Kamini.id / Rumah Tangga / 10 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Jenuh dalam Berumah Tangga

10 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Jenuh dalam Berumah Tangga

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2019

Merasa jenuh adalah sesuatu yang wajar saat berumah tangga, apalagi bila aktivitas kamu dan pasanganmu cenderung monoton setiap harinya. Rasa jenuh bukanlah alasan renggangnya suatu hubungan, tapi bila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin kalau hubungan rumah tangga akan semakin memburuk.

Nah, buat kamu yang baru menikah atau sudah lama berkeluarga, Kamini punya beberapa tips untuk menghilangkan rasa jenuh dalam berumah tangga. Yuk, simak penjelasannya di bawah, siapa tahu tips-tips berikut bisa membantu memperbaiki mood kamu dan pasangan.

1. Rencanakan Liburan Keluarga

Rencanakan Liburan Keluarga

* sumber: freedesignfile.com

Rasa jenuh biasanya datang ketika aktivitas keluarga terlalu monoton dan berulang-ulang setiap harinya. Apalagi bila suami istri sama-sama sibuk dengan pekerjaan masing-masing, kejenuhan biasanya lebih cepat muncul dan menyebabkan rasa bosan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan adalah keluar dari rutinitas sehari-hari dan berlibur bersama keluarga. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk berlibur selama 1-2 hari, misalnya ketika weekend. Pilih tujuan liburan dan rencanakan semuanya dengan pasanganmu.

Saat berlibur pun jangan sekali-sekali memikirkan pekerjaan atau masalah apapun agar tidak mengganggu mood kamu. Fokuslah dengan pasangan atau keluarga, nikmati waktu liburanmu, dan lakukan semua aktivitasnya dengan hati bahagia.

2. Lakukan Hobi Bersama

Lakukan Hobi Bersama

* sumber: cosmopolitanfm.com

Kamu dan pasanganmu pasti memiliki kesamaan dalam menyukai sesuatu, misalnya sama-sama suka nonton film, traveling, olahraga, karaoke, atau yang lainnya. Kesamaan ini adalah salah satu kunci yang bisa membuat rumah tangga menjadi semakin harmonis.

Cobalah untuk sering melakukan aktivitas yang sama-sama disukai. Misalnya kamu dan pasanganmu suka menonton film, maka pergi ke bioskop atau menonton DVD di rumah bisa jadi ide yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama.

3. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Bersosialisasi dengan Orang Lain

* sumber: myjourney.rocks

Kejenuhan dalam rumah tangga juga bisa disebabkan kurangnya sosialisasi dengan orang-orang di luar lingkup keluarga. Kalau kamu termasuk tipe orang yang jarang keluar rumah dan yang kamu temui cuma pasangan atau anakmu saja, jangan heran kalau kamu akan cepat bosan dan jenuh.

Biar hidupmu lebih berwarna, cobalah untuk lebih sering bersosialisasi, baik itu dengan tetangga, saudara, atau masuk ke sebuah komunitas tertentu. Bertemu dengan orang-orang yang berbeda setiap harinya akan membuat hidupmu lebih dinamis dan tidak monoton.

Tak hanya itu, bersosialisasi dengan orang lain pastinya akan membuatmu memiliki banyak cerita yang menarik, dan hal ini bisa jadi topik pembicaraan tersendiri dengan pasanganmu. Misalnya kamu terlibat dalam kegiatan komunitas, kamu bisa menceritakan hal itu pada pasanganmu sehingga komunikasi bisa tetap hangat dan terjaga.

4. Sediakan “Me Time

Sediakan “Me Time”

* sumber: healthytipsstore.blogspot.com

Menghabiskan waktu dengan orang lain, terutama keluarga, memang sangat menyenangkan, tapi ada kalanya seseorang butuh waktu untuk memanjakan diri sendiri alias memiliki “me time”. Karena itu sediakan waktu bagi diri kamu sendiri dan lakukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya membaca buku, menonton film, berkebun, hang out dengan teman, atau sekadar bersantai di kamar.

Intinya, tinggalkan sejenak urusan rumah tangga, pekerjaan, serta hal-hal yang memberatkan pikiran. Tujuan “me time” adalah untuk me-refresh otak sekaligus sebagai reward bagi kamu yang sudah bekerja keras setiap harinya.

5. Saling Bantu Pekerjaan Masing-Masing

Saling Bantu Pekerjaan Masing-Masing

* sumber: www.dailysabah.com

Menghilangkan kejenuhan dalam rumah tangga juga bisa dengan cara mengerjakan sesuatu yang tidak biasa dilakukan, salah satunya membantu pekerjaan pasangan kita. Misalnya seorang suami yang membantu mencuci piring atau istri yang ikut menghitung data yang berhubungan dengan pekerjaan sang suami.

Bantulah sesuai kemampuan kalian, karena sekecil apapun bantuanmu, hal itu pasti akan menyenangkan pasanganmu. Selain mendekatkan hubungan suami istri, melakukan pekerjaan yang tidak biasa akan memberikan variasi tersendiri yang dapat menghilangkan rasa jenuh.

6. Ubah Suasana Rumah

Ubah Suasana Rumah

* sumber: www.sheknows.com

Tahukah kamu kalau kondisi rumah juga bisa mempengaruhi mood dalam berumah tangga? Suasana atau dekorasi yang terlalu monoton kadang bisa memberikan mood yang kurang positif, apalagi kalau kondisi rumah sering berantakan. Cobalah sesekali mengatur ulang dekorasi ruangan rumahmu, minimal kamar tidur yang jadi tempat beristirahat.

Ubah posisi perabotan, tambahkan dekorasi seperlunya, atau ubah cat dinding rumah bila perlu. Suasana yang baru bisa meningkatkan mood kamu dan kemungkinan besar juga akan mengusir rasa jenuh. Apalagi kalau make over rumah dikerjakan bersama-sama dengan pasangan, pasti  akan menimbulkan dampak yang lebih baik dalam hubungan rumah tangga.

7. Luangkan Waktu Berdua Saja dengan Pasangan

Luangkan Waktu Berdua Saja dengan Pasangan

* sumber: medium.com

Pasangan yang sudah cukup lama berumah tangga dan memiliki anak rentan dihantui rasa jenuh. Tak bisa dipungkiri, kesibukan bekerja maupun mengurus anak terkadang membuat mental seseorang melemah sehingga mudah dihinggapi rasa jenuh.

Kamu pastinya perlu sesuatu yang fresh yang bisa menghangatkan hubungan rumah tanggamu, salah satunya adalah kembali “berpacaran”. Yang dimaksud “berpacaran” adalah meluangkan waktu berdua saja dengan pasangan tanpa melibatkan anak atau orang lain.

Kamu dan pasangan bisa sekadar mengobrol, jalan-jalan, atau melakukan aktivitas lain tanpa gangguan dari pihak luar. Percaya atau tidak, cara yang satu ini cukup ampuh untuk menghilangkan kejenuhan dalam berumah tangga.

8. Diskusi yang Menyenangkan

Diskusi yang Menyenangkan

* sumber: www.psychologium.com

Komunikasi jadi salah satu faktor penting dalam menjalin hubungan suami istri. Idealnya, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjadi dua arah dan bisa tercipta obrolan atau diskusi. Nah, kalau kamu sedang dilanda kejenuhan, coba ajak pasanganmu mengobrol atau berdiskusi tentang sesuatu.

Bertukar pikiran dengan pasangan merupakan sesuatu yang cukup seru dan menyenangkan, apalagi bila membicarakan topik yang sama-sama disukai. Yang terpenting, kamu dan pasangan harus selalu open minded saat berdiskusi. Kalau hal ini sering-sering dilakukan, rasa jenuh pun pasti akan jarang datang.

9. Hidupkan Suasana Romantis

Hidupkan Suasana Romantis

* sumber: www.destress.com

Suasana romantis dalam hubungan suami istri bisa diciptakan lewat cara apa saja. Jangan kira kalau romantis hanya soal candlelight dinner, memberi kejutan hadiah, atau semacamnya. Karena setiap orang punya karakter berbeda, maka cara menghidupkan suasana romantis pun tidak akan sama.

Cara sederhana yang bisa dilakukan setiap hari misalnya memijat suami yang baru pulang kerja sambil menanyakan kabarnya, suami membelai kepala sang istri sampai tertidur, tidur sambil berpegangan tangan, bergandengan saat jalan-jalan ke luar rumah, dan masih banyak lagi.

10. Menjaga Intensitas Hubungan Suami Istri

Menjaga Intensitas Hubungan Suami Istri

* sumber: parade.com

Cara terakhir tapi juga sangat penting dalam menghilangkan kejenuhan dalam rumah tangga adalah menjaga intensitas hubungan intim. Suasana ranjang yang “hidup” biasanya akan membuat hubungan suami istri semakin harmonis.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa hubungan intim pun tidak bisa monoton karena hal itu akan menimbulkan kebosanan. Yang terpenting adalah jalin komunikasi dengan pasangan dan jangan pernah malu untuk berdiskusi tentang masalah ini.

Nah, itu dia 10 cara untuk mengatasi kejenuhan dalam berumah tangga. Kalau kamu mulai merasa bosan dan jenuh, coba terapkan cara-cara di atas dan rasakan perbedaannya. Tapi kalau kamu punya cara lain yang lebih ampuh, jangan ragu berbagi di kolom komentar, ya! Kunjungi juga artikel cara melatih kesabaran dalam rumah tangga ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *