Kamini.id / Concealer / Review Maybelline Fit Me! Concealer, Hasil yang Tahan Lama

Review Maybelline Fit Me! Concealer, Hasil yang Tahan Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Senang sekali rasanya bisa mengulas salah satu produk Maybelline yang masuk dalam line Fit Me! Collection. Setelah masuk ke Indonesia pada September 2016 silam, line produk kompleksi ini kini sudah cukup banyak menambahkan shade-nya.

Walaupun kalau dibandingkan dengan produk yang beredar di pasaran Amerika Serikat, shades Maybeline Fit Me! Collection di Indonesia sendiri masih sedikit. Tapi setidaknya, shade-shade yang dikeluarkan memang cocok digunakan untuk kulit orang Indonesia.

Kalau saya baca ulasan-ulasan tentang produk ini sih, cukup banyak yang merespon positif. Tapi tak puas rasanya kalau tak merasakan sendiri, bukan? Karena itulah saya akan review Maybelline Fit Me! Concealer ini secara langsung. Would this product fit on me? Let us see.

Tentang Produk

review maybelline fit me concealer 2 (Copy)

Sedikit sulit mencari klaim yang diberikan Maybelline pada produk ini bila hanya dibaca dari kemasan. Makanya saya coba mengunjungi official website Maybelline, dan alhasil inilah beberapa informasi penting yang saya dapat mengenai Maybelline Fit Me! Concealer.

  • Jenis: Liquid concealer
  • Ukuran: 6 mL
  • Benefit: Menyamarkan ketidaksempurnaan pada kompleksi
  • Cara pemakaian:
    • Tutulkan concealer pada area yang tidak sempurna atau di bawah mata
    • Tepuk dengan jari untuk meratakan
  • Shade: Medium (25)
  • Jumlah Varian: 5 shades + 4 shades baru
  • Klaim : Concealer dengan coverage tinggi dan hasil natural untuk tampilan fresh, namun dengan formulasi ringan yang tetap membuat kulit bisa bernafas.
    1. Kulit terlihat sempurna dengan concealer cair yang memiliki coverage natural
    2. Concealer bebas minyak ini dapat menyembunyikan kemerahan, ketidaksempurnaan, dan blemish
    3. Shade dari concealer untuk berbagai warna kulit
    4. Telah teruji secara dermatologist dan opthamologist
    5. Concealer non-comedogenic dan bebas pewangi

Untuk klaim di atas sebenarnya merujuk pada official website Maybelline internasional, makanya diklaim shade dari concealer bervariasi sesuai dengan berbagai skin tone. Tetapi di Indonesia sendiri, shade dari Maybelline Fit Me! Concealer ini baru terdiri dari 9 shade yang mana 4 di antaranya baru diperkenalkan oleh Maybelline. Sembilan Varian Maybelline Fit Me! Concealer di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Caramel (40)
  2. Honey (30)
  3. Ivory (5)
  4. Deep (35)
  5. Fair (15)
  6. Light (10)
  7. Medium (25)
  8. Sand (20)
  9. Cafe (50)

Sebelum mengulas produk ini, saya akan memaparkan sedikit informasi tentang brand yang menjadi official makeup sponsor untuk New York Fashion Week sejak tahun 2010 ini.

Kalau dicermati, dibawah nama Maybelline terdapat kata “New York” yang memang menerangkan darimana brand ini berasal. Berawal dari industri rumahan, Maybelline ternyata bisa jadi brand Make Up #1 di Amerika. Akan tetapi selain mengalami jatuh bagun, pada tahun 1996, Maybelline diakuisisi oleh L’Oreal. Makanya kalau kamu lihat pada kemasan-kemasan produk Maybelline akan ada tulisan “Distributed by PT. L’Oreal“.

Maybelline juga kini sudah dikenal di lebih dari 100 negara yang punya misi untuk menawarkan kosmetik inovatif, mudah didapat, dan mudah digunakan bagi seluruh wanita. Inspirasi Maybelline adalah tampilan dengan pesona dan energi kota New York. Dimulai dari street mode hingga mode catwalk-nya. Menarik, bukan?

Fun Fact

Pernah mengunjungi website Maybelline? Kalau belum kamu harus mengunjunginya untuk mencoba virtual try on. Layanan ini disediakan Maybelline untuk kamu yang ingin mencoba produk-produk makeup Maybelline tetapi malas untuk pergi ke counter. Kamu dapat menggunakan virtual try on untuk memilih shade produk-produk mata, bibir, dan wajah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan ini untuk mencoba tampilan makeup baru yang dirilis oleh Maybelline. Seru banget! Kamu hanya perlu menggunakan live camera ataupun meng-upload foto wajahmu untuk menggunakan layanan ini. Tetapi, jangan lupa membaca ketentuannya terlebih dahulu, ya!

Kemasan

Review maybelline fit me concealer 1 (Copy)

Maybelline Fit Me! Concealer hadir dalam tube balok panjang yang ramping dengan material all-plastic yang reflektif. Tapi plastik yang dipakai tidak rapuh kok apalagi ringkih. Cukup tebal dan kuat untuk menampung liquid di dalamnya. Concealer ini juga hadir tanpa box luar, jadi semua keterangan dituliskan di bagian badan maupun cap produk.

Contohnya ingredients list dicetak pada salah satu sisi badan produk, sementara nomer shades diletakkan pada cap dan bagian dasar badan. Badan produk sendiri dibuat transparan, sehingga bisa menampilkan warna dari concealer. Cukup berbeda dengan cap-nya yang diwarnai hitam.

review maybelline fit me concealer 003 (Copy)

Di dalam cap sudah tertempel doe-foot applicator yang mirip-mirip produk lip cream. Tidak terlalu besar, namun tetap terasa soft ketika disentuh kulit. Aplikator ini menurut saya cenderung lebih higienis dibandingkan concealer dengan semi-needle applicator atau concealer stick. Sebab, mudah untuk dibersihkan dan dicuci terutama kala wajah sedang berjerawat.

Bahan-Bahan Concealer

Review maybelline fit me concealer 1 (Copy)

Full Ingredients

Water (Aqua), Cyclopentasiloxane, Hydrogenated Polyisobutene, Glycerin, Sorbitan Isostearate, Propylene Glycol, Titanium Dioxide, Ozokerite, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Disteardimonium Hectorite, Disodium Stearoyl Glutamate, Methylparaben, Acrylates Crosspolymer, Alumina, Butylparaben, Aluminum Hydroxide, Tocopherol, Silica, Chamomilla Recutita (Matricaria Flower Extract).

Key Ingredients

Dari sekian banyak bahan-bahan yang menyusun produk berukuran 6 mL ini, ternyata ada beberapa bahan utama yang berperan penting dalam menunjang kualitas Maybelline Fit Me! Concealer ini. Berikut adalah bahan-bahan utama yang dimaksud.

  • Hydrogenated Polyisobutene

Poliisobutena terhidrogenasi bertindak sebagai pelumas pada permukaan kulit. Pelumas ini memberikan kulit penampilan yang tampak lembut dan halus.

  • Glycerin

Gliserin sendiri merupakan humectant, atau sejenis agen pelembab yang berfungsi menarik air pada lapisan terluar kulit dari lapisan kulit yang lebih dalam serta dari udara luar. Inilah mengapa humectant dapat menjadikan kulit terasa lembab

  • Titanium Dioxide

Bahan yang satu ini umumnya digunakan sebagai anti-UV ingredients pada kosmetik. Titanium dioksida juga disebut-sebut tidak beresiko ketika digunakan oleh kulit sensitif sekalipun.

  • Alumina

Nah, buat kamu yang penasaran apakah Maybelline Fit Me! Concealer akan terasa cakey atau tidak, kamu mungkin akan sedikit bernafas lega bila melihat Alumina dalam ingredients list. Pasalnya, bahan ini merupakan anti-caking agent, yang akan mencegah timbulnya tampilan cakey pada base makeup yang digunakan.

  • Tocopherol dan Chamomilla Recutita

Kedua bahan ini sebenarnya berbeda, namun memiliki fungsi yang sama dalam kosmetik. Tocoferol sendiri dilaporkan dapat berfungsi sebagai antioksidan atau bahan pelembab. Sementara Chamomilla Recutita yang tentu saja diesktrak dari tumbuhan chamomile ini juga dapat menjadi agen pelembab yang baik dalam produk kosmetik.

Impresi

Setelah berkenalan sejenak dengan produk mungil ini, saatnya saya mencoba dan berbagi pengalaman mengenai Maybelline Fit Me! Concealer shade Medium (25) ini. Simak ya!

Tekstur

review maybelline fit me concealer 7 (Copy)

Sebenarnya saya sedikit deg-degan dengan klaim kalau concealer ini oil-free. Dan memang kalau dilihat dari ingredients list, aqua alias air ada pada urutan pertama. Kenapa saya deg-degan? karena setahu saya, watery consistency tidak begitu bagus untuk ukuran base makeup.

Tapi, ketika saya mengulaskan produk ini, ternyata teksturnya mantap. Not too thick tapi juga not too watery. Jadi menurut saya, cukup pas untuk ukuran concealer. Bisa dibilang konsistensi produk ini berada di rentang semi-gel. Dan ternyata setelah mencari informasi sana-sini, concealer Fit Me! dari Maybelline ini merupakan gel-based concealer pertama yang diperkenalkan oleh Maybeline. Keren!

Concealer ini juga tidak sulit diulas apalagi di-blend. Hanya saja memang doi membutuhkan waktu untuk kering, tidak immediately kering. Tapi—tidak masalah. Malah karakteristik ini yang bikin doi mudah untuk di-build pada area tertentu, contohnya pada bekas jerawat atau noda hitam hiperpigmentasi.

Swatch

review maybelline fit me concealer 9 (Copy)

Untuk warna, saya menyesal tidak in-depth research terlebih dahulu. Jadinya, doesn’t fit with my skintone nor my undertone. Sayang sekali. Awal-nya sih tak begitu mengganggu, karena lumayan bisa di-blend. Tapi lama-lama kok warnanya jadi shifting dari netral ke pinkish. Padahal warna kulit saya medium dengan warm undertone.

Tapi, ketika rekan saya yang undertone-nya cool nyobain produk ini, nge-blend lebih baik daripada di kulit saya. Cuma memang akhirnya warnanya sama-sama shifting jadi semakin pinkish. Tapi kalau buat temen saya ini, fine aja sih berhubung masuk sama undertone dia.

Saya awalnya mengira shade medium cocok untuk undertone kuning, karena di website-nya tidak kelihatan ada hint pink sama sekali. Tapi ternyata jauh dari perkiraan. Anyway, saya juga baru tahu kalau Maybelline meyediakan kuis online di website resminya buat nentuin shade yang cocok dengan undertone maupun skintone kalian.

Dan ternyata, setelah saya ikutan kuis tersebut, saya seharusnya memilih shades Sand (20), Honey (30) atau Light (10). Tidak ada pilihan Medium (25) sama sekali. Sayangnya, saya ikutan kuis ini setelah produknya sudah di tangan saya. Nasib.

Kalau kamu ingin beli Maybelline Fit Me! Concealer ataupun Foundation sebaiknya kamu juga ikut kuisnya terlebih dahulu di sini untuk menemukan warna yang cocok.

Terus dalam urusan coverage, concealer ini berada di range medium sih menurut saya. Cocok banget buat cover dark circle yang tidak begitu gelap, noda kemerahan, sama noda hitam ringan. Sedangkan untuk cover jerawat sama luka bekas jerawat masih kurang powerful. Harus build beberapa kali sampai benar-benar tertutupi.

Namun karena formulasinya ringan, jadi tidak masalah kok kalau mau di-build. Saya sendiri cuma tahan 2 kali build pada noda-noda bekas jerawat. Alhasil ada yang ter-cover ada juga yang masih kelihatan. Jadi klaim yang dipaparkan Maybelline soal high coverage dari concealer ini tidak sepenuhnya berhasil kalau pada wajah saya. Tapi harus saya akui concealer ini memberikan tampilan natural finish, yang mana sangat saya suka. Well done, Maybelline!

Aroma

Untuk aroma, sesuai dengan klaimya, produk ini tidak ada wewangian aneh-aneh selain wangi base makeup pada umumnya. Jadi bisa dikatakan concealer ini fragrance free. Sehingga buat kamu yang menjadikan kandungan pewangi sebagai issue of concern, sepertinya tidak perlu khawatir dalam menggunakan concealer Fit Me! dari Maybelline.

Performa

review maybelline fit me concealer 01 (Copy)

Sebelumnya sempat saya bilang, kalau semakin lama concealer ini warnanya shifting menjadi pinkish. Ini karena produk teroksidasi. Makanya pigmen warnanya berubah. Saya cukup kaget dengan hasilnya, sih. Belum lagi dengan waktu oxidize-nya pun relatif cepat, sayang sekali. Belum sejam dipakai, warnanya sudah shifting. Saya tidak tahu apakah ini terjadi hanya pada shade medium(25) atau terjadi pada shades yang lain.

Saya pernah mencoba shade Honey (30), oksidasinya terhitung relatif lambat. Malah semakin menyatu dengan warna kulit. Jadi menurut saya, sebelum memutuskan untuk memilih shade, sebaiknya riset dulu deh warna apa aja yang kira-kira cocok untuk kulitmu termasuk bila produk teroksidasi.

Untuk ketahanan memang tidak 100%, tapi dipakai 7-8 jam tanpa basuhan air masih oke. Sedangkan kalau terkena basuhan air sekitar 5 jam sudah banyak yang hilang. Kamu bisa melihat dari foto di atas, produk mulai menghilang terutama pada area di bawah under lash line saya. Bisa dilihat warna gelap kembali muncul dilengkapi dengan garis halus yang juga kembali menonjol.

Yap, concealer ini ternyata sedikit bikin creasing bila sering terkena air. Jadi sebaiknya setelah wajah terkena air atau keringat, kamu touch-up lagi deh agar kompleksimu stay on-fleek.

review maybelline fit me concealer 005 (Copy)

Bekas jerawat di dagu juga terlihat kembali setelah pemakaian jam ke-5. Apalagi sekarang-sekarang harus pake masker, jadi jangan berharap deh concealer ini bisa stay seharian di wajah. Pokoknya kamu wajib touch-up bila ingin selalu terlihat maksimal.

Menariknya, concealer ini tidak bikin kulit cakey hingga akhir-akhir concealer stay di wajah. Selama pemakaian, saya juga sama sekali tidak merasakan adanya kelebihan minyak pada area-area yang tertutup concealer. Tak terkecuali pada area T-Zone yang paling banyak memproduksi minyak pada kulit saya.

Tips

Saya sepertinya sedikit terbantu dengan pemakaian pelembab terlebih dahulu dalam mengurangi kelebihan minyak dan tampilan cakey. Jadi saya sarankan untuk selalu menggunakan pelembab favorit kalian terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan concealer.

Hindari pula menggosok concealer saat meratakannya, cukup tepuk-tepuk ringan hingga warna concealer menyatu dengan warna kulit. Bahkan lebih baik lagi menggunakan bantuan spons atau beauty blender dalam meratakan concealer.

Kebetulan karena saya memiliki bekas-bekas jerawat yang perlu di-cover di area dagu, selama pemakaian concealer, dagu saya tidak terasa berminyak ataupun kering. Saya juga sudah menggunakan concealer ini selama 3 hari dan kulit saya masih baik-baik saja, tidak menunjukkan tanda-tanda munculnya jerawat. Jadi bisa disimpulkan, klaim Maybelline soal concealer yang oil-free dan non-comedogenic works di kulit saya.

Harga

Cek Harga di Lazada

Maybelline Fit Me! Concealer dibanderol dengan harga Rp. 109.000,- di official website-nya. Tetapi kamu bisa mendapatkan harga yang lebih bersaing dengan harga official-nya bila membeli di toko-toko online. Karena produk ini disebut-sebut sebagai ‘produk sejuta umat’ jadi memang tidak sulit untuk dicari. Hanya saja, beberapa shade sangat digemari wanita Indonesia sehingga cepat sekali habis.

Kesimpulan

Review maybelline fit me concealer (Copy)

Jadi menurut saya, Maybelline Fit Me! Concealer ini cukup bagus untuk kamu yang ingin menutupi ketidaksempurnaan pada wajah dengan tampilan natural. Saya rasa produk ini juga bisa digunakan oleh jenis kulit apapun termasuk kulit sensitif.

Saya juga sempat mendengar kalau concealer ini tepat untuk dipilih bagi kamu yang ingin belajar ber-makeup pertama kali. Jujur karena saya lebih suka makeup natural, saya mungkin bakal repurchase produk ini. Tentu saja dengan shade yang sekiranya sesuai dengan undertone maupun skin tone saya.

Pros

  1. Fragrance free
  2. Penggunaan doe-foot applicator cenderung lebih higienis karena mudah dibersihkan
  3. Tidak bikin cakey
  4. Ketahanan 7-8 jam tanpa basuhan air, dan sekitar 5 jam bila terkena keringat dan basuhan air
  5. Klaim oil-free dan non-comedogenic bekerja baik di kulit saya
  6. Hasil terlihat natural
  7. Mudah di-blend dan di-build

Cons

  1. Shade Medium (25) teroksidasi relatif cepat, sehingga harus hati-hati dalam memilih shade
  2. Sedikit creasing bila sering terkena air dan keringat, jadi sebaiknya touch-up untuk tampilan selalu maksimal
  3. Kurang powerful menutupi bekas jerawat, tapi bisa di-build beberapa kali agar semakin tersamarkan

Gimana? Apakah pengalaman saya menggunakan Maybelline Fit Me! Concealer mirip dengan pengalamanmu? Atau kamu menunjukan pengalaman yang berbeda? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya.


Sekarang Maybelline lagi ngasih diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop Maybelline New York biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Maybelline Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020