Kamini.id / Lip Balm / Ini Dia Cara Menggunakan Lip Balm yang Baik dan Benar

Ini Dia Cara Menggunakan Lip Balm yang Baik dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Juni 2019

Bibir kering dan pecah-pecah membuat penampilan jadi kurang maksimal. Kalau bibir sudah terlampau kering, kamu tidak bisa menyamarkannya hanya dengan lipstik. Mau tidak mau, kamu harus mencari cara untuk mengatasi bibir kering tersebut dan mengembalikan kelembaban di permukaan bibir.

Perawatan untuk bibir kering bisa menggunakan lip balm. Ini adalah produk pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan yang efektif untuk melembabkan permukaan bibir. Cara menggunakan lip balm memang sangat mudah, tetapi masih ada orang yang mungkin belum mengetahui cara mengaplikasikan lip balm secara tepat.

Buat kamu yang ingin mencegah atau melakukan perawatan bibir kering dengan lip balm, simak informasi dari Kamini mengenai serba-serbi cara menggunakan lip balm yang benar ini.

Cara Menggunakan Lip Balm

Lip balm tersedia dalam berbagai pilihan kemasan. Salah satu jenis lip balm yang paling sering dipakai adalah yang kemasannya berbentuk tabung seperti lipstik. Namun, ada juga lip balm yang berbentuk krim dan dikemas dalam kemasan toples (jar) berukuran kecil.

Manakah jenis lip balm yang biasa kamu pakai sehari-hari? Yuk, aplikasikan dengan benar melalui cara-cara berikut ini.

1. Lip Balm Tabung (Tube)

* sumber: www.newidea.com.au

Dikemas dalam bentuk tabung, lip balm jenis ini sebenarnya merupakan yang paling mudah dipakai. Kamu dapat mengaplikasikan lip balm ini layaknya seperti sedang menggunakan lipstik tabung. Berikut ini adalah panduan cara memakai lip balm tabung secara tepat.

  • Eksfoliasi bibir terlebih dahulu dengan menggunakan scrub Eksfoliasi dilakukan untuk mengelupas sel kulit mati pada bibir. Untuk scrub-nya, kamu bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan gula.
  • Bersihkan bibir dari sisa scrub, lalu segera keringkan permukaan bibir dengan tisu bersih.
  • Usapkan lip balm ke seluruh permukaan bibir, pastikan bagian tepi bibir juga sudah ter-cover dengan pelembab ini.

2. Lip Balm Krim atau Gel

* sumber: www.bustle.com

Selain lip balm padat yang dikemas dalam tabung, ada juga lip balm bertekstur krim maupun gel yang kemasannya berbentuk toples (jar) mini. Produk sejenis ini tidak menyediakan aplikator sehingga kamu harus menggunakan tangan untuk mengaplikasikannya.

  • Lakukan eksfoliasi terlebih dahulu sebelum memakai lip balm. Kamu bisa mengeksfoliasi bibir dengan minyak zaitun dan gula atau campuran madu murni dan gula. Pastikan tidak ada kulit bibir mengelupas yang tertinggal setelah melakukan eksfoliasi ini.
  • Bersihkan bibir dari sisa scrub pasca eksfoliasi. Kemudian, keringkan bibir dengan tisu. Selain itu, cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu karena kamu akan menggunakan jari-jarimu untuk mengaplikasikan lip balm krim atau gel ini.
  • Gunakan jari telunjuk atau jari tengah untuk mengambil sedikit krim/gel lip balm, lalu usapkan ke seluruh permukaan bibir, termasuk tepi-tepi bibir.
  • Cuci kembali tanganmu untuk menghilangkan bekas lip balm dan katupkan bibir beberapa kali untuk meratakan lip balm yang sudah kamu aplikasikan tadi.

Lip balm adalah produk yang aman dipakai untuk jangka panjang. Jadi, ketika kamu memakai lip balm di pagi hari, kamu tak perlu membersihkan bibirmu lagi sampai tiba waktunya mandi sore nanti.

Cara Menggunakan Lip Balm Bersamaan dengan Lipstik

* sumber: www.lorealparisusa.com

Lip balm dan lipstik adalah dua jenis kosmetik yang berbeda. Lip balm dirancang untuk memberikan kelembaban ekstra pada bibir, sedangkan lipstik untuk mewarnai bibir. Namun, kamu bisa menggunakan keduanya secara bersamaan, lho.

Untuk kamu yang ingin merawat bibir dengan lip balm tapi juga ingin menggunakan lipstik, ikuti langkah-langkah memakai lip balm dan lipstik secara bersamaan berikut ini:

  • Bersihkan bibir terlebih dahulu menggunakan cleanser atau pembersih khusus bibir.
  • Oleskan sedikit bedak tabur (boleh bedak bayi atau bedak untuk make up) di permukaan bibir. Fungsi bedak di sini adalah untuk menjaga agar lip balm dan lipstik lebih awet hingga berjam-jam.
  • Gunakan lip balm di seluruh permukaan bibir. Oleskan secukupnya saja, jangan terlalu sedikit tapi juga jangan terlalu tebal. Setelah itu, diamkan selama 5 menit agar lip balm melekat di permukaan bibir.
  • Pakai lip liner di tepi dan bagian sisi bibir untuk memberikan kesan bibir yang lebih bervolume dan bentuknya pun jadi lebih rapi.
  • Aplikasikan lipstik dengan menggunakan kuas aplikator khusus lipstik. Jangan langsung memoleskan lipstik langsung dari kemasannya karena bibirmu sudah dilapisi dengan lip balm Jenis lipstik yang dipakai boleh apapun asalkan bukan lipstik matte atau glossy.

Jenis lipstik yang kami rekomendasikan untuk dikombinasikan dengan lip balm adalah lipstik palette karena teksturnya tidak terlalu glossy dan memang kompatibel diaplikasikan dengan kuas.

Cara Memakai Lip Balm Selain untuk Bibir

Meskipun dikenal sebagai produk pelembab bibir, nyatanya lip balm juga bisa dipakai di bagian tubuh lainnya, lho. Penasaran dengan cara pemakaian lip balm di bagian tubuh lain selain bibir? Yuk, cermati informasinya ini!

  • Rambut Kusut

* sumber: www.rd.com

Punya masalah dengan rambut kusut dan susah diatur? Kamu bisa memanfaatkan lip balm untuk menyelesaikan masalah ini, lho. Yang kamu butuhkan hanyalah lip balm krim atau gel secukupnya dan letakkan lip balm  tangan.

Usapkan kedua tangan dan jari-jarinya, lalu sentuh rambut kusutmu dengan kedua tanganmu yang sudah dipenuhi lip balm. Gunakan gerakan mengelus kepala dari pangkal sampai akar rambut layaknya sedang memakai minyak rambut.

Lip balm akan menghasilkan tampilan rambut yang lebih rapi untuk beberapa jam ke depan. Kamu tak perlu lagi memakai hairspray jika sudah mengaplikasikan lip balm.

  • Sebagai Primer Riasan Mata

* sumber: www.scoopwhoop.com

Selain untuk bibir dan rambut, ternyata kamu juga bisa memakai lip balm sebagai primer untuk mempertahankan riasan mata secara lebih lama. Mau lip balm padat atau krim semuanya bisa dipakai sebagai primer, lho.

Usapkan lip balm secukupnya pada kelopak mata, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian, aplikasikan eyeshadow dengan warna favoritmu ke kelopak mata. Selain warna eyeshadow-nya jadi lebih terang, make up mata yang sudah dilapisi dengan lip balm juga dijamin lebih awet.

  • Penyubur Alis Mata

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Percaya atau tidak, lip balm bisa menjadi penyubur alis mata, lho. Buat kamu yang sudah letih melakukan sulam alis atau harus menggambar alias setiap hendak bepergian, coba deh tumbuhkan alismu secara alami dengan lip balm.

Setelah kamu mencuci muka, oleskan lip balm padat atau krim ke bagian alis. Gunakan kuas alis untuk meratakan lip balm-nya. Diamkan selama 1 jam, lalu cuci alis dengan sabun wajah. Jika kamu rutin melakukan treatment ini setiap hari, percayalah alis akan terlihat lebih lebat.

Nah, itulah serba-serbi cara menggunakan lip balm untuk bibir atau area tubuh lainnya. Yang paling penting, lip balm memang dirancang khusus untuk memberikan kelembaban ekstra pada area bibir. Jadi, apabila kamu punya masalah dengan bibir kering, artikel ini bakal sangat membantumu dalam memakai lip balm yang benar.

Kunjungi artikel merk lip balm yang bagus untuk menemukan produk terbaik yang mampu mengatasi masalah bibir keringmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar