Review BLP Face Base yang Bikin Wajah Enggak Bercela

"Beauty is For Everyone" adalah moto BLP. Merek kosmetik ini ingin membuat semua orang merasa disambut, lebih baik, dan bisa berpenampilan menarik tanpa perlu terpatok dengan standar kecantikan mana pun. BLP alias By Lizzie Parra didirikan oleh Elizabeth Christina Parameswari pada tahun 2016, sudah cukup lama, ya?

Seingat saya, dulu belum banyak produk kosmetik buatan beauty influencer. Kalau begitu, bisa dibilang BLP adalah salah satu pelopornya. BLP menghadirkan produk-produk berkualitas, dimulai dari aneka lipstik dan kini sudah ada berbagai macam decorative things untuk mempercantik dirimu.

Pada kesempatan ini, Kamini mau ulas BLP Face Base. Dari namanya mungkin agak membingungkan, soalnya terdengar seperti face primer. Tapi, BLP Face Base adalah foundation cair, teman Kamini! Sebenarnya produk ini sudah lama dirilis, tapi saya penasaran karena katanya foundation ini berkualitas baik. Langsung saja kita buktikan sama-sama, yuk!

Tentang BLP Face Base

BLP Face Base (3)_

Menghindari foundation karena terlalu berat? Tenang, ada BLP Face Base. Ini adalah alas bedak cair dengan formula ringan, jadi bisa dipakai sehari-hari. Saking ringannya, kamu enggak akan merasa memakai foundation di kulit.

Super pigmented, tapi hasilnya bisa disesuaikan. Mau natural (sheer), medium, atau full, semuanya bisa didapatkan. Kata BLP, satu pompa saja sudah cukup untuk meng-cover seluruh wajah. Duh, jadi terbayang seperti apa spreadibility sama pigmentasinya.

Enggak cuma hasil makeup glowing dan flawless yang akan terlihat, tapi Face Base juga baik untuk kulitmu, loh. Soalnya, BLP menambahkan bahan-bahan ekstrak chamomile, allantoin, dan kafein yang bermanfaat baik untuk kulit. Produk ini juga sudah teruji secara dermatologis, non-komedogenik, dan fragrance-free. Belum cukup? BLP juga menambahkan UV protection ke dalam foundie ini.

Klaim dan Benefit

BLP Face Base 12_
  • Pigmentasi tinggi
  • Buildable & spreadable
  • Mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit
  • Mengandung pelindung dari sinar UV
  • Teruji dermatologis, non-komedogenik, bebas parfum

Cara Pakai

BLP Face Base (10)_
  1. Kocok botol terlebih dulu supaya foundation tercampur dengan baik
  2. Pump foundation secukupnya ke telapak tangan (ingat klaim BLP, 1 pump juga cukup!)
  3. Oleskan foundie dengan jari pada seluruh area wajah
  4. Baurkan foundation menggunakan brush, spons, atau jari hingga merata

Kemasan

BLP Face Base (17)_

BLP Face Base memiliki kemasan yang kelihatan ringkih, padahal enggak. Soalnya kalau dilihat dari warnanya, dus kemasan kayak dibuat dari kertas daur ulang. Tapi, tampaknya bukan, soalnya dus ini kokoh, tebal, dan gampang dibuka. Enggak perlu pakai kuku, disentuh sedikit saja tutup dusnya bisa terangkat.

Di boksnya sendiri ada informasi yang lengkap, kandungan, tentang produk, tanggal penting, nama dan shade produk semuanya tertera di sana. Walau tulisannya berwarna putih dengan latar boks krem pucat, tulisannya terbaca dengan jelas. Mungkin karena pemilihan font, ukuran, dan warna putihnya yang bold, ya.

BLP Face Base (7)_

Kemasan intinya kayak gini! Terbuat dari kaca, visualnya menarik sekali. Sayangnya, saya takut foundation ini pecah. Harus hati-hati banget saat disimpan di meja rias, jangan sampai tersenggol. Terus, karena terbuat dari kaca, kemasan foundie ini lumayan berat. Jadi, ada dua poin yang membuat produk ini enggak travel-friendly.

Desain kemasannya simpel dan bening, jadi kita bisa lihat isi foundation-nya. Warna yang kelihatan merupakan shade yang kita pilih, jadi bakal berbeda-beda. Di sekeliling botol ada nama produk, sedikit klaimnya, tanggal penting, dan nama shade.

BLP Face Base (6)_

Pump-nya seperti ini, Teman Kamini. Enggak tau kenapa, tapi pump yang dipakai BLP kelihatannya 'gagah'. Mungkin karena pump-nya besar dan enggak loncer. Kekurangannya, pump jadi lumayan susah dipencet, harus pakai tenaga. Tapi, saya prefer begini daripada pump yang mudah macet/bocor.

Ingredient List

BLP Face Base (2)_

BLP Face Base memiliki klaim yang menggiurkan, saya jadi penasaran apa aja komposisinya. Berikut ini adalah daftarnya:

Full Ingredient

Cyclopentasiloxane, Water, Titanium Dioxide, Glycerin, Isododecane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Phenyl Trimethicone, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Pentylene Glycol, Magnesium Sulfate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Zinc Oxide, Phenoxyethanol, Sorbitan Sesquioleate, Triethoxycaprylylsilane, Betaine, Disteardimonium Hectorite, Butylene Glicol, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Ethylhexylglycerin, Anthemis Nobilis Flower Extract, Dimethicone, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, BHT, Allantoin, Caffeine.

Key Ingredients

  • Cyclopentasiloxane

Ini adalah silikon yang biasa dimasukkan ke dalam produk kosmetik. Silikon memiliki sifat lubricating dan juga 'cepat kering'. Dalam artian bukan bikin kulit kering, ya. Jadi produk bakal cepat set kalau ada kandungan cyclopentasiloxane.

  • Isododecane

Isododecane adalah bahan yang sering dimasukkan ke dalam kosmetik. Kamu akan sering melihat kandungan ini di banyak produk, seperti maskara, spray rambut, dan lipstik. Sifat emoliennya begitu disukai.

Isododecane juga memiliki sifat tahan lama. Jadi, ketahanan BLP Face Base bukan cuma janji belaka, karena ada kandungan seperti ini yang benar membuatnya kuat.

  • Ethylhexylglycerin

Ethylhexylglycerin berguna sebagai humektan dan emolien. Tapi, ia juga memiliki sifat anti-mikroba, menjaga produk kosmetik dan skincare agar enggak rusak.

  • Anthemis Nobilis Flower Extract

Bisa tebak apa itu Anthemis nobilis flower extract? Ini adalah bunga chamomile. Biasanya diambil dari yang tumbuh di Jerman dan Romawi. Chamomile dikenal karena sifat menenangkan dan anti-inflamasi.

Impresi

Setelah break down komposisinya, saya pikir BLP Face Base enggak bakal mangkir dari klaim. Soalnya semua kandungannya cocok dengan klaim yang dijanjikan, terus enggak ada tambahan ingredients yang kurang baik untuk kulit juga. Sekarang kita bahas tekstur, shade, sama aromanya, ya.

Tekstur

BLP Face Base (9)_

Liquid foundation ini cenderung lebih cair, enggak terlalu creamy. Tapi, mungkin itulah yang membuat formulanya terasa lightweight di kulit. Saya telah mencoba build up hingga 3x pump dan benar terasa ringan banget di kulit. Enggak jadi cakey juga, kok, mau dilapis banyak pun.

Warna

BLP Face Base (8)_

BLP Face Base hadir dalam banyak pilihan shade yang dibagi lagi menjadi beberapa undertone! Very considerate. Saya yakin pilihan warna yang disediakan bakal cocok untuk mayoritas warna kulit orang Indonesia. Untuk shade yang saya pilih adalah W10 Warm Ivory, warna krem kekuningan yang memiliki hasil akhir mencerahkan kulit.

Wangi

Produk ini enggak mengandung parfum.

Aplikasi

BLP Face Base (12)_

Saya akui shade ini kurang tepat untuk skintone alami saya. Kulit saya memang warm kekuningan, tapi sepertinya angka yang saya pilih seharusnya lebih tinggi lagi, bukan W10. Tapi, kalau sudah dipakai di seluruh wajah, dilengkapi makeup-nya, dan ditambah bedak, hasilnya enggak terlalu kelihatan jomplang dengan warna kulit alami saya, kok.

BLP Face Base (13)_

Saya mencoba BLP Face Base dengan takaran yang berbeda, 1x pump untuk sisi wajah kiri (kanan kalau di foto) dan 2x pump di sisi satunya. Untuk hasil yang lebih natural, saya setuju 1x pump udah cukup. Tapi, harusnya hasilnya lebih sheer lagi dari ini karena saya pakai 1 pump buat 1/2 wajah, bukan seluruh wajah.

Sementara di sisi wajah kanan, saya menggunakan 2x pump foundation dan hasilnya lebih covering mulai dari pori-pori, kemerahan, lingkar mata hitam, dan tekstur kulit yang enggak merata. Oh, ya, saya juga merapikan pensil alis dengan foundation ini, loh.

Jika dilihat di foto sebelum pakai BLP Face Base, alis saya berantakan banget karena sengaja dipakai asal-asalan. Saya memang berencana 'membersihkan' pinggiran alis yang berantakan dengan foundation ini untuk melihat apakah ia bisa dipakai sebagai concealer.

Ternyata hasilnya cukup mengagumkan. Bulu-bulu alis di bagian bawah tampak tersamarkan, sehingga alis saya bisa tampak lebih terdefinisi.

Sebagai alas bedak, Face Base sudah sangat cukup, tinggal dipadu dengan concealer untuk menyamarkan kantung mata dan wajah pun akan tampak flawless tanpa filter! Namun, demi artikel review ini, saya enggak akan pakai concealer supaya bisa tau ketahanan dari BLP Face Base itu sendiri.

Performa

BLP Face Base (14)_

Setelah seharian bekerja dari pagi sampai sore, inilah yang terjadi pada BLP Face Base. Enggak banyak yang luntur ataupun geser. Yang saya lihat ada crack di bagian bawah mata yang masih bisa diperbaiki hanya pakai jari aja.

Tapi, area bibir dan hidung udah kelihatan enggak kondusif. Mungkin karena kulit saya tipe kering, jadi di area tersebut agak membentuk dry patch, walau enggak terlalu kentara.

Jika saya membaca ulasan orang-orang, enggak ada yang komplain tentang foundation yang membuat kulit jadi kering. Mungkin tipe kulit mereka berbeda dengan saya, bukan dry skin. Untuk kekuatan transfer-nya bisa dibilang cukup baik, karena enggak banyak produk yang transfer ke masker.

Tips & Trik

Buat pemilik kulit kering harus pakai hydrating product yang banyak. Saya juga sudah pakai toner, serum, dan pelembap padahal, tapi masih muncul dry patch di area mulut dan hidung.

Harga & Tempat Membeli

BLP Face Base (4)_
Brand
Jenis
No. BPOM -
Sertifikat Halal -
Cek Harga Shopee Lazada

BLP Face Base sering dibilang sebagai dupe foundation merek high end luar negeri, dan saya setuju dengan ungkapan itu. Foundation BLP memang bekerja dengan baik. Pigmentasi tinggi dan formulasi ringan yang menjadi nilai jual paling pentingnya. Dengan harga yang cukup terjangkau dan isi banyak, Face Base akan menjadi investasi jangka panjang untuk riasan wajahmu.

Kesimpulan

BLP Face Base (16)_

Setelah digunakan selama berjam-jam, look BLP Face Base semakin membaur dengan kulit, jadi semakin lama malah hasilnya semakin natural. Untuk membuat makeup refresh lagi, tinggal touch up saja secukupnya dengan bedak!

Pros

  • Foundation super pigmented
  • Formula ringan seperti udara
  • Hasil matte (di kulit kering)
  • Wajah jadi flawless seharian
  • Semakin lama dipakai semakin bagus foundation-nya

Cons

  • Foundation agak kering di dry skin setelah beberapa jam
  • Botol kaca enggak travel-friendly

Yap, itulah ulasan Kamini untuk BLP Face Base. Saya suka sekali dengan produk ini karena membuat kulit terlihat flawless dan glowing. Apalagi seiring waktu pemakaian, hasil makeup-nya jadi lebih menyatu dengan kulit. Baca juga rekomendasi Kamini untuk Rekomendasi Foundation Lokal dan Review Foundation Wardah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram