kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / 10 Ucapan Belasungkawa dalam Islam yang Penuh Harapan Baik

10 Ucapan Belasungkawa dalam Islam yang Penuh Harapan Baik

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 18 Maret 2021

Kematian adalah salah satu hal yang pasti dialami oleh setiap makhluk hidup. Menghilangkan kesedihan akibat ditinggal pergi oleh orang-orang yang dicintai memang bukan hal yang mudah. Sebagai sesama manusia hendaklah kita saling menghormati dan menunjukkan kepedulian pada keluarga yang baru saja kehilangan dengan ucapan belasungkawa yang baik. 

Selain diharapkan bisa mengurangi kesedihan bagi keluarga, ucapan yang baik juga bisa menjadi doa yang baik bagi orang yang meninggal maupun keluarga. Nah, untuk itu Kamini akan mengulas beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam Islam yang penuh dengan harapan. Seperti apa itu? Berikut adalah ulasannya: 

1. Semua yang Terjadi Atas Kehendak Allah SWT

ucapan belasungkawa dalam islam_Semua yang Terjadi Atas Kehendak Allah SWT

Ucapan belasungkawa yang pertama bisa kamu ucapkan untuk karib kerabat yang meninggal adalah sebagai berikut:

"Innalillahi wainailaihi roji’un. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Segala yang telah terjadi merupakan kehendak Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan segala kebaikan atas musibah dan cobaan yang telah terjadi." 

Nah, ucapan belasungkawa di atas memiliki harapan yang baik serta doa bagi orang yang meninggal maupun keluarga yang ditinggalkan. Selain itu kalimat di atas juga dapat mengingatkan kita bahwa setiap apa yang terjadi merupakan guratan takdir yang sudah Allah SWT tentukan. 

2. Setiap Musibah dan Cobaan Pasti Ada Hikmah

ucapan belasungkawa dalam islam_Setiap Musibah dan Cobaan Pasti Ada Hikmah

Ucapan belasungkawa selanjutnya yang cukup bermakna serta bertujuan agar keluarga yang ditinggalkan merasa tenang adalah sebagai berikut:

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Turut berdukacita atas musibah dan cobaan yang telah terjadi kepada keluarga. Setiap musibah dan cobaan yang datang dari Allah SWT pasti ada hikmahnya. Semoga Allah SWT senantiasa memberi ketabahan serta menjauhkan kesedihan yang berkepanjangan bagi keluarga."

Kehilangan seseorang yang kita sayang memang hal yang berat. Meskipun demikian apa yang terjadi pasti memiliki hikmah yang besar dibalik itu semua. Nah, ucapan belasungkawa di atas bisa mengingatkan kita tentang hikmah suatu kejadian serta tidak meratapi kematian secara berlebihan. 

3. Semoga Keluarga Diberi Kesabaran dan Keikhlasan 

Kehilangan orang yang kita sayangi adalah hal yang berat. Beberapa orang bahkan sanggup melakukan tindakan buruk karena tidak bisa merelakan kepergian orang tersayangnya. Nah, ucapan di bawah ini bisa menjadi ucapan belasungkawa yang tepat bagi keluarga yang ditinggalkan.

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Turut berdukacita atas kepergian keluarga yang sangat dicintai. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keikhlasan serta kekuatan oleh Allah SWT."  

Kalimat di atas merupakan ucapan belasungkawa yang sering digunakan oleh masyarakat ketika orang-orang yang ada di sekitarnya tertimpa musibah kematian. Meskipun kalimatnya terdengar sederhana, namun hal itu cukup bermakna baik bagi keluarga. Mengingat sabar dan ikhlas merupakan sesuatu yang cukup berat bagi sebagian besar orang.

4. Tiada Tempat yang Lebih Baik Selain Di Sisi Allah SWT

ucapan belasungkawa dalam islam_Tiada Tempat yang Lebih Baik Selain Di Sisi Allah SWT

Kematian memang dianggap hal yang menyedihkan oleh sebagian orang. Padahal hal tersebut bisa jadi jalan terbaik yang Allah SWT berikan pada makhluknya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk berprasangka baik pada Allah SWT. Nah, ucapan belasungkawa di bawah bisa mewakili hal tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Segala sesuatu adalah milik Allah SWT dan kepada-Nya kita akan kembali. Tiada tempat yang lebih baik selain di sisi sang pencipta. Semoga almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya."

Meski sebagian orang berpikir kematian adalah sesuatu yang menakutkan, namun bagi mereka yang beriman kepada Allah SWT, hal tersebut tentu menjadi saat-saat yang dinantikan. Nah, ucapan di atas bisa mengingatkan kita bahwa setiap makhluk akan kembali menghadap sang pencipta dan tempat yang terbaik kelak tentu berada di sisi-Nya. 

5. Semoga Keluarga yang Ditinggalkan Diberi Kekuatan Serta Kesehatan 

ucapan belasungkawa dalam islam_Semoga Keluarga yang Ditinggalkan Diberi Kekuatan Serta Kesehatan

Keluarga adalah orang yang akan sangat terpukul akibat kematian salah satu anggotanya. Rasa sayang yang sangat besar terkadang membuat mereka lemah bahkan cenderung mengabaikan kesehatan dirinya. Nah, ucapan di bawah bisa menjadi dukungan moril bagi anggota keluarga yang ditinggalkan.

"Innalillahi wainailaihi roji’un. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas musibah dan cobaan yang menimpa keluarga. Semoga Allah SWT menerima iman Islam almarhum serta memberikan kekuatan dan kesehatan bagi keluarga yang ditinggalkan."

Kalimat di atas juga bisa sering digunakan oleh masyarakat, khusus pemeluk agama Islam sebagai bentuk empati pada saudaranya yang telah meninggal. Selain berisi dukungan moral, di dalam berisi harapan dan doa baik itu untuk orang yang meninggal maupun yang ditinggalkan. 

6. Turut Berdukacita Serta Memohon Maaf Atas Segala Kekhilafan 

ucapan belasungkawa dalam islam_Turut Berdukacita Serta Memohon Maaf Atas Segala Kekhilafan

Kalimat selanjutnya yang bisa digunakan untuk menunjukkan belasungkawa pada keluarga yang tertimpa musibah kematian adalah sebagai berikut:

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum. Sesungguhnya Allah SWT adalah sebaik-baiknya pembuat rencana. Semoga Allah SWT mencurahkan Rahmat dan kasih sayangnya pada almarhum. Saya mewakili keluarga memohon maaf atas kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja."

Sebagai manusia kita pasti sering melakukan banyak kekhilafan yang mungkin tidak disadari sebelumnya. Sebagai anggota keluarga sedikit banyak pasti mengetahui hubungan sosial almarhum. Nah, untuk membebaskan kekhilafan semasa almarhum hidup, maka ucapan belasungkawa di atas bisa menjadi contoh yang tepat. 

7. Semoga Allah SWT Mengampuni Dosa Almarhum

ucapan belasungkawa dalam islam_Semoga Allah SWT Mengampuni Dosa Almarhum

Mendoakan orang yang meninggal adalah sebuah kebaikan. Hal itu tentu yang selalu diharapkan oleh kita sebagai manusia. Nah, ucapan belasungkawa selanjutnya juga sering kali digunakan oleh masyarakat. 

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Hidup, mati, dan jodoh manusia adalah rahasia Allah SWT. Sebagai manusia kita hanya bisa berharap dan berdoa. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa beliau serta menerima iman serta amal baik beliau selama hidup di dunia."

Segala sesuatu telah Allah SWT tentukan. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Nah, ucapan di atas juga bisa kamu gunakan sebagai bentuk nasihat atau pengingat baik itu untuk diri sendiri maupun bagi keluarga yang ditinggalkan untuk selalu berbuat baik. 

8. Semoga Kita Dipertemukan Kelak di Surga-Nya

ucapan belasungkawa dalam islam_Semoga Kita Dipertemukan Kelak di Surga-Nya

Kalimat selanjutnya yang sering digunakan umat Islam untuk menyampaikan rasa empatinya pada keluarga yang ditinggalkan adalah sebagai berikut: 

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Turut berbelasungkawa atas kepergian beliau ke hadapan Allah SWT. Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat dan ampunan kepada almarhum, serta mempertemukan kita kelak di Surga-Nya, Aamiin."

Doa yang baik merupakan sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap orang. Sebagai sesama muslim yang mempercayai adanya surga dan neraka sudah selayaknya kita saling mendoakan dan mengingatkan tentang kematian.

9. Semoga Mendapatkan Keridhoan Allah SWT

ucapan belasungkawa dalam islam_Semoga Mendapatkan Keridhoan Allah SWT

Nah, kalimat selanjutnya yang memiliki harapan dan doa terbaik baik orang yang sudah meninggal adalah sebagai berikut:

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Sesungguhnya Allah SWT mengetahui yang terbaik bagi makhluknya. Kami sekeluarga turut berdukacita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah SWT memudahkan kehidupan beliau di akhirat serta mendapatkan keridhoan-Nya.

Sebagai seorang muslim, harapan tertinggi yang diinginkan oleh setiap manusia adalah mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Jika Allah SWT sudah ridho, maka beruntunglah hidup mereka kelak di akhirat. Nah, ucapan belasungkawa di atas bisa menjadi contoh yang baik untuk selalu mengingatkan dalam hal kebaikan. 

10. Semoga Allah SWT Melapangkan Kubur Almarhum

ucapan belasungkawa dalam islam_Semoga Allah SWT Melapangkan Kubur Almarhum

Kalimat berikutnya yang sering digunakan oleh umat muslim ketika saudaranya menghadapi musibah kematian adalah sebagai berikut:

"Innalillahi wainnailaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berbelasungkawa atas musibah serta ujian yang telah menimpa keluarga. Semoga Allah SWT mengampuni segala kekhilafan beliau selama di dunia serta melapangkan kubur almarhum.”

Sebagai umat muslim kita memang mempercayai adanya siksa kubur. Nah, kalimat di atas bisa digunakan oleh kamu sebagai pengingat untuk tetap berbuat baik selama di dunia agar terhindar dari siksa kubur yang menyakitkan serta mendapatkan kelapangan kubur.

Nah, itulah 10 Ucapan belasungkawa dalam Islam yang penuh harapan. Kematian adalah pintu gerbang menuju kehidupan abadi. Semoga contoh ucapan duka cinta yang telah Bacaterus bahas di atas bisa membantu kamu dalam memilih ucapan belasungkawa.  

Selain ucapan belasungkawa dalam Islam, Kamini juga punya list ucapan turut berbelasungkawa untuk umat kristiani.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram