Kamini.id / Jam Tangan / 10 Brand Jam Tangan Buatan Jepang Terbaik dan Tahan Lama

10 Brand Jam Tangan Buatan Jepang Terbaik dan Tahan Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal Seiko atau Casio? Kedua merek ini sepertinya sudah ada di pasaran semenjak dahulu kala. Kini muncul juga merek jam tangan Jepang yang digemari oleh para anak muda seperti G-Shock yang salah satu modelnya adalah SNSD. Jepang memang salah satu negara yang memproduksi jam tangan ternama. Selain merek itu ada lagi merek terkenal lainnya. Yuk, simak ulasannya di sini.

1. Seiko

Seiko

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1881 awalnya adalah sebuah toko perhiasan kemudian berubah menjadi pembuat jam tangan pada tahun 1892. Perusahaan Seiko memiliki sejarah panjang dalam memimpin budaya pembuatan jam tangan Jepang.

Merek ini memiliki daftar panjang peristiwa penting seperti sebagai pembuat jam tangan Jepang pertama, arloji menyelam juga kronograf, juga termasuk sebagai pembuat arloji kuarsa pertama di dunia, yaitu Astron.

Dengan julukan seperti “Turtle”, “Tuna,” “Samurai,” dan “Sumo,” dan jam tangan Seiko digemari oleh banyak penyuka jam tangan di seluruh dunia. Dalam industri film Hollywood, jam tangan buatan Jepang ini telah muncul dalam beberapa film 007 Roger Moore.

Film-film itu di antaranya, Octopussy (1983), aktor Roger Moore memakai jam tangan Seiko TV. Sementara itu, dalam A View To a Kill (1985), dia memakai Seiko Quartz SPD094, Seiko Chronograph SPR007, dan arloji Seiko Divers H558-5000 Duo-Display Duo-Display.

2. Citizen

Citizen

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merek jam tangan ini diakui sebagai salah satu merek jam tangan dari Jepang yang paling canggih, Citizen Watch Company telah mampu menggunakan teknologi futuristik yang mengesankan pada jam tangan buatannya.

Sama halnya dengan Citizen Eco-drive Collection. Jam tangan ini memiliki fitur jam tangan sederhana namun revolusioner yang tidak membutuhkan baik baterai atau winding untuk bisa berfungsi. Selain itu, perusahaan jam tangan Citizen memadukan teknologi Eco-Drive dengan teknologi satelit GPS.

Teknologi kemudian menjadi pencetus terciptanya koleksi Citizen Satellite Wave. Jam ini memungkinkan pemakainya untuk melakukan sinkronisasi dengan waktu di luar negeri dalam waktu kurang dari 5 detik, menggunakan fungsi World Time 40-zona yang disediakan.

Citizen Watch Company memperkenalkan lagi beberapa jam tangan Jepang baru, semuanya berjalan menggunakan gerakan Eco-Drive. Bahkan, petenis pemenang AS Terbuka, Naomi Osaka, juga mengenakan BZ4004-06E Citizen Eco-Drive Bluetooth W410 selama 2019 Australia Terbuka.

3. Casio

Casio

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tak lengkap rasanya membicarakan jam tangan merek Jepang tanpa menyebutkan merek Casio. Perusahaan ini adalah perusahaan jam yang menciptakan jam tangan digital produksi massal pertama di dunia meskipun merek klasik ini sudah ada jauh sejak zaman jam tangan kalkulator dan tiruan lainnya.

Kemudian kita mengenal G-SHOCK, juga dikenal sebagai salah satu line-up paling popular dari merek Casio dan merupakan jam tangan paling awet. Sekarang ini, perusahaan ini juga meluncurkan produk yang menonjol di kalangan pengguna streetwear, yaitu Casio PRO TREK atau G-SHOCK terbaru.

4. Minase

Minase

Minase memiliki asal usul yang sangat biasa saja. Tahukah kamu, faktanya perusahaan pembuat jam tangan merek Minase awalnya bukanlah pembuat jam melainkan sebagai produsen alat pemotong? Awalnya Minase yang diluncurkan tahun 1960 berspesialisasi dalam step drill untuk mesin logam.

Tak lama setelah itu kehebatannya dalam produksi bor dan pemotongan logam menarik perhatian publik. Segera sesudahnya, perusahaan pun mulai memproduksi step drill sendiri yang akhirnya membuat perusahaan memproduksi jam tangan sendiri.

Sekarang ini, Minase terkenal sebagai perusahaan yang  memproduksi jam tangan berkualitas tinggi yang dibuat oleh hanya beberapa pengrajin terbaik saja. Beberapa jam tangannya termasuk Divido Automatic, Five Windows, Seven Windows, dan Horizon.

5. Orient

Orient

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berawal dari sebuah toko Jam bernama Yoshida di Tokyo pada tahun 1901, Orient kemudian berubah menjadi Orient Watches pada tahun 1950. Saat ini, perusahaan milik Seiko Group merupakan merek arloji Jepang yang ikonik yang mengkhususkan diri dalam self-winding dan hand-winding yang luar biasa.

Sebagian besar model Orient merupakan model jam tangan yang memakai movement Jepang dan itu umumnya dibuat oleh Seiko. Hal lainnya dikembangkan dan diproduksi sendiri oleh Casio. Dianggap sebagai anak baru dari nama merek arloji ‘Big Four’, Orient masih unggul di antara seangkatannya.

6. Frank Miura

Frank Miura

Frank Miura memasuki bisnis ini bukan tanpa rintangan. Bahkan, perusahaan harus menjalani beberapa kasus perseteruan hukum di pengadilan atas hak kekayaan intelektual atas namanya. Untunglah di akhir, mereka berhasil memenangkan kasusnya.

Sesudah Frank Miura sukses meluncurkan produk mereka di pasar Jepang pada 2012, perusahaan ini dengan cepat bisa membuktikan bahwa produk jam itu bukan merek arloji biasa. Sejujurnya, jam tangan Frank Miura telah membedakan diri mereka sendiri dengan desain minimalis tetapi tidak ortodoks.

Beberapa dari jam tangan Frank Miura, seperti model jam tangan Sengoku Warlords Sanada Yukimura, menampilkan fitur dan desain yang mirip. Di antaranya adalah quartz movement dan permukaan jam yang dibentuk melengkung di tepi.

Selain itu, jam ini terdiri dari karakter yang dirancang secara artistik hingga meningkatkan daya tarik estetika produknya. Secara keseluruhan, jika kamu mencari merek jam tangan dengan model-model yang tidak lazim, maka cukup tanyakan kepada Frank Miura.

7. Knot

Knot

Knot merupakan salah satu pendatang baru dalam bisnis jam tangan Jepang. Merek ini baru diluncurkan pada tahun 2014. Pendiri perusahaan Knot adalah Hiromitsu Endo yang berada di pusat kota Tokyo dengan tujuan untuk menghasilkan jam tangan berkualitas tinggi, canggih, namun harganya terjangkau.

Endo telah sukses tak hanya untuk memenuhi misi merek jam tangannya tapi juga jam tangan Knot telah menerima banyak respon positif luas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ini karena desain Knot yang stylish dan menarik serta harga yang terjangkau.

Selain itu, konstruksi merupakan bagian dari Knot yang membuat jam tangan ini menarik. Selain desain Knot yang eyecatching, daya tahan dan fungsionalitas juga sangat integral. Dengan demikian, dipastikan bahwa jam tangan Knot telah dipoles dengan baik dan ditenagai oleh movement dengan presisi tinggi.

8. G-Shock

G-Shock

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Meskipun secara teknis G-Shock adalah merek terpisah tapi merek ini dimiliki dan dikelola oleh Casio. G-Shock bukanlah pembuat jam yang biasa. Bahkan, kamu mungkin mendapatinya di mal, dan toko jam tangan. Secara internasional, G-Shock merupakan salah satu merek paling bergengsi di luar sana.

G-Shock dimulai muncul Ketika jam tangan digital hampir belum pernah terdengar sebelumnya. Pada tahun 1981, Kikuo Ibe seorang insinyur tingkat menengah Casio, memikirkan sebuah jam tangan tahan goncangan setelah jam tangan pemberian ayahnya rusak.

Dalam pikiran Ibe, jam tangan yang ideal juga harus sangat tahan lama, tahan air, dan sangat kuat. Semua persyaratan ideal itu digabungkan bersama dalam arloji G-Shock pertama yang dirilis pada tahun 1983. Merek ini berhasil  memukau pembeli dan pesaing karena inovasinya .

Semenjak itu, G-Shock selalu sukses di industri jam tangan. Saat ini jam tangan terdiri dari fitur yang diperbarui seperti sinkronisasi jam atom, teknologi matahari, dan bahkan kemampuan bluetooth. Ini memperlihatkan bahwa saat bicara soal inovasi, G-Shock selalu yang terdepan.

9. Credor

Credor

Cek Harga di Shopee

Muncul sebuah merek lain yang berada di bawah naungan besar perusahaan jam tangan ternama di Jepang, Seiko. Merek jam tangan itu bernama Credor. Perusahaan Credor memproduksi jam tangan sangat mewah dalam jumlah yang sangat terbatas.

Merek Credor masih belum begitu terkenal di luar Jepang, tapi koleksi jam tangan merek ini memamerkan keahlian pengerjaannya. Di antara produknya seperti Eichi yang dibuat hanya sekali hingga Fugaku Tourbillon yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi.

10. Naoya Hida

Naoya Hida

Naoya Hida merupakan seorang veteran di pasar jam tangan Jepang, dan merek ini kunci bagi peluncuran F.P. Journe yang sukses di Jepang pada tahun 2004. Namun tak hanya itu, dia juga  sukses membangun karier dalam membangun saluran distribusi untuk merek arloji Swiss terkemuka di Jepang.

Baru-baru ini Naoya Hida meluncurkan jam tangan NH Type 1B, jam tangan mewah pertamanya, yang terlihat vintage, di bawah merek eponymous-nya. Tujuan desainnya adalah untuk membuat jam tangan ultra klasik yang mewujudkan gagasannya tentang pesona dan estetika zaman dulu.

Dari 10 merek-merek jam tangan produk Jepang tersebut sebagian sudah sangat familiar di kalangan para penyuka jam tangan buatan Jepang di Indonesia. Bahkan merek seperti Seiko, Casio dan Citizen sepertinya sudah ada semenjak zaman kakek atau bahkan buyut kita. Produk jamnya terkenal awet, kan? Apakah kamu juga termasuk pengoleksi jam tangan buatan Jepang? Baca artikel merk jam tangan terkenal dan mewah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020