10 Tips Self Healing Agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 20 November 2021

Sebagai seorang manusia, tentu saja kita semua pernah merasa sedih, bosan, cemas, atau bahkan mengalami gangguan mental yang tak wajar. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh trauma atau bahkan luka batin yang berlebihan. Tentu saja, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan serta aktivitas sehari-hari jika tak segera ditangani.

Maka dari itu, ketika kita merasa telah mengalami beberapa gejala gangguan mental, kita perlu sadar dan peduli serta segera melakukan pengobatan. Salah satu cara untuk menyembuhkan luka batin yang dapat membuat gangguan mental adalah dengan cara self healing. Kegiatan ini sendiri dapat diartikan sebagai proses penyembuhan luka batin yang disebabkan oleh berbagai hal.

Meski self healing ini sangat penting dilakukan, akan tetapi masih banyak orang yang kurang aware dan menyepelekan. Self healing dapat membuat diri kita lebih tenang, kuat, tegar, dan bahagia. Maka dari itu, yuk ciptakan self healing yang sukses dengan beberapa tips di bawah ini! Simak baik-baik, ya!

1. Berhenti Meratapi Kesedihan

self-healing-1_

Rasa trauma yang terjadi di masa lalu acap kali membuat kamu merasa sedih secara terus menerus. Padahal, perasaan sedih yang berlebih dapat mempengaruhi kesehatan serta dapat menghambat berbagai kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, cobalah untuk berhenti meratapi kenangan yang dapat membuatmu terus merasa down.

Jadikanlah setiap kenangan di masa lalu sebagai pelajaran dan dorongan untuk menjadi diri yang lebih kuat dan tegar. Alihkanlah pandangan masa lalumu ke masa depan, agar kamu bisa lebih fokus mengejar mimpimu. Jangan sampai kesedihan dan rasa trauma terus menghantui dan menghancurkan masa depan. Yuk berhenti meratapi kesedihan!

2. Berbagi Cerita Dengan Orang Terpercaya

self-healing-2_

Ketika kamu memiliki segudang masalah yang dirasa terlalu berat untuk dijalani, cobalah untuk curhat kepada orang lain. Tentu saja, tak sembarang orang bisa dijadikan tempat berkeluh kesah. Pastikan kamu mencurahkan perasaanmu kepada orang yang tepat dan terpercaya entah itu sahabat ataupun keluarga.

Memendam segalanya seorang diri akan memperburuk keadaan. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan untuk mencurahkan perasaan. Dengan bercerita, kamu akan merasa lebih lega karena kamu telah meluapkan perasaan tersebut dengan cara yang benar. Bercerita juga dapat membuat perasaan lebih tenang sehingga kamu dapat terhindar dari stres berlebihan.

Bercerita kepada orang yang tepat biasanya akan memberikanmu semangat baru melalui solusi-solusi yang diberikan. Tentu saja, timbal balik tersebut dapat menjadi motivasi untuk kamu agar lebih kuat dan tak larut pada masalah.

3. Lakukan "Me Time"

self-healing-3_

Salah satu tips terbaik agar self healing-mu dapat sukses adalah melakukan me time. Kesibukanmu akan pekerjaan biasanya membuat pikiran penat dan jenuh. Untuk itu, kamu perlu memberi ruang khusus untuk dirimu sendiri. Lakukanlah me time dengan  hal-hal positif yang dapat membuatmu merasa senang dan bahagia.

Kamu bisa melakukan hobi yang seru dan menyenangkan seperti misalnya membaca, menonton, menulis, atau mendengarkan musik. Me time dapat membuat dirimu merasa lebih rileks dan tenang juga mampu membantumu mendapatkan energi baru. Meski penting untuk dilakukan, akan tetapi jangan sampai kamu berlebihan dalam melakukannya, ya.

4. Pilih Pergaulan Yang Baik

self-healing-4_

Teman memang penting untuk kita miliki. Karena bagaimanapun, terkadang teman menjadi penolong ketika kita tengah dilanda kesulitan. Meski demikian, tak semua teman selalu baik untukmu. Maka dari itu, kamu perlu menyeleksi orang-orang yang berhak atau tidak masuk ke dalam lingkaran pertemananmu.

Pilihlah teman yang mampu memberikan energi positif untukmu, yang selalu memberikan semangat, motivasi, dan juga solusi ketika kamu tengah ditimpa masalah. Pertemanan yang baik tentu saja berperan penting terhadap proses self healing. Jangan sampai kamu mempertahankan orang yang selalu membuatmu merasa down dan tak layak menjadi teman.

5. Kenali Diri Sendiri

self-healing-5_

Self healing adalah momentum yang tepat untuk kamu mengenal lebih jauh dirimu sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, kamu akan tahu kekurangan serta kelebihan yang kamu miliki juga dapat menumbuhkan rasa syukur dan bahagia pada diri sendiri. Mengenal diri sendiri juga dapat memperbaiki segala kesalahan yang pernah kamu perbuat.

Cobalah untuk selalu jujur pada dirimu sendiri agar kamu dapat bebas dan bahagia menjadi diri kamu yang apa adanya. Mengenali diri sendiri sangat penting untuk kamu lakukan. Hal ini karena proses self healing tak akan berhasil jika kamu tak kenal dengan diri sendiri. Untuk itu yuk kenali diri sendiri, mencoba jujur, dan jangan lupa untuk selalu berikan apresiasi.

6. Berikan Sugesti Yang Baik Pada Diri Sendiri

self-healing-6_

Sugesti juga sangat mempengaruhi keberhasilan kamu dalam proses self healing atau penyembuhan luka batin. Maka dari itu, kita semua perlu memberikan sugesti baik pada diri sendiri. Sugesti yang negatif, tentu akan memberikan dampak yang negatif pula pada diri sendiri seperti munculnya keraguan dan perasaan bimbang.


Mulai sekarang, hentikan sugesti negatif yang bersarang di pikiran, kemudian ubah menjadi sugesti yang positif. Berikan semangat untuk diri sendiri dengan kata-kata yang baik. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa dan kuat dalam menjalani permasalahan. Dengan sugesti yang baik, itu artinya kamu sudah selangkah lebih maju mencapai keberhasilan self healing.

7. Istirahat Yang Cukup

self-healing-7_

Istirahat adalah bagian dari self healing yang tak boleh kamu sepelekan. Tekanan batin yang terjadi secara terus-menerus bukan hanya mempengaruhi kondisi mental saja, akan tetapi juga fisik. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu memiliki waktu istirahat yang cukup guna memperbaiki kesehatan mental dan fisikmu.

Pastikan kamu sudah memiliki jam tidur yang cukup yakni 7-9 jam setiap harinya. Selain tidur, kamu juga bisa beristirahat dengan duduk bersantai atau sekedar rebahan. Istirahat yang cukup akan membuat suasana hati lebih tenang dan tubuh akan terasa lebih fit. Tentu saja hal tersebut berdampak besar terhadap kesuksesan self healing yang kamu lakukan.

8. Jangan Menyerah Terhadap Mimpimu

self-healing-8_

Semua orang tentu saja memiliki mimpi. Tak ada salahnya, kok memiliki mimpi yang besar, asalkan kamu mau berusaha untuk mendapatkannya. Akan tetapi, sayangnya banyak di antara kita yang menyerah sebelum mimpi tersebut tercapai. Banyak orang merasa gagal, kecewa, bahkan hingga depresi karena mimpi tak kunjung tercapai.

Mental yang mudah merasa gagal perlu kita perbaiki. Cobalah untuk memberikan motivasi lebih pada diri sendiri untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha mengejar mimpi. Jadikan moment self healing ini menjadi momentum yang tepat untuk bangkit kembali. Jangan lupakan self acceptance agar kamu bisa lebih legowo dalam menerima keadaan.

9. Lakukan Perawatan Diri

self-healing-9_

Tips self healing yang selanjutnya adalah melakukan perawatan diri. Melakukan perawatan pada diri sendiri sangat penting dilakukan untuk menyembuhkan luka batin yang tak terlihat. Melakukan perawatan diri ini bisa kamu mulai dengan cara menetapkan batasan pada diri sendiri.

Lakukan apapun sesuai dengan kemampuan. Jangan pernah membohongi diri sendiri dengan mengiyakan segala sesuatu di luar kemampuanmu karena itu dapat menjadi beban tersendiri. Bukan hanya perawatan diri secara mental, kamu juga bisa melakukan perawatan diri dengan cara massage untuk mendapatkan kondisi yang lebih rileks.

10. Cari Bantuan Profesional

self-healing-10_

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah mencari bantuan profesional. Ketika kamu merasa terlalu lelah dan tak sanggup menyelesaikan berbagai persoalan seorang diri, maka bantuan profesional adalah solusi yang tepat. Jangan pernah merasa ragu untuk mencari bantuan profesional, karena mereka dapat membantu kamu keluar dari masalah-masalah yang ada.

Tenaga profesional tentu saja sudah terlatih dan berpengalaman sehingga tahu cara memperlakukan seseorang dengan baik. Mereka tak akan menghakimi, malah justru akan memberikan solusi yang kamu butuhkan. Dengan ini, tentu saja pelan-pelan kamu akan terlepas dari luka batin dan trauma-trauma yang selalu mengganggu pikiran.

Itulah sederet tips self healing yang perlu kamu lakukan agar dapat berjalan sukses dan berhasil menciptakan ketenangan pada dirimu. Semoga saja dengan self healing kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bersemangat lagi. Yuk lebih peduli lagi terhadap kesehatan mental-mu dengan aware terhadap self healing.

Kamu juga bisa membaca tips mengatasi overthinking dan menghilangkan stress di Kamini.id. Kalau kamu punya tips lainnya soal self-healing, kasih komentar di kolom di bawah ini ya! Biar pembaca lain bisa terbantu dengan tips kamu juga.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram