Kamini.id / Maybelline / Review Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder di Kulit Kering

Review Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder di Kulit Kering

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Fit Me! Matte + Poreless Powder merupakan produk yang belum lama dirilis ulang Maybelline, yaitu sekitar awal tahun 2020. Masih dalam lini “Fit Me!”, bedak ini menargetkan kulit yang cenderung berminyak dan berpori-pori besar. Dengan formula 12 jam oil control, bedak ini digadang-gadang mampu menyerap minyak berlebih dan juga keringat, sehingga wajahmu tetap segar seharian.

Jika kamu memiliki masalah seperti kulit kusam, T-zone yang oily, pori-pori besar yang jelas terlihat, mungkin tertarik dengan bedak ini. Lalu, bagaimana jika bedak ini dipakai di kulit kering? Aku memiliki kulit yang kering, dan akan menjadi sangat kering ketika cuaca sedang panas-panasnya, seperti di bulan Agustus 2020 ini. Buat kamu yang kebetulan memiliki kulit kering juga tapi ingin mencoba bedak ini, yuk, baca review dari Kamini!

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder

Klaim & Benefit Produk

  • 12H Oil Control, yaitu formula pengontrol minyak berlebih selama 12 jam. Semua berkat micro-powder-nya yang menyerap keringat serta sebum, mencegah kulit terlihat kusam
  • Skin-Fitting Pigment, teknologi canggih yang memungkinkan partikel bedaknya blend dengan skintone kita, sehingga shade bedaknya bisa menyatu dengan warna kulit asli pemakai. Warna kulitmu akan terlihat lebih rata juga + tanpa pori! Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi diledek ‘pakai dempul’ karena hasil bedak ini natural banget
  • SPF 28 PA+++ juga ditambahkan sebagai perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Tingkatan SPF-nya lumayan tinggi, tapi masih kurang, jadi kamu tetap harus pakai sunscreen sebelumnya, ya

Tiga hal ini tertera di boks maupun di kemasan Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder, walaupun tanpa penjelasan yang bertele-tele, hanya poinnya saja.

  • Cara Pemakaian 

Dengan spons aplikator bawaan, tap-tap bedak lalu sapukan pada wajah. Pastikan bedaknya rata di dahi, pipi, dagu, terutama di sudut hidung, bibir, dan mata. Gunakan juga pada leher supaya kulitmu tidak belang.

  • Fun Fact!

Kamu mungkin lebih kenal dengan Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder yang kemasannya kotak. Nah, itu tuh kemasan lama dan juga formula lama. Kalau sekarang, bentuknya bulat seperti ini. Sempat terpikir kalau ini adalah versi refill-nya dari yang kotak, ternyata bukan, justru ini versi terbarunya.

Ukuran kemasannya memang lebih lebar dari yang kotak dulu, tapi lebih tipis, dan lebih ringan. Walaupun terbuat dari material plastik, packaging-nya lumayan kokoh daripada kemasan yang kotak, loh. Warnanya yang hitam mengkilap juga terkesan lebih elegan dan nggak cepat kotor.

Kemasan

Dulu berbentuk kotak yang unik, kini Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder memiliki packaging yang mirip dengan compact powder kebanyakan. Tapi, aku rasa kemasan yang baru ini lebih praktis, soalnya dia lebih slim, jadi bisa diselipin di saku kemeja atau celana. Terus, kemasannya juga lebih cantik dengan pilihan warna hitam dan tulisan biru neon. Permukaan kemasannya glossy juga sehingga menambah kesan elegan.

Jika di bagian depannya sangat simpel dengan tulisan “Maybelline Fit Me!” saja, bagian belakang kemasannya sangat ramai dengan tulisan. Di sana tertera penjelasan klaim, tanggal expired, tanggal produksi, kode produk, dan shade bedak. Itu semua bisa kamu temukan di kotak kardusnya juga.

Tapi, kan biasanya kotak itu akan dibuang, jadi Maybelline yang menyalin semuanya ke kemasan bedak sangat aku apresiasi, sehingga kamu bisa membacanya lagi untuk mengingat kapan tanggal kadaluarsa dan juga apa kelebihan bedak tersebut kalau ditanya oleh teman kamu.

Alasan lain kenapa aku lebih suka kemasan yang baru daripada yang dulu adalah, sekarang Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder sudah ada cerminnya! Kalau kemasan dulu kan tutupnya plastik bening gitu, jadi kamu bisa lihat bedaknya. Tapi, kalau mau bedakan kamu harus mencari cermin terdekat supaya rapi.

Tapi, karena kemasan bedak ini sangat tipis, jadinya nggak ada sekat pemisah antara bedak dan spons. Yang ada hanya plastik mika yang cukup keras diantara mereka. Ini kurang efektif, sih, soalnya jadi ribet kita harus buka mikanya dulu kalau mau pakai bedak terus disimpan lagi secara manual. Itu pun kalau apik. Kadang ada yang capek jadi dibuang saja mikanya. Ada juga yang mikanya jatuh atau hilang entah ke mana, jadinya spons cepat kotor dan kurang steril.

Ingredient List

Setelah mengetahui kemasan, cara pemakaian, dan lain-lain, kini kami mau menjelaskan soal bahan-bahan yang ada di dalamnya. Untuk mengetahuinya silakan simak di bawah ini.

  • Full Ingredients 

Perlite, Talc, Titanium dioxide, Zea Mays Starch (Corn Starch), Kaolin, Triisostearin, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Magnesium stearate, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Vinyl dimethicone (Methicone Silsesquioxane Crosspolymer), Aluminum hydroxide, Stearic acid, Caprylyl glycol, Fragrance, Ethylhexylglycerin, Tocopherol, Silica, Hexyl cinnamal, Benzyl salicylate, Hydroxycitronellal, Linalool, Limonene, Benzyl alcohol, Citronellol, BHT.

  • Key ingredients 

Jadi, bedak padat ini tuh bebas dari Paraben, Sulfate, Alkohol, Silicone, dan EU Allergen. Ingredient-nya juga aman karena nggak memicu Malassezia (Fungal Acne). Maybelline juga memastikan produknya menggunakan seminimal mungkin bahan, jadi kandungan yang nggak diperlukan tak ada di bedaknya. Bedak ini juga nggak punya ingredient yang memicu masalah kulit untuk skin type kering, berminyak, maupun acne-prone.

Malah kebanyakan kandungan bedak ini tuh berupa skincare, seperti Titanium Dioxide yang berfungsi sebagai sunscreen agent, terus ada Talc tentunya yang berguna sebagai agent anti-caking dan absorbent, dan ada Phenyl Trimethicone yang bermanfaat sebagai skin conditioning. Sejauh ini tidak ada bahan yang membahayakan untuk kulit, mau apapun jenisnya, jadi bedak ini aman untuk semua orang.

Impresi 

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder formula dan packaging terbaru ini menawarkan banyak hal yang menggiurkan. Seperti harga yang jauh lebih murah, kemasan yang lebih ringkas, daya tahan hingga setengah hari lamanya, hasil akhir yang dapat menyamarkan pori-pori, dan menahan produksi minyak berlebih. Walaupun, aku nggak bisa confirm statement yang terakhir karena tipe kulitku kering, nggak berminyak sama sekali.

  • Tekstur 

Ini bukan bedak tabur, tapi bedak padat, tapi teksturnya sangat halus dan lembut. Ketika diaplikasikan ke wajah pun hasilnya membuat kulit jadi lebih halus dan cerah. Covrrage-nya sheer kalau menurutku, tapi bisa di-build sampai medium tanpa caking.

  • Wangi 

Karena di ingredient ada parfum jadi aku pikir bedak ini pasti ada aromanya, kan. Ketika aku endus bedak dari tempatnya, memang seperti ada aroma floral yang segar. Tapi, itu sedikit banget. Kalau pun kamu aplikasikan ke wajah sama sekali nggak kecium. Jadi, aromanya gak bakal ganggu dan nggak akan bikin iritasi.

  • Swatch 

tw:// skin condition

Kulitku lagi kambuh kering-kering gitu, padahal aku udah re-apply lotion terus-terusan. Aku sendiri belum sempet cek ke dokter jadi gak tau penyebabnya. Soalnya setahuku kalau eksim nggak seperti ini ciri-cirinya. Jadi, maaf aku liatin swatch bedaknya saat kondisi kulit aku lagi kayak gini..

Aku pakai shade 120 Classic Ivory dan ini cocok banget buat kulit kuning langsatku. Bedak ini hadir dalam tujuh varian warna lainnya selain Classic Ivory, yaitu 110 Porcelain, 222 True Beige, 235 Pure Beige, 310 Sun Beige, 130 Buff Beige, 220 Natural Beige, dan 230 Natural Buff. Semua warnanya cocok untuk kulit orang Indonesia, loh!

Oh, ya, bedak ini cenderung oxidize (warnanya mengusam seiring waktu pemakaian), jadi sebaiknya kamu menggunakan bedak dengan satu tingkat lebih cerah dari skintone kamu. Tenang, karena setiap shade-nya itu warm tone dan neutral, jadi nggak bakal terlihat abu-abu meskipun kamu pake shade yang lebih terang buat kulitmu.

Daya Tahan dan Performa

Karena aku ingin tahu kemampuan bedak yang sesungguhnya, jadi aku memutuskan nggak pakai foundation. Soalnya kalau aku pakai alas bedak, semua bedak ya pasti bagus-bagus aja, kan. Jadi, aku cuma pakai pelembap aja di sisi kiri wajah dan di sisi kanan wajah aku pakaikan BB cream tipis-tipis.

Karena bedak ini hasilnya super natural dan pigmentasinya sheer, aku asumsikan orang-orang akan menggunakannya untuk #dirumahaja, bukan untuk keperluan penting seperti makeup wisuda apalagi makeup wedding. Makanya, aku tesnya dengan BB cream dan pelembap saja.

Lumayan kelihatan, ya, perbedaannya. Sisi wajah yang pakai BB cream lingkar mata hitamnya lebih pudar dibandingkan yang nggak pakai. Kulit juga kelihatan sedikit lebih smooth walaupun pori-pori masih jelas.

Ini sesaat setelah dipulaskan bedak menggunakan spons bawaannya. Di sisi wajah yang pakai BB cream wajahku kelihatan lebih smooth dan tampilan pori-pori juga tidak terlalu kelihatan alias tersamarkan (walaupun tidak sempurna). Mataku juga terlihat lebih segar karena kantung matanya agak tertutupi.

Flek cokelat di area pipiku nggak tertutupi sempurna tapi sedikit tersamarkan. Begitu pula dengan sudut hidungku yang sedang megar-megar dan menghitam karena cuaca panas, cukup tertutupi. Jadi, aku rasa kalau kamu pakai bedak ini di atas BB cream yang tebal apalagi foundation, pasti bisa menyamarkannya dengan lebih baik.

Sedangkan untuk sisi wajah yang hanya pakai pelembap saja nggak terlalu kelihatan perbedaannya, sih. Kantung mataku masih kelihatan, lingkar mata hitam juga cuma jadi sedikit lebih cerah. Area hitam di sudut hidungku sama sekali tidak tertutupi dan dry patch di pipiku malah makin terlihat jelas.

Jadi, aku rasa bedak ini nggak bisa dipakai begitu saja tanpa alas bedak, karena kekuatannya sangat minim untuk urusan coverage. Padahal ini aku pakainya sudah berkali-kali, loh! Jadi, lumayan tebal bedaknya cuma aku ratakan baik-baik. Setidaknya kamu pakai BB cream atau CC cream dulu kalau mau dandan di rumah, dan untuk ke luar rumah sebaiknya pakai foundation saja. Baru, bedak ini digunakan sebagai pengeset alas bedak dan untuk touch up.

Ini wajahku setelah beberapa jam penggunaan. Aku aplikasikan bedaknya pagi jam 9 pagi dan foto ini diambil setelah Ashar, yaitu sekitar jam 4 sore. Berarti aku sudah membasuh wajah dua kali di dalam waktu tersebut.

Dan, kalau boleh jujur bedak ini hilang banget, sih, baik di sisi wajah yang aku pakaikan BB cream maupun hanya pelembap saja. Jadi, untuk ketahanan lamanya tidak sesuai dengan klaim. Tapi, mungkin kalau kamu pakai foundation bedaknya bisa lebih long lasting.

Tips dan Trik

Bedak ini cukup pigmented kalau aku swatch pakai jari. Tapi, kalau pakai sponge-nya nggak terlalu kelihatan. Apalagi kalau kamu menyapukannya menggunakan brush. Memang, bedak ini jatuhnya natural banget.

Tapi, kalau kamu mau, aku yakin coverage ini bisa di-build up sampai medium dan nggak bakal kayak dempul. Soalnya bedaknya sendiri halus banget dan mudah di-blend. Akan lebih membantu kalau kamu pakai foundation dulu sebelum bedak ini kalau ingin lebih full coverage.

Harga & Tempat Pembelian

Harga bedak Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder versi baru ini jauh lebih murah dari versi yang kemasannya kotak. Yaitu hanya Rp 45.000 – Rp 55.000 saja. Bedanya sampai setengah harga dari versi sebelumnya, loh! Kalau kamu ingin membelinya secara online, bisa beli di Lazada via link ini atau di Shopee lewat link ini.

Kesimpulan

Bedak padat terbaru dari Maybelline ini lebih bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dan, kualitasnya juga cukup baik dengan harga dan branding yang ditawarkan. Jika kamu sedang mencari bedak yang hasilnya natural, cocok buat anak remaja, dan harganya ramah di kantong, Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder bisa kamu coba. Tapi, kalau kamu mencari bedak untuk keperluan makeup profesional, maka bedak ini tidak sesuai.

Pros

  • Lebih murah dari versi lamanya (bedanya sampai 1/2 harga!), dulu bedak ini yang kemasannya kotak harganya Rp 125.000 sampai 150.000-an. Kalau sekarang hanya Rp 50.000-an saja.
  • Hasil satin finish yang super natural, cocok untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan cocok juga buat anak sekolahan.
  • Bedaknya sangat ringan, bisa ngeblend secara sempurna dengan skintone pemakainya
  • Hadir dengan shade yang sangat banyak untuk ukuran bedak
  • Bedaknya sangat halus dan nggak menyumbat pori-pori
  • Tidak memicu break out

Cons

  • Nggak long lasting seperti yang digadang-gadang
  • Oksidasi
  • Mempertegas dry patch setelah berjam-jam digunakan
  • Tidak cocok untuk penggunaan profesional (seperti untuk MUA, untuk makeup ke pesta, dll) karena hasilnya terlalu natural

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder bisa mejadi alternatif buat kamu yang mencari bedak padat yang harganya terjangkau. Walaupun brand drugstore, bedak padat ini sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Powder ini?


Sekarang Maybelline lagi ngasih diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop Maybelline New York biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Maybelline Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020