Kamini.id / Jam Tangan / 10 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

10 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kelembaban adalah salah satu musuh jam tangan yang sayangnya sering dialami oleh orang-orang, terutama yang tinggal di daerah curah hujan tinggi dan daerah yang dingin. Penyebab jam tangan berembun adalah adanya air yang masuk ke dalam jam dan terjebak di sana.

Jika tidak parah, embun dapat menghilang dengan sendirinya. Tapi, jika embunnya tak mau kering dan dan tidak hilang dengan sendirinya, bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat jam tangan Anda, loh. Untuk itu, Kamini akan memberi tahu Anda cara menghilangkan embun di jam tangan.

Penyebab Jam Tangan Berembun

1. Kehujanan

Kehujanan

* sumber: www.colourbox.com

Penyebab jam berembun yang pertama adalah karena kehujanan. Kita tinggal di negara tropis yang hanya punya dua musim, yaitu kemarau dan penghujan saja. Saat hari sedang hujan terus, tidak menutup kemungkinan jam tangan Anda ikut terkena basah dari cipratan air hujan.

Jika dibiarkan terus menerus, jam tangan Anda bisa jadi berembun. Apalagi jika Anda pengendara kendaraan roda dua dan nekat menggunakan jam tangan ketika sedang turun hujan.

2. Kepanasan

Kepanasan

* sumber: www.imore.com

Embun di dalam jam tangan tercipta karena adanya uap air yang masuk dan terperangkap, tidak bisa keluar lagi. Itulah mengapa kehujanan atau mungkin juga kedinginan merupakan faktor utama terjadinya embun di jam tangan. Tapi, embun bisa muncul juga karena adanya perbedaan suhu antara suhu jam dan suhu udara luar.

Jika biasanya jam tangan Anda berada dalam suhu cenderung dingin, lalu Anda pergi ke tempat yang panas, bisa saja embun terbentuk di dalam jam tangan dan menempel di kacanya. Jadi, selain karena kedinginan dan kehujanan, kepanasan juga bisa menjadi faktor penyebab jam tangan berembun.

3. Terendam

Terendam

* sumber: myjewelryrepair.com

Penyebab jam berembun yang selanjutnya adalah karena terendam air. Jika jam tangan Anda tidak memiliki tanda water resistant, jangan sekali-kali Anda menggunakan jam tangan tersebut di dalam air.

Water resistant adalah label yang dituliskan pada bagian belakang jam tangan, menandakan kalau jam tangan Anda dibuat dari bahan-bahan anti air, sehingga Anda bisa menggunakan jam tangan tersebut dalam keadaan basah-basahan sekalipun.

Walaupun begitu, biasanya setiap merk dan tipe jam tangan water resistant punya kekuatan yang berbeda-beda. Ada yang hanya kuat 4 jam, 8 jam, 10 jam, dan sebagainya. Jika Anda terlalu lama membiarkan jam tangan di dalam air, bisa saja nantinya akan ada embun yang terjebak di dalam jam tangan Anda.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Nah, tadi itu beberapa penyebab kemungkinan terjadinya embun di jam tangan. Sekarang, ketahuilah cara menghilangkan embun di jam tangan dengan mudah:

1. Jemur

Jemur cara menghilangkan embun di jam tangan

* sumber: forums.watchuseek.com

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang pertama adalah dengan menjemurnya. Maksud menjemur di sini bukan seperti menjemur pakaian, ya. Jadi Anda hanya perlu menyimpan jam tangan yang berembun di area terbuka yang sirkulasi udaranya bagus dan terkena sinar matahari juga.

Anda bisa juga menyimpan jam tangan yang kena air di dekat perapian, belakang kulkas, di taman belakang rumah, dan tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

2. Bongkar Jam

Membuka Jam

* sumber: www.watchbattery.co.uk

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan membongkar jam. Biasanya bagian belakang jam terdapat beberapa skrup kecil. Anda tinggal membukanya menggunakan obeng yang cocok dan jemurlah jam Anda.

3. Buka Kaca

Buka Kaca

Selain membongkar bagian belakang jam, Anda bisa juga membuka kaca jam tangan buram supaya uap lebih cepat kering. Anda bisa mengelap bagian dalam jam menggunakan kapas atau kain jika air yang ada di dalam jam terlalu banyak.

4. Bungkus dengan Handuk

Bungkus dengan Handuk

* sumber: food52.com

Ketika hari sedang hujan terus menerus, tentunya Anda tidak akan bisa menjemur jam yang ada uapnya. Nah, jika begitu, Anda bisa membungkus jam tangan yang berembun terus dengan handuk. Letakkan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Simpan handuk di udara terbuka (kalau bisa di tempat yang akan terkena sinar matahari).

5. Hair Dryer

Hair Dryer

* sumber: glowroad.com

Punya hair dryer di rumah? Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan embun di jam tangan. Atur hair dryer dalam tingkat panas paling rendah. Lalu, mulai keringkan jam tangan Anda. Jangan biarkan hair dryer terlalu dekat dengan jam, setidaknya berikan jarak 15 cm. Untuk rekomendasi hair dryer terbaik, bisa cek di sini.

6. Beras

Beras cara menghilangkan embun di jam tangan

* sumber: bodstudio.ca

Anda mungkin sering mendengar saran kalau handphone tercelup ke air, maka simpan saja di tempat beras. Ternyata hal itu berlaku juga untuk jam tangan berembun. Beras dapat menyerap air dengan baik. Makanya, uap pada jam tangan pun dapat hilang tanpa membukanya (casing dan kaca jam) terlebih dahulu.

7. Sinari dengan Lampu

Sinari dengan Lampu

* sumber: www.made.com

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan menjemur jam di bawah lampu. Anda bisa menggunakan lampu meja atau pun bohlam. Sinari jam hingga embun di dalamnya menghilang.

8. Laptop

Laptop

* sumber: practicalhealthpsychology.com

Laptop atau komputer sering panas kalau fan-nya tidak berfungsi dengan baik. Selalu ada titik cerah dibalik musibah. Anda bisa memanfaatkan panas dari laptop atau komputer Anda untuk menghangatkan jam tangan supaya embunnya menghilang.

Cara yang satu ini memang cenderung lebih lama daripada cara-cara lainnya di atas. Tapi, kalau keadaannya tidak urgent, Anda bisa menaruh jam tangan di samping laptop sambil Anda bekerja.

9. Lilin

Lilin

* sumber: www.colourbox.com

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lilin. Lebih baik Anda menggunakan lilin yang sudah pendek atau yang ukurannya memang pendek. Nyalakan lilin, lalu taruh jam tangan yang berembun di dekat lilin tersebut. Mungkin Anda akan memerlukan beberapa batang lilin karena cara ini agak memakan waktu untuk benar-benar menghilangkan embun dari jam tangan.

10. Silica Gel

 Silica Gel

Desiccant atau yang lebih dikenal dengan nama silica gel merupakan cara menghilangkan embun di jam tangan yang terakhir. Silica gel berfungsi untuk menyerap lembab agar kondisi barang atau makanan tetap terjaga. Nah, Anda bisa menggunakan silica gel untuk meresap lembab penghasil embun dari jam tangan Anda.

Cara menggunakannya, pertama-tama siapkan 1 – 2 kemasan silica gel, Anda bisa menggunakan silica gel bekas tas, makanan, atau pun bekas barang lainnya. Setelah itu, siapkan toples yang ada tutupnya. Masukkan silica gel dan jam tangan ke dalam toples, lalu tutup rapat-rapat. Biarkan semalaman, lalu lihat hasilnya esok hari.

Itu dia beberapa cara menghilangkan embun di jam tangan versi Kamini. Oh, iya, tips agar jam tangan tidak berembun, hindarilah membiarkan jam tangan terkena air. Walaupun embunnya tidak banyak, jangan sepelekan embun di dalam jam tangan, karena takutnya bisa merusak bagian dalam jam.

Selain masalah embun pada jam tangan, masalah lainnya yang sering terjadi pada jam adalah merawat jam tangan karet. Ketahui juga cara membersihkan jam tangan karet ala Kamini yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Makasih banyak atas informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *