kamini.id

10 Alasan Pria Takut Menjalin Hubungan Serius dengan Wanita

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 15 Juli 2021

Sama seperti wanita, pria juga kadang menunjukkan perilaku yang unik bila terkait dengan hubungan asmara. Sebagian pria memiliki keberanian yang cukup besar untuk berkomitmen. Namun, diantara mereka terdapat pula pria yang diketahui takut menjalin hubungan serius dengan wanita. Alasan mereka bersikap demikian pun cukup beragam. 

Supaya kamu mengetahui tentang hal tersebut, maka Kamini akan membahasnya melalui artikel di bawah. Apa sebenarnya yang membuat seorang pria takut untuk menjalin hubungan yang serius dengan wanita? Berikut adalah penjelasannya.

1. Takut Membuat Pasangan Kecewa

Alasan pertama seorang pria takut menjalin sebuah hubungan dengan wanita adalah karena memiliki ketakutan untuk membuat pasangan kecewa. Biasanya itu terjadi karena ada sesuatu hal yang mereka sembunyikan atau yang mereka tutupi dari pasangan. Ketakutan itulah yang membuat mereka ragu untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengan seorang wanita. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pasangan untuk bisa saling terbuka dan mengerti satu sama lain. Hal itu untuk mencegah kesalahpahaman di masa depan. Seperti kita ketahui, banyak hubungan yang akhirnya harus kandas karena pasangan tidak terlalu terbuka pada awal menjalin hubungan. 

2. Memiliki Perasaan Minder

Banyak hal yang membuat seorang pria takut untuk menjalin hubungan dengan wanita. Salah satunya karena memiliki perasaan minder pada pasangan. Alasan seseorang memiliki perasaan minder pun cukup beragam. Beberapa diantaranya bisa karena status sosial, pendidikan, pekerjaan, bahkan mungkin karena usia dan penampilan. 

Ketika mereka melihat terdapat adanya perbedaan yang begitu besar dan berpotensi menjadi masalah bagi hubungan mereka ke depannya, seorang pria akan cenderung menarik diri secara perlahan. Biasanya tipikal pria seperti ini akan mencari wanita yang bisa menerima kondisi mereka apa adanya sebagai pasangan. 

3. Belum Siap Memikul Tanggung Jawab

alasan pria takut menjalin hubungan_Belum Siap Memikul Tanggung JawabSumber: unsplash.com

Seorang pria memang lebih mudah menyatakan cinta pada pasangan, akan tetapi perlu waktu yang cukup panjang untuk bisa ke jenjang yang lebih serius. Hal itu bisa jadi karena mereka belum siap untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar terhadap pasangan. Sikap mereka tersebut memang bisa terjadi karena beberapa alasan. 

Pada umumnya, faktor ekonomi dan kesiapan mental menjadi alasan utama yang melatarbelakangi hal tersebut. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut biasanya dengan mengikuti sesi konseling atau banyak berdiskusi dengan orang-orang yang telah berpengalaman dalam hal tersebut. 

4. Ragu dengan Pasangan

alasan pria takut menjalin hubungan_Ragu dengan Pasangan

Seorang pria juga bisa takut menjalin hubungan serius dengan wanita karena mereka memiliki keraguan pada pasangan. Perasaan ragu tersebut muncul biasanya karena seringnya terjadi perselisihan yang menguras emosi keduanya. Perselisihan sendiri biasanya terjadi karena beberapa penyebab. 

Masalah yang sering terjadi dan terkadang berdampak serius bagi hubungan diantaranya adalah perasaan cemburu atau karena sifat posesif yang dimiliki pasangan. Hal inilah yang terkadang membuat seorang pria harus berpikir dua kali ketika harus menjalin hubungan ke tingkat yang lebih serius dengan wanita yang dicintainya. 

5. Memiliki Ketakutan pada Apa yang Keluarga Pasangan Pikirkan

alasan pria takut menjalin hubungan_Memiliki Ketakutan Dengan Apa yang Keluarga Pasangan Pikirkan

Keluarga sedikit banyak terlibat dalam menentukan hubungan asmara anak-anaknya. Meskipun sebagian besar orang tua menyerahkan keputusan pada anaknya, tetapi tidak sedikit anak yang harus mengikuti jalan pikiran keluarga, terutama kedua orang tua. Hal ini pula yang bisa menjadi penyebab seorang pria takut untuk menjalin hubungan serius dengan wanita. 

Sebagai orang tua, memang hal yang sangat wajar bila mereka menginginkan pasangan yang terbaik untuk anaknya. Namun, bila hal tersebut terlalu dipaksakan hanya akan menimbulkan perselisihan yang mungkin berdampak pada hubungan yang dijalin sang anak. 

6. Memiliki Trauma Masa Lalu

alasan pria takut menjalin hubungan_Memiliki Trauma Masa Lalu

Alasan lain yang menyebabkan seorang pria takut untuk menjalin hubungan dengan seorang wanita adalah karena trauma masa lalu yang mereka rasakan. Perasaan kehilangan yang begitu besar memang dapat menimbulkan luka dan duka yang cukup dalam bagi sebagian orang, termasuk pria. 

Beberapa orang bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menerima keadaan dan menyembuhkan luka batin yang mereka rasakan. Sama seperti wanita, pria juga terkadang menyimpan trauma masa lalu akibat hubungan asmara yang kandas.

7. Keadaan Ekonomi yang Buruk

alasan pria takut menjalin hubungan_Keadaan Ekonomi yang Buruk

Memiliki pasangan yang mapan adalah impian setiap wanita. Meski di dunia ini terdapat banyak wanita yang bisa menerima seorang pria dengan apa adanya, tetapi persentasenya sendiri sangat kecil. Hampir sebagian besar wanita kerap menjadikan sosok pria mapan sebagai sosok ideal untuk dijadikan sebagai pasangan. 

Hal ini tentu menjadi tamparan yang menyakitkan, terutama bagi mereka yang memiliki tingkat ekonomi rendah. Masalah ekonomi sendiri kerap menjadi salah satu penyebab utama seringnya terjadi keributan di dalam rumah tangga. Jadi, jangan heran bila kemudian hal ini menjadi salah satu alasan bagi pria untuk menghentikan langkah mereka ke jenjang yang lebih serius. 

8. Tuntutan Kedua Belah Pihak Keluarga yang Besar

alasan pria takut menjalin hubungan_Tuntutan Kedua Belah Pihak Keluarga yang Besar

Salah satu alasan lain yang menjadi penyebab seorang pria takut untuk berkomitmen atau menjalin hubungan serius dengan pasangannya adalah karena adanya tuntutan yang besar dari pihak keluarga, baik itu dari pihak wanita maupun dari pihak keluarganya sendiri. Intervensi keluarga memang bisa mempengaruhi keberlangsungan hubungan. 

Jangan heran bila kita sering kali melihat sepasang kekasih harus berpisah karena ego kedua belah pihak keluarga yang terlalu besar. Nah, daripada harus mengalami kegagalan di masa depan, beberapa pria memang lebih suka memilih untuk mundur dan menunggu kehadiran sosok yang tepat untuk dijadikan pasangan. 

9. Kurang Mandiri

alasan pria takut menjalin hubungan_Kurang Mandiri

Wanita diketahui sangat menyukai pria yang mandiri. Namun, bagaimana jika kemudian pasangan mereka tidak memiliki sifat tersebut? Hal ini tentu bisa menjadi persoalan yang serius, terlebih ketika mereka telah maju ke jenjang yang lebih serius. Seorang pria juga terkadang memiliki perasaan takut tidak bisa mengayomi keluarga sesuai dengan kewajibannya sebagai seorang suami. 

Hal itu bisa jadi karena mereka sendiri menyadari bahwa mereka kurang mandiri dalam berbagai hal dan masih suka bergantung pada orang lain, yang dalam hal ini tentu keluarga yang menjadi andalannya.  

10. Takut Kehilangan Kebebasan

Pecinta Kebebasan

Hal terakhir yang membuat seorang pria takut untuk menjalin hubungan serius dengan wanita adalah karena memiliki ketakutan akan kehilangan kebebasan yang selama ini dimilikinya. Seperti kita ketahui, ketika seseorang memutuskan untuk menjalin hubungan serius, itu artinya mereka harus siap dengan berbagai perubahan. 

Selain tanggung jawab yang semakin besar, kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan akan perlahan berubah. Hal lain yang tidak kalah penting adalah ruang gerak yang mungkin tidak sebebas seperti saat sendiri. 

Jika sebelumnya berkumpul dengan teman-teman menjadi salah kegiatan yang paling disukai, hal tersebut akan berubah ketika menikah. Perubahan itulah yang terkadang menjadi salah satu pertimbangan bagi pria sebelum melangkah ke jenjang lebih serius. 

Demikianlah 10 Alasan pria takut menjalin hubungan serius dengan wanita yang telah Kamini rangkum. Menjalin hubungan serius memang memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Hal itu sangat diperlukan untuk mencegah kegagalan di tengah jalan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membuat kamu lebih memahami kondisi pasangan. Jika ada saran dan kritik, tulis di kolom komentar, ya! 

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram