kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++

Review Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 5 Juni 2021

Produk kompleksi memang tidak pernah ada habisnya. Setiap bulan sepertinya ada saja produk baru untuk alas bedak. Saya pribadi biasanya menyiapkan dua jenis alas bedak, foundation untuk keperluan khusus dan BB cream untuk berdandan sehari-hari.

Saya sudah mencoba banyak sekali merk dan varian BB cream, dan saya selalu penasaran dengan yang satu ini. Namanya Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++. Missha adalah brand kosmetik dan skincare asal Korea Selatan yang harganya tergolong middle-high.

Missha tidak banyak mengeluarkan produk kompleksi, tapi saya perhatikan BB cream-nya ini bertahan sejak lama di pasaran, dengan kemasan dan formula yang sama pula.

Berarti produk ini disukai oleh banyak sekali orang, hingga bisa bertahan sampai sekarang walau sudah banyak produk saingan di luar sana. Nah, kira-kira, sebagus apakah BB Cream Missha? Kamini akan mengulasnya secara tuntas, sekarang!

Tentang Produk

Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ menjanjikan dapat memberi coverage natural. Uniknya, BB Cream ini memiliki kandungan spesial, sehingga bisa beradaptasi pada kulit siapa saja, memberikan coverage yang baik sekaligus memperbaiki masalah kulit pemakainya.

Ya, produk ini tidak hanya bekerja sebagai makeup tapi juga akan melindungi kulit dari sinar matahari, menyamarkan flek hitam, serta mencegah munculnya keriput, loh.

Fun Fact!

Missha mengatakan, kalau produknya yaitu M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++, telah terjual sebanyak 30 juta lebih di seluruh dunia! Fakta tersebut membuat BB Cream ini menjadi salah satu produk best seller dari Missha.

Ada yang perlu kamu ketahui juga, nih. Tadinya, Missha tidak menciptakan produk ini sebagai BB Cream, loh. Missha mengembangkan produk ini sebagai krim untuk pasien perawatan laser kulit pada awalnya. Karena, krim ini mengandung sifat-sifat yang bisa menenangkan dan regeneratif untuk kulit.

Kemudian, Missha mengadaptasinya sebagai kosmetik sehingga pemakainya bisa menyamarkan kekurangan pada kulit sekaligus memperbaikinya tanpa pemakainya sadari.

Klaim & Benefit

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit. Kamu bisa menggunakannya sebagai dasar (alas bedak) secara langsung maupun step pertama sebelum pakai foundation. Dengan formula yang ringan dan coverage natural, kamu juga bisa menggunakan BB Cream ini sehari-hari tanpa worry.

Kemasan

Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ hadir dalam kotak berwarna merah ati dan dan silver. Keseluruhan kotaknya bernuansa metalik, jadi terkesan mahal dan mewah.

Kotaknya juga kokoh walau tidak terlalu tebal, jadi aman kalau pun kamu membelinya secara online. Oh, ya, untuk size-nya ada yang ukuran 20 ml dan 50 ml. Kalau yang saya punya ini yang kecilnya, yaitu 20 ml.

Walaupun cuma 20 ml, saya pikir BB Cream ini bakal cukup untuk penggunaan beberapa bulan (bagi yang jarang dandan, atau yang menggunakannya kadang terseling dengan produk lainnya). Kemasan tube-nya kira-kira sepanjang telapak tangan wanita dewasa, cukup mungil jika digenggam. Karena itulah, varian yang 20 ml ini cocok buat dibawa saat traveling.

Untuk visual-nya perpaduan warna merah dan silver metalik, sama seperti kotak luarnya. Bagi merk sekelas Missha tentu perwujudan produknya diperhatikan sedetil mungkin. Terbukti bahwa desain ini sangat dan masih menjual, makanya desainnya tidak pernah ganti sejak awal perilisan.

Saya suka kemasan tube karena tidak perlu menekan kuat-kuat untuk mengeluarkan isinya. Terus, ujungnya juga corong jadi ketika mengeluarkan isinya tidak akan kebanyakan, bisa lebih terkontrol.


Baca juga:

Sedangkan yang ukuran 50 ml kemasannya perpaduan antara tube dan ujung pump. Saya kurang suka karena harus menekan-nekan dengan 'lebih bersusah payah' kalau ujungnya pump. Tapi, itu kembali lagi ke selera masing-masing.

Ingredient List

Nah, sekarang kita masuk ke bagian bahan-bahannya. Di sini ada dua bagian, yaitu full ingredients dan key ingredients. Untuk mengetahui lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

  • Full Ingredients

Water(Aqua), Cyclomethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Caprylic/​Capric Triglyceride, Mineral Oil, Phenyl Trimethicone, Talc, Arbutin, Hydrolyzed Collagen, Dimethicone, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Squalane, Adenosine, Cetyl PEG/​PPG-10/​1 Dimethicone, PEG-10 Dimethicone, Polyethylene, Beeswax(Cera Alba), Glycerin, Propylene Glycol, Caviar Extract, Algae Extract, Rosa Canina Fruit Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Fagus Sylvatica Bud Extract, Ceramide 3, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Sodium Hyaluronate, Sodium Chloride, Fragrance(Parfum), Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, Hydroxyisohexyl 3-Cyclohexene Carboxaldehyde, Butylphenyl Methylpropional, Benzyl Salicylate, Hydroxycitronellal, Alpha-Isomethyl Ionone, Hexyl Cinnamal, Linalool, Citronellol.

May contain: Titanium Dioxide (Ci 77891), Iron Oxides (Ci 77491, Ci 77492, Ci 77499).

  • Key ingredients

Memang ada banyak bahan yang terkandung dalam satu kemasan, tapi ada beberapa bahan yang menjadi poin penting dalam satu produk ini. Berikut penjelasannya:

Cyclomethicone

Cyclomethicone bukan merupakan satu jenis silikon, tetapi merupakan campuran dari molekul silikon. Semua silikon dalam campuran Cyclomethicone mudah menguap, yang berarti silikon akan menguap dari kulit dan tidak tinggal di atasnya.

Berarti, Cyclomethicone sangat ringan hingga tidak terasa di kulit dengan after-feel yang seminimal mungkin. Zat ini juga membuat formula mudah disebarkan dan memiliki sifat emolien yang bagus.

Ethylhexyl Methoxycinnamate

Ini adalah cairan bening yang larut dalam minyak. Zat ini sering digunakan dalam tabir surya kimiawi. Fungsinya adalah untuk menyerap radiasi UVB, tapi tidak akan melindungi kulit dari sinar UVA. Jadi, selalu gunakan tabir surya tambahan sebelum menggunakan BB Cream Missha ini, ya.

Caprylic/​Capric Triglyceride

Ini adalah emolien yang sangat umum yang akan membuat kulit kamu terasa bagus dan halus. Zat ini berasal dari minyak kelapa dan gliserin. Ciri-cirinya adalah bertekstur ringan, bening, tidak berbau, dan tidak berminyak. Bahan yang bagus ini terasa nyaman di kulit, karena ditoleransi dengan sangat baik oleh setiap jenis kulit.

Selain beberapa kandungan di atas, BB Cream Missha juga mengandung antioksidan seperti Arbutin, Rosemary Leaf Extract, dan Chamomilla Recutita Flower Extract. Kandungan tersebut juga berfungsi sebagai agen soothing kulit. Bukan cuma itu, Missha juga menambahkan skin brightening yaitu Arbutin ke dalam BB Cream-nya.

Impresi

Di atas tadi kamu sudah mengetahui kandungan lengkap Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ dan juga berkenalan dengan beberapa key ingredients-nya. Sekarang, Kamini akan membahas impresinya, yuk!

Tekstur & Swatch

Sayangnya Missha Indonesia hanya mengeluarkan dua shade saja untuk produk best seller-nya ini, yaitu no. 21 Light Beige dan no. 23 Natural Beige.

Tentu perihal ini sangat membingungkan bagi pengguna untuk memilih shade yang tepat. Menurut Saya, baik kedua shade yang Missha berikan lebih ke skintone medium dengan undertone neutral (no. 21) dan warm (no. 23).

Saya sendiri memiliki skintone kuning langsat dan undertone neutral. Tidak ada shade Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ ini yang sangat cocok untuk kulit saya. Jadi, saya hanya bisa memilih shade yang terdekat saja, yaitu no. 21. Bisa terlihat, bahkan di punggung tangan saya, BB Cream ini terlihat ashy.

Padahal Missha Global punya beberapa shade lainnya, yaitu no. 13 Milk Beige yang paling 'putih', no. 27 Honey Beige, dan yang tergelap adalah no. 31 Golden Beige.

Saya pikir shade no. 13 jika dicampur dengan shade no. 27 kan jadi lebih cocok buat kulit saya. Kamu juga mungkin bisa mix match beberapa BB Cream Missha jika shade-nya dirasa kurang cocok dengan kulitmu.

Wangi

BB Cream ini tidak mengandung aroma apapun.

Daya Tahan dan Performa 

Sekarang kita akan lanjut ke pembahasan daya tahan dan performa Missha M Perfect Cover BB Cream. Tapi, sebelum itu, saya mau memberi tahu kamu cara pakainya dulu, ya.

Cara Pemakaian

Cara menggunakan Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ sama saja seperti bagaimana kamu menggunakan BB cream pada umumnya.

Tekan kemasan untuk mengeluarkan isi krim, keluarkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk referensi, 1/2 wajah kira-kira membutuhkan krim seukuran kacang polong. Setelah itu, ratakan BB Cream Missha menggunakan jari, brush, atau sponge.

Hasil

Supaya kamu bisa melihat jelas hasil akhir BB cream ini, saya akan menggunakannya di setengah wajah dulu, ya. Mungkin bisa dilihat kalau kulit wajah saya cenderung kekuningan.

Sehingga, ketika menggunakan Missha M Perfect Cover BB Cream shade no. 21, kulit saya jadi terlihat ashy dan agak sedikit lebih putih. Jadi, bisa dilihat bahwa warnanya ini tidak match dengan kulit asli saya.

Ini hasil pemakaian Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ secara keseluruhan. Kalau sudah dipakai di semua wajah begini tidak kelihatan ashy hasilnya. Kulit saya jadi seperti punya tone baru saja, jadi lebih putih, bukan lebih cerah.

Untuk coverage-nya benar-benar natural, area flek hitam dan kemerahan di wajah saya masih terlihat jelas. Bruntusan dan jerawat kecil-kecil juga tidak tertutupi dengan baik. Tapi, untuk pori-pori lumayan tersamarkan.

BB Cream Missha ini juga terasa hydrating di kulit saya yang kering. Saat ini kulit saya sedang sangat kering makanya ada redness dan dry patch, tapi BB cream ini tidak membuat dry patch saya terlihat menumpuk, walau memang masih kelihatan menonjol (tidak rata).

Kesimpulan

Setelah penggunaan kurang lebih 5 jam, inilah kondisi Missha M Perfect Cover BB Cream di wajah saya. Terlihat masih sangat bagus kalau menurut saya. Seakan-akan BB cream-nya 'melebur' dengan cantik seiring waktu pemakaian.

Jadi, produk ini tidak luntur, tidak mengeringkan kulit, tidak cracky juga selama berjam-jam pemakaian. Oke banget! Sayangnya, BB cream ini benar-benar memberikan coverage yang tipis, sehingga buat yang kulitnya tidak mulus, tentu sangat kurang menutupi kekurangan di wajah.

Pros (+)

  • Kombinasi menarik antara makeup dan skincare
  • Formulanya ringan, enak buat dipakai setiap hari
  • Produk mudah ditemukan karena Missha telah hadir secara resmi dalam bentuk toko online maupun offline di Indonesia

Cons (-)

  • Shade yang tersedia tidak banyak, hanya ada dua pilihan shade saja.

Harga & Tempat Membeli

Missha M Perfect Cover BB Cream SPF42/PA+++ adalah produk yang sangat bagus jika kamu mencari BB cream yang bisa digunakan sehari-hari. Tapi, buat kamu yang suka dandan full coverage, mungkin ini bukan produk untukmu.

Anyway, itu dia ulasan dari Kamini untuk BB Cream best seller-nya Missha. Bagaimana pendapat kamu tentang produk ini? Ngobrol-ngobrol, yuk, di bawah!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram