Kamini.id / Pergaulan / 10 Tips Membuat Nama Grup Persahabatan yang Bagus

10 Tips Membuat Nama Grup Persahabatan yang Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Kita punya orang-orang favorit yang ada di sekitar kita. Mungkin merekalah yang jadi alasan utama dari segala keseruan yang terjadi di dunia ini. Mereka adalah saksi dari semua keburukan sekaligus kebodohan yang kita perbuat dan kita memang mengizinkan mereka untuk menjadi saksi dari semua itu.

Sebelumnya mereka cuma orang asing, tetapi kemudian mereka menjadi seperti keluarga. Bahkan, lebih dari keluarga sendiri. Karena yang disebut keluarga itu bukan cuma karena adanya hubungan darah. Keluarga bukan soal kata, tetapi soal rasa.

Biasanya, orang-orang punya satu nama yang menjelaskan persahabatan mereka. Nama itu diperlukan untuk hal-hal seperti memberi nama grup WhatsApp, atau cuma sekadar menjelaskan identitas kamu di pergaulan sekitarmu.

Beberapa kelompok sahabat ada yang sampai membuat pernak-pernik dari nama itu. Agak norak, tetapi kata itu nggak pernah berlaku dalam dunia persahabatan. Kamu boleh melakukan sesuatu senorak-noraknya, sebodoh-bodohnya dan kamu nggak akan pernah sendirian melakukan itu.

Mungkin sekarang kamu memiliki orang-orang yang kamu sebut sahabat namun belum memiliki satu nama untuk menjelaskan itu. Wajar saja, biasanya nama itu muncul tanpa rencana. Seperti persahabatan yang terbentuk begitu saja, tanpa didahului oleh rencana. Berikut ini ada beberapa tips dari Kamini untuk membuat nama grup persahabatan yang bagus.

10 Tips Membuat Nama Grup Persahabatan

1. Mengandung Harapan yang Baik

Mengandung Harapan yang Baik

* sumber: unsplash.com

Kamu pasti tahu aturan paling umum ketika memberi nama pada apapun, nama adalah doa. Jadi, carilah kata yang mengandung harapan yang baik. Nggak perlu terlalu serius seperti kamu menamai anak-anakmu. Ini beberapa contohnya.

Jaya Abadi, terdengar konyol seperti toko besi tetapi tentu saja baik dan benar.

Best Friends Forever, kalau kamu terlalu malas mencari nama lain.

Everlasting Club, sudah ada yang pakai tetapi siapa peduli?

Namanya boleh saja konyol, aneh, atau absurd. Namun, tetap mengandung harapan yang baik. Pasti kamu juga ingin persahabatan kamu dengan mereka menjadi sesuatu yang baik, jadi carilah nama yang baik untuk menjelaskan itu.

2. Kumpulan Inisial

Kumpulan Inisial

* sumber: unsplash.com

Ini baru bisa dipakai kalau kebetulan cocok. Kalau seandainya anggota grup persahabatan kamu inisialnya huruf vokal semua atau konsonan semua sebaiknya jangan. Agak susah dibaca nantinya.

Katakanlah Asti, Okky, dan Ema. Kalau nama grup dibuat dari inisial jadinya AOE. Kurang elok di lidah, di telinga, dan di mata. Atau Winda, Karim, Wawan, dan Kevin. Kalau diambil inisialnya jadi WKWK. Uhm, itu agak keren sih jadi mungkin bisa dipakai. Meskipun akan agak sulit kalau diucapkan.

3. Domisili

Domisili

* sumber: unsplash.com

Biasanya ini dipakai para perantau untuk menamai grup persahabatan mereka. Karena isinya adalah sesama perantau yang berasal dari daerah yang sama. Umumnya nama kota yang kemudian dimodifikasi supaya terdengar lebih catchy.

Contohnya, grup persahabatan orang yang berasal dari Garut dan merantau di Bandung menamai grup mereka dengan ‘Garuters’. Atau kalau orang-orang kelahiran Jakarta bersahabat karena sama-sama sedang merantau di luar Jawa menamai persahabatan mereka dengan ‘Baby Jakarta’. Orang-orang akan mendadak kreatif untuk masalah ini.

4. Asal Mula

Asal Mula

* sumber: unsplash.com

Kalau sebelumnya karena domisili, ini karena asal mula persahabatan itu terbentuk. Misalnya, kamu bertemu dengan mereka ketika ospek. Lalu kalian menjadi dekat sampai akhirnya bersahabat. Kemungkinan besar nama grup persahabatan kamu mengandung kata ospek, seperti ‘ospek army.’

Ada banyak persahabatan lahir karena momen yang seperti itu. Mungkin kamu sendiri nggak nyadar bisa bersahabat dengan mereka. Namun, kemudian kamu berterima kasih karena dipertemukan dengan mereka. Wajar kalau kamu merayakan itu dengan menyertakan nama momen itu untuk sekadar mengenang dari mana persahabatan itu berawal.

5. Kebiasaan

Kebiasaan

* sumber: unsplash.com

Persahabatan juga bisa terbentuk karena kebiasaan. Ada banyak orang yang bersahabat karena biasa berolahraga bersama. Lari pagi, nge-gym, main basket. Biasanya nama grupnya juga nggak ada yang jauh dari itu.

Satu nama yang lumayan terkenal di jagat Twitter adalah Basket Om-Om. Pria-pria dewasa yang biasa main basket bersama. Atau kamu mungkin pernah dengar emak-emak blogger? Satu grup ibu-ibu sama-sama suka ngeblog. Akhirnya mereka saling kenal melalui blog masing-masing.

6. Dari Kelakuan

Dari Kelakuan

* sumber: unsplash.com

Di kampus manapun kamu kuliah, di sekitar kamu pasti ada yang disebut geng ricuh. Sekelompok orang yang bersahabat dan semuanya tukang bikin ricuh. Nama grup itu cukup menjelaskan kelakuan mereka. Dan orang-orang di sekitar pun mengakui itu.

Contoh lain yang kemungkinan besar ada di semua sekolah atau kampus, geng kutu buku. Nggak serta merta namanya begitu tetapi pasti nggak akan jauh dari kata buku. Mereka punya perilaku yang sama yakni gemar membaca. Itu yang kemudian membuat mereka dekat sampai menjadi grup persahabatan.

7. Warna

Warna

* sumber: unsplash.com

Di sebuah kota ada satu grup persahabatan yang diberi nama ‘Pinkerz.’ Anggota grup itu menyukai warna pink dan mereka dipertemukan karena warna itu. Mereka punya motor atau mobil yang berwarna pink kemudian nongkrong bareng sampai akhirnya bersahabat. Lalu dipilihlah nama itu karena itulah faktor utama yang menyatukan mereka.

Nama lain yang memakai warna juga ada. Seperti grup persahabatan orang-orang yang punya mobil warna hitam, atau putih. Mungkin di kota tempat tinggalmu juga ada yang seperti itu. Atau bisa juga warna dipakai karena makna filosofisnya seperti, Blue Beach Club karena kamu dan sahabatmu suka berlibur ke pantai.

8. Tempat Bertemu

Tempat Bertemu

* sumber: unsplash.com

Jaman sekolah setiap kelas pasti punya nama, kan? Itu salah satu contoh nama grup persahabatan yang diambil dari tempat pertemuan. Mereka dipertemukan di kelas yang sama lalu dekat sampai bersahabat. Biasanya sampai membuat jaket atau kaus yang seragam memakai nama itu.

Nama grup persahabatan teman sekelasmu jaman SMA apa? Boleh tulis di kolom komentar ya. Selalu menarik membahas kisah-kisah persahabatan masa sekolah. Apalagi kalau buat yang sudah lama lulus sekolah.

9. Celetukan Orang

Celetukan Orang

* sumber: unsplash.com

Seperti yang sudah diketahui, persahabatan bukan sesuatu yang direncanakan. Seringkali terbentuk begitu saja bahkan tanpa kita sadari. Banyak banget grup persahabatan yang diberi nama dari celetukan orang.

Itu artinya orang lain sudah sadar kalau kalian bersahabat. Nama-nama sederhana semisal ‘anime lovers’ karena orang di sekitar sering melihat kalian membahas anime. Mungkin kalian juga baru menyadari persahabatan itu setelah ada orang yang menyadarkan melalui celetukan.

10. Tempat Nongkrong

Tempat Nongkrong

* sumber: unsplash.com

Waktu SMA kamu suka nongkrong di mana? Grup persahabatan kalian kemungkinan besar diambil dari nama tempat itu. Karena di sanalah kalian sering menghabiskan waktu bersama-sama sampai tempat itu sudah seperti identitas sendiri untuk kalian.

Ada grup persahabatan yang diberi nama ‘anak-anak mami’ karena sering nongkrong di warung, dan yang punya biasa dipanggil mami. Mungkin, ada ribuan grup persahabatan yang dinamai seperti ini karena memang sangat umum. Warung yang sering dipakai nongkrong yang punya pasti dipanggil mami.

Selain membuat nama grup persahabatan, hal yang paling penting untuk menjaga persahabatan antara dirimu dan sahabatmu adalah berusaha menjadi teman yang baik untuk mereka. Kunjungi artikel cara menjadi teman yang baik ini agar kamu memiliki persahabatan yang lebih awet.

Kamu sudah punya nama untuk grup persahabatan kamu yang sekarang? Mungkin kamu punya beberapa grup persahabatan dan itu wajar-wajar saja. Kalau ada grup yang belum sempat kamu beri nama, beberapa referensi di atas mungkin bisa membantu. Oh ya, kamu juga boleh membagikan nama grup persahabatan kamu di kolom komentar! Siapa tahu itu akan menambah referensi untuk yang membaca.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar