Kamini.id / Sepatu Kulit / Inilah Cara Membersihkan Sepatu Kulit dengan Benar

Inilah Cara Membersihkan Sepatu Kulit dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 April 2019

Bagi para pria tampil dengan sepatu kulit memang membuat penampilan terlihat lebih keren. Bahan kulit akan membuat sepatu terlihat mewah. Dewasa ini, Anda bisa menjumpai berbagai merk sepatu kulit ternama, seperti Kickers, Jim Joker, sampai dengan brand lokal Bro.do. Harga sepatu kulit juga bervariasi tergantung pada model dan kualitasnya.

Jika Anda hobi mengoleksi sepatu kulit, maka Anda harus mengetahui cara membersihkan sepatu kulit yang benar. Pasalnya, kesalahan dalam membersihkan sepatu kulit dapat membuat sepatu tersebut rusak atau cacat. Tenang saja, Kamini akan berbagi informasi seputar tips membersihkan dan merawat sepatu kulit yang aman.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Benar

Cara membersihkan sepatu kulit yang benar

Sepatu kulit membutuhkan perawatan ekstra dibanding sepatu biasa. Cara membersihkan sepatu kulit pun cukup berbeda dengan membersihkan sepatu Converse atau jenis sepatu lainnya yang bisa dicuci dengan air dan sabun. Pasalnya, sepatu berbahan kulit tidak bisa sembarangan dicuci dengan air maupun sabun.

Bagi Anda yang memiliki sepatu kulit yang kotor, Anda tidak perlu lagi repot membawa ke jasa pembersihkan sepatu. Dengan beberapa langkah di bawah ini Anda dapat membersihkan sepatu tanpa khawatir sepatu tersebut menjadi rusak.

1. Bersihkan debu dan kotoran

Anda dapat menggunakan sikat yang halus (seperti sikat khusus sepatu atau sikat gigi bekas) untuk membersihkan permukaan sepatu. Cara ini berfungsi untuk melunturkan debu maupun kotoran yang mengganggu keindahan sepatu.

Selanjutnya, gunakan kain lap halus yang sudah dibasahi dengan air, kemudian usapkan kain lap tersebut ke seluruh permukaan sepatu. Cara tersebut hanya berlaku untuk sepatu dari kulit asli karena sepatu kulit sintetis harus dibersihkan dengan sabun khusus yang banyak dijual di toko sepatu.

2. Jemur di tempat berangin

Setelah melakukan cara membersihkan sepatu kulit ini, jemur sepatu di tempat yang berangin, tetapi jangan di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung karena dapat membuat permukaan sepatu kulit menjadi retak atau warnanya jadi luntur.

3. Semir

Apabila sepatu tersebut sudah kering, semir sepatu tersebut dengan semir berwarna sesuai dengan sepatu Anda. Jangan menggunakan sembarang semir sepatu karena Anda harus memakai semir khusus sepatu kulit yang dijual di toko-toko sepatu. Untuk kulit sintetis, gunakan minyak cerpelai untuk membuat permukaan kulit sepatu jadi lebih awet.

Biarkan sepatu berada di luar kotak atau lemari selama sehari, lalu Anda dapat segera menyimpan atau memakai sepatu tersebut. Silakan baca artikel ini untuk rekomendasi merk semir sepatu putih atau artikel ini untuk merk sepatu berwarna lainnya.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit Berbahan Suede

Cara membersihkan sepatu kulit berbahan suede

Selain sepatu kulit asli dan sintetis, ada juga sepatu yang berbahan kulit suede. Jika Anda belum tahu apa itu bahan suede, ini merupakan bahan kain yang tekstur dan tampilannya mirip seperti beludru.

Akan tetapi, kedua jenis bahan tersebut sangat berbeda. Suede adalah bahan yang terbuat dari bagian dalam kulit sapi, sedangkan beludru berasa dari serat sutra. Namun, saat ini beludru lebih banyak dibuat dari bahan polyester yang diproduksi di pabrik.

Meskipun sama-sama berbahan kulit, tapi sepatu kulit suede jauh lebih sulit dibersihkan dibanding sepatu kulit asli maupun sintetis. Nah, ikuti cara membersihkan sepatu kulit berbahan suede ini agar Anda bisa membersihkannya secara optimal.

  1. Bersihkan segala jenis kotoran yang melekat pada permukaan sepatu suede dengan sikat khusus yang memang dirancang agar tidak merusak kulit suede
  2. Jika Anda sampai pada bagian sepatu yang kasar, sikat sepatu dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang kasar
  3. Apabila sepatu suede warna putih atau coklat ternoda, segera ambil sikat gigi bekas atau sikat khusus sepatu suede, lalu basahi sikat tersebut dengan air sebelum digosokkan ke bagian yang ternoda
  4. Ketika noda membandel di sepatu suede warna coklat atau putih sulit dibersihkan, maka Anda dapat memanfaatkan sabun cair pencuci piring yang formulanya ringan

Untuk Anda yang gemar mengoleksi sepatu suede, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk menjaga kualitas dan tampilan sepatu itu sendiri. Jika Anda khawatir dengan noda atau kotoran yang dapat merusak estetika sepatu, maka belilah pelindung khusus untuk mencegah kotoran menodai sepatu kulit suede Anda.

Tips Merawat Sepatu Kulit yang Baik dan Benar

Perlengkapan membersihkan sepatu kulit

Tak hanya sekedar mengetahui cara membersihkan sepatu kulit dengan benar, Anda juga harus mempelajari beberapa tips perawatan sepatu kulit. Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, sepatu kulit juga membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya agar tetap awet dan terlihat bagus setiap saat.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepatu kulit kesayangan Anda:

  • Kenali jenis kulit sepatu Anda

Kenali jenis kulit sepatu Anda

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam kulit yang dijadikan bahan pembuatan sepatu. Oleh karena itu, sebaiknya kenali dulu jenis kulit sepatu Anda. Pasalnya, beda jenis kulit beda pula jenis perawatannya, seperti perbedaan antara kulit suede dan kulit asli. Di Samping itu, Anda juga harus memastikan apakah sepatu Anda elastis dan dapat bertahan dalam perubahan cuaca ekstra.

  • Simpan di tempat yang kering

Simpan di tempat yang kering

Anda tentu tidak ingin sepatu kulit kesayangan Anda berjamur atau jadi bau tak sedap, bukan? Mulai merawat sepatu kulit Anda dengan melakukan hal-hal kecil yang terlihat sederhana seperti dengan menyimpannya di tempat yang kering. Bila tak ingin sepatu Anda berdebu, simpan sepatu di dalam lemari tertutup atau kotak sepatunya. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan jamur pada sepatu.

  • Perhatikan bahan yang dipakai untuk membersihkan sepatu

Perhatikan bahan yang dipakai untuk membersihkan sepatu

Meskipun sama-sama sepatu berjenis kulit, tetapi tidak semua bahan yang dipakai untuk membersihkan waktu bisa dipakai untuk semua jenis sepatu kulit. Sebaiknya, kenali dulu jenis kulit sepatu Anda, lalu pilih bahan yang cocok untuk membersihkan sepatu tersebut. Selalu gunakan pembersih sepatu yang sudah sesuai dengan jenis sepatu kulit Anda.

  • Semir sepatu kulit secara rutin

Semir sepatu kulit secara rutin

Ingin sepatu kulit kesayangan Anda tampil mengkilap di setiap kesempatan? Hal tersebut bisa Anda peroleh dengan menyemir sepatu secara rutin. Jika sepatu tersebut sangat intens dipakai, maka semir sepatu Anda setiap seminggu sekali. Ini berlaku untuk sepatu kulit berbahan kulit asli atau sintetis. Pasalnya, sepatu kulit suede tidak bisa disemir karena bahannya mirip beludru.

  • Perhatikan posisi penyimpanan sepatu

Perhatikan posisi penyimpanan sepatu

Meskipun terlihat sepele, tapi posisi penyimpanan sepatu ini sangat penting. Beri jarak sekitar 2 cm dari satu sepatu dengan sepatu lainnya. Hal ini bermanfaat untuk mencegah gesekan pada badan sepatu yang dapat menyebabkan sepatu jadi retak atau nampak seperti tergores.

Informasi seputar cara membersihkan sepatu kulit yang benar ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki sepatu kulit. Tak perlu membawa sepatu Anda ke toko khusus membersihkan sepatu karena Anda bisa merawat sepatu kulit kesayangan Anda sendiri di rumah. Perawatan sepatu kulit dari Kamini ini sangat mudah, bukan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *