10 Tips Atasi Minder dalam Pergaulan agar Lebih Percaya Diri

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 Juni 2021

Tidak percaya diri atau minder disebabkan oleh banyak faktor. Satu yang pasti adalah ia dapat menjadi penghambat bagi siapa pun untuk berkembang. Jika dibiarkan, minder tentu hanya akan merugikan. Kamu bisa kehilangan beberapa kesempatan berharga hanya karena tidak percaya diri mampu melakukannya. Imbas dari itu adalah keadaan tidak semakin baik justru bertambah buruk.

Minder menjadi masalah bagi banyak orang. Menyadari bahwa itu bukan hal menguntungkan adalah langkah pertama untuk keluar dari masalah ini.

Namun, langkah pertama tersebut biasanya langsung terhenti karena kamu kembali tidak percaya diri. Padahal tips atasi minder dalam pergaulan bisa dilakukan mulai dari hal-hal sederhana. Apa saja tipsnya? Berikut Kamini rangkum informasinya untukmu!

1. Jauhi Lingkungan yang Negatif

tips atasi minder dalam pergaulan_Jauhi Lingkungan yang Negatif

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa tidak percaya diri adalah mulai jauhi lingkungan negatif yang berdampak memperparah rasa minder. Setuju atau tidak, lingkungan bisa memengaruhi kepribadian seseorang, terlepas dari sifat asli orang itu sendiri.

Rasa minder bisa muncul karena beberapa faktor, satu di antaranya adalah berada di lingkungan yang salah, yang lebih banyak menyepelekan dan menyalahkan daripada mengapresiasi.

Memberikan kritik membangun dan menegur bila salah, memang dibutuhkan seseorang agar bisa mengevaluasi diri dan memperbaiki kesalahan. Namun, jika kritik terus diberikan, apalagi di depan banyak orang, tentu bisa membuat rasa percaya diri terganggu. Belum lagi cara penyampaian kritik yang terkesan menyepelekan dan menyalahkan, bisa menghancurkan semangat dan kepercayaan diri.

Hal ini diperparah dengan minimnya apresiasi atau pujian, sehingga kamu semakin terpuruk bersama pikiran-pikiran negatif. Akibatnya, kamu mulai tidak yakin dengan diri sendiri dan mulai merasa tidak layak atau tidak cukup baik melakukan apa pun. Jika sudah merasa demikian, segera keluar dari lingkungan tersebut. 

2. Berpikir Positif Terhadap Diri Sendiri

tips atasi minder dalam pergaulan_Berpikir Positif Terhadap Diri Sendiri

Tips atasi minder dalam pergaulan selanjutnya adalah mulai berpikir positif, setidaknya terhadap diri sendiri. Trauma karena pernah berada di lingkungan negatif yang mengikis habis rasa percaya diri akan terbawa hingga kapan pun, kecuali kamu mulai berpikir positif terhadap diri sendiri.

Cara berpikir positif terhadap diri sendiri bisa dimulai dengan mengingat-ingat sekecil apa pun pencapaian atau prestasi yang pernah kamu dapat. Jika merasa belum memiliki prestasi apa pun, tolong ingat bahwa pencapaian tidak melulu soal hal-hal yang besar.

Kamu pasti pernah dan bisa melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan dan memuaskan, bukan? Misalnya pernah mengganti lampu atau membetulkan alat elektronik yang rusak sendiri, bisa mengangkat galon sendiri, bisa menggambar alis yang simetris setelah sekian lama belajar, bisa menghemat uang belanja, bisa mengurangi makanan tidak sehat, dan lain-lain. 

Mengingat pencapaian-pencapaian kecil tersebut bisa memberikan dampak besar bagimu. Perilaku merendahkan dari orang lain yang kamu terima bisa dihalau dalam pikiran menggunakan hal-hal sederhana itu. Rasakan dan setuju bahwa kamu tidak seburuk yang orang lain pikirkan. Dari sana, terus pupuk pikiran positif untuk diri sendiri.

3. Kenali Diri Sendiri

tips atasi minder dalam pergaulan_Kenali Diri Sendiri

Kritik-kritik yang diberikan padamu, baik yang membangun atau menjatuhkan, sejatinya bisa digunakan untuk menambah kemampuan mengenali diri sendiri.

Kesampingkan rasa sakit hati lebih dulu, lalu jujur terhadap masukan-masukan tersebut. Apakah yang disampaikan orang lain itu benar? Apakah kamu melakukan kesalahan dan lain-lain? Bagaimana pun kunci mengenali diri sendiri adalah introspeksi dan evaluasi.

Catat kesalahan dan kelebihan yang kamu pernah lakukan atau miliki. Mulai dari sikap, sifat, pola pikir, pola kerja dan lain-lain. Pisahkan catatan antara hal positif dan negatif, agar kamu tahu mana yang perlu dibenahi dan mana yang perlu dipertahankan serta ditingkatkan.

Melakukan ini, apalagi menuliskan hal negatif tentang diri sendiri rasanya mungkin sulit. Mengkritik diri sendiri memang selalu lebih berat dibanding mengkritik orang lain. Jika sudah mulai menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, kamu bisa meminta pendapat orang terdekat mengenai pandangannya terhadapmu.

Minta mereka dengan jujur mengatakan hal yang disukai/tidak disukai darimu. Setelahnya, kembali jadikan itu sebagai bahan evaluasi dan introspeksi.

4. Tingkatkan Wawasan dan Kemampuan

tips atasi minder dalam pergaulan_Tingkatkan Wawasan dan Kemampuan

Selain lingkungan yang negatif, hal lain yang membuat kamu minder dalam satu pergaulan biasanya terkait dengan kurangnya wawasan yang dimiliki, juga terbatasnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Ketika kamu merasa tidak berkapasitas atau tidak mampu dalam menyelesaikan satu pekerjaan, niscaya rasa minder itu akan muncul dengan sendirinya dan semakin membesar jika tidak diatasi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jika rasa minder disebabkan oleh hal ini, yang bisa dilakukan adalah tentu saja meningkatkan wawasan dan kemampuan. Upgrade diri dengan banyak cara seperti membaca buku, mengikuti seminar, workshop, kursus dan lainnya. Terus tingkatkan dan berlatih karena kebodohan adalah kegelapan yang pekat, sementara ilmu merupakan cahayanya. 

5. Perbaiki Penampilan

tips atasi minder dalam pergaulan_Perbaiki Penampilan

Tips atasi minder dalam pergaulan yang selanjutnya berlaku apabila faktor penyebab yang membuatmu tidak percaya diri adalah karena penampilan. Harus diakui bahwa penampilan memegang peran penting dalam sebuah interaksi sosial, selain tentu saja kepribadian.

Suka tidak suka, penampilan adalah hal pertama yang dapat dilihat dari seseorang. Penampilan yang sedap dipandang mata, akan lebih mengesankan daripada penampilan yang cenderung berantakan.

Jika kamu merasa bermasalah dengan rasa percaya diri karena penampilan, alangkah bijaknya untuk mulai memerhatikan lalu memperbaikinya. Misalnya ketika kamu merasa tidak percaya diri karena berat badan hingga dapat membatasi ide-ide dan hal baik, yang bisa dilakukan adalah mulai mengurangi berat badanmu. 

Contoh lain yaitu saat kamu tidak merasa percaya diri dengan jerawat, bisa mulai dengan mencari pengobatan jerawat paling ampuh, atau tidak percaya diri karena aroma badan, bisa mulai dengan memilih parfum yang tepat dan jaga kebersihan.

Rasa minder akibat penampilan bisa juga diperbaiki dengan mulai mengganti pilihan pakaian menjadi lebih stylish tapi tetap nyaman dan sesuai kepribadian.

6. Perbanyak Senyum pada Orang Lain

tips atasi minder dalam pergaulan_Perbanyak Senyum pada Orang Lain

Tersenyum pada orang lain pasti cukup berat bagi kamu yang tidak percaya diri atau minder. Jangankan tersenyum, beradu pandang saja mungkin langsung membuatmu salah tingkah karena merasa ada yang salah. Namun, kamu harus mencobanya. Tidak perlu senyum terlalu lebar apalagi sok akrab, paling tidak perlihatkan ekspresi wajah yang ramah sehingga aura positif dapat terpancar.

Orang lain yang melihatnya pun akan senang dan merasa diterima. Siapa tahu dengan sedikit senyuman, ada interaksi baru yang terbangun, yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri. Ketika mendapat respon positif dari orang lain karena keramahan atau senyumanmu, rasa percaya diri bisa meningkat seketika. Coba saja!

7. Lakukan Hal Baik

tips atasi minder dalam pergaulan_Lakukan Hal Baik

Tips atasi minder dalam pergaulan yang selanjutnya adalah mulai lakukan hal-hal baik untuk orang lain. Setelah terbiasa tersenyum, mulai beranikan diri untuk menawarkan bantuan ketika rekan atau orang baru terlihat membutuhkan. Tidak perlu juga terlalu berusaha hingga terasa melampaui batas dan malah terkesan pamer. 

Lakukan kebaikan mulai dari hal-hal kecil yang mereka butuhkan. Misalnya meminjamkan pulpen, sesekali belikan kopi untuk teman yang terlihat mengantuk di tempat kerja, atau menawarkan tumpangan dan mengantarnya pulang, bawa bekal dalam jumlah banyak untuk dimakan sama-sama dan lainnya.

Kebaikan sederhana yang sebelumnya terlalu segan untuk dilakukan ini sedikit banyak akan mengatasi rasa mindermu. 

8. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

tips atasi minder dalam pergaulan_Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Jika kamu ingin ‘selamat’ dari rasa minder dan tidak percaya diri, jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, terlebih pencapaiannya. Fokus pada diri sendiri, lakukan hal-hal baik untuk diri sendiri dan tidak usah membandingkannya dengan orang lain.

Merasa tersaingi oleh prestasi orang lain dan pencapaiannya adalah hal wajar, tetapi jangan larut dengan mengutuki apalagi sampai membenci diri sendiri. Ketahuilah bahwa setiap orang punya jalan, garis start serta ‘bekal’ sendiri-sendiri. Pada akhirnya, sibuk membandingkan diri dengan orang lain hingga tak punya waktu meningkatkan kemampuan diri akan semakin memperparah rasa minder.

9. Tonjolkan Kelebihan

tips atasi minder dalam pergaulan_Tonjolkan Kelebihan

Tips atasi minder dalam pergaulan yang bisa kamu coba adalah tonjolkan kelebihan. Hal ini memang memerlukan keberanian, tapi akan sepadan dengan keuntungan yang kamu dapatkan. Menonjolkan kelebihan tidak sama dengan pamer yang bertujuan untuk mendapat pujian semata. Menonjolkan kelebihan berarti menghargai kemampuan yang kamu miliki.

Mulai sekarang, coba sedikit lebih berani memperlihatkan kemampuanmu. Jika tidak bisa di depan banyak orang, minimal lakukan pada satu atau dua orang-orang dahulu. Kemampuan yang diperlihatkan ini tentu saja harus sesuai konteks dan kebutuhan, ya! Jangan memperlihatkan kemampuanmu di tempat dan waktu yang salah. 

10. Coba Lebih Tenang

tips atasi minder dalam pergaulan_Coba Lebih TenangSumber: stocksy.com

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi minder dalam pergaulan adalah mencoba lebih tenang. Tarik dan buang napas selama beberapa kali hingga grogi sedikit mereda. Jangan gugup, karena tidak ada yang salah dengan dirimu. Justru dengan terlihat gugup, orang akan melihat ada yang salah. 

Jangan artikan pandangan atau senyuman orang lain sebagai hal buruk atau sesuatu yang mengintimidasi. Kamu tidak ‘transparan’, tidak pula sejelek yang ada di dalam pikiran, jadi tetap tenang. Ingat bahwa teman-teman yang ada di sana juga punya kekurangan, bukan hanya kamu satu-satunya yang tidak sempurna. 

Sepuluh tips atasi minder dalam pergaulan di atas semoga bisa membantumu untuk mulai percaya diri berinteraksi dengan orang lain. Kunci keluar dari perasaan yang merugikan ini adalah terus berusaha menerima diri sendiri, baik kekurangan atau kelebihan.

Penerimaan artinya bukan membiarkan, melainkan termasuk menerima perubahan yang bertujuan memperbaiki kualitas diri. Selamat mencoba tips-tips tersebut ya! 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram