Review Nivea Lip Butter untuk Bibir Lembab yang Ternutrisi

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Setelah sebelumnya saya pernah mengulas Vaseline Lip Therapy untuk mengatasi permasalah bibir kering, kali ini saya akan membahas produk yang serupa—tapi tak sama—yang datang dari brand Nivea, yaitu lip butter.

Sekilas, lip butter memang terlihat seperti lip balm pada umumnya, akan tetapi bila diamati lebih detil, lip butter memiliki karakteristik yang berbeda lho dari lip balm. Dari segi tekstur lip butter memiliki konsistensi yang lebih creamy daripada lip balm karena memiliki kandungan butter (shea butter atau cocoa butter) yang lebih banyak dibandingkan lip balm.

Kemudian, dari sisi fungsi. Alih-alih merawat bibir kering hingga pecah-pecah, lip butter lebih potent dalam menutrisi bibir dengan tambahan manfaat melembabkan, berbeda dengan lip balm yang harus selalu ada di kantong kala bibir bermasalah.

Meski berbeda, keduanya tetap berjalan beriringan di dunia kecantikan karena memiliki cukup banyak penggemar. Nah, lantas seperti apa performa dari Nivea Lip Butter? Yuk, simak terus ulasan yang saya lakukan terhadap Nivea Lip Butter ini!

Tentang Produk

review nivea lip butter 1

Saya lupa persisnya kapan produk ini diperkenalkan di Indonesia, namun Nivea Lip Butter tidak pernah pergi dari ingatan saya hingga saat ini bila bicara soal produk pelembab bibir inovatif yang digemari masyarakat. Bahkan, Kamini saja merekomendasikan produk ini sebagai salah satu produk lip butter yang bagus.

Sejak pertama dihadirkan, Nivea Lip Butter memiliki beberapa varian dengan aroma berbeda yaitu Original, Vanilla & Macadamia, Coconut, Cocoa, Blueberry Blush dan Raspberry Rose. Saya pribadi sangat menyukai aroma buah-buahan yang menyegarkan sehingga bila disuruh memilih, tentu saja saya akan langsung menggaet varian Blueberry Blush atau Raspberry Rose. Dan kebetulan, varian yang akan saya ulas adalah Raspberry Rose.

Tapi apabila kamu tidak terlalu menyukai wewangian dalam produk kosmetik, sebaiknya pilih varian no-frills saja seperti Original. Dijamin tetap memberikan hasil serupa.

Sedikit informasi, apabila kamu penasaran mengenai perusahan apa yang menaungi brand fenomenal Nivea, jawabannya adalah Beiersdorf. Bukan hanya Nivea, perusahaan ini juga menaungi brand produk kecantikan lain seperti Eucerin, La Prairie, Coppertone, brand kesehatan Hansaplast dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri, Beiersdorf hanya memperkenalkan Nivea dan Hansaplast untuk memenuhi kebutuhan akan produk kecantikan dan kesehatan.

Klaim dan Benefit

Nivea Lip Butter akan melembabkan dan memberikan perawatan intensif dengan efek yang tahan lama hingga 12 jam. Kandungan shea butter dan minyak almond di dalamnya akan membuat bibir terasa lembut dan tampak sehat.

Aroma raspberry yang melengkapi produk juga akan memanjakan bibir dan menyegarkan hidung. Menjadikannya produk perawatan bibir yang cocok digunakan setiap hari dan sudah teruji secara dermatologi aman digunakan pada kulit. Nah, kalau kamu ingin tahu manfaat lengkap dari Nivea Lip Butter, silahkan kunjungi artikel ini.

Cara Pemakaian

Meski berbeda dengan lip balm, namun cara pemakaian Nivea Lip Butter sama seperti menggunakan produk lip balm, terutama yang dikemas dalam jar, yaitu dengan memanfaatkan jari sebagai aplikator praktis. Tapi, bukan berarti kamu lalai dengan tidak memastikan jari bersih acapkali mengambil produk dari jar ya. Kamu tetap wajib untuk mencuci tangan sebelum menyentuh lip butter.

Atau bila kamu keberatan bila harus terus-menerus mencuci tangan tiap kali ingin mengaplikasikan lip butter pada bibir, gunakan saja aplikator khusus seperti spatula atau cutton bud. Nivea Lip Butter ini bisa digunakan pada pagi hari sebagai pelembab bibir harian, sebelum mengaplikasikan lipstik, ataupun menjadi teman tidur cantik untuk mendapatkan bibir yang sehat.

Kemasan

review nivea lip butter_kemasan

Sebelumnya sudah sedikit saya singgung bahwa Nivea Lip Butter memiliki cara pemakaian yang sama dengan produk lip balm dalam jar. Pasalnya, produk ini memang datang dalam bentuk jar aluminium yang slim khas Nivea. Sehingga alangkah lebih baiknya kamu tidak sering-sering menggunakan jari tangan untuk mengambil produk lip balm langsung.

Varian Raspberry Rose sendiri memiliki warna dasar pink dengan gambar raspberry yang merepresentasikan ‘rasa’ dari varian ini. Lip Butter yang dikemas juga memiliki berat 16,7 gram dengan diameter lingkaran jar hanya 5 cm, menjadikannya sangat handy dan travel friendly.

Ingredients

review nivea lip butter_ ingredients

Full Ingredients

Cera Microcristallina, Paraffinum Liquidum, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Butyrospermum Parkii(Shea) Butter, Aroma, Ricinus Communis (Castor) Seed Oil, Cl 77891, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Glycerin, Glyceryl Glucoside, Cl 1580, Aqua, BHT

Key Ingredients

Vaseline mengklaim bahwa lip butter ini memiliki dua ingredients kunci yang menunjang kualitasnya, yaitu shea butter dan minyak almond. Nah, fungsi kedua bahan ini adalah sebagai berikut.

  • Shea Butter

Tak hanya menjadi bahan utama dari produk lip butter (makanya namanya lip butter), shea butter juga kaya akan sumber antioksidan dan asam lemak yang baik untuk memperbaiki tampilan kulit kering.

  • Sweet Almond Oil

Hampir mirip dengan shea butter, minyak alami yang diekstraksi dari biji almond ini berguna sebagai emollient yang dapat membuat kulit terjaga kelembapannya. Minyak almond juga kaya dengan bahan-bahan yang bersahabat dengan kulit kering termasuk trigliserida dan beberapa asam lemak. Bahan ini juga diketahui tidak akan menyebabkan sensitivitas pada kulit.

Impresi

Perlu diingat bahwa varian Nivea Lip Butter yang saya pilih adalah Raspbbery Rose, dan sejak pertama kali menerima produk ini, saya langsung bisa merasakan aroma dari lip butter, lho. Nah, bila kamu penasaran impresi lengkap yang saya rasakan terhadap Nivea Lip Butter, jangan dulu berhenti di sini, ya!

Tekstur

review nivea lip butter_tekstur

Sesuai dengan namanya, Nivea Lip Butter ini memiliki tekstur buttery—lebih creamy dibandingkan lip balm biasa. Tekstur creamy yang soft dan spreadable ketika sampai di kulit. Tekstur ini memang cenderung thick bila dibandingkan lip balm biasa, namun ketika produk sudah menempel dan agak mengering, saya tidak merasa terganggu dengan tekstur tersebut. Pada bibir saya, Nivea Lip Butter membutuhkan waktu 2 menit sebelum akhirnya menempel dan locked.

Wangi

Sebelumnya sudah sedikit saya ‘spill’ kalau Nivea Lip Butter memiliki aroma yang cukup strong bahkan sejak pertama kali saya menerima produk. Wangi manis yang cukup kuat ini sebenarnya bukan hal yang aneh lagi untuk produk Nivea, terutama dari lini lip care-nya. Meski begitu, wangi yang strong ini tidak akan terlalu mengganggu indera penciuman, kok.

Wanginya juga tidak terlalu release kalau jar masih dalam keadaan tertutup. Oh iya, varian Raspberry Rose sendiri memiliki aroma sweet bubble gum ketimbang aroma buah yang menyegarkan.

Aplikasi

review nivea lip butter_aplikasi

Produk ini memang sangat baik dalam memperbaiki tampilan bibir kering dan pecah-pecah. Kebetulan, bibir saya memang sedang kering akhir-akhir ini, karena itulah saya merasa cukup terbantu dengan Nivea Lip Butter.

Selain dapat soaks sel-sel kulit mati yang menjadi akar bibir pecah-pecah, lip butter ini juga sangat baik dalam mengisi kerak-kerak pada bibir yang kering. Akibatnya, bibir jadi lebih terasa lembut disamping lembab.

Tak hanya itu, saya juga merasa bibir tampak plump dengan hint of gloss yang samar dari lip butter. Tampilan ini lebih membuat bibir tampak segar dan sehat ketimbang greasy. Oh iya, Nivea Lip Butter ini tidak membuat warna apapun pada bibir, jadi sangat cocok untuk kamu yang tidak begitu suka dengan lip balm berwarna.

Performa

review nivea lip butter performa

Sebenarnya agak tabu bila harus membahas soal performa produk ini, karena pada dasarnya lip balm maupun lip butter memang tidak dikedepankan dalam urusan ketahanan. Produk-produk lip care wajib sekali untuk diaplikasikan kembali kala pudar, terutama setelah makan dan ngemil.

Karena dijamin, lip butter akan langsung terhapus kala mulut melakukan ‘aktivitas’. Hihi. Makanya produk-produk lip care harus selalu ada dalam genggamanmu kapanpun dan dimanapun, terutama bila kondisi bibirmu sama seperti saya.

Tapi kalau mulut cenderung ‘pasif’, ketahanan lip butter ini bisa sampai sekitar 2 jam, kok. Produk ini juga sangat baik digunakan menemani tidur agar kekeringan pada bibir hilang, digantikan dengan kondisi bibir yang lembab, lembut serta sehat keesokan harinya.

Sayangnya, lip butter ini cenderung 'polosan', alias tidak memiliki manfaat tambahan apapun selain melembabkan dan menutrisi. Jadinya Nivea Lip Butter ini tidak dependable dalam urusan melindungi bibir dari sinar UV. Tapi mungkin produk ini memang difokuskan untuk merawat dan menutrisi bibir saja, makanya kemampuannya dalam melembabkan sangat baik.

Tips dan Trik

Masih ingat kalau Nivea mengklaim produk ini merupakan ‘pasangan yang tepat untuk lipstik’? Nah, kamu memang dapat menggunakan lip butter sebagai lip primer yang dapat melembabkan sekaligus membuat tampilan lipstik semakin memukau. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan lip butter terlebih dahulu dan tunggu hingga lip butter nge-set. Setelah itu, saatnya untuk memulaskan lipstik, deh.

Harga dan Tempat Pembelian

review nivea lip butter

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Nivea Lip Butter ini dibanderol dengan range harga yang cukup beragam dari Rp15.000-Rp.35.000 dan terhitung cukup affordable. Produk ini juga tidak akan sulit ditemukan terutama online. Pasalnya, produk ini cukup banyak bertebaran di website-website e-commerce.

Kesimpulan

review nivea lip butter 2

Sepanjang saya menggunakan Nivea Lip Butter ini, saya cukup puas dengan benefit melembabkan yang ditawarkan produk karena dapat dengan sangat baik mengatasi permasalahan bibir saya yang kering dan pecah-pecah.

Pros

  • Melembabkan
  • Dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
  • Membuat bibir tampak plump dan halus
  • Ukuran travel-friendly
  • Dapat melembabkan hingga 2 jam bila tanpa makan dan minum

Cons

  • Wangi strong namun tidak menganggu indra penciuman
  • Belum ada kandungan SPF

Itulah experience yang saya alami setelah menggunakan Nivea Lip Butter ini. Tentu saja saya akan menghabiskan produk ini juga karena terbukti dapat dengan baik mengatasi bibir saya yang kering dan pecah-pecah. Kalau kamu bagaimana? Tertarik untuk mencoba juga? Atau sudah pernah menggunakan produk ini? Taruh jawabanmu di kolom komentar! Selain itu, bila kamu mencari rekomendasi lip balm lain yang bagus, Kamini juga punya referensinya untukmu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram