Kamini.id / Lifestyle / 10 Tips dan Cara Mengedit Foto agar Terlihat Bagus

10 Tips dan Cara Mengedit Foto agar Terlihat Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Berfoto merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mengabadikan setiap momen, baik momen menyenangkan, sakral, ataupun momen lainnya yang diperkirakan harus diabadikan. Kegiatan berfoto adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Karena dengan berfoto, kita bisa mengenang suatu kejadian atau pengalaman yang pernah kita lakukan.

Banyak orang berfoto dengan tujuannya masing-masing. Seperti hanya untuk bersenang-senang dan koleksi pribadi, mengunggahnya ke media sosial, atau bahkan untuk memenuhi tuntunan pekerjaan bagi sebagian orang. Apapun tujuannya, semua orang pasti menginginkan foto-foto yang terlihat bagus dan menarik untuk dilihat.

Kira-kira apa sih yang memengaruhi foto agar terlihat bagus? Dan bagaimana cara mengedit foto agar terlihat menarik? Di bawah ini kami akan memberi beberapa trik cara mengedit foto agar terlihat bagus dan juga menarik. Simak baik-baik, ya!

10 Cara Mengedit Foto agar Terlihat Bagus

1. Sudut Pengambilan Foto

* sumber: agolf.xyz

Sebelum melakukan proses editing pada fotomu, cara agar foto terlihat bagus dimulai pada saat pengambilan foto itu sendiri. Yang paling memengaruhinya adalah sudut pengambilan foto atau yang sering disebut angle. Kamu harus memotret sebuah foto dengan angle yang pas dan simetris. Hal ini akan memengaruhi kerapian dalam fotomu.

Maksud dari simetris yaitu kamu harus memperhatikan objek yang akan kamu foto lalu memperhatikan juga ukuran semua sisinya agar terlihat sama dan rapi. Angle foto yang pas akan memengaruhi kualitas foto yang kamu potret seperti pencahayaan dan juga saturasi. Jadi, sudut pengambilan foto sangatlah penting agar foto yang dihasilkan terlihat bagus dan menarik.

2. Exposure

* sumber: www.diykamera.com

Selanjutnya adalah exposure yaitu tingkat cahaya yang masuk pada sebuah foto. Tingkat cahaya sangatlah memengaruhi foto. Maka dari itu, perhatikanlah tingkat cahaya pada proses editing. Jika tingkat cahaya pada foto aslinya terlalu terang, maka exposure pada proses editing harus agak digelapkan dan juga sebaliknya.

Foto yang bagus dan menarik bukanlah foto yang memiliki tingkat cahaya tinggi. Akan tetapi, foto yang bagus dan menarik adalah foto yang memiliki tingkat cahaya yang pas sesuai dengan tema yang dipilih. Misalnya kamu mengambil tema gothic, maka tingkat cahaya yang diperlukan biasanya rendah agar fotomu terlihat sesuai dan serasi dan menarik perhatian.

3. Contrast

Contrast

* sumber: www.ianmorison.com

Selain exposure, contrast merupakan suatu hal yang penting dan harus diperhatikan saat melakukan edit foto. Contrast juga harus menyesuaikan dengan tema foto yang dipilih agar terlihat senada. Contrast yang dipakai haruslah pas, tidak boleh terlalu tinggi atau menurunkannya terlalu rendah. Hal ini dapat merusak kualitas foto yang dihasilkan.

Contrast ini sangatlah berpengaruh terhadap foto, sehingga kita harus pandai menggunakan dan menyesuaikan contrast. Jika kita pandai menyesuaikannya, maka foto yang dihasilkan tak akan mengecewakan. Sebaliknya, jika kita salah menyesuaikan contrast pada foto, maka hal ini akan merusak pada kualitas foto tersebut.

4. Highlights

* sumber: bristolweddingphotographer.wordpress.com

Highlight sebenarnya hampir sama dengan exposure yaitu mengatur cahaya yang masuk ke dalam foto. Highlight berfungsi menyeimbangkan cahaya pada objek dengan cahaya pada latar di sekitarnya. Untuk menyeimbangkan cahaya pada foto agar terlihat bagus dan menarik, maka highlight harus selalu diperhatikan, ya.

Highlight dapat diatur sesuai keinginan dan kebutuhan foto. Akan tetapi, penggunaannya tidak boleh terlalu berlebihan karena jika highlight terlalu berlebihan maka kualitas foto akan menurun.

5. Shadows

* sumber: www.ere.net

Seperti namanya, shadow yang memiliki arti bayangan yaitu sebuah komponen editing foto yang memiliki fungsi mengatur bayangan pada sebuah foto. Selain mengatur kadar kejelasan bayangan foto, shadows juga memengaruhi terhadap gelap terangnya foto. Jika shadows ditingkatkan, maka bayangan semakin tak terlihat. Hal ini berlaku sebaliknya.

Shadows dapat diatur sesuai keinginan agar terlihat menarik dan bagus. Jika kamu menginginkan foto berbayang dengan kejelasan tinggi, maka shadows-nya harus semakin rendah. Dan, jika kamu menginginkan fotomu berbayang dengan kejelasan rendah, maka shadows harus ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Temperature

* sumber: www.picturecorrect.com

Pada list yang keenam adalah temperature. Temperature juga harus selalu diperhatikan dalam proses editing karena sangat memengaruhi keindahan dalam foto. Temperature bisa digunakan sesuai kebutuhan. Temperatur sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu temperature dingin dan hangat.

Maksud dari temperature dingin yaitu penggunaan temperature dalam jumlah rendah. Biasanya semakin rendah suatu temperature, maka foto akan terlihat semakin berwarna biru, adapun temperature hangat yaitu penggunaan temperature dalam jumlah yang tinggi di mana semakin tinggi temperature, maka foto akan terlihat semakin kuning hingga jingga. Penggunaan temperature ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan foto yang kamu edit agar fotomu terlihat semakin bagus dan menarik.

7. Skin Tone

* sumber: hhhhappy.com

Selanjutnya yaitu skin tone. Skin tone dalam proses editing juga harus diperhatikan terutama jika yang menjadi objek foto adalah manusia. Memperhatikan skin tone ini bermanfaat untuk mengatur skin color atau warna kulit pada foto agar terlihat pas sesuai dengan yang diinginkan. Penggunaan skin tone ini tidak boleh berlebihan karena dapat merusak kualitas foto.

Perlu diingat bahwa foto yang bagus itu bukanlah foto yang memperlihatkan kulit seseorang agar terlihat putih dan halus. Akan tetapi, foto yang bagus adalah foto yang memiliki skin color yang cocok dan pas sesuai dengan kebutuhan dan tema.

8. Saturation

* sumber: www.adorama.com

Saturation atau saturasi memiliki fungsi mengatur ketajaman warna pada foto dalam proses editing. Semakin tinggi saturasinya, maka warna pada foto akan semakin cerah. Sebaliknya, jika saturasinya semakin rendah, maka ketajaman warna pada foto akan semakin memudar. Hal ini menyebabkan saturasi juga perlu diperhatikan dalam mengedit foto.

Saturasi dapat ditingkatkan atau direndahkan sesuai  keinginan dan kebutuhan. Akan tetapi, jika saturasi ditingkatkan terlalu tinggi, maka warna pada foto akan terihat terlalu cerah sehingga akan merusak foto dan menimbulkan kesan tidak natural. Jadi, pastikan atur saturasi sesuai dan pas tidak berlebihan dan juga tidak terlalu rendah.

9. Rotate

* sumber: www.payetteforward.com

Selanjutnya adalah rotate. Rotate memiliki fungsi memutar foto sesuai dengan yang diinginkan. Dalam mengedit foto, pastian fotomu memiliki bentuk dan posisi yang simetris. Jika tidak, hal ini akan mengurangi nilai estetika pada fotomu. Untuk menyeimbangkan foto agar terlihat simetris dan memiliki nilai estetika, maka rotate bisa kamu gunakan. Dengan fitur rotate, kamu bisa menyesuaikan fotomu agar terlihat simetris dan lurus sehingga foto menjadi bagus dan menarik.

10. Crop

* sumber: www199.lunapic.com

Pada list yang terakhir adalah crop atau pemotongan. Ya, crop sangat penting dalam mengedit foto. Crop ini bisa dilakukan untuk memotong bagian foto yang tidak dibutuhkan dan hanya memfokuskannya pada suatu objek. Crop memiliki berbagai macam ukuran dan dapat disesuakan dengan keperluan.

Nah, itu dia 10 trik mengedit foto agar terlihat bagus dan juga menarik. Ternyata banyak hal-hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan sebuah foto yang bagus dan menarik. Akan tetapi, jika semua telah dipahami dengan baik, maka hal tersebut akan mudah dilakukan. Semoga setelah membaca pemaparan di atas, kamu bisa lebih pandai memainkan alat editing-mu untuk diterapkan pada foto yang kamu edit.

Tapi, selain tips mengedit foto, kamu juga harus tahu gaya foto kekinian agar foto yang kamu hasilkan semakin sempurna. Yuk, baca artikel 10 Gaya Foto Kekinian untuk menemukan gaya foto yang tidak membosankan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan dalam kegiatan berfotomu. Untuk segala saran dan masukannya silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment