Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream

Ditulis oleh Syuri

Penggemar kosmetik dan skincare Korea Selatan merapat! Kamu pasti tahu, dong, sama the SAEM? Merk yang satu ini lebih banyak mengeluarkan produk perawatan kulit dibandingkan kosmetik, tapi dua-duanya memiliki kualitas yang bagus. Baik makeup dan skincare the SAEM memiliki produk unggulannya masing-masing.

Tapi, ada satu hal yang jelas, bahwa semua produk the SAEM terinspirasi oleh langit, tanah, angin, awan, sinar matahari, air, pohon, dan bunga dimana pun di dunia. the Saem sangat peduli pada lingkungan! Sebenarnya, dari nama the SAEM pun sudah terlihat jelas, karena saem berarti fountain atau spring dalam bahasa Korea.

Nama the SAEM juga memiliki referensi simbolis yang berarti sumber kebijaksanaan, ide, aset, dan inspirasi yang tak henti-hentinya. Nama tersebut juga mengacu pada pencarian the SAEM untuk menemukan dan mengumpulkan aset kecantikan tersembunyi yang dimiliki alam.

the SAEM percaya untuk memanfaatkan kekayaan alam dan mengembalikannya kembali, karena alam adalah warisan manusia yang paling berharga.

the SAEM membuka toko pertama di Myeong-dong, Seoul, Korea Selatan pada tahun 2010. Terhitung pada tahun 2019, merk ini telah memiliki 400 toko domestik (Korea Selatan) dan di luar negeri seperti Amerika Serikat, Thailand, Hong Kong, Kazakhstan, Kamboja, Rusia, Jepang, dan Indonesia.

Nah, sekarang tim Kamini mau mengulas salah satu produk skincare the SAEM, lebih tepatnya sebuah pelembab wajah yang bernama the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream. Langsung saja simak sampai akhir ulasannya, ya!

Tentang Produk

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 1

the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream adalah sebuah pelembab yang diformulasikan dengan 30% kolagen. Pelembab ini akan memberikan elastisitas dan nutrisi ke kulit kamu. Semua berkat ekstrak baobab yang bekerja secara intens untuk memberikan hidrasi penuh pada kulit.

Klaim & Benefit

Produk ini mengandung Marine Collagen (Kolagen Laut) yang diambil dari laut Deep Clean. Zat ini sangat kaya akan kolagen. Collagen ini terdiri dari berbagai asam amino yang merupakan sumber penting dari kulit yang sehat dan awet muda. Kolagen Laut juga akan memberikan kilau dan hidrasi mendalam, sambil meningkatkan kekuatan dan kekencangan kulit.

Kemasan

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 3

the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream datang dengan kemasan luaran seperti ini. Dusnya tipis dengan tulisan hangul (Korea), Cina, dan Inggris. Tapi, ada juga bahasa Inggrisnya yang terdiri dari penjelasan produk, cara pakai, dan ingredients yang walau bukan bahasa Inggris tapi bisa dimengerti.

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 5

Di dalam box ada pelembab dalam kemasan jar yang sangat besar seperti ini. Kemasannya terbuat dari plastik yang kokoh dan tebal. Isi pelembab ini 100 ml. Saya pikir bakal sebesar genggaman tangan saja, ternyata yang datang malah kemasan jumbo, sehingga menjadikannya kurang travel friendly.

Bentuk jar-nya sangat simpel, bundar dengan tutup putar, terkesan seperti kemasan jadoel. Bodi kemasannya warna krem dan tutupnya warna hitam. Tulisan di kemasan hanya nama brand dan hangul lainnya. Lalu, di bagian bawah ada tanggal kadaluwarsanya. Jadi, kalaupun box-nya kamu buang, kamu masih bakal tahu kapan krim ini sudah tak layak dipakai lagi.

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 7

Saya selalu suka kemasan pelembab (atau produk jar apapun itu) yang ada lapisan penutupnya seperti ini. Terkesan lebih higienis dan tentunya jadi lebih rentan tumpah. Walau ada kurangnya juga dari the SAEM.

Mereka memberikan sekat seperti ini sudah bagus, tapi lupa memberi spatulanya. Jadi, tetap saja kita harus menggunakan jari kita secara langsung. So, pastikan tanganmu bersih setiap kali mau menggunakan krimnya.

Ingredient List

Sekarang mari masuk ke pembahasan kandungan di dalam the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream. Tentunya krim pelembab wajah ini mengandung Baobab dan Collagen, atau Baobab Collagen? Pokoknya langsung saja dilihat daftar kandungannya di bawah ini.

  • Full Ingredients

Purified water. Hydrolized collagen extract (30%). glycerin. Caprylic / capric triglyceride. Stearic acid. Cetyl alcohol. Coconut oil. Glyceryl stearate. PEG-100 stearate. Dimethicone. Hydrolized baobab tree extract (1,000 ppm). Hatchery extract. Butylene glycol. Polysorbate 60. Carbomer. Xanthan gum. Disodium EDTA. Potassium hydroxide. Clofenine. Phenoxyethanol. Flavor.

  • Key ingredients

Oke, setelah dilihat dari ingredient list di atas, kita jadi tahu kalau krim pelembab ini mengandung Ekstrak Pohon Baobab dan Ekstrak Kolagen. Saya jarang menemukan produk perawatan kulit yang menggunakan ekstrak dari pohon baobab, karena kebanyakan menggunakan bentukan oil-nya. Tapi, sepertinya untuk manfaat kurang lebih sama.

Sebuah uji klinis menemukan bahwa (minyak) baobab dapat membantu mengatasi jerawat. Semua karena asam linoleat yang tinggi di dalamnya, yaitu sejenis asam lemak Omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga minyak baobab dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, iritasi, dan pembengkakan (mengobati jerawat).

Kolagen bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang, kenyal dan halus. Kolagen juga meningkatkan elastisitas, yang akan mengurangi munculnya stretch mark. Ketika datang ke kemampuan kolagen, tentu orang-orang akan memuji kemampuannya untuk mengurangi tampilan selulit.

Tapi, karena kandungan Ekstrak Kolagen ada di pelembab ini, mungkin bukan mengurangi selulit, ya, tapi bisa disimpulkan kalau produk ini bisa membantu mengencangkan, menghaluskan, dan mengenyalkan kulit, juga mengurangi tampilan kerutan dan bekas luka.

Sayangnya, ada beberapa kandungan yang agak kurang baik untuk kulit. Seperti Stearic Acid yang bersifat surfaktan, kontrol viskositas, pengemulsi, tapi juga bisa menyebabkan jerawat.

Cocos Nucifera Oil bahkan lebih tinggi lagi dalam menyebabkan jerawat. Fungsi utama kandungan ini adalah sebagai penambah aroma, pengkondisi kulit, pelembab, emolien, dan merupakan kandungan yang baik karena didapat dari ekstrak tumbuhan.

Tapi, kandungan ini bisa diam di kulit, alias tertinggal dan menjadikan pori-pori kulit tersumbat. Itulah yang memicu jerawat, bukan? Jadi, beberapa kandungan di dalam pelembab ini kontradiksi; ada yang menyebabkan jerawat tapi juga menyembuhkannya. Kombinasi yang membingungkan.

Impresi

Saya tidak memiliki kulit acne-prone, jadi saya tidak terlalu khawatir dengan the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream walau dengan semua informasi akan kandungan itu. We'll see!

Tekstur & Swatch

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 9

Tekstur the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream ini seperti pelembab wajah kebanyakan. Bertekstur seperti losion yang sangat creamy dan berwarna putih, krim ini sangat mudah diratakan dan juga meresap dengan cepat di kulit. Setelah meresap, saya merasa kulit saya agak adem walau sensasi itu hanya sangat sebentar saja.

Wangi

Ada sedikit aroma dari krim tapi tak sampai mengganggu. Aromanya segar, seperti bunga atau tumbuhan.

Daya Tahan dan Performa

Now, the moment of truth! Mari kita lihat bersama-sama kekuatan the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream. But first, cara menggunakannya dulu yang akan saya beri tahu.

Cara Pemakaian

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 11

Oleskan pelembab ke bagian besar wajahmu, seperti dahi, pipi, dagu, dan hidung. Lalu, sebarkan dengan baik hingga merata ke seluruh wajah. Jangan lupakan lehermu juga! Kamu bisa menggunakan pelembab ini saja (ditambah SPF jika kamu mau ke luar rumah), atau langsung dilanjut dengan makeup.

Hasil

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 13

Ini adalah kondisi kulit saya sebelum mencoba the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream. Saya memiliki tipe kulit dry. Jadi, saat normal pun kulit saya kering. Ada masa-masa tertentu di mana kulit saya jadi super kering, biasanya pada pertengahan tahun. Mungkin karena cuacanya begitu panas dan mataharinya lebih terik.

Dan, saat ini adalah waktu di mana kulit saya sedang kering-keringnya. Pori-pori kulit saya membesar, kulit memerah di beberapa area, tekstur kulit seperti 'bertambah', ya masalah kulit kering pada umumnya. Itulah kenapa saya sangat tak sabar mencoba pelembab ini.

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 15

Ini adalah kondisi kulit saya setelah satu kali pemakaian the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream. Saya merasa kulit saya langsung sedikit lebih tenang. Kulit saya yang bertekstur jadi terasa lebih halus, pori-pori besar saya terlihat saru. Intinya, kulit saya terasa lebih lembab dalam satu kali pemakaian.

Tapi, bisa dilihat kalau pelembab ini tidak memberikan hasil matte. Waktu untuk pelembabnya benar-benar meresap masuk tanpa bayang-bayang di atas kulit pun cukup lama. Kalau kamu langsung timpa dengan makeup, sih, tidak ada masalah. Saya yang diam saja di rumah pun tidak merasakan masalah yang berarti. Mungkin ini bisa menjadi minus point untuk kulit berminyak.

Yang saya khawatirkan dari pelembab ini adalah, akan luntur saat terkena keringat atau air (saat wudhu). Karena pelembabnya membayang di kulit saya dalam waktu yang cukup lama. Sebenarnya pelembab ini sudah meresap, tapi masih tersisa di kulit saya. Jadi saya sudah siap-siap membasuh mata dengan air dan juga menyiapkan obat tetes mata.

Karena saya sudah sering mengalami produk-produk yang masuk ke mata, seperti tabir surya atau bedak yang luntur karena air. Dan, itu sangat tidak nyaman. Tapi, pelembab the SAEM ini sama sekali tidak menyakiti mata saya!

Memang, saya merasa ada lapisan pelembab yang luruh dan mungkin masuk ke mata saya juga saat saya wudhu. Tapi, tidak ada 'bayangan' mengganggu di mata saya dan mata saya juga tidak terasa perih.

Kesimpulan

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 17

Saya sudah beberapa bulan menggunakan the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream, dan pelembab ini tidak pernah habis. Bahkan tidak berkurang sampai 3/4 kemasannya, loh. The perks of having a very big jar! Saya suka sekali dari segi value-nya.

Sayangnya, untuk kulit saya yang sedang kering parah, pelembab ini tidak terlalu membantu. Pelembab ini bertahan hingga siang hari atau bahkan sebelum tengah hari. Lalu saya kembali merasakan kulit saya yang kering gersang dan butuh asupan pelembab lagi.

Tapi, jika saya memakai pelembab ini saat kulit saya sedang kering-normal bukan kering-banget, this product does wonder. Pelembab ini cukup melembabkan kulit saya seharian dan melembekkan dry patch tanpa memunculkannya lagi. Good one!

Pros

  • Harganya kurang masuk akal untuk isi yang sangat banyak, menurut saya the SAEM sangat humble dalam melabeli harga produk ini
  • Kemasannya kokoh, besar, dan simpel
  • Memiliki sedikit aroma yang menyenangkan
  • Pelembab yang memberikan hasil kulit lebih moist dalam waktu singkat
  • Seiring pemakaian membuat kulit jadi lebih supple dan lembut
  • Entah kenapa tapi saya merasa pori-pori kulit saya tampak mengecil setelah rutin menggunakan pelembab ini

Cons

  • Tidak travel-friendly
  • Tidak dilengkapi spatula
  • Kurang bisa menghidrasi kulit yang sedang sangat kering
  • Mengandung bahan-bahan yang risky

Harga

Review Pelembab the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream 19

the SAEM Care Plus Baobab Collagen Cream ini dijual hanya dalam satu versi kemasan saja, yaitu jar 100 ml. Karenanya, pelembab ini lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang untuk pemakaian di rumah saja, alih-alih untuk dibawa bepergian.

Eitherway, saya suka produknya. Moisturizer ini dapat melembabkan kulit dengan baik walau tidak 'maksimal'. Apa kamu menyukai pelembab ini juga?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram