Beginilah 5 Cara Membedakan Lipstik Jupon Asli dan Palsu

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 18 Februari 2021

Tampil cantik dan menawan merupakan impian semua wanita. Sebisa mungkin mereka akan tampil sempurna di hadapan semua orang. Apalagi di depan kekasih tercinta. Meski aktivitas sehari-hari padat, penampilan tetaplah yang utama.

Penampilan tidak hanya diukur dari pakaian saja, tetapi juga hiasan wajah. Wanita lebih tidak percaya diri jika hiasan wajahnya tidak sempurna. Dan pasti ada satu benda yang tidak bisa terpisahkan oleh wanita untuk menyempurnakan hiasan wajah, salah satunya adalah lipstik.

Lipstik, benda satu ini merupakan poin utama wanita agar tampil cantik dan fresh. Tanpa memakai lipstik, hiasan wajah akan terasa kurang lengkap. Nah, meski merk lipstik di Indonesia memang sudah banyak, masih banyak masyarakat yang hanya menggemari merk tertentu saja, salah satunya adalah lipstik jupon.

Meski lipstik Jupon banyak beredar dipasaran, sayangnya, ada saja tangan nakal yang memalsukan produk tersebut. Oleh karena itu, para wanita harus cerdas dalam memilih produk lipstik Jupon sebelum membelinya. Lantas, bagaimana cara membedakan lipstik jupon yang asli dan palsu? Yuk simak info lengkapnya berikut ini!

Sekilas Tentang Lipstik Jupon

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_sekilas tentang lipstik jupon

* sumber: www.beautylivs.com

Lipstik jupon adalah pewarna bibir alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bentuknya kecil atau mini, sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Desain lipstik juga sederhana dengan warna biru tua polos dari atas sampai bawah. Kemudian, di bagian bawah tutupnya terdapat tulisan Jupon.

Uniknya, lipstik Jupon hanya memiliki satu warna saja, berbeda dengan merk lipstik lainnya yang memiliki berbagai macam warna. Akan tetapi, inilah kelebihan dari lipstik jupon. Meskipun hanya punya satu warna, lipstik ini nyatanya bisa digunakan oleh segala jenis warna bibir. Sebab, warna dari lipstik akan menyesuaikan dengan warna bibir asli.

Produk satu ini cocok buat kamu yang ingin tampil dengan hiasan natural. Penambahan lipstik jupon juga akan menambah kesan natural pada wajah dan terlihat cantik alami. Lipstik jupon pun sudah terdaftar resmi di badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), sehingga aman digunakan oleh semua orang.

Cara Membedakan Lipstik Jupon Asli dan Palsu

Untuk membedakan jupon asli dan palsu tidak terlalu sulit kok. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang ciri utama lipstik jupon asli agar tidak salah beli. Sebab, salah pembelian produk bisa berakibat cukup fatal pada bibir terutama iritasi. Berikut cara membedakan lipstik jupon asli dan palsu.

1. Tes dengan Kabel Tembaga

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Tes dengan Kabel Tembaga

* sumber: www.lazada.co.id

Punya kabel tembaga yang tak terpakai di rumah? Jangan dibuang, ya. Kamu bisa menggunakannya untuk mengetahui lipstik jupon kamu miliki asli atau palsu dengan item ini. Gunakan kabel tembaga secukupnya saja, tidak perlu terlalu panjang. Lalu, siapkan lipstik jupon yang kamu miliki.

Ambil sedikit bagian lipstik dan letakkan dalam wadah kecil. Setelah itu, haluskan lipstik menggunakan tangan dan kemudian oleskan pada kabel tembaga. Biarkan beberapa saat atau kurang lebih 30 detik. Selanjutnya, hapuslah lipstik menggunakan lap bersih. Kemudian amati hasilnya.

Bila kabel tembaga menjadi berwarna putih, artinya lipstik mengandung senyawa logam berat dan produk tersebut merupakan lipstik jupon palsu. Namun, bila warna tembaganya tetap sama maka lipstik jupon tersebut asli.

2. Cek Tanggal Kedaluwarsa

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Tanggal Kedaluwarsa

* sumber: www.bukalapak.com

Sebelum membeli suatu barang, sebaiknya kamu harus memperhatikan detail barang tersebut. Baik itu mengenai kandungan, kualitas produk, hingga tanggal kadaluarsanya. Begitupun saat kamu membeli lipstik jupon. Hal krusial yang perlu kamu perhatikan adalah kapan tanggal kedaluwarsanya.

Lipstik jupon biasanya bertahan paling lama 2 tahun. Pastikan pula kamu membeli lipstik yang tanggal kedaluarsanya yang masih lama. Sehingga, kamu dapat menggunakannya dengan nyaman. Dan jika sudah mendekati tanggal expired, lebih baik jangan digunakan lagi agar tidak terjadi iritasi.

3. Bandingkan Harga

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Harga Tidak Wajar

* sumber: www.lazada.co.id

Di era sekarang, banyak sekali penjual nakal yang menirukan produk besar, contohnya lipstik jupon. Maka dari itu, sudah seharusnya kamu teliti dalam membeli suatu produk. Harga murah memang menggiurkan, tapi penting juga untuk memperhatikan apakah barangnya asli atau tidak.

Produk lipstik jupon asli memiliki harga standar dengan kualitas tinggi. Sementara pedagang curang membanderol lipstik jupon dengan harga di bawah standar. Jika menemui penjual seperti itu, maka kamu perlu mencurigai bahwa produk yang ia tawarkan mungkin palsu.

4. Lakukan Uji Iritasi

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Iritasi pada Kulit Bibir

* sumber: www.honestdocs.id

Iritasi pada kulit bibir bisa terjadi jika kamu memakai produk lipstik yang salah atau palsu. Memakai produk lipstik jupon yang palsu bisa mengakibatkan iritasi hingga penyakit yang lebih serius, seperti liver.

Hal itu dapat terjadi karena lipstik yang menempel di bibir bisa ikut masuk ke dalam mulut saat makan. Sehingga, terjadilah kerusakan pada hati maupun organ tubuh lainnya. Biasanya, lipstik palsu mengandung zat berbahaya seperti rhodamin B. Padalah, kandungan tersebut seringnya digunakan untuk mewarnai kertas dan tinta.

5. Cek Sertifikasi BPOM

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Sertifikat BPOM

* sumber: www.lazada.co.id

Saat kamu membeli kosmetik, jangan hanya puas dengan memperhatikan kualitas, harga, dan taggal kedaluarsanya. Tanda pemberiaan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun harus menjadi tolak ukur. Sertifikasi BPOM ini harus tertera pada produk yang akan kamu beli. Tanda tersebut sangat penting untuk menunjukkan bahwa produk aman dan kemungkinan besar asli.

Lipstik jupon sendiri sudah terdaftar resmi di BPOM RI. Kamu bisa melihat kode pada bagian bawah lipstik, yaitu NA 18131302383 untuk lipstik jupon. Jadi, kamu belum boleh lega jika produk yang dibeli tidak memiliki tanda resmi dari BPOM.

Manfaat Lipstik Jupon

Jika tulisan di atas sudah menjelaskan tentang produk dan cara membedakan lipstik jupon atau palsu. Sekarang mari bahas mengenai manfaat dari penggunaan lipstik jupon. Berikut manfaat lipstik jupon yang perlu kamu tahu!

1. Menyehatkan Kulit Bibir

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Menyehatkan Kulit Bibir

* sumber: www.bestkatana.com

Memiliki bibir sehat merupakan impian kaum wanita. Namun, tidak semua orang memiliki bibir sehat alami. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan lipstik jupon. Produk kosmetik satu ini mampu melembapkan kulit bibir dengan sempurna.

Pemakaian yang rutin bahkan akan membuat permukaan bibir menjadi halus dan lembut. Bibir yang awalnya pecah-pecah, perlahan akan menghilang meski kamu tidak memakai lipstik sekalipun. Bibir juga akan senantiasa terlihat cerah dan sehat alami.

2. Mengencangkan Bibir Berkerut

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Mengencangkan Bibir Berkerut

* sumber: www.liputan6.com

Kerutan pada bibir memang tidak se-menjengkelkan kerutan di wajah. Namun, jika dibiarkan, tidak baik juga untuk kesehatan bibir. Selain itu, olesan lipstik pada bibir akan terlihat aneh jika terdapat kerutan. Untuk mengatasinya, kamu juga dapat mengandalkan lipstik Jupon.

Kandungan alami dalam lipstik Jupon dapat mengencangkan bibir dan menghilangkan kerutan. Bibir kamu akan tampak lebih menawan dari biasanya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan lipstik jupon pada bibir pagi dan malam sebelum tidur.

3. Tahan Lama

perbedaan lipstik jupon asli dan palsu_Tahan Lama

* sumber: www.lazada.co.id

Lipstik merupakan benda yang wajib dimiliki oleh kaum hawa. Wanita sering menggunakan lipstik dalam kegiatan sehari-hari maupun untuk acara formal. Namun, ada saja produk lipstik yang tidak bertahan lama. di bibir. Sehingga, baru dipakai beberapa jam saja warnanya sudah luntur.

Nah, buat kamu yang ingin mencari lipstik tahan lama, kamu bisa menggunakan lipstik jupon. Meskipun bentuknya mungil, tetapi kualitas produk ini lumayan jempolan. Cara pakainya juga tidak perlu banyak, cukup dengan dua kali olesan saja. Lipstik jupon bahkan cocok banget buat kamu yang tidak mau ribet buat touch up ulang.

Begitulah penjelasan mengenai lipstik Jupon yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang, jangan asal beli kalau belum teruji keasliannya. Produk asli tentu akan memberikan hasil yang terbaik dibandingkan produk palsu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu agar tidak salah beli produk lipstik jupon yang asli, ya. Selain lipstik jupon, Kamini juga memiliki artikel mengenai perbedaan antara lipstik arab asli dan palsu serta lipstik tony moly asli dan palsu.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram