Kamini.id / Creambath / 10 Langkah Cara Creambath Sendiri di Rumah dengan Benar

10 Langkah Cara Creambath Sendiri di Rumah dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah membahas tata cara smoothing sendiri di rumah, kali ini Kamini akan membahas cara creambath sendiri. Creambath adalah perawatan rambut yang paling populer. Rata-rata orang yang datang ke salon bertujuan untuk di-creambath.

Akan tetapi, sebenarnya creambath sangat mudah dilakukan di rumah, bahkan Anda tidak perlu bantuan orang lain untuk melakukannya. Yuk, langsung saja disimak sepuluh langkah dalam cara creambath sendiri ala Kamini di bawah ini.

1. Siapkan Cream

Bali Alus Spa Seaweed Creambath

Krim creambath itu ada ratusan jenis macamnya. Perbedaannya terletak dari bahan pembuatannya, ada yang mengandung buah stroberi, ginseng, rumput laut, teh hijau, kopi, alpukat, jeruk, dan lain-lain. Tapi, rata-rata memang yang digunakan adalah buah-buahan.

Setiap krim creambath memiliki fungsinya masing-masing juga. Seperti creambath alpukat dan stroberi yang bagus untuk rambut kering, lalu creambath ginseng yang bagus untuk rambut rontok, dan creambath mint yang dapat memberantas ketombe dengan baik.

Selain menyesuaikan krim creambath dengan kebutuhan rambut Anda, pilih juga creambath dari brand favorit Anda. Karena ini adalah cara creambath sendiri, Anda bebas memilih cream yang diinginkan dan seberapa banyak yang Anda mau. Kalau di salon, kan, biasanya stok creambathnya terbatas dan hanya diberi krim seperlunya. Untuk mengetahui merk creambath yang bagus, Anda bisa membacanya di artikel ini.

2. Keramas

keramas

Cara creambath sendiri yang pertama adalah dengan keramas. Ketika Anda creambath di salon juga Anda pasti dikeramas terlebih dahulu, kan? Krim creambath tidak akan meresap dengan baik jika rambut dan kulit kepala dalam kondisi kotor. Keramas saja, tidak perlu pakai conditioner setelahnya.

3. Keringkan Rambut

 

 

Keringkan Rambut

Langkah kedua dalam cara creambath sendiri adalah dengan mengeringkan rambut. Tapi, jangan sampai rambut Anda kering total, ya. Gunakan saja handuk kecil untuk menyerap aliran air yang berlebihan. Tekan-tekan rambut Anda, jangan menggosoknya terlalu kencang karena dapat membuat rambut patah bahkan rontok.

4. Bagi Rambut

Bagi Rambut

* sumber: www.leaf.tv

Sama seperti ketika Anda akan melakukan masker rambut atau pengecatan rambut, pasti rambut Anda akan dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk rambut pendek cukup dibagi jadi dua bagian, sedangkan rambut panjang bisa dibagi jadi 4 – 6 bagian. Itulah cara creambath sendiri dengan benar. Jadi, jangan asal tamplok krimnya pada rambut, ya.

5. Aplikasikan

Yoghurt masker rambut creambath

Cara creambath sendiri yang ke-5 adalah dengan mengaplikasikan krim creambath. Oleskan krim menggunakan sisir sikat atau pun dengan telapak tangan Anda. Oles dari kulit kepala, akar rambut, terus turun hingga ujung rambut.

Lanjutkan langkah ini untuk semua helai rambut Anda. Pastikan krim creambath tersebar rata agar khasiatnya jadi lebih maksimal. Jangan pelit-pelit ketika menggunakan krim creambath. Semakin banyak krim yang Anda gunakan, maka hasil yang didapatkan akan semakin baik.

6. Pijat

Tujuan creambath adalah untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah kepala dan leher agar rambut jadi lebih kuat. Selain itu, krim creambath juga berfungsi untuk melembutkan rambut, menghilangkan ketombe, menutrisi rambut sekaligus memberikan aroma enak pada rambut.

Tapi, semua itu bisa Anda dapatkan kalau Anda memijat krim creambath dengan benar. Kalau Anda hanya asal mengoleskannya saja itu tidak cukup. Tonton tutorial creambath di atas untuk selengkapnya. Jangan lupa untuk menggulung rambut Anda ke atas (seperti membuat konde) setelah dipijat, ya.

7. Handuk Panas

Handuk Panas

* sumber: www.quora.com

Kalau di salon biasanya rambut Anda akan di steam menggunakan alat. Tapi, karena Anda creambath sendiri di rumah, belum tentu ada alat semacam itu tersedia. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan handuk panas.

Siapkan air panas, lalu celupkan handuk kecil ke dalamnya. Peras handuk agar tak ada air yang menetes. Setelah itu, bungkus rambut Anda dengan handuk tersebut selama 15 – 30 menit atau hingga panas dari handuk menghilang.

8. Bilas

mandi bilas rambut cara creambath sendiri

Nah, kini melakukan creambath sendiri hampir selesai. Setelah membungkus rambut dengan handuk panas, yang perlu Anda lakukan sekarang hanyalah membilas rambut. Bilas rambut menggunakan air dingin, jangan air hangat lagi.

Tujuan air dingin adalah untuk menutup pori-pori kulit kepala yang tadi terbuka selama proses creambath dan steam. Jika Anda menggunakan air hangat lagi, nantinya pori-pori kulit akan jadi semakin terbuka dan rambut Anda pun jadi rontok.

9. Keringkan Rambut dengan Handuk

Keringkan Rambut

Sebenarnya setelah melakukan perawatan rambut apa pun, sangat dianjurkan untuk membiarkan rambut mengering secara alami. Kenapa? Supaya nutrisi yang Anda dapatkan dari perawatan rambut tidak terbuang sia-sia tentunya. Sama seperti mengeringkan rambut di poin ketiga, jangan gosok-gosok kasar rambut Anda, melainkan tekan-tekan saja rambut Anda menggunakan handuk.

10. Gunakan Hair Dryer

Keringkan dengan hair dryer

Tapi, jika Anda tak punya banyak waktu, tentunya menunggu rambut kering dengan sendirinya bukanlah suatu pilihan yang menyenangkan. Anda boleh menggunakan hair dryer, tapi usahakan pilih yang suhu panasnya paling rendah. Atau, untuk amannya, Anda menggunakan kipas angin saja daripada hair dryer.

Ya, itulah tata cara creambath sendiri dalam sepuluh langkah ala Kamini. Kelebihan creambath sendiri di rumah daripada di salon adalah pertama, hemat. Krim creambath sebenarnya terbilang sangat terjangkau. Apalagi kalau Anda membeli krim creambath yang kiloan.

Kedua, Anda bisa menggunakan krim creambath sebanyak yang Anda inginkan. Lalu, lamanya waktu mendiamkan creambath juga bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Membilas rambutnya menggunakan shampo lagi atau hanya dengan air dingin saja?

  2. Bilasnya pakai air dingin saja, tidak perlu pakai shampoo lagi.. karena di awal kan sudah keramas.dan kalaupun keramas lagi pasti efek dari creambath yang ada di rambut tidak timbul. Mungkin seperti itu~
    Jadi menurut saya dibilas saja pakai air dingin, habis tu dikeringkan/tunggu kering.

  3. Harus ya dibungkus pke handuk hangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!