Kamini.id / Lamaran / Perkiraan Biaya Lamaran Sederhana untuk Calon Pengantin

Perkiraan Biaya Lamaran Sederhana untuk Calon Pengantin

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Maret 2020

Bagi manusia dewasa menikah adalah tujuan utama dalam menjalin sebuah hubungan. Berbicara mengenai sebuah pernikahan. Biaya tentu menjadi sebuah perimbangan yang harus dipikirkan secara matang oleh kedua belah pihak. Dan untuk mencegah biaya yang membengkak maka diperlukan sebuah perencanaan budget terkait acara yang akan dilaksanakan.

Bagi pasangan yang akan melaksanakan pernikahan. Prosesi lamaran tentu merupakan hal yang penting sebelum beranjak ke pernikahan. Bila sebelumnya kita membahas jenis-jenis barang yang dibawa saat lamaran. Maka kali ini Kamini telah merangkum perkiraan biaya lamaran yang harus disiapkan oleh calon pengantin.

Persiapan Sebelum Lamaran

Persiapan Sebelum Lamaran

Bagi kamu yang berniat untuk melaksanakan pernikahan. Tentu harus melewati prosesi lamaran. Kegiatan lamaran memang kerap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia. Kegiatan tersebut memang terdengar seperti hal yang biasa. Meskipun begitu kamu juga harus memperhitungkan setiap hal berkaitan dengan acara tersebut.

Mulai dari waktu sampai biaya yang harus kamu keluarkan ketika lamaran. Berbagai pertimbangan mengenai hal ini memang harus dipikirkan secara matang agar mencegah pembengkakan biaya yang tidak perlu alias mubazir. Oleh karena itu diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam proses perhitungan biaya untuk prosesi lamaran.

Bagi orang-orang yang dianugerahi harta melimpah. Hal tersebut tentu akan lebih mudah. Meskipun hal tersebut tidak bisa menjadi patokan keberhasilan sebuah pernikahan. Karena kenyataannya selalu saja ada hal yang menjadi kekurangan.

Perkiraan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Sebelum melakukan prosesi lamaran ada beberapa hal yang harus diperhitungkan oleh pasangan pengantin. Nah, apa saja hal tersebut berikut adalah daftarnya:

1. Hidangan

Hidangan

Berbicara lamaran tentunya akan ada pertemuan besar yang melibatkan banyak tamu undangan dan keluarga. Hal yang pertama harus dipertimbangkan adalah sajian makanan. Untuk hal ini pasangan harus mempertimbangkan secara matang beberapa hal. Mulai dari jumlah keluarga dan tamu undangan sampai jenis makanan yang akan kamu sajikan.

Dalam hal ini kamu bisa memilih menggunakan jasa katering atau masak sendiri. Untuk menyiasati budget yang tidak terlalu besar masak sendiri menjadi pilihan banyak orang. Karena kamu bisa memilih jenis masakan yang akan kamu hidangkan serta lebih bervariasi. Meskipun demikian bila hal tersebut cukup merepotkan. Kamu juga bisa menggunakan jasa katering.

Hanya saja dalam hal ini kamu harus memilih katering yang cukup ternama dan bisa dipercaya. Hal tersebut untuk mencegah sesuatu hal yang tidak terduga terjadi saat prosesi lamaran. Kamu juga harus mempertimbangkan budget yang kamu miliki untuk hal ini.

Bila tamu yang hadir diperkirakan sebanyak 20 orang makan kamu harus mempersiapkan 40 porsi makanan. Jika budget yang kamu siapakah untuk satu orang sekitar Rp 30.000/orang. Maka budget yang kamu harus sediakan sekitar Rp 1.200.000.

2. Hantaran

Hantaran

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat prosesi lamaran adalah hantaran. Hantaran pada proses lamaran memang berbeda dengan hantaran pada saat seserahan. Hantaran lamaran sendiri merupakan buah tangan yang akan diberikan untuk pihak keluarga calon pengantin. Hantaran juga sebagai jembatan untuk mendekatkan antara pihak keluarga.

Hantaran sendiri biasanya berupa kue tradisional atau buah-buahan. Dalam hal ini kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Untuk hantaran kue mulai dari Rp 150.000 – Rp 300.000.

3. Cincin Lamaran

Cincin Lamaran

Salah satu yang biasanya ada saat prosesi lamaran adalah cincin. Cincin sendiri sering dianggap sebagai tanda pengikat serta tanda keseriusan setiap pasangan yang ingin membangun rumah tangga. Karena ini hanya sebagai simbol pengikat. Kamu tak harus memberi cincin yang mahal.

Cincin ini sebenarnya hanya sebagai simbol pengikat saja dan bukan mas kawin. Untuk harganya sendiri kembali disesuaikan dengan budget yang kamu memiliki. Budget yang mungkin kamu keluarkan untuk cincin lamaran. Mulai dari Rp 500.000 – Rp 5.000.000 tergantung jenis cincin yang dipilih.

4. Seragam

Seragam

Satu hal lagi yang harus kamu perhitungkan adalah seragam pada saat prosesi lamaran. Di zaman milenial seperti sekarang. Tampilan memang selalu menjadi hal yang utama. Meskipun begitu bukan berarti kamu tidak bisa menyiasati budget yang harus kamu keluarkan.

Dalam hal busana kamu bisa menyewa, membeli atau bisa membuat sendiri seragam yang kamu inginkan sesuai dengan style kamu dan pasangan. Untuk menyiasati hal tersebut kamu bisa membeli seragam couple berupa batik atau pakaian jenis lain yang memiliki warna senada.

Kamu juga bisa melakukan effort lebih dengan memilih jenis pakaian serta menjahit pakaian kamu sendiri sesuai desain yang kamu inginkan di tukang jahit yang ada di sekitar rumah kamu. Perkiraan budget yang akan dikeluarkan untuk seragam sekitar Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

5. Dokumentasi

Dokumentasi

Dokumentasi tentu menjadi hal yang selalu ada dalam setiap acara. Baik itu bersifat formal maupun non formal. Keberadaan sesi dokumentasi memang menjadi sesuatu yang penting. Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang siapapun memang bisa menjadi sesi dokumentasi.

Nah, dalam hal ini kamu juga bisa mengakali budget yang kamu miliki dengan beberapa cara. Bila kamu termasuk orang yang santai dengan hal-hal seperti ini. Kamu tak perlu repot atau pusing memikirkannya.

Karena semua orang pasti sudah memiliki Smartphone dengan kualitas kamera yang canggih. Kamu bisa memanfaatkan itu dengan cara meminta saudara atau teman kamu untuk mengambil foto dengan Smartphone. Bila kamu menggunakan cara seperti ini. Kamu tentu tak perlu mengeluarkan budget besar dan bisa menyimpannya untuk persiapan pernikahan.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa jasa profesional untuk hal ini. Namun perlu kamu pertimbangkan untuk masalah biaya bila menggunakan jasa seorang fotografer profesional. Kisaran harga yang mungkin harus kamu keluarkan berkisar sekitar Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000.

6. Dekorasi

Dekorasi

Dekorasi adalah sesuatu yang harus kamu pikirkan selanjutnya. Bila lamaran dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu menyiasatinya dengan kreativitas kamu. Umumnya bunga selalu ada untuk mempercantik ruangan. Selain itu kamu juga bisa menambahkan balon, kain tille, kain foil agar ruangan saat proses lamaran terlihat cantik.

Dengan kreativitas yang kamu miliki budget untuk dekorasi pun bisa kamu tekan. Kamu juga harus ingat bahwa yang paling terpenting adalah saat proses pernikahan dan kehidupan yang akan kamu jalani selanjutnya. Biaya yang mungkin kamu keluarkan untuk dekorasi berkisar Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

7. Transportasi

Transportasi

Hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah biaya transportasi. Di zaman seperti sekarang untuk urusan transportasi rasanya bukan lagi sesuatu yang sulit. Adanya taksi online membuat semua tampak lebih mudah dan praktis. Meskipun demikian hal tersebut bukan tampak resiko.

Oleh karena itu, selain memanfaatkan jasa taksi online. Kamu juga bisa menyewa kendaraan untuk satu hari full. Biaya yang mungkin kamu keluarkan untuk transportasi berkisar Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

Nah, itulah perkiraan biaya lamaran sederhana yang harus disiapkan calon pengantin yang telah Kamini rangkum. Sudah ada gambaran mengenai biaya yang akan kamu siapakah untuk lamaran nanti? Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk kamu. Baca juga artikel susunan acara lamaran pernikahan modern ini untuk menambah wawasanmu seputar lamaran.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *