kamini.id

Review Raecca Lippie Serum yang Sempat Viral di Media Sosial

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Kalau ditantang untuk menyebutkan salah satu produk kosmetik yang sempat viral di media sosial, nggak lengkap rasanya kalau nggak menyebutkan Raecca Lippie Serum. Saya saja sebagai pengguna TikTok yang nggak begitu ‘into’ sampai tahu bahwa produk ini viral. Soalnya, eksistensi lip serum ini bahkan sampai melanglang buana ke platform media sosial lainnya kayak instagram hingga twitter.

Saking viralnya, banyak toko-toko online yang nyediain produk ini jadi harus restock berkali-kali karena demand masyarakat yang luar biasa. Alhasil, produk ini gampang banget sold out saat awal-awal viral. Luckily, pada kesempatan ini tim Kamini berhasil dapetin Raecca Lippie Serum, dan saya diberi kesempatan untuk me-review langsung produk viral ini.

Tentang Produk

review raecca lippie serum

Raecca Beauty Care adalah brand indie yang kelahirannya terbilang cukup baru di dunia kecantikan. Kalau saya kepoin dari akun instagramnya, postingan pertama Raecca hadir di tahun 2019 dengan memperkenalkan produk lip balm dan jelly mask. Setelah itu, brand ini kemudan meluncurkan produk skincare lainnya seperti toner, pelembap, scrub, hingga yang paling viral—tentu saja Lippie Serum.

Serum bibir ini dirilis Raecca tepatnya pada tanggal 25 Juli 2020 dan tak lama setelah itu, produk ini langsung menggemparkan jagat sosial media setelah banyak beauty enthusiast yang memberikan ulasan baik tentang Raecca Lippie Serum.

Karena dinamakan ‘serum’ tentu saja fokus utama produk adalah merawat dan menutrisi bibir. Tapi yang saya lihat dari TikTok, nyatanya produk ini juga bisa menjadikan warna alami bibir lebih pop up dan tampak sehat. Makanya banyak banget yang merekomendasikannya.

Klaim dan Benefit

"Lip serum yang diperkaya dengan tocopheryl acetate dan jojoba oil yang dapat membantu merawat dan melembapkan, serta dapat memberikan warna natural pada bibir"

-Raecca Beauty Care

Itulah klaim yang disebutkan Raecca dan tertulis langsung pada kemasan Lippie Serum. Cukup simple namun padat, bukan? Jujur, saya lebih suka dengan klaim yang simple namun sesuai dengan kemampuan produk, dibandingkan dengan klaim produk yang panjang padahal nyatanya klaim tersebut tidak menggambarkan kemampuan produk sesungguhnya.

Cara Pemakaian

Karena hadir seperti lip gloss, lip serum ini dapat diaplikasikan seperti penggunaan produk perona liptik bertekstur cair pada umumnya, yaitu dengan mengulaskannya langsung pada bibir menggunakan aplikator yang telah disediakan.

Kemasan

review raecca lippie serum

Hal lain yang saya suka dari Raecca Lippie Serum ini adalah kemasannya yang elegan tapi tetap simple. Dari dus luarya saja, Raecca hanya bermain menggunakan dua perpaduan warna, yaitu pastel pink dengan metallic pink. Awalnya saya kira perpaduan warna soft dan metallic hanya berlaku untuk fashion saja, tapi nyatanya untuk packaging produk pun tak kalah ciamik.

Sedikit berbeda dengan kemasan dus luar, cairan lip serum dikemas dalam tube clear plastic yang cukup tebal dengan ornamen yang nggak crowded pada bagian badannya. Sementara bagian cap menggunakan material plastik reflektif yang lebih tipis namun tetap kokoh dengan warna dasar hitam.

Walau pakai material plastik yang tebal dan cenderung ‘heavy’ tapi kamu nggak perlu khawatir produk ini rapuh kalau jatuh. Karena kebetulan saya pernah nggak sengaja menjatuhkan Raecca Lippie Serum ke lantai, dan hanya mendapati ada sedikit banget bagian dasar badan produk yang pecah, sementara bagian lainnya tetap kokoh.

Aplikator

review raecca lippie serum_aplikator

Raecca menggunakan aplikator doe foot pada Lippie Serum dengan kepala aplikator berwarna pink. Menurut saya aplikator ini cenderung agak keras, kurang pluffy walau sangat presisi dalam menjangkau garis tepi bibir. Bahkan ada sedikit bagian aplikator yang terasa tajam saat mengenai bibir.

Ingredients List

review raecca lippie serum_ingredients

Full Ingredients

Caprylic Acid, Triglyceride, C26-25 Alkyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Phenoxyethanol, Cocoa Nucifera Oil, Flavor, CI 45410

Key Ingredients

  • Tocopheryl Acetate

Bentuk stabil dari vitamin E ini jadi salah satu bahan kunci yang diandalkan Raecca dalam Lippie Serum. Tocopheryl acetate memang umum diformulasikan pada produk kosmetik, tak terkecuali lip care karena khasiatnya melembapkan dan melindungi bibir dari paparan oksidatif lingkungan.

  • Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil

Minyak biji jojoba juga bermanfaat dalam melembabkan bibir yang kering karena sifatnya sebagai emmolient, yaitu bahan yang membentuk barrier tambahan pada kulit untuk mengisi celah-celah dan menjadikan tekstur kulit lebih halus.

  • Cocoa Nucifera Oil

Tak berbeda jauh dengan dua bahan sebelumnya, minyak kelapa juga esensial untuk pemilik bibir kering. Minyak yang diekstraksi dari kelapa ini digunakan untuk melembabkan, melembutkan, dan memperbaiki kondisi bibir kering.

Impresi

Karena viral, tentu saja saya jadi nggak sabar untuk mencoba sendiri bagaimana sensasi menggunakan langsung Raecca Lippie Serum. Tak hanya kemasannya yang bikin saya kagum, ternyata impresi dari lip serum inipun tak kalah bikin saya terpukau, lho. Penasaran? Yuk, simak terus!

Tekstur

review raecca lippie serum_tekstur

Kalau kamu membayangkan sesuatu yang dinamakan ‘serum’ punya tekstur yang watery, kamu nggak sepenuhnya salah kok. Hakikatnya, memang produk yang dinamakan ‘serum’ harusnya mudah meresap pada kulit karena fungsinya dalam memperbaiki area yang bermasalah secara langsung. Tapi Lippie Serum dari Raecca nyatanya nggak demikian.

Ketika mengoleskan pada punggung tangan, saya dengan jelas merasa tekstur ini lebih kental dibanding tekstur serum. Tekstur yang mengingatkan saya pada lip gloss, namun nggak terlalu thick dan greasy. Raecca sendiri mengklaim tekstur ini sebagai oil. Tapi jangan khawatir terasa berat ya, karena menurut saya teksturnya masih acceptable.

Aroma

Saya sebenarnya masih mencari kata yang tepat buat mendeskripsikan aroma Raecca Lippie Serum. Menurut saya cairan serum ini tidak ada aroma manis gourmand sama sekali, tapi ada kesan aromaterapi tajam yang typically dilepaskan produk-produk seperti balsem dan minyak gosok.

Haha, jangan kaget, ya! Tapi baunya nggak menusuk kayak balsem kok, malah samar dan tidak menganggu hidung. At some point bahkan saya juga merasa aromanya agak zesty.

Kalau dilihat dari ingredients list, Raecca bukan mencantumkan istilah ‘fragrance’ melainkan ‘flavor’ untuk merujuk pada aspek aroma. Berarti Lippie Serum memang mengandung pewangi tambahan pada formulasinya, walaupun saya nggak tahu dengan pasti what kind of fragrance did they add in.

Warna

Cairan serum dalam tube sendiri memang nggak berwarna, tapi kalau dioleskan pada kulit, akan timbul pigmentasi kemerahan dari cairan. Fenomena ini terjadi karena kandungan pigmen Red 27 atau yang dalam ingredients list disebut CI 45410.

Pigmen ini sebenarnya berwarna kemerahan sesuai dengan namanya, namun formulasi tertentu yang dilakukan pihak pabrikan menjadikan pigmen nggak berwarna saat dijadikan cairan lip product. Tapi kala diaplikasikan langsung pada kulit dan bibir, lingkungan kulit dan bibir akan mengubah pigmen ini menjadi berwarna kembali.

Karena itu ketika sampai pada kulit dan bibir, Raecca Lippie Serum akan berubah warna menjadi kemerahan yang ‘tampak’ seperti warna alami bibir. Padahal ‘dalang’-nya tetap saja karena kandungan pigmen di dalamnya. Produk seperti ini mengingatkan saya pada lipstik arab yang juga memberikan tampilan warna bibir alami. Bedanya, lipstik arab tidak menawarkan manfaat melembapkan sama sekali selain mewarnai bibir.

Aplikasi

review raecca lippie serum_aplikasi

Saya sebelumnya sudah menyebutkan kalau lip serum ini nggak begitu heavy walau teksturnya oily. Saat saya aplikasikan pada bibir pun tidak malah menjadikan bibir terasa greasy, bahkan efek glossy yang ditawarkan juga nggak berlebihan sehingga menjadikan tampilan bibir saya yang semula kering jadi super lembap, lebih sehat dan plumpy.

Untuk pigmentasi, lip serum ini akan menjadikan bibirmu menjadi tampak kemerahan dengan opacity ringan. Inilah mengapa warnanya seolah-olah seperti warna alami bibir, dan bila kamu melakukan layering, warna merah pada bibir akan semakin tampak deep. Sehingga bila ingin tampilan bibir merah muda yang natural, sebaiknya sedkit-sedikit saja dalam mengaplikasikan lip serum ini.

Performa

review raecca lippie serum_performa

Ketahanan produk ini paling goyah ketika saya mengonsumsi makanan dan minuman, karena banyak banget produk yang transfer pada alat makan yang saya pakai. Meski transfer, pigmen yang didepositkan produk masih menempel dengan cukup baik dan menjaga tampilan bibir agar tetap pink kemerahan.

Produk sejenis lip gloss sendiri umumnya sangat rentan smudging, makanya saya menghindari menyentuh bagian bibir selama menggunakan Raecca Lippie Serum. Dan benar saja, saat saya mencoba menyentuhnya pada jam ke-1, tetap ada produk yang menempel pada jari saya walau secara teori produk sudah nge-set.

Jadi, kalau kamu suka memainkan bibir menggunakan jari, harap hati-hati saat menggunakan produk ini. Karena selain mempengaruhi ketahanan produk, tanganmu juga akan jadi lengket nantinya.

Produk ini setidaknya bisa mempertahankan pigmentasinya selama 3-4 jam bila dibarengi makan dan minum, dengan catatan bagian yang oily akan berkurang sangat drastis menjadikan bibir mulai kering kembali meskipun nggak separah saat tanpa menggunakan apapun.

Tips dan Trik

Seperti dilansir langsung dari official instagram Raecca, kamu bisa melakukan beberapa lip styling dengan produk ini lho, dari tampilan bibir natural sampai glossy ombre. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan Raecca Lippie Serum setelah menggunakan lip cream warna merah untuk tampilan bibir bold yang plumpy.

Harga dan Tempat Pembelian

review raecca lippie serum_4

Karena terbilang baru, Raecca Lippie Serum tidak akan mudah ditemukan di drugstore. Tapi bila kamu sering belanja online atau mengunjungi toko kosmetik khusus, kamu akan mudah menemukan produk yang sempat viral di media sosial ini. Kamu juga hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp50.000 untuk mengantongi Raecca Lippie Serum kemasan 6ml.

Kesimpulan

review raecca lippie serum_kesimpulan

Menurut saya Raecca Lippie Serum menjadi viral di media sosial karena kemampuannya membuat tampilan bibir menjadi lebih sehat dan plumpy dengan kesan warna natural yang manageable, mengingat produk-produk seperti ini sudah mulai redup di pasaran. Tapi Raecca berhasil membangkitkannya kembali dan meyakinkan masyarakat dengan manawarkan manfaat tersebut.

Saya sendiri cukup puas degan produk ini. Meski sedikit mengingatkan saya pada lipstik arab, namun Raecca Lippie Serum juga dapat melembapkan bibir dengan cukup baik. Makanya tampilan bibir akan jadi lembap, sehat dan plumpy.

Pros

  • Tekstur cairan serum tidak heavy
  • Memberikan efek glossy yang sehat
  • Dapat melembapkan bibir
  • Meredakan kekeringan pada bibir
  • Menjadikan warna bibir tampak natural dengan pigmentasi yang manageable
  • Bibir tampak sehat dan plumpy

Cons

  • Aplikator cenderung keras walaupun presisi
  • Mudah hilang saat makan dan minum, makanya saya tidak bisa mengkalkulasikan berapa lama kelembapan dari lip serum dipertahankan. Karena saya cukup sering ngemil dan minum.
  • Bagian oil cenderung transfer dan smudge

Bagi saya, produk ini cukup worth the hype dan ampuh dalam membuat tampilan bibir jadi sehat serta plumpy. Apalagi karena Raecca merupakan brand lokal sekaligus indie, jadi ada baiknya sebagai orang Indonesia kita support brand-brand seperti ini agar terus maju dan memproduksi produk-produk dengan kualitas yang semakin baik.

So, apakah kamu sudah mencoba produk ini juga? Taruh jawabanmu di kolom komentar, ya! Dan kalau kamu mencari produk pelembab bibir lain yang tak kalah jempolan, Kamini juga sudah punya rekomendasinya untukmu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram