Kamini.id / Lip Balm / 10 Manfaat Lip Balm untuk Bibir dan Bagian Tubuh Lainnya

10 Manfaat Lip Balm untuk Bibir dan Bagian Tubuh Lainnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Juni 2019

Walaupun dikenal sebagai pelembab bibir, ternyata lip balm tidak hanya bermanfaat untuk merawat bibir saja, lho. Fungsi utamanya memang untuk memberikan kelembaban pada bibir, tapi praktiknya lip balm juga bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya.

Penasaran dengan manfaat lip balm? Kamini sudah merangkum sejumlah manfaat tak terduga dari lip balm yang wajib untuk kamu ketahui. Siapa tahu lip balm yang kamu miliki sekarang bisa berguna untuk merawat area tubuh lainnya.

1. Menjaga Kelembaban Bibir

* sumber: www.independent.co.uk

Bibir kering bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari sariawan, udara sekitar yang terlalu dingin, sampai dengan penggunaan lipstik yang kurang tepat. Bibir dalam kondisi yang sangat kering akan menciptakan tampilan mengelupas dan penuh kerutan. Kalau sudah seperti ini lipstik pun tidak bisa menyamarkan tampilan bibir keringmu ini.

Penggunaan lip balm secara teratur dapat menjaga kelembaban bibir. Jadi, kalau kamu punya masalah bibir kering, segera oleskan lip balm di permukaan bibir setiap hari. Secara perlahan tapi pasti lip balm akan membantu mengembalikan kelembaban alami bibir.

Oh ya, lip balm tidak hanya bisa dipakai oleh pemilik bibir kering saja, lho. Kamu yang punya bibir dalam kondisi normal tapi tetap ingin menjaga kelembaban bibir juga bisa menggunakan lip balm secara teratur.

2. Mencerahkan Warna Bibir

* sumber: www.standard.co.uk

Beberapa pelembab bibir dapat mencerahkan bibir secara bertahap. Apabila saat ini bibirmu menghitam akibat berbagai faktor, cobalah untuk mengembalikan warna alami bibir dengan rutin menggunakan lip balm yang mengandung pencerah tersebut.

Terkadang bibir hitam disebabkan oleh kondisinya yang terlalu kering. Penggunaan lip balm secara teratur dapat menjaga kelembaban bibir sehingga lama kelamaan bibirmu akan terlihat cerah kembali.

3. Melembabkan Siku dan Lutut

* sumber: nova.grid.id

Bagian tubuh yang sering mengalami kekeringan adalah siku dan lutut. Tak hanya kering, terkadang kulit bagian siku dan lutut juga terasa sangat kasar bila disentuh. Biasanya perawatan dengan hand and body lotion saja tak cukup untuk mengatasi masalah ini.

Apabila kamu memiliki siku dan lutut yang kering dan kasar, coba aplikasikan lip balm  di area tersebut. Lip balm mengandung pelembab yang sangat tinggi sehingga cukup efektif untuk menghaluskan siku dan lutut yang kering dan kasar. Pakailah lip balm di area siku dan lutut setiap habis mandi untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

4. Mengatasi Kapalan

* sumber: nakita.grid.id

Sama seperti kulit kering yang terdapat di area siku dan lutut, kapalan ini adalah penebalan kulit di area tumit. Kapalan terjadi karena kondisi kulit yang kering, berat badan berlebih, sampai dengan pemakaian alas kaki yang kurang nyaman.

Selain mengganggu penampilan, kapalan terkadang terasa sakit sehingga membuat kita tersiksa ketika berjalan kaki. Nah, lip balm bisa membantumu untuk mengatasi kapalan ini. Caranya cukup mudah, oleskan saja lip balm di area yang kapalan setiap sebelum tidur. Jika kamu rutin melakukan perawatan ini, kapalan akan hilang dan kulit di area tumit akan kembali mulus.

5. Membuat Blush On dan Eyeshadow Terlihat Lebih Pekat

* sumber: www.thelist.com

Yang satu ini adalah life hacks sekaligus manfaat lain dari lip balm. Ya, pelembab bibir ini ternyata bisa dipakai untuk membuat eyeshadow dan blush on terlihat lebih pigmented. Bahkan, foundation saja tidak mampu memberikan manfaat yang ditawarkan oleh lip balm ini.

Gunakan lip balm sebagai base sebelum kamu memakai blush on dan eyeshadow. Cukup aplikasikan sedikit saja di area pipi dan kelopak mata agar tampilannya tidak terlalu berminyak. Kemudian, sapukan blush on dan eyeshadow secukupnya. Namun, perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk blush on dan eyeshadow powder saja, ya!

6. Menata Rambut

* sumber: www.rd.com

Manfaat tak terduga lainnya yang ditawarkan lip balm adalah kemampuannya untuk menata rambut kusut. Ketika kamu tidak memiliki hairspray untuk menata rambut, ambil saja lip balm yang biasa kamu pakai untuk merapikan rambut.

Usapkan lip balm secukupnya di kedua telapak tangan dan jari-jarimu, lalu sisir rambut dengan jari secara perlahan (seperti ketika memakai gel atau minyak rambut). Setelah itu, rapikan rambutmu dengan sisir. Penataan rambut menggunakan lip balm ini bisa awet hingga berjam-jam, lho. Silakan dicoba!

7. Mempertahankan Bentuk Alis

Punya alis yang sulit diatur tapi enggan mencukurnya? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan lip balm untuk mempertahankan bentuk alismu, lho. Selain dapat menata rambut, lip balm juga bakal membantumu memperoleh tampilan alis yang lebih rapi.

Bagaimana cara memakai lip balm untuk mempertahankan alis? Pertama, gunakan pensil alis terlebih dahulu untuk membentuk alismu. Kemudian, rapikan alis dengan menggunakan sikat khusus. Setelah selesai membentuk alis, tambahkan sedikit lip balm di alis. Dengan begitu, bentuk alismu bakal terus on point sampai berjam-jam.

8. Mencegah Lecet Karena Alas Kaki yang Kurang Nyaman

* sumber: www.sukita.info

Pernahkah kamu mengalami lecet di kaki karena memakai alas kaki yang kurang nyaman? Biasanya ini terjadi ketika kamu memakai alas kaki baru. Untuk mencegah lecet, umumnya orang akan menempelkan plester di bagian kulit yang rentan lecet. Sayangnya, plester terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penggunanya.

Agar kakimu tetap terasa nyaman dan terhindar dari lecet, oleskan lip balm secukupnya di bagian kaki yang rentan mengalami kelecetan. Lip balm akan melindungi kakimu dari lecet tanpa menimbulkan kesan mengganjal seperti plester.

9. Menghilangkan Kantung Mata

* sumber: www.today.com

Sepele tapi dapat mengurangi percaya diri, itulah gambaran dari kantung hitam di bawah mata. Kantung mata ini sering muncul ketika seseorang kurang tidur atau kelelahan. Ada banyak terapi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata, salah satunya dengan mengaplikasikan lip balm secukupnya.

Oleskan lip balm di kantung mata sebelum tidur. Biarkan lip balm memberikan kelembaban dan menenangkan kulitmu semalaman. Keesokan harinya, segera cuci muka dengan sabun dan kompres kantung mata dengan es batu atau masker alami seperti mentimun dan tomat.

10. Membersihkan Maskara

* sumber: www.lorealparisusa.com

Pengaplikasian maskara pada bulu mata kadang-kadang tidak semulus biasanya. Gumpalan maskara di bulu mata bisa merusak riasan matamu. Namun, jika harus menghapus maskara dengan cleanser otomatis riasan mata yang sudah prima jadi ikut terhapus.

Manfaatkan lip balm untuk menghapus sisa maskara pada bulu mata. Ambil sebuah cotton bud, lalu oleskan sedikit lip balm di ujungnya. Arahkan ujung cotton bud di bulu mata untuk menghapus gumpalan maskara. Hati-hati saat melakukannya agar riasan mata lainnya tidak tercemar.

Wah, ternyata ada banyak manfaat lip balm yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya, ya! Jadi, tak ada salahnya kamu membeli lip balm untuk melembabkan bibir sekaligus dipakai merawat bagian tubuh lainnya. Kalau belum punya lip balm, kunjungi artikel merk lip balm yang bagus ini untuk memperoleh referensi produk terbaik sebelum membelinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar