Kamini.id / Creambath / Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask: Mana yang Terbaik?

Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask: Mana yang Terbaik?

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini kamu mungkin bertanya-tanya mengenai perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask. Sekilas ketiga perawatan rambut ini memang nampak sama saja. Kamu harus menggunakan krim tertentu untuk melakukan ketiga perawatan rambut tersebut. Padahal, jika kamu mau mengenal lebih jauh lagi, ketiga perawatan rambut ini memilki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda, lho.

Sebelum kamu memiliki hair treatment yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu, Kamini akan mengajakmu mengenal perbedaan creambath, hair spa, dan juga hair mask. Jadi, kamu bisa memilih perawatan yang paling tepat dengan kondisi rambutmu.

Creambath

Creambath

Dari ketiga jenis perawatan rambut yang paling umum dilakukan, creambath adalah jenis perawatan yang “tertua” dibanding keduanya. Bahkan, boleh dibilang creambath sudah mulai diperkenalkan di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 80-an.

Creambath bekerja dengan cara memberikan lapisan pelindung pada kutikula (lapisan rambut terluar). Jenis perawatan rambut ini paling cocok untuk pemilik rambut normal dan rambut kering. Namun, creambath kurang cocok bagi kamu yang sudah pernah menjalani styling, seperti pewarnaan, pelurusan, dan pengeritingan menggunakan bahan kimia.

Selain dapat menyuburkan dan menguatkan akar rambut, creambath merupakan perawatan yang akan memberikan banyak efek relaksasi bagimu. Pasalnya, metode perawatan rambut yang satu ini melibatkan banyak pijatan di area kepala dan pundak sehingga bisa menghilangkan penat dan pegal.

Proses creambath dimulai dengan cara memberikan krim creambath pada rambut dan kulit kepala, lalu pijatan akan diberikan di sekitar kepala. Setelah sesi pemijatan, rambut akan dibalut dengan handuk dan diberi steam untuk membuka pori-pori kepala agar nutrisi yang terkandung dalam krim creambath bisa diserap oleh kulit kepala.

Tak hanya bisa dilakukan di salon, creambath juga bisa dilakukan sendiri, lho. Kunjungi artikel cara creambath sendiri untuk mengetahui panduannya. Kamu juga bisa menemukan produk creambath terbaik dalam artikel creambath yang bagus.

Hair Spa

Manfaat Hair Spa

Mendengar kata “spa”, apa yang muncul dalam benakmu? Kamu pasti berpikir bahwa hair spa adalah treatment memanjakan rambut seperti yang diperoleh tubuh ketika melakukan body spa, bukan? Hair spa adalah perawatan rambut yang lebih “serius” dibanding creambath. Treatment ini bermanfaat untuk menuntaskan berbagai masalah rambut.

Baik itu rambut kering, rambut kusam, rambut berminyak, sampai dengan rambut kaku semuanya bisa diatasi dengan rutin melakukan hair spa. Tak hanya sekedar memberikan nutrisi untuk akar rambut, manfaat hair spa juga mampu merevitalisasi kulit kepala dan menguatkan folikel rambut sehingga rambutmu jadi lebih sehat secara keseluruhan.

Singkatnya, kandungan nutrisi dan vitamin pada hair spa lebih banyak dibanding creambath. Bahkan, hair spa juga diperkaya dengan minyak esensial sehingga aroma harumnya lebih enak dari pada krim creambath.

Proses hair spa sama dengan creambath, yakni rambut diberi krim hair spa, lalu dilakukan pemijatan singkat, dan diberi steam. Hanya saja, pemijatan saat hair spa tidak sebanyak ketika melakukan creambath. Jadi, perawatan ini kurang memberikan efek relaksasi untukmu.

Sama seperti creambath, kamu juga bisa melakukan hair spa sendiri. Kamu hanya perlu menemukan krim yang tepat dalam artikel hair spa yang bagus.

Hair Mask

Hair Mask

Hair mask bukan hanya sekadar perawatan rambut biasa. Jenis perawatan yang satu ini paling cocok dilakukan oleh pemilik rambut yang sudah pernah melakukan styling dengan bahan kimia, entah itu pewarnaan, pelurusan, atau pengeritingan. Selain itu, hair mask juga merupakan solusi untuk mengatasi masalah rambut yang mengalami kerusakan cukup parah.

Adapun massalah rambut yang bisa diatasi oleh hair mask adalah rambut rontok, rambut patah, rambut kering, dan rambut bercabang. Masker rambut juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan suhu panas dan bahan kimia ketika melakukan styling.

Hair mask akan memberikan perawatan pada setiap helai rambut. Namun, perawatan ini tidak memberikan perlindungan pada kulit kepala. Meskipun dipercaya bisa mengatasi kerusakan rambut, kamu tetap harus menggunakan produk lainnya untuk mengatasi kerusakan tersebut, seperti serum rambut misalnya.

Proses hair mask dilakukan dengan melumuri akar sampai dengan ujung rambut dengan krim masker. Tidak ada pijatan atau proses steam ketika melakukan hair mask. Kamu hanya perlu mendiamkan masker tersebut di rambutmu dengan durasi yang tertera pada kemasan maskernya.

Untuk melakukan hair mask kamu tidak harus pergi ke salon, lho. Sama seperti creambath, kamu bisa memasker rambutmu sendiri di rumah. Justru perawatan hair mask terbilang yang paling mudah karena tidak membutuhkan alat steam. Cukup temukan masker rambut terbaik untukmu di artikel hair mask yang bagus.

Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask: Pilih yang Mana?

Sesuai dengan penjelasan di atas, kamu bisa memilih creambath, hair spa, atau hair mask sesuai dengan kondisi rambutmu. Namun, kamu juga bisa mempertimbangkan pemilihan perawatan rambut berdasarkan dengan faktor-faktor berikut ini.

  • Biaya

Biaya

Dibandingkan hair spa dan hair mask, creambath adalah jenis perawatan rambut yang biayanya paling murah. Harga krim creambath pun tergolong yang termurah dibanding kedua perawatan rambut lainnya.

Akan tetapi, hair mask juga bisa dibilang murah karena saat ini banyak produk masker rambut yang dijual di pasaran, bahkan dalam bentuk sachet mulai harga 10 ribu rupiah. Apalagi hair mask juga tidak memerlukan alat steamer sehingga bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

  • Kenikmatan Relaksasi

Kenikmatan Relaksasi

Tak dapat dipungkiri bahwa creambath dan hair spa adalah perawatan yang akan memberikan kenikmatan relaksasi yang luar biasa. Kenikmatan yang akan kamu peroleh berasal dari pijatan yang diberikan saat proses creambath dan hair mask. Namun, kamu harus melakukannya di salon agar bisa mendapatkan pijatan dari terapisnya.

  • Manfaat

Manfaat

Setiap perawatan rambut pasti menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Namun, hair mask adalah perawatan yang paling memberikan manfaat yang luar biasa banyak. Bukan hanya sekedar treatment untuk mengatasi kerusakan rambut, hair mask juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki rambut normal jika ingin menjaga kesehatan rambutnya.

  • Durasi

Lebih Baik Menggunakan Steam

Di antara creambath, hair spa, dan hair mask, manakah yang membutuhkan waktu paling lama? Jawabannya tentu saja creambath. Proses pemijatan dan steaming yang dilakukan pada saat creambath membutuhkan waktu paling cepat 30 menit. Namun, durasi ideal creambath adalah minimal 60 menit.

Sementara hair spa selesai lebih cepat karena pijatannya tidak terlalu intens. Hair mask adalah perawatan yang paling cepat karena bisa selesai dalam waktu 15 menit atau tergantung dengan durasi yang dianjurkan di kemasannya.

Penjelasan mengenai perbedaan creambath, hair spa, dan hair mask ini semoga bisa menjadi petunjuk bagi kamu yang masih bingung saat harus memilih perawatan rambut yang paling tepat. Yuk, jangan malas merawat rambutmu dengan salah satu treatment ini agar rambutmu selalu terlihat indah dan bebas dari berbagai masalah.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!