Beauty Terms - F

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Face Belt Koago

Face Belt Kogao

Alat kecantikan unik dari Jepang yang berguna untuk mengencangkan kulit sekitar pipi dan rahang tanpa prosedur bedah. Meski efektifitas alat ini masih diperdebatkan, masyarakat Jepang cukup menyukai produk ini karena keunikannya.

Face Mask

Face Mask

Istilah untuk menyebut makser kecantikan wajah yang diambil dari bahasa Inggris

Face Oil

Face Oil

Merupakan tipe emolien yang dapat memperkuat lapisan terluar kulit dengan cara melembutkan, mengunci, dan mencegah kadar air berkurang.

Face oil sangat tepat digunakan ketika kondisi kulit berubah menjadi kering, kasar, atau dehidrasi seiring dengan perubahan musim. Karena penggunaan pelembab harian saja tidaklah cukup untuk mengatasinya.

Face Primer

Face Primer

Salah satu produk alas dasar makeup (makeup base) yang berfungsi untuk membuat tekstur kulit tampak halus, meratakan warna kulit, menjaga foundation agar tidak kontak langsung dengan kulit, menyamarkan pori-pori wajah, serta membuat riasan wajah dan mata menjadi tahan lama tanpa bergeser maupun hilang.

Face Rejuvenation

Face Rejuvenation

Perawatan kulit yang bertujuan untuk megembalikan tampilan kulit yang nampak muda, mengurangi keriput, garis halus hingga age spot. Face rejuvenation biasanya terdapat di klinik kecantikan.

Face Serum

Face Serum

Produk perawatan kulit wajah yang memiliki konsentrasi bahan aktif cukup tinggi dibandingkan produk perawatan kulit lainnya. Serum wajah memiliki manfaat untuk memperbaiki masalah kulit yang spesifik, contohnya untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi tanda penuaan, dan lainnya.

Face Slapping

Face Slapping

Teknik meratakan pelembap atau teknik pemijatan wajah yang biasa digunakan oleh terapis spa Thailand serta wanita Jepang dan Korea. Teknik ini menggunakan gerakan tangan menepuk-nepuk ke seluruh wajah untuk melancarkan peredaran darah dan mempercepat penyerapan produk.

Face Spray

Face Spray / Face Mist

Produk perawatan kulit yang disemprotan pada wajah dengan fungsi menyegarkan serta memberikan hidrasi instan pada wajah. Produk ini juga dapat digunakan walau pada wajah yang masih menggunakan makeup.

Face spray juga dapat digunakan sebagai langkah paling akhir merias wajah agar riasan tampak segar dengan kesan dewy sehat.

Facial

Facial

Perawatan kulit untuk wajah yang biasanya dilakukan di klinik kecantikan atau tempat spa. Perawatan satu ini melibatkan penguapan wajah, eksfoliasi, ekstraksi komedo, penggunaan masker, hingga pijat.

Proses ini dimaksudkan untuk merawat dan menjaga kecantikan wajah, termasuk membuat wajah tetap sehat dan awet muda.

Facial Cupping

Facial Cupping

Teknik perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan menyedot menggunakan alat tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi sel-sel kulit yang bertanggung jawab dalam produksi kolagen.

Perawatan ini dapat mencerahkan kulit, meminimalisir tampilan bekas luka, kerutan serta garis halus, dan masih banyak lagi.

Facial Lift At Once Face Trainer

Facial Lift At Once Face Trainer

Alat kecantikan asal Jepang dengan klaim menghilangkan garis-garis halus pada wajah denga prinspip getaran elektrik.

Facialates

Facialates

Teknik perawatan wajah yang terinspirasi dari pilates. Facialates menggunakan teknik pijat yang bertujuan untuk mengaktifkan otot-otot, membentuk, serta mengencangkan wajah. Perawatan ini juga menggunakan campuran peptida, enzim, serta serum anti-penuaan untuk mendorong produksi kolagen serta elastin.

Flasies

Falsies

Bantalan yang digunakan di dalam bra untuk membuat payudara tampak besar. Falsies juga bisa digunakan untuk menyebutkan bulu mata palsu yang praktis digunakan hanya dengan menempelkannya menggunakan lem khusus pada garis tepi kelopak mata.

Fan Brush

Fan Brush

Sesuai dengan namanya, fan brush merupakan kuas rias yang bentuknya pipih serta menyerupai kipas. Kuas ini digunakan untuk menyingkirkan kelebihan bedak, blush on, hingga fallout. Kuas ini juga umumnya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter.

Faux Freckles

Faux Freckles

Teknik makeup yang memberikan tampilan bintik-bintik wajah serupa freckles menggunakan produk seperti pensil alis serta bedak.

Feathery Brows

Feathery Brows

Tampilan alis yang tampak tebal, bervolume, namun tetap ringan dan natural. Tampilan ini didapatkan dengan membentuk arsiran alis menggunakan pensil alis dari pangkal mengikuti arah pertumbuhan alami alis.

Kemudian alis dirapikan menggunkan spoolie yang juga berfungsi untuk membaurkan warna pensil alis. Tampilan alis ini dapat memiliki kesan dramatis maupun lembut.

Feathery Lashes

Feathery Lashes

Tampilan bulu mata yang tampak lentik dan panjang tanpa terlihat menggumpal. Tampilan ini bisa didapatkan dengan menjepit bulu mata, penggunaan maskra, atau pemasangan falsies (bulu mata palsu).

Felt Tip

Felt Tip

Istilah yang digunakan untuk menderskripsikan ujung alat tulis yang tipis dan rucing. Desain felt tip biasanya digunakan pada produk eyeliner dan eyebrow.

Ferulic Acid

Ferulic Acid

Bahan antioksidan yang diambil dari tumbuhan, bermanfaat dalam mengurangi kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Bahan ini juga dapat menstabilkan vitamin E dalam produk perawatan kulit.

Feverfew

Feverfew

Ekstrak daun dari tanaman chamomile yang dapat mengurangi kemerahan, menenangkan inflamasi, dan melawan radikal bebas. Bahan ini juga dapat digunakan untuk mengobati migrain.

Fiber Lashes

Fiber Lashes / Fiber Mascara

Maskara yang formulasinya diisi dengan serat nilon, sutra, atau rayon berukuran kecil. Serat ini akan menempel bersama bahan utama maskara pada bulu mata untuk menciptakan efek bulu mata yang lebih panjang, padat, dan bervolume tiap kali diaplikasikan.

Fibroblasts

Fibroblasts

Kumpulan jaringan ikat di seluruh tubuh, termasuk pada kulit. Sel-sel ini memproduksi kolagen dan elastin. Produksi kolagen pada fibroblast juga dapat ditingkatkan dengan penggunakan retinoid secara topikal (penggunaan luar).

Filler

Filler

Bahan tertentu yang dapat digunakan untuk ‘mengisi’ bagian kulit yang hilang, seperti kerutan, garis halus, atau bekas luka dalam jangka waktu tertentu. Filler juga dapat digunakan untuk mempertebal bibir. Penggunaan filler sebaiknya dilakukan oleh ahli kulit atau profesional saja.

Fine Hair

Fine Hair

Rambut dengan ukuran diameter helaian lebih kecil dibandingkan rambut normal pada umumnya.

Fine-Tip

Fine-Tip

Istilah yang digunakan untuk menyebut ujung aplikator berbentuk pulpen yang runcing. Biasanya fine-tip ditemukan pada eyeliner dan bertujuan untuk membuat garis agar lebih mudah.

Fingertips

Fingertips

Istilah untuk menyebut ujung jari tangan. Fingertips biasanya digunakan kala mengaplikasikan atau membaurkan produk makeup bertekstur cair dan krim.

Fish Pedicure

Fish Pedicure

Perawatan kaki dengan cara mencelupkan kaki ke dalam kolam berisi ikan-ikan kecil yang akan memakan sel-sel kulit mati dari kaki. Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah Garra Rufa. Perawatan ini juga memberikan efek relaksasi.

Flaky

Flaky

Sebutan untuk keadaan kulit yang mengelupas. Flaky umumnya dialami oleh pemilik kulit kering, atau kulit yang terlalu sering menggunakan eksfolian kimia.

Flammable

Flammable

Flammable sendiri berarti mudah terbakar. Produk dengan label flammable memiliki peluang tinggi untuk terbakar bila dekat dengan sumber api atau kala terpapar suhu tinggi. Produk ini sebaiknya diletakkan jauh dari sumber api maupun panas.

Flashback

Flashback

Istilah yang digunakan ketika kilau noda putih muncul pada wajah dalam foto. Fenomena ini disebabkan karena penggunaan produk kosmetik tertentu yang formulasi dapat memantulkan flash fotografi kembali pada lensa kamera, sehingga menyebabkan kilau berwarna putih pada wajah.

Flat Iron

Flat Iron

Catok lurus yang merupakan alat elektronik dengan dua lempeng panas untuk meluruskan atau menata rambut.

Flawless

Flawless

Istilah yang sering digunakan untuk menyebut riasan atau kaondisi wajah yang mulus dan tampak sempurna

Flek Hitam

Flek Hitam

Noda atau bercak gelap pada kulit yang merupakan tanda pigmentasi karena paparan sinar UV berlebih. Flek hitam bisa muncul pada siapa saja terlepas dari usia dan jenis kelamin.

Floating Crease Liner

Floating Crease Liner

Teknik pengaplikasian eyeliner di atas garis kelopak mata

Foiling Eyeshadow

Foiling Eyeshadow

Metode yang terdiri dari mencampurkan eyeshadow menggunakan primer atau setting spray untuk membuat kesan metalik (seperti kilau logam) pada eyeshadow.

Metode ini juga dapat dilakukan dengan mencelupkan kuas terlebih daluhu ke dalam air sebelum mengaplikasikan eyeshadow. Foiling eyeshadow juga pilihan yang tepat untuk menghasilkan warna yang nyata dan tahan lama.

Foiling

Foiling Hair

Salah satu metode dalam proses bleaching dan mewarnai rambut. Pada metode ini, pemisahan rambut untuk di-bleach ataupun diwarnai adalah dengan menggunakan media alumunium foil.

Folliculitis

Folliculitis

Kondisi kulit dimana folikel rambut terinflamasi yang disebabkan karena infeksi jamur atau bakteri.

Food and Drug Administration

Food and Drug Administration (FDA)

Badan yang mengawasi peredaran obat dan makanan di Amerika Serikat. FDA juga memiliki kewajiban dalam menyakinkan keamaan vaksin, produk farmasi, peralatan medis dan trasfusi darah, kosmetik, serta produk yang dapat mengemisikan radiasi.

Formaldehyde

Formaldehyde / Formaldehida

Formaldehida adalah zat kimia tanpa warna yang digunakan untuk melindungi kosmetik agar tidak terkontaminasi bakteri dan jamur selama masa penyimpanan atau penggunaan. Formaldehida dapat ditemukan pada cat kuku, lem bulu mata, gel rambut, sabun, makeup, sampo, lotion, dan deodoran.

Kontak fisik dengan bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan, dan kulit. Selain itu, penggunaan produk yang mengandung bahan ini dalam jangka panjang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

FOTD

FOTD

Merupakan singkatan dari face of the day, yaitu istilah untuk riasan wajah yang diunggah ke media sosial.

Foundation

Foundation

Produk makeup bertekstur cair atau bubuk yang diaplikasikan pada wajah dan berfungsi untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah seperti warna kulit tak merata, kulit yang kurang halus, bekas jerawat, noda hitam dan sebagainya.

Fractional Laser

Fractional Laser

Jenis perawatan kulit menggunakan laser yang dapat membentuk permukaan kulit kembali. Teknik ini akan meningkatkan warna dan tekstur kulit yang bermasalah akibat kerusakan karena sinar UV maupun bekas luka.

Fragrance

Fragrance

Istilah umum untuk komponen-komponen yang mengeluarkan aroma dalam suatu produk. Fragrance juga merujuk pada produk pewangi yang menggunakan campuran banyak bahan dengan komposisi yang dirahasiakan, meski kebanyakan merupakan minyak dan alkohol.

Fragrance juga merupakan kandungan penyebab rekasi alergi pada kulit paling banyak dari suatu produk kosmetik.

Frankincense

Frankincense

Merupakan minyak yang terbuat dari getah pohon Boswellia yang banyaknya tumbuh di daerah Afrika dan Semenanjung Arab. Minyak ini biasanya digunakan pada parfum dan kemenyan yang diyakini memiliki manfaat medis tertentu.

Freckles Tattoo

Freckles

Bintik-bintik kecil berawarna gelap atau coklat yang terdapat pada kulit tubuh termasuk wajah. Kondisi ini dapat dijumpai pada orang berkulit putih yang sering terpapar sinar matahari, terutama pada penduduk negara-negara Amerika dan Eropa.

Freckles

Freckles Tattoo

Tampilan seperti freckles yang dibuat layaknya tato dengan hasil permanen.

Free Nail Polish

Free (3/5-Free) Nail Polish

Produk cat kuku dengan label tersebut berarti terbebas dari bahan-bahan yang toksik. 3-Free berarti bahwa cat kukut terbebas dari bahan “toxic trio” yaitu formaldehida, toluena dan dibutil ftalat. Sementara 5-free berarti bahwa cat kuku terbebas dari bahan toxic trio, trifenil posfat, dan champor.

Free Radicals

Free Radicals

Senyawa bersifat tak stabil yang dibuat dalam tubuh oleh polusi, sinar matahari, dan asap rokok. Senyawa ini dapat menempel dan merusak sel-sel tubuh. Pada kulit, radikal bebas dapat menyebabkan kulit kasar, kendur dan keriput.

French Manicure

French Manicure

Gaya rias kuku yang menggunakan warna putih pada ujung kuku dan merah muda pada bagian kuku lainnya.

Frimator

Frimator

Alat yang menawarkan manfaat deep cleansing karena tak hanya membersihkan, alat ini juga membantu eksfoliasi kulit wajah serta leher. Selain itu, manfaat penggunaan alat ini adalah menstimulasi sirkulasi darah sehingga kulit tampak halus dan sehat.

Alat ini bekerja menggunakan energi listrik atau baterai yang lalu menimbulkan gerakan mekanik berupa rotasi ringan.

Frosty Lipstick

Frosty Lipstick

Jenis lipstik dengan sentuhan shimmer (kilap seperti mutiara) dan metalik. Menjadikan bibir tampak mengkilap dan berkilau. Akan tetapi kandungan pelembab dalam lipstik satu ini sangat sedikit. Sehingga lebih baik oleskan pelembab bibir terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram