10 OOTD untuk Buka Bersama yang Casual dan Sopan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Ajakan untuk buka bersama tentunya terdengar menyenangkan. Walau harus repot-repot cari tempat, jika itu kumpul bersama teman, keluarga, dan kolega, rasanya tidak masalah. Hanya, pasti kebingungan lain muncul ketika kamu harus memilih baju atau busana yang pas dengan tema acara sekaligus terasa nyaman. 

Lantas, busana seperti apa yang harus dipakai untuk datang ke acara buka bersama? Nah, Kamini punya beberapa inspirasi OOTD buka bersama yang cocok untuk acara casual hingga formal. Let’s check this out!

 1. Celana Bahan dan Blouse

OOTD Bukber - Celana Bahan dan Blouse_

Outfit buka bersama satu ini cukup fleksibel, lho. Kamu bisa memakai outfit ini sebagai style ngantor yang simpel tapi rapi di pagi hari. Sorenya, kamu bisa datang ke acara buka bersama dengan gaya casual dan dewasa. Lantas, outfit apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat look ini? 

Kamu bisa memakai blouse berwarna biru awan sebagai atasan. Agar terkesan lebih rapi, kamu bisa memakai celana bahan dan hijab berwarna putih sebagai pasangannya. Untuk menambah kesan professional, kamu bisa memakai high heels berwarna putih.

Agar look ini tidak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan tekstur dengan memakai tas motif croco dan jam tangan berwarna hitam yang kontras.

2. Celana Jeans dan Blazer

OOTD Bukber - Celana Jeans dan Blazer_

Buat kamu yang bingung untuk memilih outfit buka bersama yang pas, ada cara OOTD yang simpel tapi terlihat modis yang bisa dicoba. Seperti pada gambar di atas, kamu bisa memakai inner berupa manset atau kaos berwarna putih. Untuk outer-nya, pakailah blazer yang modelnya klasik dengan warna abu-abu. 

Untuk bawahannya, pakailah celana jeans berwarna hitam untuk tampilan yang lebih casual. Kalau kamu berhijab, outfit monokrom ini akan terlihat lebih hidup saat dipadukan dengan kerudung warna navy. Tapi jika kamu tidak berhijab, bisa bermain tekstur dengan memakai tas bermotif. Untuk alas kaki, sneakers atau sepatu keds warna putih adalah pilihan yang tepat.

3. Celana Jeans dan Sweater Oversize

OOTD Bukber - Celana Jeans dan Sweater Oversize_

Buka bersama biasanya dimulai sejak sore menjelang maghrib hingga malam hari. Maka dari itu, kamu harus memakai outfit yang nyaman dan terasa hangat di malam hari. Kriteria tadi bisa kamu dapatkan dalam OOTD buka bersama satu ini, lho. Caranya tinggal pakai saja celana jeans high waist, lalu padukan dengan sweater oversize berwarna pink. 

Agar terlihat lebih trendi, kamu bisa menambahkan belt hitam dan menyisipkan bagian depan sweater ke dalam celana. Agar terlihat lebih santai, pakailah sepatu converse berwarna putih. Lalu, kamu juga bisa membawa mini bag berwarna pink fanta agar look ini terlihat lebih menarik. Kalau kamu berhijab, tinggal pilih saja mau pakai hijab pashmina atau segi empat asalkan warnanya putih.

4. Gamis dan Hijab Segi Empat

OOTD Bukber - Gamis dan Hijab Segi Empat_

Selain memakai celana jeans dan celana bahan, kamu bisa memakai gamis sebagai outfit utama untuk datang ke acara buka bersama. Gamis jadi salah satu outfit yang paling Kamini rekomendasikan karena simpel, nyaman dan terkesan feminim. OOTD ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan gaya minimalis dan bertema earthy.

Outfit utamanya adalah sebuah gamis berwarna hijau olive yang simpel. Untuk mempercantik diri, kamu bisa memakai beberapa fashion item berwarna netral. Misalnya memakai sandal dan shoulder bag berwarna hitam. Untuk hijab, kamu bisa memakai hijab warna hitam atau warna cokelat agar kesan earthy semakin kuat. Jangan lupa untuk memakai jam tangan berwarna silver untuk menambah kesan elegan.  

5. Kaftan dan Hijab Pashmina

OOTD Bukber - Kaftan dan Hijab Pashmina Abu-Abu_

Selain OOTD bertema casual, Kamini juga punya beberapa OOTD buka bersama bertema formal. Outfit yang digunakan tidak banyak kok, kamu hanya membutuhkan sebuah kaftan berwarna putih. Kaftan ini terkesan sangat mewah dan elegan karena ada aksen bordiran warna emas.

Agar look ini terlihat lebih formal, kamu bisa memakai high heels berwarna putih. Untuk menambah kesan mewah, jangan lupa untuk memakai jam tangan dan handbag berwarna emas. Sementara untuk kerudung, biar lebih menarik kamu bisa memakai hijab warna abu-abu atau biru.

6. Long Dress Rahut dan Hijab

OOTD Bukber - Long Dress Rajut dan Hijab Nude_

Buat kamu yang kurang bersahabat dengan angin malam, kamu bisa memakai long dress rajut sebagai OOTD buka puasa. Long dress ini mungkin jadi salah satu outfit simpel, nyaman dan terasa hangat untuk dipakai di malam hari. Sebenarnya kamu bisa memakai warna apa saja, misalnya, putih hitam atau warna cokelat seperti pada gambar. 

Agar tidak terlihat plain, kamu bisa memakai belt berwarna hitam sebagai aksesoris. Di sisi lain, belt ini akan memberikan siluet tubuh yang lebih proporsional, lho. Untuk melengkapi look ini, kamu bisa memakai fashion item berwarna netral. Misalnya memakai shoulder bag dan pointed sandal berwarna hitam agar terlihat lebih casual.

7. Rok Jeans dan Sweater

OOTD Bukber - Rok Jeans dan Sweater_

Sepertinya sweater bakal jadi salah satu outfit buka bersama yang digandrungi oleh banyak wanita. Memang sih, sweater ini modelnya timeless banget dan bisa membuat tubuh terasa hangat semalaman. Untuk tampilan yang feminim, kamu bisa memadukan sweater berwarna kuning dengan rok span berbahan denim sebagai bawahannya. 

Agar terlihat lebih casual dan stylish, kamu tinggal menambahkan beberapa item seperti belt berwarna cokelat. Lalu, kamu juga bisa memakai sepatu oxford dan shoulder bag berwarna putih sebagai pelengkap. Untuk yang berhijab, Kamini sarankan untuk memakai hijab pashmina berwarna putih sebagai pasangannya.

8. Rok Maxi dan Sweatshirt

OOTD Bukber - Rok Maxi dan Sweatshirt_

Ingin tampil feminim tapi tidak ingin terlalu girly? Nah, OOTD buka bersama satu ini sepertinya cocok untukmu. Outfit yang digunakan cukup simpel, yang kamu butuhkan adalah sweatshirt berwarna putih sebagai atasan. Untuk bawahannya, kamu bisa memakai rok maxi berwarna putih gading. 

Kalau dilihat, rok maxi ini punya motif floral berwarna ungu yang cantik. Karena outfit-nya sudah cukup bertekstur, maka kamu hanya perlu memakai aksesoris dan item pelengkap lainnya yang sederhana. Misalnya memakai sepatu keds putih dan sling bag berwarna hitam polos.

Untuk hijabnya, kamu bisa memilih warna ungu yang senada dengan warna bungu atau satu tone lebih muda agar terlihat lebih ceria.

9. Rok Plisket dan Sweater

OOTD Bukber - Rok Plisket dan Sweater_

Masih bergaya feminim, selain dengan rok maxi atau rok jeans, kamu bisa memakai rok plisket sebagai OOTD buka puasa bersama teman-teman. Atasan yang dibutuhkan adalah sweater berwarna biru awan. Untuk membuat look monokrom, kamu bisa memakai rok plisket berwarna navy sebagai bawahannya. 

Agar look ini terkesan lebih feminim, kamu bisa memakai high heels berwarna pink. Tapi kalau ingin lebih casual, tinggal pakai sepatu keds warna putih. Mini bag yang digunakan juga warnanya bisa disesuaikan dengan sepatu yang digunakan. Sementara untuk hijabnya, sepertinya hijab warna putih jadi pilihan terbaik.

10. Tunik dan Celana Jeans Straight Cut

OOTD Bukber - Tunik dan Celana Jeans Straight Cut_

Mencari outfit ngampus yang simpel di siang hari, tapi cocok juga jadi OOTD buka bersama di sore hari? Nah, inspirasi busana pada gambar di atas mungkin bisa jadi jawabannya. Untuk atasan kamu bisa memakai tunik berwarna putih yang simpel. Sementara bawahannya, kamu bisa memakai celana jeans klasik. 

JIka ingin tampilan yang casual, kamu bisa memakai sepatu keds atau high heels untuk terlihat lebih dewasa. Shoulder bag bermotif floral akan menambah tekstur dan bikin look ini lebih cantik. Untuk yang berhijab, kamu bisa memakai hijab segi empat warna biru muda agar lebih fresh

Setelah melihat beberapa inspirasi OOTD buka bersama di atas, semoga bisa membantumu menemukan style yang pas. Baik style yang casual maupun formal, keduanya sama-sama terlihat cantik dan menarik. Pastikan saja, kamu tidak salah kostum saat menghadiri acara buka bersama dengan teman, keluarga atau kolega. Selamat mencoba!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram