kamini.id

Beauty Terms - D

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Damp

Damp

Dalam bahasa Indonesia berarti lembap. Kondisi basah namun sudah tidak lagi mempunyai tetesan air.

Dandruff

Dandruff

Istilah dalam bahasa inggris untuk menyebut ketombe

Dark-Circle.

Dark Circle

Area bawah mata yang berwarna gelap, atau populer disebut sebagai lingkar hitam juga mata panda. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah pada area tersebut membesar.

Penyebabnya bisa dikarenakan faktor genetik, hormonal, gaya hidup juga karena obat-obatan tertentu. Terkadang disebut juga sebagai dark undereye.

Dark Skintone

Dark Skintone

Warna kulit gelap. Warna kulit satu ini kaya akan pigmen melanin terutama eumelanin.

Dark Spots

Dark Spots

Istilah lain untuk menyebutkan flek hitam pada kulit. Biasanya terjadi akibat pigmentasi karena paparan sinar matahari dan penuaan.

DD Cream

DD Cream

Singkatan dari Daily Defense Cream atau Dynamin Do-All Cream. Krim yang dirancang untuk melembabkan, melindungi, serta merawat kulit. Produk ini juga menawarkan manfaat coverage meski tidak setinggi BB cream dan foundation.

DD cream biasanya memiliki kandungan pelembab, tabir surya, dan antioksidan yang tinggi. Produk ini juga biasanya dirancang untuk penggunaan harian.

Decolletage

Decolletage

Area antara leher dan payudara. Tampak ketika menggunakan baju dengan garis leher yang dramatis dan menukik.

Decyl Glucoside

Decyl Glucoside

Surfaktan yang diambil dari kelapa. Biasanya ditemukan pada produk pembersih dan shampoo yang diproduksi brand kecantikan ramah lingkungan. Bahan ini juga sangat lembut sehingga cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Deep Cleansing Facial

Deep Cleansing Facial

Perawatan kulit paling dasar yang dapat melibatkan beberapa step diantaranya eksfoliasi, penggunaan masker wajah, pembersihan wajah, pijat wajah, uap wajah, dan penggunan pelembab. Step-step dalam perawatan kulit ini juga disesuaikan dengan jenis kulit.

Deep Wrinkles

Deep Wrinkles

Kerutan yang nampak dalam, bahkan terlihat seperti celah. Kerutan seperti ini biasanya terlihat pada area mata, mulut, dan leher.

Dehidrasi

Dehidrasi

Dalam dunia kecantikan, dehidrasi sering dikaitkan dengan kondisi kulit yang kering karena kekurangan kadar kelembaban dan air. Arti dehidrasi sendiri adalah kekurangan cairan.

Demineralized Water

Demineralised Water

Air yang bebas kandungan mineral dan ion garam. Air jenis ini dimurnikan dengan proses khusus untuk menjaga kandungan nutrisi di dalamnya.

Dental Veneer

Dental Veneer

Merupakan prosesur medis untu memperbaiki tampilan gigi dengan cara menempelkanveneer pada bagian depan gigi. Vaneer sendiri umunya terbuat dari resin atau porselen dan juga akan menempel sacara permanen pada gigi.

Vaneer dapat digunakan untuk memperbaiki masalah gigi seperti gigi bernoda yang tidak dapat diputihkan dengan prosedur pemutihan.

Depilate

Depilate/ Depilasi

Nama lain dari hair removal, atau prosedur penghilangan rambut pada tubuh. Depilasi hanya menghilangkan bulu atau rambut pada bagian permukaan kulit saja, sehingga tidak menganggu bagian rambut yang masih tertanam dalam kulit.

Depilasi dilakukan dengan mencukur, menggunting, dan menghancukan batang rambut di permukaan kulit.

Depilatory

Depilatory

Bahan yang digunakan untuk melakukan depilasi. Bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai depilatory adalah garam dari asam tioglikolat dan asam tioglikolat. Senyawa-senyawa ini dapat memutus ikatan antar keratin pada rambut.

De-pot

De-pot/ Depot

Praktik memindahkan produk makeup seperti blush, lipstik, atau eyeshadow dari wadah aslinya ke wadah lain yang lebih praktis. Contohnya adalah memindahkan sisa produk lipstik yang tinggal sedikit ke dalam palette khusus untuk menciptakan costum palette sendiri.

Dermabrasi

Dermabrasi

Prosedur pembentukan permukaan kulit menggunaan alat khusus dengan cara membuang lapisan terluar dari kulit. Permukaan kulit yang tumbuh kembali biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus.

Prosedur ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka juga untuk mengurangi keriput. Akan tetapi, prosedur ini perlu dilakukan dibawah pengawasan ahli.

Dermarolling

Dermarolling

Nama lain dari microneedling atau collagen induction yaitu praktik menusuk kulit berulang kali dengan jarum-jarum kecil menggunakan alat yang dinamkanan dermaroller.

Teknik ini dimaksudkan untuk merangsang pembentukan elastin dan kolagen, memperbaiki tekstur kulit, memudarkan bekas jerawat dan membuat kulit dapat menyerap produk agar lebih optimal.

Dermatitis

Dermatitis

Istilah medis dari iritasi kulit. Kondisi ini terjadi dalam berbagai bentuk. Biasanya melibatkan gatal-gatal, kulit yang kering, ruam pada bengkak, atau kulit memerah.

Dermatologically Tested

Dermatologically Tested

Label yang biasanya ditemukan pada produk kosmetik. Produk dengan label ini menandakan bahwa produk tersebut telah melalui beberapa tahapan uji, meski uji yang dilakukan akan bervariasi tanpa ada standar. Label ini juga menandakan bahwa produk tersebut berada di bawah pengawasan ahli kulit.

Dermatologist

Dermatologist/ dermatology

Istilah lain untuk ahli kulit atau dokter kulit. Dermatologist memiliki pengetahuan lebih mendalam mengenai kulit dibandingkan dokter biasa. Mereka juga dapat memberikan diagnosa serta racikan pengobatan untuk berbagai masalah kulit.

Dermis

Dermis

Lapisan dibawah epidermis. Kulit memiliki dua lapisan utama, yaitu epidermis dan dermis. Epidermis merujuk pada lapisan kulit terluar, sedangkan dermis adalah lapisan yang lebih dalam dibandingkan epidermis.

Dalam dermis terdapat pembuluh darah, jaringan ikat, kelenjar minyak dan keringat, folikel rambut, saraf, serta struktur lainnya. Pada lapisan ini juga terdapat kolagen dan serat elastin.

Dermocosmetic

Dermocosmetic

Produk yang menggabungkan fungsi produk kecantikan dengan kesehatan kulit. Produk satu ini tak hanya menyempurnakan tampilan namun juga memberikan manfaat tersendiri bagi penggunanya.

Dermocosmetic biasanya menggunakan pendekatan medis dalam formulasi maupun pembuatannya. Produk jenis ini umumnya diaplikasikan pada kulit, rambut, serta kulit kepala.

Desmosomes

Desmosomes

Kompleks protein perekat yang berfungsi untuk mempertahankan struktur jaringan. Dalam kulit, desmosome berperan sebagai perekat antar sel-sel kulit. Ketika sel-sel kulit mulai menua dan mati, desmosome juga akan ikut hancur.

Desquamation

Desquamation/ Deskuamasi

Peluruhan sel-sel kulit permukaan atau pengelupasan epidermis yang dapat terjadi secara alami maupun karena eksfoliasi.

Detox

Detox

Istilah populer dari detoksifikasi, yaitu proses pembuangan toxin atau racun dari dalam tubuh. Pada kulit, detox bermanfaat untuk meremajakan sehingga tampilannya akan lebih muda dan berseri.

Dewy

Dewy

Kondisi kulit atau tampilan makeup yang tampak sehat, berkilau sehat, serta segar seperti embun pagi (morning dew). Tampilan dewy ini tidak pernah terlihat seperti kilang minyak meskpun merupakan kebalikan dari matte.

Diffuser

Diffuser

Diffuser memiliki arti alat yang dapat menyebarkan sesuatu pada area yang luas. Pada pemakaian minyak essensial, difusser berfungsi menyebarkan aroma ke seluruh ruangan.

Sementara pada produk pengering rambut, diffuser berfungsi untuk menyebarkan aliran udara agar tidak terlalu kuat namun efektif untuk mengeringkan rambut.

Dihydroxyacetone

Dihydroxyacetone

Salah satu karbohidrat alami yang juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

Dimethicone

Dimethicone

Sejenis silikon yang berfungsi memberikan hidrasi dan melindungi kulit. Dimethicone biasanya ditemukan pada pelembab oil-free.

Dipalmitoyl Hydroxyproline

Dipalmitoyl Hydroxyproline (DPHP)

Merupakan asam amino kolagen dari tumbuhan dan memiliki fungsi untuk melembabkan, mengencangkan dan melawan tanda-tanda penuaan.

Discoloration

Discoloration

Istilah untuk menyebutkan perubahan warna yang terjadi pada kulit. Perubahan warna kulit ini dapat disebabkan karena peradangan, infeksi, alergi atau perubahan tingkat produksi pigmen warna kulit (melanin).

DIY

DIY

Singkatan dari Do it Yourself, yang biasanya digunakan untuk membuat sesuatu sendiri tanpa bantuan dan pengawasan ahli atau profesional.

DNA Repair Enzymes

DNA Repair Enzymes

Enzim yang mengenali dan memperbaiki kerusakan fisik dari DNA yang dapat terjadi karena sinar UV, radiasi atau spesi oksigen reaktif akibat radikal bebas. Bahan ini bisa mengatasi permasalahan kulit seperi garis halus, noda hitam, hingga kanker kulit.

Doe Foot Applicator

Doe Foot Applicator

Aplikator berbentuk agak meruncing dan sedikit menukik dengan bantalan lembut. Jenis aplikator ini biasanya digunakan untuk produk lip cream, liquid lipstick, lips gloss atau liquid blush.

Domed Brush

Domed Brush

Kuas yang biasanya terbuat dari campuran antara serat sintetis dengan serat bulu domba. Kuas ini biasanya digunakan untuk aplikasi eyeshadow, shimmer powder, highlight dan bronzer. Domed brush juga tersedia dalam berbagai ukuran.

Double Cleansing

Double Cleansing

Metode membersihkan wajah dua langkah dengan dua pembersih berbeda yang populer dalam perawatan wajah orang Korea. Pembersih wajah yang biasanya digunakan adalah oil-based pada langkah pertama dan water-based pada langkah kedua.

Langkah ini diyakini efektif untuk membersihkan wajah dari makeup, sunscreen, kortoran dan polutan. Bahkan dapat mencegah terjadinya penyumbata pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Double Toning

Double Toning

Metode penggunaan dua toner dalam rangkaian perawatan wajah harian. Toner yang digunakan biasanya adalah exfoliating toner yang kemudian dilanjut dengan hydrating toner.

Metode ini berfungsi untuk memaksimalkan fungsi ideal toner yaitu menyeimbangkan pH kulit, mengangkat sel kulit mati, memberikan hidrasi dan kelembaban, serta mempersiapkan kulit agar dapat menyerap produk yang digunakan selanjutnya.

Langkah ini ditempuh karena umumnya produk toner yang beredar di pasaran tidak memenuhi keseluruhan fungsi tersebut.

Dragon brows

Dragon brows

Tren alis yang menampilkan bentuk alis menyerupai tubuh seekor naga. Tampilan alis ini dilakukan dengan cara membentuk alis menjadi enam buah segitiga kecil menggunakan kuas atau spoolie kemudian dikunci menggunakan gel rambut atau lem bulu mata.

Draping Makeup

Draping Makeup/Technique

Teknik countouring menggunakan blush. Bila biasanya teknik contouring menggunakan ilusi gelap dan terang, teknik ini menggunakan blush untuk membuat ilusi tersebut dan membuat tampilan terlihat lebih halus, segar, serta natural.

Drugstore

Drugstore

Toko-toko tempat membeli obat-obatan, kosmetik, makanan, minuman dan lainnya.

Dry

Dry

Kondisi yang kering, kekurangan kelembaban.

Dry Brushing

Dry Brushing

Teknik menyikat tubuh menggunakan sikat berbulu halus. Teknik ini bermanfaat untuk eksfoliasi, membersihkan pori-pori, mengurangi selulit, dan membantu detoksifikasi.

Dry Shampoo

Dry Shampoo

Jenis sampo bertekstur bubuk yang biasanya digunakan tanpa pembilasan. Sampo ini sangat praktis digunakan untuk mengatais rambut lepek dan berminyak tanpa perlu keramas.

Dull Skin

Dull Skin

Istilah untuk menyebutkan kulit yang kusam

Duo Fibre Brush

Duo Fibre Brush

Kuas dengan dua jenis serat berbeda, biasanya serat bulu kambing dan serat sitetis. Umumnya kuas ini memiliki bulu berwarna lebih gelap dan lebih padat pada dasarnya, dan bulu halus berwarna lebih terang yang memanjang hingga bagian atas.

Kuas ini dapat digunakan untuk aplikasi foundation cair, blush, bronzer, bedak dan highlighter untuk hasil yang lebih lembut dan sheer.

Dupe

Dupe

Kependekan dari duplicate (duplikasi). Istilah yang digunakan untuk menyebut produk alternatif dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitas hampir sama meski datang dari brand berbeda.

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram