10 Tips Atasi Minder dalam Pergaulan agar Lebih Percaya Diri

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Tidak percaya diri atau minder disebabkan oleh banyak faktor. Satu yang pasti adalah ia dapat menjadi penghambat bagi siapa pun untuk berkembang. Jika dibiarkan, minder tentu hanya akan merugikan. Kamu bisa kehilangan beberapa kesempatan berharga hanya karena tidak percaya diri mampu melakukannya. Imbas dari itu adalah keadaan tidak semakin baik justru bertambah buruk.

Minder menjadi masalah bagi banyak orang. Menyadari bahwa itu bukan hal menguntungkan adalah langkah pertama untuk keluar dari masalah ini.

Namun, langkah pertama tersebut biasanya langsung terhenti karena kamu kembali tidak percaya diri. Padahal tips atasi minder dalam pergaulan bisa dilakukan mulai dari hal-hal sederhana. Apa saja tipsnya? Berikut Kamini rangkum informasinya untukmu!

1. Jauhi Lingkungan yang Negatif

tips atasi minder dalam pergaulan_Jauhi Lingkungan yang Negatif

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa tidak percaya diri adalah mulai jauhi lingkungan negatif yang berdampak memperparah rasa minder. Setuju atau tidak, lingkungan bisa memengaruhi kepribadian seseorang, terlepas dari sifat asli orang itu sendiri.

Rasa minder bisa muncul karena beberapa faktor, satu di antaranya adalah berada di lingkungan yang salah, yang lebih banyak menyepelekan dan menyalahkan daripada mengapresiasi.

Memberikan kritik membangun dan menegur bila salah, memang dibutuhkan seseorang agar bisa mengevaluasi diri dan memperbaiki kesalahan. Namun, jika kritik terus diberikan, apalagi di depan banyak orang, tentu bisa membuat rasa percaya diri terganggu. Belum lagi cara penyampaian kritik yang terkesan menyepelekan dan menyalahkan, bisa menghancurkan semangat dan kepercayaan diri.

Hal ini diperparah dengan minimnya apresiasi atau pujian, sehingga kamu semakin terpuruk bersama pikiran-pikiran negatif. Akibatnya, kamu mulai tidak yakin dengan diri sendiri dan mulai merasa tidak layak atau tidak cukup baik melakukan apa pun. Jika sudah merasa demikian, segera keluar dari lingkungan tersebut. 

2. Berpikir Positif Terhadap Diri Sendiri

tips atasi minder dalam pergaulan_Berpikir Positif Terhadap Diri Sendiri

Tips atasi minder dalam pergaulan selanjutnya adalah mulai berpikir positif, setidaknya terhadap diri sendiri. Trauma karena pernah berada di lingkungan negatif yang mengikis habis rasa percaya diri akan terbawa hingga kapan pun, kecuali kamu mulai berpikir positif terhadap diri sendiri.

Cara berpikir positif terhadap diri sendiri bisa dimulai dengan mengingat-ingat sekecil apa pun pencapaian atau prestasi yang pernah kamu dapat. Jika merasa belum memiliki prestasi apa pun, tolong ingat bahwa pencapaian tidak melulu soal hal-hal yang besar.

Kamu pasti pernah dan bisa melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan dan memuaskan, bukan? Misalnya pernah mengganti lampu atau membetulkan alat elektronik yang rusak sendiri, bisa mengangkat galon sendiri, bisa menggambar alis yang simetris setelah sekian lama belajar, bisa menghemat uang belanja, bisa mengurangi makanan tidak sehat, dan lain-lain. 

Mengingat pencapaian-pencapaian kecil tersebut bisa memberikan dampak besar bagimu. Perilaku merendahkan dari orang lain yang kamu terima bisa dihalau dalam pikiran menggunakan hal-hal sederhana itu. Rasakan dan setuju bahwa kamu tidak seburuk yang orang lain pikirkan. Dari sana, terus pupuk pikiran positif untuk diri sendiri.

3. Kenali Diri Sendiri

tips atasi minder dalam pergaulan_Kenali Diri Sendiri

Kritik-kritik yang diberikan padamu, baik yang membangun atau menjatuhkan, sejatinya bisa digunakan untuk menambah kemampuan mengenali diri sendiri.

Kesampingkan rasa sakit hati lebih dulu, lalu jujur terhadap masukan-masukan tersebut. Apakah yang disampaikan orang lain itu benar? Apakah kamu melakukan kesalahan dan lain-lain? Bagaimana pun kunci mengenali diri sendiri adalah introspeksi dan evaluasi.

Catat kesalahan dan kelebihan yang kamu pernah lakukan atau miliki. Mulai dari sikap, sifat, pola pikir, pola kerja dan lain-lain. Pisahkan catatan antara hal positif dan negatif, agar kamu tahu mana yang perlu dibenahi dan mana yang perlu dipertahankan serta ditingkatkan.

Melakukan ini, apalagi menuliskan hal negatif tentang diri sendiri rasanya mungkin sulit. Mengkritik diri sendiri memang selalu lebih berat dibanding mengkritik orang lain. Jika sudah mulai menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, kamu bisa meminta pendapat orang terdekat mengenai pandangannya terhadapmu.

Minta mereka dengan jujur mengatakan hal yang disukai/tidak disukai darimu. Setelahnya, kembali jadikan itu sebagai bahan evaluasi dan introspeksi.

4. Tingkatkan Wawasan dan Kemampuan

tips atasi minder dalam pergaulan_Tingkatkan Wawasan dan Kemampuan

Selain lingkungan yang negatif, hal lain yang membuat kamu minder dalam satu pergaulan biasanya terkait dengan kurangnya wawasan yang dimiliki, juga terbatasnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Ketika kamu merasa tidak berkapasitas atau tidak mampu dalam menyelesaikan satu pekerjaan, niscaya rasa minder itu akan muncul dengan sendirinya dan semakin membesar jika tidak diatasi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jika rasa minder disebabkan oleh hal ini, yang bisa dilakukan adalah tentu saja meningkatkan wawasan dan kemampuan. Upgrade diri dengan banyak cara seperti membaca buku, mengikuti seminar, workshop, kursus dan lainnya. Terus tingkatkan dan berlatih karena kebodohan adalah kegelapan yang pekat, sementara ilmu merupakan cahayanya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram