Review Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Lipstik adalah item yang dapat membuat tampilan bibir yang semulanya kusam, berwarna nggak merata, dan kering, menjadi tampak segar serta lebih bervolume. Bagi saya, lipstik merupakan produk kosmetik yang dapat mengubah tampilan kompleksi secara drastis dan instan. Inilah mengapa saya nggak pernah lupa untuk mengantongi lipstik bila berativitas di luar rumah.

Salah satu jenis lipstik yang menjadi favorit saya adalah lipstik dengan hasil akhir matte. Bukan hanya karena eksistensinya yang sempat melejit di pasaran, tapi lipstik matte bisa membuat tampilan bibir lebih alami dibandingkan lipstik yang memiliki glossy hint.

Ada begitu banyak produk lipstik matte yang diproduksi saat ini. Sayangnya, kecenderungan jenis lipstik ini memberikan tampilan matte nggak selalu bersahabat dengan pemilik bibir kering. Makanya akan sulit untuk menemukan lipstik matte yang cocok untuk bibir kering.

Tapi kabar baiknya, para produsen mendengar keluhan ini dan mulai memutar otak untuk memproduksi lipstik matte yang nggak akan memperparah bibir kering. Salah satu produk yang konon menawarkan produk lipstik matte yang dry lips-friendly adalah Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational.

Tentang Produk

Review Maybelline The POwder Mattes

Color Sensational adalah koleksi pewarna bibir dari Maybelline dengan berbagai shade, style dan finish. Rangkaian yang terdiri dari lipstik dan lip liner ini akan membuat makeup look yang diimpikan menjadi kenyataan dan tampak sensasional.

Lini Color Sensational sendiri lebih mengedepankan tampilan dan feel lipstik setelah diaplikasikan pada bibir, berbeda dengan lini Super Stay yang menjadikan ketahanan sebagai salah satu aspek utama. Meski begitu, bukan berarti longevity Color Sensational nggak bisa diandalkan. Maybelline tetap mindful memformulasikan lini ini sesuai dengan kebutuhan para wanita sesuai dengan tone kulit dan makeup look yang diinginkan.

Maybelline The Powder Mattes dari lini Color Sensational sendiri diperkenalkan pada tahun 2017 dan langsung melejit di pasaran karena menjadi salah satu lipstik matte favorit para beauty enthusiast maupun lip junkies.

Bukan hanya karena formulasinya yang disebut-sebut ringan, namun shade yang ditawarkan juga sangat wearble bagi berbagai tone kulit. Benar-benar ciri khas Maybelline. Berbagai shade yang dimaksud adalah pinkish, orage vibes, merah, hingga warna-warna nude bernuansa coklat.

Klaim dan Benefit

Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational merupakan lipstik ultra-lightweight dengan hasil akhir perfect matte. Selain ultra ringan, lipstik ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang cocok dengan berbagai tone kulit.

Kandungan powder pigments di dalamnya menawarkan warna yang 2x lebih intens, sehingga cocok untuk pemilih bibir hitam. Bukan hanya itu, ada juga kandungan honey nectar di dalamnya yang esensial untuk pemilik bibir kering.

Cara Pemakaian

Review Maybelline The POwder Mattes_kesimpulan

Sebenarnya cara menggunakan lipstik dari Maybelline ini nggak berbeda jauh dengan penggunaan lipstik pada umumnya. Tapi kalau dilihat dari website Maybelline Indonesia, cara penggunaan The Powder Mattes by Color Sensational ini dibagi ke dalam dua langkah berikut:

  1. Aplikasikan lipstik dari bagian tengah bibir, lalu mengikuti kontur bibir dengan ulasan ke samping.
  2. Setelah itu, barulah pulaskan lipstik pada bibir bagian bawah

Fun Fact

Percaya nggak kalau Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational ini katanya bisa digunakan hingga 100 lapis dan tetap terasa ringan di bibir? Well, setelah berselancar ria di Internet saya menemukan video dari youtuber terkenal Tasya Farasya yang menantang dirinya menggunakan lipstik ini hingga lebih dari 100 lapis.

Menurut Tasya, penggunaan 100++ lapis Maybelline The Powder Matters by Color Sensational ini rasanya seperti menggunakan lipstik dengan intensitas normal pada umumnya. Hebat, ya? Tasya Farasya malah sampai terkagum-kagum dengan sensasi menggunakan lipstik ini yang super enteng bahkan dengan 100 lapisan.

Kemasan

Review Maybelline The POwder Mattes_kemasan

Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational hadir dengan kemasan roll-up tube khas lipstik pada umumnya dengan material plastik kokoh. Bagian cap badan lipstik diberi warna sesuai dengan shade yang dipilih dengan sentuan agak transparan, sehingga kamu bisa melihat bagian dalam tube yang sedikit ‘teasing’.

Agak berbeda dengan bagian cap, kontainer diberi warna perak reflektif. Uniknya, terdapat bagian reflektif lain yang cenderung sifatnya seperti cermin, yaitu terletak di bagian atas cap. Fitur ini punya fungsi sebagai cermin kecil yang akan memudahkan pemakaian lipstik dimanapun dan kapanpun kamu berada tanpa perlu mengambil cermin tambahan. Praktis, ya?

Maybelline juga mendesain ujung lipstik The Powder Mattes ini menjadi agak curved sehingga mudah mengikuti kontur alami bibir ketika diaplikasikan. Pokoknya simpel, praktis dan ergonomis deh desain kemasannya.

Ingredients List

Review Maybelline The POwder Mattes_ingredients

Sebelum berkenalan langsung dengan Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational, sebaiknya kita lihat dulu yuk apa saja bahan-bahan penting yang menunjang performa lipstik ini!

Full Ingredients

Dimethicone, Isononyl Isononanoate, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Ozokerite, Dimethicone Crosspolymer, Hydrogenated Polyisobutene, Hydrogenated Jojoba Oil, Phenyl Trimethicone, Silica, Tridecyl Trimellitate, Kaolin, Isohexadecane, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Isostearyl Isostearate, Nylon-12, Alumina, Polyethylene, Bht, Aluminum Hydroxide, Ectoin, Mel / Honey, Tocopherol

Key Ingredients

  • Ectoin

Meski nggak secara langsung disebutkan pada klaim, ectoin nyatanya cukup penting dalam menunjang performa lip product terutama dalam menjaga hidrasi dan keseimbangan air pada bibir. Dengan begitu, bibir akan tetap terasa halus dan lembut.

  • Mel/ Honey

Kalau bahan yang satu ini jelas disebutkan oleh Maybelline pada klaimnya. Madu dalam produk kosmetik dapat berperan sebagai emollient maupun humectant yang dapat membentuk lapisan pelembab pada bibir. Karena itulah madu atau yang sering disebut mel ini memiliki kecenderungan dalam melembabkan.

  • Tocopherol

Meski nggak berperan dalam melindungi bibir dari penghitaman, namun vitamin E dapat membantu mengurangi bahaya sinar matahari yang dapat membuat bibir menjadi kering dan kasar. Vitamin E juga dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan pada bibir yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Impresi

Setelah melihat Tasya Farasya yang menyebut lipstik ini sebagai lipstik yang enteng, saya jadi penasaran ingin berkenalan langsung dengan lipstik ini. Kebetulan, ini adalah kali pertama saya mencoba Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational. Karena itu, simak terus pembahasannya ya!

Tekstur

Review Maybelline The POwder Mattes_tekstur

Meski masuk dalam kategori lip powder, lipstik ini nyatanya tetap terasa gampang meluncur ketika diulaskan pada bibir. Tapi feel ini nggak berarti kalau lipstik terasa kental ataupun waxy sama sekali. Tekstur ini malah terasa ringan, dry, dan nggak lengket.

Aroma

Jangan khawatir, saya nggak mencium aroma apapun kok dari lipstik ini. Kalau dilihat dari ingredients list pun, Maybelline tampaknya nggak memasukan fragrance tambahan apapun pada The Powder Mattes by Color Sensational. Jadi untuk kamu yang kurang bersahabat dengan lip product beraroma, produk ini bisa menjadi opsi.

Shade dan Swatch

Review Maybelline The POwder Mattes_shade swatch

Sebelumnya sudah saya sebutkan kalau Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational punya shade warna yang cukup beragam. Dimulai dari yang bernuasa pink, oranye, merah, hingga nude-ish brown. Varian shade tersebut juga sudah disesuaikan dengan berbagai tone kulit.

Kali ini shade yang saya pilih adalah yang bernuasa merah, tepatnya shade Cherry Chic. Shade ini termasuk warna merah tua yang nggak terlalu deep ataupun bright. Kalau di kulit saya yang sawo matang, shade ini slightly memberikan hint oranye yang nggak terlalu warm. Jadi terkesan lebih kalem meski berani.

Sayangnya dari segi pigmentasi, Maybelline The Powder Mattes ini kurang dependable. Soalnya saya perlu mengulaskan 2-3 lapis lipstik pada bibir untuk hasil full coverage dengan warna yang intens. Barulah ketidakmerataan warna bibir saya bisa tertutupi sempurna.

Luckily, lipstik ini memang terasa ringan ketika diaplikasikan. Jadi kalau ingin mendapatkan pigmentasi jempolan, jangan ragu untuk menyapukan lapisan lipstik beberapa kali sampai kamu dapat intensitas warna yang diinginkan.

Review Maybelline The POwder Mattes_swatch

Finishing result dari Maybelline The Powder Mattes adalah matte yang cenderung satin, karena masih bisa memantulkan sedikit cahaya. Lipstik juga nggak terasa kering sama sekali. Bahkan lipstik ini punya kemampuan blurring cukup bagus karena dapat menyamarkan garis-garis halus pada bibir saya.

Performa dan Daya Tahan

Review Maybelline The POwder Mattes_performa

As expected, sepanjang pemakaian, saya nggak ngerasa lipstik dari Maybelline ini berat sama sekali. The Powder Mattes juga nggak bikin bibir saya kering meskipun sudah melalui berbagai guncangan dari makanan dan minuman yang masuk ke mulut. Lipstik ini sukses menjaga kelembapan dan hidrasi bibir saya dengan baik.

Meski sangat baik dalam menjaga kelembapan bibir, lipstik ini tetap sedikit transfer pada alat makan dan gelas yang saya gunakan. Lipstik juga masih smudging ketika disentuh oleh tangan. Anehnya, ketahanan lipstik lini Color Sensational ini nggak gampang terganggu oleh air.

Pada bibir saya yang cenderung kering, kemampuan lipstik untuk bertahan di bibir cukup baik meski pada jam ke-5 saya mulai menyadari perubahan pigmentasi lipstik yang mulai berkurang. Terutama pada bibir bagian atas dan area garis bibir.

Tapi, shade Cherry Chic ini ternyata nge-stain pada bibir saya. Jadi kalau dilihat dari jauh, bibir saya masih tampak seperti pakai lipstik. Menurut saya, ini juga jadi salah satu kelebihan Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational. Meski begitu, saya tetap nggak bisa ngejamin sih kalau kemampuan stain ini diberikan juga oleh shade lainnya.

Stain yang masih tertinggal ini membuat tampilan bibir saya tetap tampak merah hingga penghujung hari, lho. Jadi bisa saya simpulkan, ketahanan shade Cherry Chic dari Maybelline The Powder Mattes ini banyak dibantu oleh efek stain yang diberikan.

Tips dan Trik

Karena lipstik Maybelline The Powder Mattes punya kemampuan mempertahankan kelembapan dengan baik, maka saya sarankan untuk menggunakan lip balm dulu sebelum mengulaskan lipstik. Soalnya sebelum menggunakan lipstik, saya mempersiapkan bibir dulu dengan mengaplikasikan lip balm favorit saya. Alhasil, bibir saya nggak jadi kering sama sekali selama pemakaian lipstik.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Maybelline The POwder Mattes_4

Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational dibanderol dengan harga sekitar Rp50.000 untuk kemasan 3.9 g. Kamu bisa menemukan produk ini dengan mudah di drugsote maupun melalui pembelian online. Pokoknya, kalau mencari lipstik matte yang bersahabat dengan bibir kering, kamu nggak boleh melewatkan lipstik ini.

Kesimpulan

Review Maybelline The POwder Mattes_3

Ringan dan bisa menjaga kelembapan bibir dengan efek stain yang outstanding, membuat saya jatuh hati dengan Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational. Lipstik ini juga bisa membuktikan kembali bahwa Maybelline could never go wrong with their lip products. Well done, Maybelline!

Pros

  • Praktis, ergonomis, dan wearable
  • Shade luas untuk semua tone kulit
  • Super ringan pada bibir meski sudah dilapis beberapa kali
  • Finishing result matte cenderung satin yang nggak bikin bibir kering
  • Punya kemampuan blurring untuk menyamarkan garis halus di bibir
  • Menjaga kelembaban bibir dengan baik
  • Cukup waterproof
  • Ketahanan hingga 5 jam bila dibarengi makan dan minum
  • Efek stain pada shade Cherry Chic membuat ketahanannya tampak jempolan

Cons

  • Transfer dan smudge
  • Kurang pigmented, tapi bisa dilapis untuk intensitas warna yang lebih jempolan

Bagaimana? Apakah produk ini pantas masuk list lipstik matte yang bagus untuk bibir kering? Bagi saya sendiri yang punya masalah bibir kering dengan warna yang nggak merata, saya cukup merekomendasikannya untuk kamu bila punya masalah bibir serupa. Selain itu, kamu juga harus membuktikan sendiri kemampuan Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational ini yang tetap terasa ringan meski dilapis berkali-kali. Selamat mencoba!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram