Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 11 September 2021

Menjadi salah satu produsen kosmetik yang banyak disukai oleh wanita di Indonesia, Maybelline memang tidak pernah membuat konsumen merasa kecewa dengan produk-produknya. Menjadi unggulan, Maybelline kini mengambil langkah besar dengan berkolaborasi bersama salah satu grup K-Pop wanita yaitu ITZY.

Kolaborasi Maybelline dan ITZY ini diberi nama “Be Bold, Not Shy”, untuk mempromosikan rangkaian Ultimatte Slim Lipstick. Tidak mau mengambil warna biasa, rangkaian lipstik ini mengambil warna bold yang intens dan pigmented. Apalagi Ultimatte Slim Lipstick ini memiliki 8 pilihan warna yang cocok sekali dengan warna kulit wanita Indonesia.

Pasti sudah banyak yang penasaran, apakah kolaborasi Maybelline dan ITZY ini berhasil? Jawabannya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

Tentang Produk

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick__

Lipstik yang dikampanyekan sebagai kolaborasi Maybelline dengan ITZY sebagai brand ambassador terbarunya ini bukanlah lipstik baru. Pasalnya Ultimatte Slim Lipstick ini memang sudah ada sejak lama dengan nama Color Sensational Ultimatte Lipstick. Lipstik buatan Maybelline ini memiliki bentuk yang sangat imut tapi warnanya sangat pigmented dan bold.

Dengan 8 pilihan warna, Maybelline Ultimatte Slim Lipstick akan memberikan tampilan bibir yang flawless smooth. Lipstik ini memang diperuntukan untuk para wanita untuk bisa tampil lebih percaya diri dengan warna yang lebih berani dan berdefinisi. Apalagi dengan formulanya yang ringan, para wanita bisa dengan nyaman memakainya setiap hari.

Klaim dan Benefit

Dikutip dari Maybelline.co.id, Ultimatte Slim Lipstick ini akan memberikan hasil akhir matte yang terlihat flawlessly smooth. Memiliki delapan pilihan warna yang bold, lipstik ini bisa membantu untuk menyamarkan garis halus di bibir. Selain itu, formulanya yang sangat ringan bikin lipstik ini terasa nyaman meski digunakan setiap hari. 

Fun Fact

Alasan Maybelline memilih ITZY sebagai brand ambassador produknya bukan karena kesuksesan mereka saja lho. Alasan lainnya karena ITZY cocok dengan campaign yang ingin mereka sampaikan kepada para wanita. Bersama lagu Not Shy, Maybelline x ITZY ingin menyuarakan self-love bagi para wanita dengan tampil lebih berani bersama Ultimatte Slim Lipstick dengan tagar #BEBOLDNOTSHY.

Bahkan kolaborasi ini akan sangat menguntungkan bagi para Midzy (nama fans ITZY). Karena akan ada showcase special untuk para Midzy yang bisa ngobrol bareng, QnA hingga games bersama ITZY. Bahkan ITZY akan membagikan rahasia-rahasia mereka dalam membuat makeup ala mereka.

Cara Pakai

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_cara pakai_

Tidak ada hal khusus yang perlu kamu lakukan saat akan menggunakan lipstik ini di bibir. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Gunakan lip balm pada bibir setidaknya lima menit sebelum memakai lipstik.
  2. Buka tutup lipstik, lalu putar aplikatornya hingga lipstik muncul.
  3. Arahkan lipstik pada bibir, swipe hingga merata di bibir.
  4. Tap tap bibir dengan jari agar warna lebih merata ke seluruh area bibir
  5. Putar kembali aplikator hingga lipstik kembali kedalam
  6. Tutup kembali lipstik agar tidak terkontaminasi kuman.

Kemasan

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Harga_

Seperti namanya Maybelline Ultimate Slim Lipstick, kemasan dari lipstik ini memang sangat tipis. Bentuknya sangat manis karena super slim. Hanya saja, produk ini lebih panjang dari kebanyakan lipstik lainnya. Karena lipstik ini memiliki tagar “Be Bold” warnanya memang lebih berani dan jauh dari kata natural. Tapi tone warnanya memang mengarah pada warna-warna gelap, hal ini juga terlihat dari kemasannya.

Maybelline Ultimatte Slim Lipstick memakai shade lipstiknya di setiap kemasan produknya. Hal ini jelas sangat memudahkan para konsumen, karena dari kemasannya saja sudah terlihat warna lipstiknya. Apalagi ada gratis photocard hingga hoodie ITZY jika membeli lipstik ini, pasti banyak yang memburunya. Ciri khas produk ini adalah kemasannya memiliki gradasi warna lipstik dan warna hitam yang mudah diingat.

Ingredient List

Dari penjelasan mengenai produknya, tidak lengkap rasanya jika tidak mencari tahu mengenai bahan-bahan yang ada di lipstik ini. Apalagi Maybelline menegaskan bahwa lipstiknya memiliki formula ringan dan dengan hasil yang flawlessly smooth. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Full Ingredient

Dimethicone, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Hydrogenated Polyisobutene, Phenyl Trimethicone, Tridecyl Trimellitate, Hydrogenated Jojoba Oil, Dimethicone Crosspolymer, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Kaolin, Isostearyl Isostearate, Paraffin, Isohexadecane, Nylon-12, Cera Microcristallina/Microcrystalline Wax/Cire, Microcristalline, Polyethylene, Alumina, Synthetic Wax, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Aluminum Hydroxide, Benzyl Alcohol, Silica, Tocopherol, Parfum/Fragrance, [+/- May Contain/Peut Contenir CI 77491, CI 77492, CI 77499/Iron Oxides, CI 77891/Titanium Dioxide, Mica, CI 45410/Red 28 Lake, CI 15850/Red 7, CI 15985/Yellow 6 Lake, CI 19140/Yellow 5 Lake, CI 45380 / Red 22 Lake, CI 42090 / Blue 1 Lake] F.I.L. D249322/2.

Key Ingredient

  • Dimethicone

Dimethicone memang termasuk dalam kelas silikon yang umum digunakan untuk produk lipstik. Alasannya karena dimethicone adalah emolien yang memberikan efek waterproof untuk produk lipstik. Tapi fungsi dimethicone masih banyak seperti skin protectant hingga skin barrier untuk mencegah kulit kehilangan cairan.

Karena memiliki validitas yang unik, lipstik yang memiliki bahan dimethicone terasa halus dan lembut saat digunakan. Apalagi hasil akhirnya membuat bibir seakan lebih berdefinisi, karena bibir terlihat lebih plum.

  • Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2 adalah emolien yang biasanya dijadikan sebagai pengganti lanolin. Sebagai salah satu bahan yang biasa ada untuk produk pewarna bibir, bis-diglyceryl polyacyladipate-2 dapat mengikat air dalam jumlah tinggi. Apalagi kemampuan daya rekat yang tinggi, bahan ini juga memberikan hasil bibir yang terlihat glossy dan flawless.

  • Hydrogenated Polyisobutene

Hydrogenated Polyisobutene sama-sama sebagai emolien, bahan satu ini digunakan sebagai waterproof agent untuk produk ini. Dimana bahan ini akan membuat warna tahan lama serta memberikan kesan glossy yang cantik di bibir.

Impresi

Well, kita sudah tahu apa saja kelebihan dari Maybelline Maybelline Ultimatte Slim Lipstick dari penjelasan-penjelasan di atas. Tapi tidak akan lengkap rasanya jika kita tidak mengupasnya lebih dalam lagi, makannya impresi dibutuhkan untuk melihat. Apakah worth untuk membeli produk ini? Apalagi kolaborasi Maybelline dengan ITZY bikin banyak orang memburu lipstik ini, berikut penjelasannya.

Tekstur

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Tekstur_

Maybelline Ultimatte Slim Lipstick memiliki tekstur lipstik yang sangat lembut dan terasa sedikit creamy saat di oleskan ke bibir. Teksturnya yang super lembut juga tidak memberikan efek smudge, karena lipstiknya bisa merata dengan baik.

Bagi saya lipstik ini terasa matte dengan efek satin, jadi hasilnya lipstik memang kering, tapi tekstur bibir masih tetap plum dan lembut. Apalagi blur effect dari lipstik ini bisa menyamarkan garis halus bibir dengan sangat baik, makannya bibir terlihat lebih berisi.

Warna

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Warna_

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Maybelline Ultimate Slim Lipstick memiliki delapan pilihan warna. Seperti kampanyenya “Be Bold Not Shy”, warna dari rangkaian lipstik ini memang sangat berani dengan tone yang lebih gelap. Saya sendiri mencoba shade dengan nama More Spice, nama shade ini juga bisa di lihat di bagian bawah lipstiknya.

Warna ini merupakan campuran warna merah dan coklat, sekali swipe saja warnanya sangat pigmented. Warnanya benar-benar bisa membuat bibir cantik dengan kesan yang bold dan tidak mudah luntur.

Wangi

Pada awalnya saya tidak terlalu memikirkan soal wangi dari lipstik ini, tapi saat digunakan saya mencium sedikit aroma wangi dari lipstik. Ketika saya mencoba mencium aromanya terasa sangat sweet, seperti campuran wangi coklat dan ada sedikit rasa segar wangi jeruk dan mint. Dalam ingredients-nya Maybelline Ultimatte Slim Lipstick ini memang mengandung parfum, untungnya baunya sangat nyaman.

Aplikasi

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_aplikasi_

Maybelline Ultimatte Slim Lipstick adalah lipstik yang memiliki tekstur lembut seperti mentega. Saya menyukai bagaimana warna lipstiknya begitu pigmented bahkan hanya dalam satu kali swipe saja. Apalagi warna-warna yang ada untuk produk ini memang cocok sekali untuk dijadikan lipstik dengan konsep ombre lips.

Kemampuan blur effect yang sangat baik, karena pinggiran bibir yang cukup gelap bisa tersamarkan. Meski lipstik ini disebut matte, hasilnya memang tetap flawless smooth. Karena setelah beberapa saat, efek mattenya tidak membuat bibir kering atau terkesan seperti tertarik. Justru hasilnya warna lipstik terlihat sedikit mengkilap dan bibir tetap terasa sangat lembut.

Sebaliknya, saya merasa tekstur bibir tetap lembut dan terhidrasi, saya akan mengatakan ini adalah lipstik terbaik Maybelline. Lipstiknya benar-benar nyaman untuk digunakan dan saya merasa seperti tidak memakai lipstik matte. Padahal biasanya saya menghindari lipstik matte, karena hasil akhirnya bikin bibir kering. Karena formulanya yang ringan, saya sepertinya akan memakai lipstik ini lebih sering.

Performa

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Performa_

Sejak pertama kali saya melihat lipstik ini, saya memiliki cukup banyak ekspektasi. Apalagi ini adalah produk keluaran Maybelline dan menjadi produk kolaborasi mereka dengan ITZY. Dalam swipe pertama, saya sudah bisa merasakan bagaimana lipstik ini begitu lembut di bibir. Lipstiknya terlihat padat, namun setelah diusapkan ke bibir terasa mencair seperti mentega.

Teksturnya yang lembut ini ternyata bertahan hingga lipstik mengering, karena bibir tidak terasa tertarik setelah lipstiknya kering. Biasanya lipstik matte akan memberikan efek bibir terasa sangat kering dan sedikit memiliki efek tarikan. Tapi Maybelline Ultimatte Slim Lipstick tidak seperti itu, lipstik ini jelas sangat ringan, hasil akhirnya flawlessly smooth dan bikin bibir lebih berisi.

Warnanya yang pigmented bertahan cukup lama, setidaknya dalam enam jam warna lipstik ini memang memudar. Tapi warnanya berubah menjadi tone yang lebih natural, khususnya untuk shade More Spicy yang sedang saya gunakan. Bahkan saya sempat mencoba untuk menggosok dengan air, namun warnanya tetap menempel kuat.

Tapi ada beberapa hal yang cukup menjadi perhatian saya, pertama kekuatan dari lipstiknya. Sebelumnya saya mengatakan bahwa lipstik ini teksturnya sangat lembut dan bentuknya juga sangat tipis. Dua hal ini membuat saya cukup khawatir jika lipstiknya mungkin akan mudah patah. Jadi saya sarankan untuk tidak menekan lipstik terlalu kuat.

Kedua lipstik Maybelline ini mengandung beberapa bahan yang berada di kelas silikon. Dimethicone, dimethicone crosspolymer, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer merupakan bahan yang masuk di kelas silikon. Tapi tenang saja karena kedua bahan ini ini adalah kelas silikon yang aman untuk digunakan dalam produk kosmetik.

Tips dan Trik

Ada satu kebiasaan yang tidak pernah terlewatkan oleh saya, yaitu memamakai lip balm sebelum memakai produk pewarna bibir. Alasannya karena bibir saya cenderung mudah kering, sehingga sering terlihat jelas ada lapisan kulit mati. Dengan memakai lip balm, bibir saya menjadi lebih lembut dan terhidrasi jadi lipstik bisa menempel dengan sempurna dan rata.

Harga & Tempat Membeli

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Kemasan_

Maybelline Ultimate Slim Lipstick ini bisa kamu beli di banyak gerai kosmetik di Indonesia. Karena lipstik ini bisa kamu beli baik secara offline maupun di berbagai shop online. Harganya juga cukup affordable, lho.

Kesimpulan

Review Maybelline Color Sensational Ultimatte Slim Lipstick_Kesimpulan_

Berkategori lipstik matte, Maybelline Ultimatte Slim Lipstick memang cukup berbeda dengan lipstik matte lainnya. Karena tidak hanya memiliki matte finish saja, tapi hasil akhirnya terasa flawlessly smooth saat digunakan. Produk ini juga memiliki banyak kandungan yang dapat menjaga kelembaban, sehingga lipstik tidak akan membuat kulit bibir jadi kering.

Apalagi warnanya yang sangat pigmented dengan shade yang bold, membuat bibir terkesan lebih berisi dan tahan lama. Saya tidak perlu sering-sering touch up lipstik setidaknya untuk tiga jam pertama, bahkan setelah enam jam pun warnanya masih menempel.

Pros

  • Hasil akhir matte flawlessly smooth
  • Warnanya yang sangat pigmented
  • Waterproof
  • Sangat ringan dan nyaman digunakan
  • Tidak membuat bibir jadi kering dan pecah-pecah
  • Dapat menyamarkan garis halus bibir

Cons

  • Lipstiknya terkesan agak rapuh
  • Terdapat beberapa bahan campuran silikon

Inilah review saya mengenai Maybelline Ultimatte Slim Lipstick, produk kolaborasi Maybelline dengan brand ambassador terbarunya ITZY. Kira-kira apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika tertarik, jangan lupa untuk membagikan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram