari skin barrier adalah menjaga kulit agar tidak kekurangan air atau terhindar dari dehidrasi. Dan kolagen juga dapat membantu kulit tetap lembab.

Selain itu, kandungan biosaccharide yang ada pada Wardah C Defence Serum ini juga mampu menarik air pada kulit sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi.

Lalu, allantoin dalam serum ini juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan cara mencegah terjadinya transepidermal water loss atau proses penguapan air pada kulit

Tidak hanya itu, serum wardah ini juga mengandung moisturizing properties lainnya seperti aloe vera extract, glyserin, propylene glycol dan sodium hyaluronate. Kandungan-kandungan tersebut itulah yang membuat serum vitamin c wardah ini memilki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Wardah C-Defence Serum ini mengandung 10% Ethyl Ascorbic Acid. Dan Ethyl Ascorbic Acid ini merupakan salah satu jenis vitamin C yang cenderung stabil. Sehingga, serum ini tidak mudah teroksidasi dan rusak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya serum vitamin C ini dibanderol dengan harga terjangkau yaitu sekitar 80.000-an dan dikemas dalam botol berukuran 17ml. Kemasannya yang mungil, membuat serum ini cocok untuk kalian yang baru ingin mencoba serum vitamin C.

Namun, jika kalian masih ragu menggunakan skincare yang mengandung vitamin C yang poten, kalian bisa mencoba produk lain yang terdapat pada seri Wardah C- Defence, seperti facial wash, face mist, ataupun produk terbarunya sleeping mask dan water clay mask.

Nah, itu dia manfaat dari serum vitamin c Wardah untuk kesehatan kulit. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mencoba Wardah C-Defence Serum? Dan teruntuk yang sudah pernah mencoba, bagaimana pengalaman kalian saat mencoba serum ini? Tinggalkan jawaban kalian di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *