kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Purbasari Oil Control Matte Powder yang Ramah Kantong

Review Purbasari Oil Control Matte Powder yang Ramah Kantong

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 18 Februari 2021

Apakah kamu pencinta tampilan matte? Atau malah tim dewy? Saya sendiri sebenarnya tim netral. Haha. Karena saya tidak keberatan untuk tampil matte ataupun glowing sehat asalkan produk makeup yang saya gunakan tidak menimbulkan breakout.

Dengan semakin maraknya tampilan makeup matte maupun dewy di dunia kecantikan, produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran pun banyak yang menawarkan hasil akhir tampilan kompleksi tersebut. Tak terkecuali brand lokal legendaris Purbasari.

Setelah sukses dengan lipstick matte-nya yang sangat fenomenal di Indonesia, Purbasari tak mau berhenti berinovasi memproduksi produk yang memberikan dampak besar bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah produk yang akan saya ulas kali ini yaitu Purbasari Oil Control Matte Powder.

Tentang Produk

Produk ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 dan merupakan salah satu produk dari jajaran Hydra Series. Pada seri ini, Purbasari secara khusus memformulasikan produk-produknya agar memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Tunggu, bukankah saya sebelumnya menyebutkan bahwa saya akan mengulas produk bedak yang memiliki kemampuan oil-control? Benar sekali. Oil Control Matte Powder memang merupakan produk bedak dengan kemampuan oil control, akan tetapi produk ini juga tetap diformulasikan Purbasari agar memiliki kemampuan moisturizing.

Selain bedak ini, anggota lain yang masuk dalam line Hydra Series adalah BB cream, bedak two way cake, dan dua jenis produk lipstick. Semua produk tersebut konon memiliki kemampuan dalam menjaga kelembaban kulit. Nah, untuk kamu yang memiliki concern kulit kering dan ingin mencari produk makeup yang dry skin-friendly, tak ada salahnya untuk mencoba produk-produk Hydra Series dari Purbasari.

Klaim dan Benefit

Bedak ini akan memberikan tampilan wajah menjadi segar, bebas kusam dan bebas minyak. Tampilan matte alami yang bebas kilap juga akan didapatkan dengan penggunaan Purbasari Oil Control Matte Powder ini. Meski dapat mengontrol minyak, jangan khawatir produk ini akan menimbulkan kerak pada wajah.

Sebaliknya, kandungan safflower seed oil di dalamnya dapat melembabkan sekaligus mencerahkan tampilan kompleksimu. Kabar baiknya lagi, produk ini juga sudah dilengkapi dengan UV filter, lho.

Cara Pemakaian

Secara umum penggunaan produk ini sama seperti penggunaan bedak pada umumnya yaitu dengan menyapukan bedak secara merata ke seluruh wajah menggunakan puff yang disediakan. Akan tetapi, selama menggunakan produk ini saya lebih prefer menggunakan brush terpisah agar bedak mudah diratakan dengan hasil lebih alami. Barulah saya menggunakan puff yang disediakan kala ingin touch up.

Kemasan

Review Purbasari Oil Control Matte kemasan 2

Mari bicara sedikit soal tampilan baru Hydra Series. Mulanya, Hydra Series tampil dengan desain mewah yang simple. Karakteristik ini tercermin dari desain wadah Oil Control Matte Powder versi awal yang hanya wadah bedak biasa dengan theme color hitam doff dan ukiran logo Purbasari berwarna emas.

Bagian wadah bedak terbuat dari material plastik yang kokoh dengan desain flip-top dan ketebalan cukup. Dan ketika wadah dibuka, sudah terdapat powder puff lembut lengkap plastic separator yang memisahkan antara puff dengan bedak. Jangan lupakan juga cermin yang tertempel pada bagian atas wadah. Bagian cermin ini juga sangat nyaman dan fleksibel digunakan karena dapat dibuka lebih dari 180 derajat.

Sebenarnya wadah bedak ini tidak begitu mengalami perubahan pada versi barunya. Akan tetapi, karena Purbasari kini secara resmi memiliki logo khusus yang lebih singkat dengan font berbeda dari logo sebelumnya, menjadikan desain wadah Oil Control Matte Powder tampak lebih ramai. Nuansa ‘lebih ramai’ ini juga tercermin dari desain dus luarnya.

Review Purbasari Oil Control Matte kemasan lama

Saya pribadi lebih menyukai desain lama ketimbang desain yang baru karena tampak lebih simple namun modern. Tapi tidak apa, karena bagian yang paling penting dari sebuah produk kecantikan adalah sesuatu yang berada di dalam wadahnya. Benar, tidak?

Ingredients

Review Purbasari Oil Control Matte ingredients

Full Ingredients

Talc, Zinc Oxide, Silica, Diisostearyl Malate, Zinc Myristate, Paraffinum Luquidum, Octyl Methoxycinnamate, Hydrogenated Polyisobutene, Dimethicone, Hydrogen Dimethicone, Methylparaben, Propylparaben, Parfum, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil. May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499

Key Ingredients

  • Octyl Methoxycinnamate

Salah satu bahan yang memiliki peran penting dalam formulasi Purbasari Oil Control Matte Powder adalah UV filter. Pasalnya, Purbasari dengan terang-terangan menyebutkan bahwa produk ini memiliki kemampuan sun protection. Dan ternyata, kemampuan tersebut datang dari kandungan octyl methoxycinnamate. Bahan ini merupakan agen tabir surya yang banyak digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari terutama UVB.

  • Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil

Selain UV filter, klaim lain yang diunggulkan Purbasari dari bedak ini adalah kandungan natural moisturizer. Setelah mengamati tiap-tiap bahan pada ingredients list, akhirnya saya menemukan Safflower Seed Oil.

Ekstrak bahan alami ini memang mengandung asam-asam lemak esensial salah satunya adalah asam linoleat yang dapat menghilangkan tampilan kulit kering. Karena bahan inilah Purbasari berani mengklaim bahwa Oil Control Matte Powder dapat membantu melembabkan.

Impresi

Setelah mencari informasi mengenai produk ini, tibalah saatnya untuk menyampaikan hasil permainan langsung yang telah saya lakukan dengan Purbasari Oil Control Matte Powder. Yuk, simak!

Tekstur

Review Purbasari Oil Control Matte tekstur

Purbasari Oil Control Matte Powder ini memiliki tekstur bubuk super halus dan lembut. Produk juga dapat dibaurkan dengan mudah tanpa perlu khawatir banyak produk yang berjatuhan ataupun messy dari wadahnya.

Aroma

Bedak ini melepaskan powdery scent yang lembut untuk dicium, sama seperti aroma bedak-bedak kebanyakan. Aroma ini juga cenderung subtle, tidak overpowering sama sekali. Yang pasti, tidak ada pewangi tambahan pada Purbasari Oil Control Matte Powder ini karena tidak ada tambahan aroma lain yang tercium selain powdery scent tadi.

Shade

Review Purbasari Oil Control Matte 1

Kebetulan saya memiliki 2 shade dari 4 shade yang ditawarkan Purbasari Oil Control Matte Powder yaitu shade Honey Beige dan Caramel. Kedua bedak ini memiliki yellow undertone yang kuat. Bedanya adalah Honey Beige menawarkan brighter shade dan cocok digunakan untuk pemilik light to medium dark skin tone, sementara Caramel lebih cocok untuk medium dark to dark skin tone.

Dan karena saya memiliki medium dark skin tone, saya awalnya percaya diri memilih shade Caramel karena percaya akan sangat baik menyatu dengan warna kulit. Dan memang bila digunakan single use, tak ada masalah sama sekali pada tampilan kompleksi. Namun ketika digunakan bersama base makeup lain seperti foundation atau BB cream, shade ini malah toned down tampilan kompleksi saya.

Karena itulah saya memutuskan untuk membeli lagi shade yang sedikit lebih terang. Benar saja, shade Honey Beige juga tetap masuk pada skintone saya. Bahkan penggunaanya ketika dipadukan dengan foundation tampak lebih bagus.

Aplikasi

Review Purbasari Oil Control Matte swatch

Saya harus mengatakan bahwa produk ini benar-benar ringan pada wajah. Dan meski memiliki tampilan akhir matte, bedak tidak membuat tampilan wajah tampak kering ataupun dehidrasi. Sebaliknya, produk ini membuat wajah tampak segar, lembut, dan cerah seketika, terutama bila kamu memilih shade yang tepat.

Sayangnya, karena tidak ada klaim coverage, kamu tidak bisa mengandalkan Purbasari Oil Control Matte Powder dalam aspek ini. Bedak ini cenderung translucent dan hanya meningkatkan tampilan kompleksi tanpa kemampuan menutupi ketidaksempurnaan. Tapi karakteristik ini membuat Purbasari Oil Control Matte Powder cocok digunakan sebagai setting powder.

Performa dan Daya Tahan

Review Purbasari Oil Control Matte performa

Saya menggunakan bedak ini dimulai pukul 12.27 hingga pukul 17.24. Selama itu saya sudah terkena dua kali basuhan wudhu dan bahkan tertidur sebentar. Haha. Ternyata bedak banyak berkurang dan hanya tersisa sedikit saja yang masih menempel pada wajah.

Tapi, hebatnya, bedak ini cukup baik dalam menahan minyak. Meski memang sih tidak sepenuhnya mengontrol produksi minyak, karena masih ada minyak yang dihasilkan pada bagian T-Zone wajah, namun minyak tersebut tidak overproduced. Jadi tidak menjadikan wajah saya terlalu greasy.

Sepanjang pemakaian juga saya tidak merasa gangguan apapun dari bedak ini. Tidak ada kesan berat apalagi kering. Pokoknya, saya cukup nyaman menggunakan Purbasari Oil Control Matte Powder ini.

Tips dan Trik

Bila kamu memiliki tipe wajah kombinasi normal-berminyak seperti saya, kamu tidak perlu mengaplikasikan bedak pada setiap sudut wajah, lho. Cukup aplikasikan bedak pada area yang paling rentan memproduksi minyak saja. Hal ini demi menghindari terjadinya cakey, terutama kala memadukannya dengan produk makeup lain.

Selain itu, daripada mengaplikasikan dengan puff, pengulasan bedak dengan brush akan mengantarkan pada tampilan kompleksi yang lebih natural.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Purbasari Oil Control Matte 2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jangan terkejut kala mengetahui bahwa bedak ini hanya dibanderol dengan harga di bawah Rp20.000. Sangat ekonomis sekali, bukan? Purbasari Oil Control Matte Powder ini juga mudah ditemukan di pasaran baik offline maupun online. Pokoknya, bila mencari produk yang affordable dan mudah ditemukan, kamu bisa mengandalkan Purbasari.

Kesimpulan

Review Purbasari Oil Control Matte 3

Saya cukup jatuh hati dengan bedak ini. Saya masih tidak menyangka bahwa Purbasari berani menawarkan produk ini dengan harga yang affordable dengan kemampuan yang cukup bekerja baik pada wajah saya. Tentu saja saya akan repurchase bedak ini bila sudah habis.

Pros

  • Ringan, cocok digunakan sehari-hari atau sebagai setting powder
  • Tampilan akhir matte dan natural
  • Ketahanan 4-5 jam
  • Cukup baik menahan minyak
  • Tidak membuat wajah kering
  • Mencerahkan tampilan kompleksi
  • Membuat wajah tampak segar dan lembut
  • Ada kandungan UV filter, meski tetap sebaiknya menggunakan sunscreen tambahan
  • Super affordable

Cons

  • Luntur bila terkena air
  • Tidak memiliki kemampuan coverage

Begitulah ulasan saya tentang Purbasari Oil Control Matte Powder. Bedak ini memang sangat baik dalam menawarkan tampilan akhir matte yang melembabkan meskipun tanpa coverage apapun. Saya pribadi akan menggunakan produk ini sebagai bedak harian karena teksturnya yang sangat ringan cocok digunakan untuk daily use.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram