kamini.id
Kamini.id / Fashion / Inspirasi Busana untuk Buka Bersama yang Casual dan Sopan

Inspirasi Busana untuk Buka Bersama yang Casual dan Sopan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 27 Maret 2021

Ajakan untuk buka bersama tentunya terdengar menyenangkan. Walau harus repot-repot cari tempat, jika itu kumpul bersama teman, rasanya tidak masalah. Hanya, kebingungan lain muncul ketika kamu harus memilih baju atau busana yang pas sekaligus nyaman dan cantik untuk pergi. 

Gaya casual merupakan pilihan yang paling tepat, sederhana, nyaman, sekaligus pas untuk berbagai keperluan. Kamu bisa mengandalkan jeans koleksi kesayangan dan memadukannya dengan atasan atau bawahan. Namun, jika itu masih membuatmu bingung, beberapa inspirasi busana untuk buka bersama pada artikel ini semoga saja bisa membantu. Berikut pilihannya!

 1. Sweater Rajut Oversized dan Jeans Light Blue 

model baju untuk buka bersama_ Sweater Rajut Oversized dan Jeans Light Blue

inspirasi busana untuk buka bersama gaya casual yang pertama adalah memadukan celana light jeans dengan sweater rajut oversized. Soal pilihan warna, kembali pada seleramu. Apakah lebih menyukai atasan dengan warna-warna cerah atau pastel. Pemilihan sweater oversized menjadi cukup bijak terutama jika udara malam terasa lebih dingin dari biasanya. 

Gunakan sepatu kets bertali yang aman untuk berkendara, terutama jika kamu menggunakan motor, agar kaki tetap terlindungi sekaligus trendy. Soal pemilihan hijab, kamu bisa meniru padu-padan foto di atas, yaitu menggunakan pashmina atau menyesuaikan dengan kenyamanan. 

2. Overall Ripped Jeans

model baju untuk buka bersama_ Overall Ripped Jeans

Pergi menghadiri undangan buka bersama dengan teman-teman, sekaligus dapat menyambung kembali silaturahmi yang selama beberapa bulan yang mungkin renggang sebab kesibukan, akan sangat mengasyikkan. Menemui teman-teman dengan memakai baju terbaik menunjukkan bahwa kita menghargai pertemuan itu.

Lalu mengapa tidak mencoba menggunakan overall ripped jeans untuk datang ke acara buka bareng? Busana tersebut tidak kalah menarik dibanding celana jeans yang biasa banyak dipakai, kok. Padankan overall dengan inner berupa t-shirt, maka tampilan terlihat sangat santai dan menarik. Aksen sobek-sobek pada celana juga menambah kesan nyentrik. Coba deh!

3. Skirt Jeans dan Crop Top Outer

model baju untuk buka bersama_Skirt Jeans dan Crop Top Outer

Bosan menggunakan celana denim untuk bepergian? Kamu bisa berpindah menggunakan rok denim yang sudah lama tidak dipakai dan hanya terlipat di lemari baju. Jika kebetulan punya rok jeans model span dengan aksen kancing di bagian depan, bisa dipasangkan dengan baby doll blouse warna putih yang dilengkapi dengan crop top outer.

Memadupadankan tiga potong busana tersebut akan memaksimalkan penampilanmu saat bertemu kawan di momen buka bersama nanti. Jangan lupa pakai legging warna hitam sebagai dalaman agar lebih aman dan lebih leluasa bergerak. Sempurnakan pula penampilanmu dengan pilihan sneakers warna putih dan tas yang ringkas. 

4. Kulot Jeans dan Oversized T-shirt Hitam

model baju untuk buka bersama_Kulot Jeans dan Oversized T-shirt Warna Hitam

Celana kulot berbahan jeans memberi kenyaman saat dipakai sekaligus tidak terlalu menampilkan lekukan pada tubuh. Potongan yang lebar dari atas hingga bawah akan membuatmu sangat leluasa dalam bergerak. Dipasangkan dengan t-shirt oblong warna hitam plus baju dalaman berwarna senada, penampilanmu akan jadi sangat casual

Buka bersama dengan teman dalam suasana yang akrab dan santai tidak boleh terganggu karena salah memilih busana. Pastikan pilih yang nyaman dan ringkas, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik ke toilet hanya untuk memeriksa kancing atau lainnya. Oleh karena itu, inspirasi gaya di atas, benar-benar salah satu pilihan yang aman dipakai kumpul bersama teman saat buka bersama nanti! 

5. Boys Jeans Pants dan Oversized T-shirt Pastel

model baju untuk buka bersama_Boys Jeans Pants dan Oversized T-shirt Warna Pastel

Inspirasi busana untuk buka puasa bersama yang selanjutnya tidak kalah simple. Kamu hanya perlu mengganti kulot jeans dengan boys jeans yang bagian bawahnya sedikit digulung. Pasangkan celana tersebut dengan t-shirt oblong tapi kali ini coba gunakan kaos warna pastel yang terang dan lembut. 

Jangan lupa gunakan manset atau baju dalaman agar lengan tetap tertutup. Tambahkan aksesori berupa jam tangan sport dan classic canvas guna menambahkan kesan boyish. Sementara itu pemilihan kerudungnya bisa kamu sesuaikan dengan warna kaos oblong atau baju dalaman yang dipakai. 

6. Tartan Pants dan Blouse Putih

model baju untuk buka bersama_Tartan Pants dan Blouse Warna Putih

Acara buka bersama biasanya diteruskan dengan nongkrong atau nonton bareng. Selepas sholat maghrib, jalan-jalan di sekitar tempat makan pasti menyenangkan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk sekaligus memilih busana yang layak dipakai hangout bersama teman. Jadi, kamu tidak perlu ganti baju dan bisa langsung pergi.

Lalu busana seperti apa yang pas? kamu bisa mencontoh foto di atas, yaitu tartan pants yang dipasangkan dengan blouse lengan panjang warna putih. Tartan pants yang dipilih bisa model high waist atau model lain. Selanjutnya, kamu bisa merapikan penampilan dengan memasukkan ujung blouse ke dalam celana. Sempurna!

7. Rok Motif Kotak dan Jaket Jeans

model baju untuk buka bersama_Rok Motif Kotak dan Jaket Jeans

Ide berpakaian untuk pergi buka bersama dengan teman yang selanjutnya pasti akan sangat disukai oleh si feminin. Pasalnya ide ini memadukan rok potongan payung bermotif kotak-kotak dengan atasan outer berupa jacket jeans. Memadukan dua unsur busana tersebut akan menyulap penampilanmu jadi berbeda; feminin sekaligus tomboy.

Jaket jeans yang lekat dengan kesan tomboy bisa berubah manis saat dipasangkan dengan rok cantik. Jika tidak memiliki rok bermotif kotak-kotak, kamu bisa memakai rok motif bunga atau rok warna polos. Semuanya sama-sama cantik, terutama saat kamu memakainya dengan penuh percaya diri.  

8. Celana Bahan Hitam dan Kimono Outer

model baju untuk buka bersama_Celana Bahan Warna Hitam dan Kimono Outer

Inspirasi busana untuk buka bersama poin ke sembilan adalah memadukan celana bahan warna hitam dengan outer model kimono yang longgar dan besar di bagian lengan. Outer potongan kimono ini terkesan sederhana tapi trendy dan kekinian. Outer semacam ini juga nyaman dipakai sebab dibuat dengan panjang dan besar yang cukup, sehingga bisa menutupi tubuh bagian atas sekaligus belakang. 

Di sini kamu bisa “bermain” pada pemilihan warna outer. Apakah ingin warna-warna bumi seperti coklat tanah dan coklat kayu atau warna yang lembut seperti lilac dan dusty pink. Kali ini kamu cukup menggunakan sandal teplek saja sebagai penyempurna penampilan. Manis dan tidak berlebihan, kan?  

9. Rok Hitam dan T-shirt

model baju untuk buka bersama_Rok Hitam dan T-shirt

Jika inspirasi busana sebelumnya menggunakan celana bahan warna hitam, kali ini kamu bisa menggabungkan rok warna hitam dengan kaos bermotif garis yang sederhana tapi berkesan. Terutama karena aksen kain organza di bagian rok yang membuatnya semakin manis.

Dengan memilih busana seperti ini untuk pergi buka bersama, penampilanmu akan sangat aman. Lengkapi dengan tas selempang berukuran kecil dan flat shoes warna senada. Jangan lupa untuk menjaga kerapihan dan kesopanan dengan menggunakan legging sebagai celana dalaman.

10. Celana Motif Garis dan Crop Top Warna Cerah

model baju untuk buka bersama_Celana Motif Garis dan Crop Top Warna Cerah

Inspirasi busana untuk buka bersama yang terakhir bisa kamu contek adalah gabungan antara celana bahan motif garis dan crop top oversized blouse berwarna cerah. Dalam foto, blouse yang dipilih berwarna kuning mustard atau kunyit, tapi kamu bisa menggantinya dengan biru atau merah cabai.

Memilih baju atasan berwarna cerah bisa mewakilkan semangat dan rasa antusias yang kamu bawa saat bertemu teman-teman. Hasilnya, acara buka bersama pun bisa terasa lebih ceria dan menyenangkan. Sempurnakan penampilanmu hari itu dengan sepatu, hijab, serta tas yang simple dan tidak terkesan ramai.

Sepuluh inspirasi busana untuk buka bersama yang sudah diinformasikan melalui artikel ini semoga saja bisa memunculkan ide-ide lain ya!

Semoga juga bisa membantu agar kamu tidak lagi bingung memadukan item-item busana yang ada di lemari saat akan pergi bukber nanti. Tidak usah beli baru, karena kuncinya ada pada mix and match! Jadi, mana inspirasi busana yang cocok dengan kepribadianmu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram