Kamini.id / Hijab / Ini Dia 10 Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab

Ini Dia 10 Pakaian untuk Interview Kerja Berjilbab

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, tentu akan merasa sangat senang saat menerima undangan interview dari perusahaan idaman. Selain mempersiapkan materi, Anda juga harus mempertimbangkan outfit apa yang kira-kira cocok untuk menghadiri interview kerja nanti.

Pakaian saat interview kerja bisa disesuaikan dengan jenis perusahaan yang bersangkutan. Anda bisa tentukan pakaian seperti apa yang akan digunakan dengan cara mengenali perusahaan tersebut terlebih dahulu. Berikut ini kami bagikan 10 item pakaian yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda wanita berhijab yang akan menghadiri interview kerja. Yuk simak.

1. Kemeja Polos

Kemeja Polos

* sumber: journalwomensjimena.soees.ru

Menggunakan atasan kemeja polos saat akan memenuhi panggilan interview kerja membuat Anda mudah memadukannya dengan item pakaian lain. Kemeja polos bisa Anda padukan dengan celana potongan baggy, rok span, maupun kulot. Semua tergantung dengan kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Pilihlah kemeja dengan warna netral yang tidak terlalu mencolok seperti putih atau abu-abu. Gunakan hijab dengan bahan yang nyaman berwarna hitam atau nude. Untuk melengkapi penampilan casual Anda, tambahkan aksesoris sederhana seperti jam tangan dan tas yang ukurannya tidak terlalu besar. Agar lebih bergaya, kemeja polos juga bisa Anda padukan dengan outer seperti blazer atau vest outer.

2. Kemeja Bermotif

Kemeja Bermotif

* sumber: briellafashion.mimoranda.ru

Selain kemeja polos yang sangat umum digunakan untuk interview kerja, Anda juga bisa gunakan kemeja bermotif. Namun tetap harus disesuaikan dengan jenis perusahaan yang dituju. Jika memang memungkinkan, pilihlah motif-motif yang tidak terlalu mencolok seperti animal print atau motif bunga yang terkesan ramai.

Sebaiknya gunakanlah kemeja dengan motif kotak atau garis vertikal. Sesuaikan warna hijab dengan kemeja yang Anda gunakan. Tidak disarankan untuk menggunakan aksesoris hijab yang berlebihan atau terlalu mencolok.

3. Blazer

Blazer

* sumber: www.justtrendygirls.com

Rasanya blazer adalah item pakaian yang wajib digunakan saat melakukan interview kerja. Selain terlihat stylish, menggunakan blazer juga menambah kesan profesional pada penampilan Anda. Namun perlu diingat untuk tidak menggunakan blazer dengan warna yang mencolok.

Sebaliknya, gunakanlah blazer yang berwarna hitam, abu-abu, atau coklat. Cukup sesuaikan dengan pakaian yang Anda gunakan. Item pakaian ini sangat cocok dipadukan dengan celana kerja yang tidak terlalu ketat atau rok span berwarna senada.

4. Setelan Kerja

Setelan Kerja

* sumber: www.justtrendygirls.com

Untuk terlihat lebih chic, Anda bisa gunakan setelan kerja. Biasanya setelan seperti ini terdiri dari atasan warna basic, kemudian blazer serta celana dengan motif atau warna yang sama. Sekarang, Anda bisa temukan setelan kerja ini dengan mudah secara online.

Dengan menggunakan setelan kerja seperti ini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memadukan atasan dan bawahan. Anda hanya perlu memilih warna hijab dan sepatu yang senada dengan setelan kerja yang Anda gunakan. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa tambahkan aksesoris seperti jam tangan dan hand bag yang simpel.

5. Trench Coat

Trench Coat

* sumber: nazaninyarr.parsiblog.com

Dilihat dari sejarahnya, pada jaman perang dunia pertama trench coat ini biasa digunakan oleh praktisi militer. Seiring berkembangnya waktu, trench coat menjadi salah satu item fashion yang hampir selalu ada dalam setiap fashion show desainer terkenal, dan sering digunakan oleh ikon-ikon fashion kelas dunia.

Trench coat merupakan outer dengan desain perpaduan antara jas dan jaket. Biasanya outer ini digunakan pada saat cuaca dingin karena sifatnya yang menghangatkan tubuh. Namun, setelah digunakan oleh banyak fashion ikon dunia, trench coat cukup digemari dan hampir cocok untuk semua event.

Menggunakan trench coat untuk interview kerja membuat penampilan lebih Anda lebih menarik. Pilihlah warna nude atau hitam. Padukan dengan model hijab simpel dan celana kerja potongan lurus atau tailored trouser berwarna basic.

6. Celana Wide Leg atau Kulot

Celana Wide Leg atau Kulot

* sumber: howtowearsloanjournal.suburbanmen.ru

Jika celana kerja dengan potongan yang lurus dirasa terlalu biasa, Anda bisa coba gunakan celana kulot atau model lain yang termasuk celana wide leg. Celana kulot merupakan pilihan yang tepat untuk Anda wanita berhijab yang kurang menyukai rok sebagai bawahan.

Karena desainnya yang lebar di bagian kaki, celana kulot membuat penggunanya bisa bergerak dengan lebih leluasa. Untuk interview kerja, padukan celana kulot dengan atasan kemeja polos yang dimasukkan ke dalam celana. Atau Anda juga bisa memadukannya dengan blouse kerja warna putih.

7. Rok Span

Rok Span

* sumber: tenleyskirtmagazine.feminatalk.ru

Bagi wanita yang gemar menggunakan rok dalam kesehariannya, Anda juga bisa gunakan rok saat interview kerja. Rok yang direkomendasikan adalah rok span berwarna warna hitam. Rok span ini adalah rok yang memiliki potongan lurus. Menggunakan rok memberikan kesan feminin pada penampilan Anda.

Padukan dengan atasan kemeja atau blouse bermotif agar terlihat lebih fashionable. Anda juga bisa tambahkan blazer sebagai pelengkap penampilan Anda. Sesuaikan warna hijab dengan outfit yang digunakan. Pilihlah model hijab yang simpel dan tidak bertumpuk.

8. Jumpsuit

Jumpsuit

* sumber: www.hijab-style.com

Selama ini mungkin Anda sering melihat orang lain menggunakan jumpsuit hanya untuk bermain atau sekedar hangout. Namun jika sesuai dengan perusahaan yang Anda tuju, jumpsuit juga bisa menjadi outfit pilihan untuk menghadiri interview kerja.

Untuk tampil formal, gunakan jumpsuit tanpa motif alias polos dengan warna netral. Usahakan menggunakan jumpsuit yang berkerah. Tambahkan aksesoris seperti ikat pinggang kecil dan blazer agar penampilan Anda terlihat lebih smart. Jika Anda suka, gunakan sepatu high heels sebagai pelengkap.

9. Vest

Vest

* sumber: mineoutfit.com

Jika menggunakan blazer atau trenchcoat dirasa terlalu “berat”, Anda juga bisa pilih outer lain untuk melengkapi penampilan interview kerja Anda. Seperti outer tanpa lengan atau sering kita sebut dengan vest misalnya. Dari segi desain, vest terlihat lebih simpel dibandingkan dengan blazer namun masih terlihat formal.

Gunakan vest dengan warna yang netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. Padukan dengan kemeja polos atau atasan dengan aksen pada lengan sehingga terlihat lebih chic. Pakailah hijab yang juga berwarna netral. Untuk bawahannya, Anda bisa gunakan celana kerja potongan lurus atau celana kulot.

10. Atasan Ruffle

Atasan Ruffle

* sumber: larahijab.com

Selain kemeja dengan model yang basic, Anda bisa gunakan atasan yang memiliki aksen ruffle atau aksen seperti gelombang pada bagian dada atau bagian lengan. Atasan ruffle ini membuat Anda terlihat lebih feminin, tanpa menghilangkan kesan formal pada outfit yang Anda gunakan.

Untuk atasan ruffle, Anda bisa padukan dengan hampir semua item bawahan. Baik kulot, celana kerja potongan baggy, maupun rok span tergantung kenyamanan Anda saat menggunakannya. Sebaiknya stay on basic color supaya tetap terlihat elegan.

Itulah 10 item pakaian yang bisa menjadi inspirasi Anda ketika akan menghadiri panggilan job interview. Outfit yang digunakan harus tetap disesuaikan dengan perusahaan yang bersangkutan. Ada beberapa hal yang harus dihindari dalam berpakaian untuk interview kerja.

Beberapa diantaranya adalah menggunakan aksesoris berlebihan, skinny jeans, baju yang menerawang, hijab yang colorful atau bermotif ramai. Berpakaian modis tentu boleh dilakukan, namun tetaplah berpegang pada kaidah berpakaian dalam berhijab.

Selain cara berpakaian, Anda juga harus mempersiapkan materi interview agar berhasil mendapat pekerjaan impian. Semoga tips diatas bisa membantu. Jika Anda punya rekomendasi pakaian lain yang bisa menjadi pilihan untuk interview kerja, jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komentar, ya. Yuk, simak juga artikel padu padan hijab dengan kulot ini sebagai inspirasimu dalam berhijab.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *