kamini.id

10 Ide Busana Lamaran yang Cocok untuk Wanita Berhijab

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 1 Juli 2021

Mempersiapkan acara lamaran tidak kalah menyita perhatian. Pasangan harus menyiapkan segala macam yang dibutuhkan untuk menunjang acara, terutama busana. Di momen yang spesial tersebut, kamu dan pasangan tentu ingin tampil cantik serta istimewa. Tak berarti harus mahal, busana untuk lamaran identik dengan keserasian. 

Keserasian antara kamu dan pasangan diperlihatkan dalam memakai busana yang senada, mulai dari warna atau motif batik pada kain atau kemeja. Khusus untuk calon pengantin berhijab, pemilihan warna dan bahan jilbab serta ornamen atau aksen pada pakaian menjadi fokus sendiri.

Jika kamu bingung, beberapa inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab pada artikel dari Kamini berikut ini semoga saja dapat memunculkan ide. Sudah siap?

1. Kebaya Modern Potongan Tulip Warna Blue Grey

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Kebaya Modern Potongan Tulip Warna Blue GreySumber: instagram.com/@ahmadweddingphoto.official

Inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab yang pertama adalah kebaya modern berwarna blue grey, biru keabu-abuan, dengan potongan tulip. Potongan tulip terlihat cantik diaplikasikan pada kebaya modern berkain lace. Tambahkan aksen obi atau pita melingkar berukuran kecil di bagian pinggang agar semakin manis. 

Agar penampilanmu lebih terasa mewah dan spesial, bagian lengan bisa diberi akses kain tulle yang menjuntai. Selain itu dilengkapi payet-payet pada area dada, pemakaian jilbab yang cocok adalah seperti pada foto. Lilitkan jilbab berbahan silk ke arah leher supaya susunan payet yang sudah tertata cantik dapat terlihat. 

2. Peplum Lace Tunic Warna Light Grey

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Peplum Lace Tunic Warna Light GreySumber: instagram.com/@diniafd

Inspirasi selanjutnya sangat cocok untukmu yang suka dengan desain-desain simple nan manis. Potongan peplum yang diaplikasikan pada tunik lace dapat memberi kesan anggun. Panjang tunik pada foto lamaran di atas juga sudah sangat pas. Bukan hanya itu, busana lamaranmu akan semakin cantik dengan lengan berpola terompet yang agak lebar di bagian bawah.

Soal warna, pemilihan light grey akan mempertegas kesan simple but sweet yang ingin diperlihatkan. Jika menurutmu warna tersebut terlalu redup, boleh ganti dengan dusty pink atau biru turquoise. Supaya lebih serasi dan sedap dipandang, pastikan pakai jilbab berwarna senada ya!

3. Peplum Brokat Blouse Warna Beige

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Sumber: instagram.com/@liliseera

Inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab selanjutnya yaitu brokat blouse dengan potongan peplum yang cantik di bagian pinggang. Berbeda dengan peplum sebelumnya, kali ini ia tampak lebih mengembang karena bahan yang dipakai juga berbeda, yaitu sejenis organza. 

Brokat atau lebih terlihat seperti payet yang terdapat pada blouse, tampak full dari depan dada, lengan dan pinggang. Dengan memilih warna beige yang tenang, payet tersebut tidak terlihat tua, melainkan sangat elegan. Dilengkapi kain jarik dengan motif berwarna dasar coklat gelap, penampilan Anda bertambah anggun.    

4. Cape Lace Dress Warna Mint 

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Cape Lace Dress Warna MintSumber: instagram.com/@sayfudinsay

Pilihan busana untuk lamaran bagi para wanita, tentu tidak hanya kebaya, baik klasik, modern atau kebaya klasik modern. Kamu bisa pilih untuk memakai aneka dress yang semuanya cantik-cantik, salah satu inspirasinya datang dari pasangan dalam foto di atas. Calon pengantin wanita terlihat menawan mengenakan lace dress dengan aksen cape di bagian lengan.

Aksen cape pada lengan dapat menyamarkan bentuk lengan yang besar, sekaligus memberik efek dramatis yang manis. Dengan memakai dress berlengan cape, kamu tak perlu selendang untuk dililitkan pada lengan sebagai hiasan tambahan.

5. Kebaya Lace Modern Aksen Tulle & Kerudung Panjang

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Kebaya Lace Modern dengan Aksen Tulle dan Kerudung PanjangSumber: instagram.com/@riaanoviara

Inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab yang selanjutnya yaitu berupa kebaya lace modern dengan aksen tulle di pinggir. Penampilan yang sudah sempurna tersebut dipermanis dengan kerudung panjang sebagai penutup kepala tambahan. 

Sejauh ini hiasan kepala atau head piece banyak dipilih sebagai pemanis penampilan. Namun, untuk acara lamaran nanti kamu bisa menggantinya dengan kerudung agar tampil beda. Bukan hanya tampil beda, kerudung panjang tersebut dapat memberi kesan feminin dan lembut. Cantik! 

6. Peplum Lace Blouse Warna Navy Blue

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Peplum Lace Blouse Warna Navy BlueSumber: instagram.com/@ifebiiy

Jika kamu suka dengan potongan peplum, harus lihat inspirasi busana pada foto di atas! Ada lace blouse simple tapi manisnya kemana-mana. Setuju? Selain itu, tambahan payet atau mote di bagian dada membuat blouse initambah menarik. Belum lagi aksen bunga di bagian pundak kanan dan kiri yang tampak detail.

Pemilihan warna blue navy yang gelap justru memberikan kesan mewah dan elegan. Menariknya, walau warna hijab yang dipilih sama-sama gelap, yaitu hitam, penampilan secara keseluruhan tetap terlihat pantas dan manis, tidak terkesan tabrak warna atau maksa. 

7. Anggun dengan Babydoll Dress Warna Mint

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Anggun dengan Babydoll Dress Warna MintSumber: instagram.com/@is.photography_13

Model dress selanjutnya yang cantik dipakai saat acara lamaran yaitu babydoll dress berbahan lace dengan tambahan mutiara-mutiara kecil menyilang di bagian dada. Potongan babydoll tak kalah mengesankan kelembutan dan keanggunan saat dipakai, karena itu ia cocok dikenakan pada hari lamaran yang spesial.  

Untuk mempertegas kelembutan, pilihan warna mint seperti pada foto di atas sudah sangat pas. Dipadankan dengan jilbab warna senada, penampilanmu akan membuat calon suami dan keluarga serta kerabat yang hadir terkesan. Definisi sederhana tapi manis sesungguhnya.  

8. Kebaya Modern Cape Sleeve

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Kebaya Modern Cape SleeveSumber: instagram.com/@apriliarinaya

Kebaya modern saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam potongan atau pola, aksen, ornamen, kain serta warna. Para penjahit juga semakin pandai dan punya banyak referensi untuk menciptakan kebaya model terkini. Salah satunya tampak pada foto di atas.

Kebaya modern berwarna mint tersebut sangat anggun karena terbuat dari kain lace yang memang cocok diaplikasikan pada busana-busana formal.

Kesan anggun dari kain lace sendiri diperindah dengan pola cape pada lengan serta aksen tile yang menjuntai di pundak. Jika penampilan ingin tambah unik, kamu bisa menambahkan kain tile polos dengan pola terompet atau melebar, mekar seperti bunga di bagian lengan. Sempurna!

9. Dress Payet Warna Beige

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Dress Payet Warna BeigeSumber: instagram.com/@history.project__

Tak kalah sederhana dengan ide dress sebelumnya, inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab selanjutnya datang dari dress full payet warna beige yang tenang. Tidak menempatkan banyak kain tambahan di pundak sebagai aksen, dress ini tampil mengesankan dengan detail payet di hampir seluruh bagiannya.

Detail pada bagian atas cantik sekali, semakin ke bawah bertambah mengesankan karena pola payet yang sedemikian rupa. Jika sudah memakainya, kamu tak perlu aksesori tambahan karena jatuhnya akan berlebihan. Tak perlu head piece, tak perlu kain, semua sudah cantik! Selain itu jilbab yang kamu pilih usahakan polos ya!

10. Kebaya Klasik Modern Full Payet Warna Biru Muda

ide busana lamaran untuk wanita berhijab_Kebaya Klasik Modern Full Payet Warna Biru MudaSumber: instagram.com/@ivory.studio

Terakhir, ide busana untuk lamaran yang semoga dapat menginspirasi adalah kebaya jenis klasik modern berwarna biru muda yang penuh dengan sulaman mutiara atau mote, payet dan manik-manik. Bisa dilihat dari dekat bahwa kebaya di atas penuh dengan manik dalam jumlah banyak dan tersusun cantik. 

Menariknya, tidak seperti kebaya kebanyakan yang mengandalkan kain sebagai bawahan paling aman, kebaya klasik tersebut justru dipadankan dengan kain berwarna senada. Kain itu juga tampak penuh payet atau mungkin sejenis sulaman benang perak, yang disusun hingga membentuk bunga-bunga. Detail pada kebaya klasik modern ini akan membuat penampilanmu semakin spesial.

Itu dia sepuluh inspirasi busana lamaran untuk wanita berhijab. Kamu bisa bebas memilih ingin memakai kebaya, dress atau blouse atau tunik lace yang tak kalah memesona. Semua item busana tersebut sama-sama akan mempercantikmu di hari istimewa. Semoga dapat menjadi referensi ya! Baca juga artikel susunan acara lamaran agar acara lamaran semakin matang.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram