10 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian dengan Mudah

Ditulis oleh Eva Tresna Nurhayati - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Bau apek pada pakaian bisa saja muncul pada pakaian yang disimpan didalam lemari terlalu lama. Bahkan bisa juga muncul pada saat proses pencucian, pengeringan dan pengertian yang kurang benar. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya? Apakah dengan mencucinya kembali atau menyemprotkan parfum supaya bau apeknya tersamarkan?

Sebelum pakaian-pakaian Anda 'mengalami' bau apek, sebaiknya Anda perhatikan cara mencuci pakaian dengan benar seperti membilas deterjen pada pakaian sampai benar-benar bersih, langsung menjemur pakaian setelah diperas atau dikeringkan pada mesin pengering pakaian, dan pakaian sudah harus benar-benar kering sebelum disetrika atau masuk lemari.

Namun jika pakaian Anda terlanjur bau apek, maka Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bau apek pada pakaian seperti berikut ini:

1. Cuci ulang pakaian yang berbau apek

cuci ulang pakaian apek

* sumber: m.mensxp.com

Meskipun sudah bersih, pakaian yang berbau apek sebaiknya dicuci kembali. Gunakan deterjen sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Proses pencuciannya juga disesuaikan dengan jenis bahan pakaian. Rendam sesuai anjuran yang biasanya tertera pada bungkus deterjen. Kemudian bilas sampai benar-benar bersih dari deterjen.

Gunakalah pewangi pakaian pada proses pembilasan terakhir. Pewangi pakaian mengandung formula yang biasanya dikhususkan untuk menghindari bau apek pada pakaian. Peras pakaian dengan benar lalu jemur dengan menggunakan gantungan pakaian supaya pakaian Anda bisa kering lebih maksimal daripada menjemurnya pada rak jemuran atau tali jemuran.

2. Taburkan baking soda pada pakaian yang berbau apek

taburkan baking soda

* sumber: www.howtoremoveblackmold.com

Jika Anda tidak sempat untuk mencuci kembali pakaian Anda yang berbau apek, Anda bisa menggunakan baking soda untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, bentangkan pakaian yang berbau apek diatas meja, lalu taburkan baking soda pada seluruh permukaan pakaian. Biarkan semalaman.

Pada keesokan harinya, gantung pakaian lalu tepuk-tepuk pakaian supaya sisa baking soda berjatuhan atau Anda juga bisa menggunakan sikat khusus pakaian. Lakukan sampai tidak ada bubuk baking soda yang tersisa. Kemudian pakaian tersebut bisa Anda gunakan atau Anda simpan kembali di dalam lemari.

3. Rendam dalam larutan deterjen dan perasan lemon

rendam dalam lemon

* sumber: www.rte.ie

Lemon banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu untuk mengatasi bau apek pada pakaian. Anda bisa merendam pakaian yang berbau apek ke dalam larutan deterjen yang dicampur dengan air perasan lemon.

Gunakan setengah gelas air perasan lemon untuk setiap 1 sendok takar deterjen. Lalu rendamlah pakaian sesuai dengan saran perendaman yang tertera pada bungkus deterjen. Kemudian cuci seperti biasa dan jemur dibawah terik matahari supaya pakaian kering dengan baik.

Jika yang Anda gunakan adalah deterjen bubuk, maka Anda harus benar-benar mengucek deterjen bubuk sampai benar-benar larut didalam air. Supaya tidak ada deterjen yang menggumpal, karena hal ini bisa meninggalkan noda putih pada pakaian.

4. Menggunakan cuka dan deterjen

gunakan cuka

* sumber: shareably.net

Pakaian yang terlalu lama disimpan dilemari atau mungkin saja Anda kelupaan dengan pakaian yang direndam berhari-hari biasanya akan menjadi bau. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan cuka. Larutkan dua sendok makan cuka kedalam ember berisi air hangat dan deterjen. Aduk sampai semua bahan larut dengan benar.

Masukanlah pakaian yang berbau apek ke dalam larutan cuka tersebut. Rendamlah selama 15-30 menit. Kemudian cuci seperti biasa. Bilaslah berkali-kali sampai tidak ada lagi deterjen yang menempel pada pakaian. Lalu bilas kembali dengan larutan pewangi pakaian yang mengandung anti bakteri.

Supaya bakteri penyebab bau pada pakaian tidak muncul kembali. Kemudian jemur pakaian di tempat yang sebaiknya terkena sinar matahari langsung atau terkena angin, supaya pakaian menjadi kering dengan benar. Selain untuk menghilangkan bau apek, cuka juga dapat menghilangkan noda minyak di baju.

5. Gunakan sabun mandi batang

gunakan sabun batang

* sumber: maxpixel.freegreatpicture.com

Ambilah pakaian-pakaian yang berbau apek, lalu masukan kedalam ember berisi air bersih tanpa deterjen. Setelah pakaian tersebut basah sempurna, ambil salah satunya dan bentangkan diatas papan cucian. Gosokan sabun batang ke setiap bagian pada pakaian, khususnya pada bagian yang tebal dan lipatan. Biasanya sumber bau apek berasal dari sana.

Kemudian sikat pakaian dengan menggunakan sikat khusus mencuci pakaian. Sikat setiap bagian pakaian dengan benar. Lalu bilas sampai bersih. Anda boleh juga menggunakan pewangi pakaian pada bilasan terakhir. Peras pakaian dengan benar lalu jemur ditempat yang terkena sinar matahari.

Sebaiknya gunakan gantungan pakaian supaya pakaian bisa lebih cepat kering dan jangan menggantung terlalu rapat antara satu pakaian dengan pakaian lain.

6. Perhatikan cara penyimpanan pakaian di lemari

penyimpanan di lemari

* sumber: bicfurniture.com

Setelah disetrika, pakaian sebaiknya disimpan di dalam lemari dengan cara digantung dan bukan dengan dilipat. Beri jarak antar gantungan dan jangan terlalu rapat agar pewangi pakaian lebih lama bertahan di dalam serat pakaian.

Kemudian beri waktu-waktu tertentu untuk membuka pintu lemari pakaian supaya sirkulasi udara di dalam lemari bisa digantikan dengan udara yang baru. Lemari yang lembab dapat menimbulkan bakteri penyebab bau apek pada pakaian.

Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan kamper khusus lemari pakaian untuk menyerap bau pada lemari sehingga pakaian-pakaian Anda terhindar dari bakteri penyebab bau apek.

7. Jemur kembali pakaian yang berbau apek dengan dilapisi plastik hitam

jemur kembali

* sumber: blog.hireahelper.com

Plastik hitam yang biasanya untuk membuang sampah, bisa Anda gunakan untuk menjemur pakaian. Tentunya plastik yang masih baru dan bersih ya. Caranya mudah, Anda cukup melubangi bagian atas tengah untuk mengeluarkan kaitan gantungan pakaian. Pakaian yang berbau apek dimasukan kedalam gantungan pakaian. Lalu masukan kedalam kantung plastik hitam tadi.

Jemurlah pakaian tersebut dibawah sinar matahari yang terik. Fungsi plastik hitam ini adalah untuk menyerap sinar UV lebih banyak dan mampu membunuh bakteri penyebab bau apek pada pakaian Anda.

8. Setrika ulang dan semprotkan pelicin dan pewangi pakaian

Setrika baju bekas sebelum disimpan

Jika pakaian yang berbau apek harus Anda gunakan segera dan tidak akan sempat untuk mencucinya kembali. Anda bisa melakukan cara yang ini.

Anda cukup menyetrika ulang pakaian tersebut dengan menyemprotkan cairan pelicin dan pewangi pakaian terlebih dahulu. Sebaiknya pilih yang mengandung anti bakteri. Semprotkan sesuai dengan petunjuk pemakaian. Lalu setrikalah seperti biasanya maka bau apek akan teratasi.

9. Angin-anginkan pakaian yang berbau apek

angin anginkan

* sumber: www.instructables.com

Jika Anda tidak sempat mencuci semua pakaian Anda yang berbau apek, Anda juga bisa melakukan cara ini. Jemurlah semua pakaian tersebut dengan menggunakan gantungan pakaian. Semprotkan pewangi pakaian dengan jarak 20 cm diatas pakaian.

Gantunglah pakaian tersebut ditempat yang sirkulasi udaranya baik.  Biarkan pakaian tersebut dijemur semalaman maka keesokan harinya, pakaian Anda tidak akan berbau apek lagi.

10. Cuci ulang pakaian dengan menggunakan air panas

cuci ulang dengan air panas

* sumber: infograph.venngage.com

Untuk Anda yang memiliki banyak waktu, Anda bisa mencuci kembali pakaian yang berbau apek dengan menggunakan air panas (kecuali untuk jenis bahan tertentu yang tidak boleh menggunakan air panas).

Masukan air panas kedalam ember atau boleh langsung kedalam mesin cuci, pilih mode warm water pada mesin cuci. Masukan deterjen cair secukupnya. Kucek sampai deterjen larut dengan benar. Gunakanlah alat untuk mengaduknya ya!

Sebelum dimasukan, sebaiknya pakaian dibasahi terlebih dahulu. Lalu masukan kedalam air sabun tadi. Rendam selama 30 menit kemudian cuci seperti biasa. Gunakan pewangi (Sebaiknya gunakan pewangi anti bakteri untuk melawan bakteri penyebab bau pada pakaian) pakaian pada bilasan terakhir.

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Setelah pakaian dijemur dan telah benar-benar kering, sebaiknya pakaian langsung di setrika dan disimpan dilemari. Sesuaikan cara penyimpanan pakaian dengan jenis bahannya. Jika tidak sempat disetrika, biarkan pakaian pada hangernya dan digantung dengan tidak saling menempel, atau boleh juga langsung dilipat untuk disetrika nantinya.

Pakaian juga sebaiknya tidak ditumpuk begitu saja karena akan menyebabkan pakaian kembali berbau apek. Anda juga harus sering-sering membersihkan mesin cuci, karena mesin cuci yang kotor pun bisa menumbuhkan bakteri penyebab bau apek pada pakaian.

Jika Anda memiliki cara lain untuk mengatasi bau apek pada pakaian, silakan berbagi pengalaman Anda tersebut pada kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram