Kamini.id / Maybelline / Review Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage

Review Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Maybelline mengajak kita semua untuk menjadi MUA (penata rias) profesional setidaknya untuk diri sendiri dengan menggunakan Super Stay Full Coverage Foundation. Kata Maybelline, foundation ini dibuat dengan teknologi Concentrated Pigments. Jadi, pigmen warna dengan efek ultra-transformasi dengan formula yang ringan namun coverage (cakupan) tinggi.

Foundation cair ini akan meluncur ke kulit kamu untuk hasil makeup yang sempurna tanpa cela yang kuat awet sepanjang hari. Karena, menurut klaimnya, foundie ini bisa bertahan selama 24 jam, hmm! Kalau kamu pernah menonton video atau membaca blog beauty influencer pasti kamu notis kata ‘full coverage’ setiap kali mereka membahas foundation.

Buat yang belum paham apa maksudnya, coverage itu tingkatan sesempurna apa ‘dempul’ yang bisa dibangun dari foundation. Biasanya, tingkat coverage alas bedak digolongkan jadi tiga, yaitu sheer (tipis), medium (tengah-tengah), dan high/full (paling flawless).

Nah, kalau Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage ini tentunya memiliki tingkatan tertinggi. Jadi, walaupun kamu pulas sedikit saja, wajah sudah kelihatan tanpa cela. Tapi, apakah benar begitu? Kamini mau membahas foundie ini secara detail sekarang juga!

  • Jenis: foundation (cair)
  • Ukuran: 30 mL
  • Benefit & Claim:
    • full coverage
    • up to 24 jam pemakaian
    • oil control & shine free
    • nyaman & breathable
    • sweat & sebum resistant
    • fade & transfer resistant
    • oil-free (jadi tidak membuat pori-pori mampet)
  • Cara Pemakaian: Pada wajah yang bersih, aplikasikan skincare favoritmu lalu apply foundation menggunakan beauty blender (spons kecantikan), brush, atau pun jari!

Fun Fact Tentang Maybelline!

* sumber: aoghs.org

Sebelumnya, sudah kenalan dengan brand-nya, belum? Maybelline adalah merk kosmetik yang didirikan di New York, Amerika, pada tahun 1915. Founder Maybelline, yaitu Thomas Lyle Williams Sr, mengatakan kalau nama brand ini merupakan gabungan dari kata Maybel dan Vaseline. Karena, ternyata, kosmetik hasil usaha keluarga ini terinspirasi dari Vaseline!

Kayaknya semua orang sudah tahu apa itu Vaseline, ya? Benda ini sudah ada sejak tahun 1872, dipatenkan oleh Chesebrough. Pada masa itu, orang-orang New York menggunakan Vaseline sebagai apa saja, benar-benar apa saja.

Tak hanya untuk mengobati luka bakar dan luka gores, Vaseline mereka gunakan sebagai pomade, melembabkan kulit, pelumas, perawatan benda dari kulit (seperti tas, sepatu, dll), membersihkan kotoran dari furniture, mencegah karat, pernis permukaan kayu, dsb.

Makanya, Vaseline disebut sebagai ‘wonder jelly’ karena sangat bermanfaat untuk banyak hal. Bahkan, pada tahun 1886, baker Prancis menambahkan Vaseline ke dalam adonan roti dan kuenya sebagai pengganti lemak babi atau mentega. Karena, Vaseline tidak akan membuat pastry-nya jadi tengik walaupun sudah basi.

Suatu hari, pada tahun 1915, saudara perempuan Thomas, yaitu Mabel, membuat DIY dari Vaseline, debu batu bara, dan gabus yang dibakar untuk menggelapkan bulu matanya. Itulah asal muasal Maybelline, produk pertama mereka adalah maskara yang diberi nama ‘Lash-Brow-Ine’. Sekarang, balik lagi ke review kita tentang Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage yuk, yuk, yuk..!

Review Maybelline Superstay Foundation

  • Full ingredient:

Cyclopentasiloxane, Aqua / Water, Polypropylsilsesquioxane, Isododecane, Dimethicone, C30-45 Alkyldimethylsilyl Polypropylsilsesquioxane, PEG-10 Dimethicone, Glycerin, Silica, Dimethicone/Polyglycerin-3 Crosspolymer, Sodium Chloride, Nylon-12, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Disodium Stearoyl Glutamate, Cyclomethicone, Chlorphenesin, Ethylparaben, Disodium Edta, Acrylonitrile/Methyl Methacrylate/Vinylidene Chloride, Copolymer, Aluminum Hydroxide, Dipropylene Glycol, Isobutane, Paraffin, Sodium Citrate, Tocopherol, Isopropyl Alcohol. May Contain: CI 77891 / Titanium Dioxide, CI 77491, CI 77492, CI 77499 / Iron Oxides.

  • Key ingredient:

Pasti tidak semua orang paham bahan-bahan di atas, istilahnya saja susah disebut, apalagi dimengerti. Aku mau bahas sedikit saja tentang beberapa kandungannya. Seperti Disodium Stearoyl Glutamate, ia bekerja sebagai skin conditioning.

Lalu, ada Aluminum Hydroxide yang berfungsi sebagai emollient (pelembab gitu), humectant, dan skin protecting. Kalau Glycerin merupakan conditioning agent yang membuat foundation ini bagus di kulit kering. Foundie ini juga dilengkapi Tocopherol alias vitamin E, lalu ada kandungan Anti Aging-nya juga.

Packaging

Pertama-tama, mari bahas kemasannya. Ini campuran, kaca untuk badannya dan plastik untuk tutupnya. Sebenarnya ini ringan, jadi enak dibawa ke mana-mana. Bukan kaca yang berat, gitu, loh. Tapi, tutupnya berwarna putih, jadi setiap kali dipakai pasti kelihatan kotor. Harus rajin-rajin dilap, malah harus langsung kamu lap setiap habis pakai soalnya nanti warnanya nempel.

Enaknya ini botol pump, jadi kamu bisa gampang mengeluarkan foundation-nya, walaupun mungkin agak PR kalau isinya sudah agak mau habis. Terus, di jalan keluar foundie-nya itu suka mengering sisa-sisa foundationnya, Kamu bisa korek pakai jarum supaya yang kering-keringnya lepas. Benar-benar harus jaga kebersihan, deh, supaya enak juga dipakainya.

Shade

Jadi, aku tuh salah beli. Kalau beli alas bedak atau apapun yang ada pigmentasinya aku memang suka salah gitu, soalnya selalu beli online. Harusnya baca cara memilih foundation sesuai skintone dulu biar ga salah beli lagi, hehe.

Aku ini pakai shade 220 Natural Beige dan ini agak kegelapan untuk kulitku yang kekuningan. Makanya, biasanya foundie ini aku campur pakai cushion Peripera-ku yang kebetulan keputihan warnanya! Tapi, karena sekarang mau review foundation Maybelline-nya jadi nggak aku campur-campur.

Cara pakai foundation-nya sama aja kayak foundie liquid lain. Aku ini blend pakai spons makeup a.k.a beauty blender. Tapi, kamu bisa juga blend pakai makeup brush atau bahkan jari. Soalnya tekstur liquid-nya tuh enak banget, nggak encer tapi nggak kentel juga.

Gampang banget di-blend. Terus, walaupun foundie ini Full Coverage, kamu tetap bisa build sesuka hati. Kayak kalau kamu mau natural look pakainya tipis-tipis aja. Kalau mau flawless banget pakainya yang agak banyak.

Nah, di foto di atas itu yang ada garis-garisnya, sisi sebelah kiri yang sudah pakai foundation, sedangkan yang sisi kanannya belum. Mungkin kelihatan kalau mukaku udah mulai ada flek-flek cokelatnya atau bahasa bekennya ‘freckle’ di area pipi. Aku juga lagi ada beberapa jerawat kecil di dahi. Dan, masalah terbesar kulitku adalah, cepet banget komedoan, karena ternyata pori-pori aku lumayan besar, apalagi di daerah hidung, pipi, dan mata.

Kalau dari jauh, hasil foundation ini memang oke. Yang nggak ke-cover cuma jerawat-jerawat kecilku yang ada di dahi. Mungkin karena nggak aku tambel pakai concealer juga. Aku suka banget, sih, teksturnya ringan banget di wajah. Jadinya cocok banget buat yang tadinya ragu pakai foundie untuk dandan sehari-hari. Karena ini sumpah ringan banget, kayak nggak pakai apa-apa aja gitu di wajah, nggak kerasa berat sama sekali.

Aku kan work from home, jadi seharian #DiRumahAja. Satu-satunya problem yang mungkin terjadi pada makeup-ku adalah air karena aku harus wudhu buat sholat. Setelah dibawa wudhu dua kali, makeup aku agak sedikit, sedikit aja pudar. Terus, ada crease di bawah mata. Aku kan berkacamata, nah, kalau dilepas tuh ada jejak bekas kacamatanya. Tapi, kayaknya semua foundation juga bakal gitu, sih, soalnya ketekan dan kena keringat.

Area hidung juga agak kusem gitu dan komedo-komedo ku mulai bermunculan. Tapi, asal orang lain nggak nge-zoom ke muka nggak akan kelihatan, sih. Dan, kalau area yang kelihatan kusam tinggal touch up bedak juga terselamatkan. Cuma kalau bedakan lagi juga bakal memperparah look makeup aku, soalnya mukaku kan kering banget, jadi banyak dry patch-nya. Mungkin karena kelupaan pakai pelembab kali, ya.

Kesimpulan

Jadi, apakah foundation ini layak untuk dibeli? Semua kembali tergantung kebutuhan masing-masing. Nah, di sini aku bakal ngasih sisi positif dan negatif setelah menggunakan foundation ini.

Pros (+)

  • Hadir dalam shade yang banyak banget (28 shade) untuk ukuran merk kosmetik drugstore
  • Tekstur blendable, formula ringan
  • Kemasannya oke buat dibawa-bawa
  • Benar-benar tahan seharian, hanya sedikit butuh touch up
  • Non-perfumed jadi aman untuk kulit sensitif

Cons (-)

  • Harganya agak lumayan (Rp 200.000-an kurang) karena merk pesaing dengan kualitas yang mirip ada yang harganya di bawah itu

Saat baru pertama diaplikasikan:

  • Tidak menyamarkan pori-pori besar, jerawat (padahal itu kecil), maupun mata panda dengan flawless
  • Pada area bawah mata nge-crease kalau tidak diset pakai bedak tabur

Setelah sore hari:

  • Dry patch di area dahi, pipi, dan sudut hidung mulai nampak (plus komedo bermunculan!!)
  • Area bawah mata mulai nge-crease dan sudah tidak menutupi mata panda secara optimal

Tapi, perlu diperhatikan juga beberapa produk yang aku pakai sebelum dan sesudah foundie ini, karena pasti mereka memberikan andil juga atas ketahanan foundation-nya. Ini dia barang-barang yang aku pakai:

  • Toner: The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Mattifying Toner
  • Essence: Safi Age Defy Gold Water Essence
  • Serum: Safi Age Defy Concentrated Serum
  • Pelembab: (kelupaan nggak pakai!) >.<
  • Eye cream: Olay Revitalizing Eye Serum
  • SPF: Loreal UV Perfect Matte & Fresh
  • Primer: Pixy Make It Glow Primer
  • Concealer: Maybelline Instant Age Rewind Concealer
  • Bedak tabur: Jacquelle Ultra Fine Tone Up Powder
  • Bedak padat: Etude House Secret Beam Powder Pact

Beberapa produk yang aku pakai sudah dilengkapi dengan Oil Control dan Mattifying effect, jadi pasti menambah kekuatan dari Maybelline Foundation-nya juga. Terus, jenis kulit aku sendiri kering, sehingga jarang sekali berminyak, bahkan cenderung tidak pernah. Makanya aku pakai foundie ini seharian pun tidak jadi ‘hinyai’ alias glowy-kusam gitu.

Kekurangannya foundie ini membentuk crease di bawah mata aku dan seiring terkena air wudhu sedikit terkikis. Tapi, mungkin juga itu karena aku timpa pakai concealer dan si concealer-nya itu yang bermasalah. Sisanya oke banget, sih, bener-bener Super Stay, sesuai namanya.

Eh, tapi walaupun namanya 24H kamu jangan pakai makeup seharian banget, ya, cantik. Kulit kita butuh bernapas bebas juga, kasihan kalau didempul 24 jam banget. Takutnya kulit kamu malah bereaksi seperti jadi komedoan, jerawatan, dan masalah kulit lainnya.

Kalau kamu tertarik dengan Maybelline Superstay Foundation 24H Full Coverage dan mau membelinya secara online, Cek Harga di Shopee dan Cek Harga di Lazada saja!


Sekarang Maybelline lagi ngasih diskon sampai 40% lho di Shopee. Yuk kunjungi Official Shop Maybelline New York biar gak ketinggalan promonya.

Kunjungi Maybelline Official Shop


Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020