kamini.id

Beauty Terms - A

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
AA CreamSumber: more.com

AA Cream

AA merupakan singkatan dari anti-aging. Krim satu ini membantu memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan pada wajah seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik hitam. Kandungan bahan-bahan anti-penuaan dalam krim ini sangatlah tinggi.

abrasive

Abrasive

Bahan yang dapat menyebabkan pengikisan atau penipisan. Pada skincare, abrasive digunakan dalam produk-produk yang memiliki kemampuan untuk menghaluskan permukaan terluar kulit sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati.

Sedangkan pada perawatan kuku, abrasive digunakan untuk memperhalus permukaan luar kuku. Abrasive juga bisa merujuk pada kata sifat yang berarti pengikisan atau penipisan.

Acai

Acai

Pohon palem asli dari Amerika Tengah dan Selatan yang memiliki buah sejenis berry berwarna ungu tua. Buah Acai ini sangat kaya akan antioksidan sehingga ekstraknya sering digunakan pada produk perawatan kulit ataupun suplemen. Kandungan antioksidan pada buah ini dua kali lebih banyak dari blueberry dan hampir sepuluh kali dari anggur.

acetic acid

Acetic Acid

Merupakan komposisi utama dalam cuka. Acetic acid atau asam asetat tidak terbatas penggunaannya pada produk makanan saja. Pada produk perawatan kulit, asam asetat bisa ditemukan pada toner.

acid mantle

Acid Mantle

Lapisan sangat halus dan sedikit asam yang terletak pada permukaan kulit manusia. Lapisan ini berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan sebagai pelindung dari bakteri, virus, serta kontaminan lainnya yang dapat menembus kulit dan menyebabkan masalah kulit.

Lapisan sangat halus dan sedikit asam yang terletak pada permukaan kulit manusia. Lapisan ini berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan sebagai pelindung dari bakteri, virus, serta kontaminan lainnya yang dapat menembus kulit dan menyebabkan masalah kulit.

acidic

Acidic /Asam

Memiliki pH (nilai keasaman) kurang dari 7 yang berarti bersifat asam. Bila kulit memiliki pH terlalu asam, kulit menjadi rentan teriritasi.

acne

Acne

Istilah populer dari jerawat yang merupakan benjolan hasil inflamasi karena penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel-sel kulit mati dan bakteri.

acne scars

Acne Scar

Bekas jerawat yang biasanya berupa pori-pori berlubang, membesar atau bopeng pada kulit wajah.

Acne spot treatment

Acne Spot Treatment

Produk perawatan jerawat yang biasanya dikemas dalam tekstur gel atau krim dan diaplikasikan langsung pada jerawat. Produk ini memiliki kandungan bahan anti-jerawat yang tinggi, sehingga hanya boleh digunakan pada titik-titik jerawat saja.

acne-prone

Acne-Prone

Jenis atau keadaan kulit yang rentan mengalami jerawat karena pori-pori yang mudah tersumbat dan mudah mengalami penumpukan bakteri.

acrylates

Acrylates

Kandungan dalam produk kosmetik dan biasanya sering ditemukan pada cat kuku dan lem bulu mata palsu. Bila terhirup dalam jumlah banyak bahan ini dapat bersifat racun dan membahayakan kesehatan.

Acrylonitrile Butadiene Styrene

Acrylonitrile Butadiene Styrene

Memiliki pH (nilai keasaman) kurang dari 7 yang berarti bersifat asam. Bila kulit memiliki pH terlalu asam, kulit menjadi rentan teriritasi.

activated charcoal

Activated Charcoal

Merupakan karbon yang telah diberi perlakuan khusus untuk meningkatkan kemampuan penyerapannya (absorbensi). Dalam dunia kecantikan activated charcoal dapat menyerap kotoran dan minyak hingga ke dalam pori-pori. Bahan ini kemudian akan ikut hanyut dalam air ketika dibilas.

Active Ingredients

Active Ingredients

Merupakan bahan-bahan kimia yang memberikan manfaat dalam produk kosmetik. Bahan kimia ini juga sudah teruji di lab memberikan manfaat atau perubahan ketika digunakan pada kulit. Selain disebut active ingredients atau bahan aktif, banyak juga yang menyebutnya sebagai ‘actives’.

Acupressure

Acupressure / Akupresur

Metode pengombatan alternatif dari Tiongkok yang mirip dengan akupuntur. Tetapi akupresur tidak melibatkan penggunakan jarum melainkan dengan teknik pemijatan pada beberapa titik tubuh menggunakan jemari, siku, ataupun dengan alat khusus.

Adenosine

Adenosine

Kandungan yang terdapat dalam semua organisme hidup. Bahan ini memiliki peran dalam mengatur peredaran darah dan menyediakan energi bagi sel. Ketika diaplikasikan secara topikal (oles), bahan ini dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit, memperbaiki kerusakan akibat matahari, dan menghilangkan kerutan.

studio photography of two emplastic tube tips and flowing glue

Adhesive

Bahan perekat. Kandungan dalam produk yang dapat merekatkan dua atau lebih permukaan benda ataupun zat.

Aegyo Sal

Aegyo Sal

Kantung mata buatan yang membuat wajah terlihat lebih segar dan muda. Kantung mata ini bisa dibuat dengan penggunaan makeup atau dengan jalan operasi. Aegyo sal juga merupakan tren tersediri di Korea Selatan karena dapat membuat senyum semakin terlihat manis.

Aftershave

Aftershave

Produk yang diaplikasikan pada kulit setelah bercukur untuk menenangkan kulit. Produk ini memiliki kandungan antispetik dan pereda iritasi.

age spot

Age Spot

Bintik berwarna gelap dan berukuran kecil pada kulit. Age spot merupakan tanda pigmentasi kulit akibat kelebihan produksi melanin (pigmen warna kulit) yang biasanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet berlebih.

AHA (Alpha Hydroxy Acid)Sumber: pexels.com

AHA (Alpha Hydroxy Acid)

Bahan kimia yang berfungsi sebagai exfoliant karena dapat meluruhkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. AHA bekerja dengan cara melongarkan cairan yang mengikat sel-sel pada permukaan kulit sehingga sel kulit mati menjadi mudah terangkat.

AHA sangat baik digunakan bagi pemilik kulit kasar, garis halus, dan kering karena dapar mempercepat proses pembaharuan kulit dan memberikan hidrasi.

Akan tetapi kandungan satu ini juga meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar UV. Maka dari itu, sangat tepat bila penggunaan AHA dibarengi dengan pemakaian sunscreen. Beberapa contoh Alpha Hydroxy Acid yang biasa ditemukan dalam kosmetik adalak glycolic acid, citric acid dan lactic acid.

Air Brush Makeup

Airbrush Makeup

Merupakan teknik mengaplikasikan makeup pada wajah dengan disemprot menggunakan batuan alat khusus yang dinamakan airbrush gun. Teknik ini konon dapat menutupi ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat, keriput, dan bintik hitam lebih baik.

Airbrush Makeup dapat digunakan untuk mengaplikasikan alas bedak, blush, shading, eyeshadow dan lainnya dengan mudah dan lebih merata dibandingkan dengan penggunaan spons atau aplikator konvensional lainnya.

alas bedak

Alas Bedak / Foundation

Produk yang dapat menutupi dan menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah seperti warna kulit tak merata, noda hitam, bekas jerawat atau kulit yang kasar.

Albino

Albino

Kondisi dimana seorang invividu kekurangan pigmen baik pada kulit, mata atau rambut. Sehingga menjadikan kulit, mata, dan rambut di tubuhnya tampak putih pucat.

Alergi

Alergi

Kondisi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak normal terhadap zat asing. Batuk, bersin, gatal-gatal, sesak, atau timbul kemerahan pada area tertentu adalah reaksi alergi yang paling sering terjadi.

Alfalfa

Alfalfa

Tumbuhan yang digunakan sebagai bahan kesehatan dan kecantikan karena mengandung vitamin K, C, asam folat dan mangan. Tanaman ini juga biasanya digunakan sebagai pakan ternak.

acidic

Alkaline / Basa

Memiliki pH (nilai keasaman) lebih dari 7-14 yang berarti bersifat basa. Kebalikan dari asam. Ketika kulit memiliki pH terlalu basa, kulit akan menjadi kering, teriritasi, timbul inflamasi dan rentan timbul kerutan.

Alkaline Diet

Alkaline Diet / Diet Alkaline

Pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bersifat alkali (basa) seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan utuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan-makanan dalam alkaline diet juga cenderung rendah kalori.

Alkohol

Alkohol

Bahan kimia yang biasa digunakan dalam produk kosmetik. Beberapa jenis alkohol yang umumnya digunakan adalah isopropyl alcohol, cetyl, stearyl, dan cetearyl alcohol. Pada produk perawatan kulit, alkohol sangat baik dalam membantu penyerapan kandungan bahan lainnya pada kulit.

Akan tetapi beberapa jenis alkohol terutama yang kadarnya tinggi dapat membuat kulit terasa kering karena sifatnya yang mudah menguap. Kamu perlu menghindari kandungan SD alcohol, denaturated alcohol (alkohol terdenaturasi), dan isopropyl alcohol bila tidak ingin kulit terlalu kering.

Sedangkan cetyl, strealyl dan cetearyl alcohol merupakan jenis alkohol-asam lemak yang lebih bersahabat dengan kulit kering karena tidak akan mengiritasi.

allantion

Allantoin

Salah satu bahan kimia yang dapat menenangkan kulit, melembabkan, dan mendorong pergantian sel. Allantoin bahkan dapat digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Allergen

Allergen

Bahan atau zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi

Almond OilSumber: pixabay.com

Almond Oil

Minyak yang diekstrak dari kacang almond. Minyak ini kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Minyak almond juga dapat melembabkan, mengurangi inflamasi, dan memperbaiki kulit kering.

Aloe Barbadensis Leaf ExtractSumber: pixabay.com

Aloe Barbadensis Leaf Extract

Istilah lain untuk ekstrak lidah buaya yang sangat bermanfaat untuk rambut dan kulit. Ekstrak lidah buaya sangat baik dalam menenangkan dan menyembuhkan kulit.

aloe veraSumber: pixabay.com

Aloe Vera

Nama ilmiah dari lidah buaya. Tumbuhan ini memilih pH yang sama dengan kulit sehingga menjadikannya sangat baik digunakan untuk kulit. Aloe Vera kaya akan berbagai vitamin, mineral dan asam amino.

Alpha Lipoic Acid

Alpha Lipoic Acid

Asam lemak ini dapat ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Senyawa ini juga berkontribusi menjadikan kulit terasa halus dan terhidar dari radikal bebas. Alpha lipolic acid bila terdapat dalam produk perawatan wajah berfungsi dalam mengurangi garis-garis halus, mencerahkan, dan sangat baik bila berkolaborasi dengan senyawa antioksidan.

Amino Acid

Amino Acid

Bahan baku pembentuk protein yang juga menyusun kolagen dan elastin. Dalam produk kecantikan, kandungan amino acid (asam amino) dapat memberikan kelembaban dan menjaga amino acids alami dalam tubuh. Pasalnya seiring dengan pertambahan usia dan paparan lingkungan, kandungan amino acids alami tubuh akan semakin berkurang.

Ampoule

Ampoule

Produk perawatan kulit wajah yang merupakan versi kuat dari essence atau serum. Ampoule biasanya memiliki kandungan bahan aktif dengan konsentrasi (kadar) yang lebih tinggi dibandingkan essence atau serum.

Produk ini juga biasanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat populer dalam rutinitas perawaran kulit wanita Korea Selatan.

Angled Brush

Angled Brush

Kuas makeup dengan ujung bersudut miring. Penggunaan kuas ini dimaksudkan untuk mengikuti lekuk wajah yang tidak rata atau untuk memberikan garis tegas. Angled brush biasanya digunakan untuk pengaplikasian foundation, blush, contour, eyeshadow hingga alis tergantung ukuran dari kuas.

Animal Testing

Prosedur yang dilakukan pada hewan untuk menguji efektifitas atau performa suatu produk sebelum dipasarkan pada konsumen.

Animal By-Product

Seluruh atau bagian tubuh hewan yang tidak dikonsumsi oleh manusia. Dalam industri kosmetik animal by-product umumnya mengacu pada bahan atau kandungan yang diperoleh dari hewan. Beberapa kandungan yang merupakan animal by-product adalah allantoin (dari urea sapi) dan beeswax. Produsen menggunakan animal by-product sebagai opsi bahan yang lebih murah dibandingkan dengan bahan dari tumbuhan.

AntibacterialSumber: freepik.com

Antibacterial

Bahan yang dapat melawan pertumbuhan ataupun penyebaran bakteri.

on the table garlic in a bowl and next to vegetablesSumber: freepik.com

Anti-Carcinogen

Bersifat menghalau efek karsinogen (beracun dan menyebabkan kanker)

Anti-OksidanSumber: freepik.com

Antioksidan

Bahan atau zat yang dapat menangkal proses oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas dan menetralisirnya sehingga tidak merusak sel. Antioksidan juga terkandung secara alami dalam tubuh namun berkurang kemampuannya seiring berjalannya usia.

AntiperspirantSumber: pixabay.com

Antiperspirant

Zat atau bahan kimia yang berfungsi untuk menghentikan produksi keringat pada ketiak. Bahan ini bekerja dengan cara memblokir pori-pori pada kulit terluar dan mengurangi produksi keringat yang sampai pada permukaan kulit.

Antiseptik

Antiseptik

Bahan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan kuman

Antosianin

Antosianin

Pigmen berwarna biru, merah, dan ungu-biru dari tumbuhan yang dapat melindungi dari inflamasi dan kerusakan akibat radikal bebas. Saat digunakan dalam produk skincare, antosianin diketahui dapat memperlambat penuaanan kulit akibat kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

AplikatorSumber: freepik.com/

Aplikator

Alat bantu yang digunakan untuk mengaplikasikan produk kosmetik. Aplikator memiliki bentuk dan berbagai ukuran sesuai dengan fungsi pengaplikasian yang ditawarkan.

Apple Cider VinegarSumber: freepik.com

Apple Cider Vinegar

Populer di Indonesia dengan nama cuka apel. Cuka apel merupakan ekstrak gula hasil fermentasi buah apel. Bahan ini sempat populer karena diyakini dapat bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Apple on the CheekSumber: hasna.id

Apple of the Cheek

Istilah populer untuk menyebut area yang terletak pada puncak tulang pipi. Area ini akan nampak jelas ketika seseorang tersenyum.

Aqua PeelSumber: freepik.com

Aqua Peel

Prosedur perawatan wajah untuk menghilangkan tampilan pori-pori dengan pengelupasan menggunakan gel water-based serta alat penyedot yang dapat mengangkat kotoran, komedo, sebum, dan sel kulit mati.

Selama prosedur, kulit juga tetap diberi asupan kelembaban. Perawatan ini juga sering dikombinasikan dengan bahan aktif yang cukup kuat sehingga dapat menjadikan kulit lembab, halus, bersih dan cerah. Aqua Peel merupakan prosedur perawatan yang cukup kenal diantara klinik kecantikan di Korea Selatan.

Arbutin

Senyawa yang menawarkan manfaat antioksidan dan mencerahkan kulit. Senyawa ini diekstraksi dari tumbuhan bearberry. Cara kerja senyawa ini dalam mencerahkan adalah dengan menghalagi aktivitas enzim tironase yang bertanggung jawab dalam produksi pigmen (melanin).

Argan OilSumber: pixabay.com

Argan Oil

Minyak yang diekatraksi dari pohon Argan asal Maroko. Minyak ini selain mudah menyerap juga kaya akan vitamin E yang menjadikannya banyak digunakan oleh produk kecantikan dengan fungsi melembabkan tanpa menyumbat pori, mengurangi tampilan garis halus, hingga menguatkan kuku.

AromaterapiSumber: freepik.com

Aromaterapi

Perawatan penyembuhan baik fisik maupun psikologis menggunakan bahan-bahan aromatik yang biasanya diekstrak dari tumbuhan alami. Jenis aromaterapi yang biasanya digunakan adalah berupa minyak esensial, lilin, hingga sabun yang digunakan dengar cara infusi. Kini aromaterapi juga hadir dalam bentuk cairan oles.

Asam Askorbat

Bahan yang merupakan bentuk topikal dari vitamin C yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta melawan bahaya radikal bebas.

Asam Ferulat / Ferullic Acid

Senyawa antioksidan yang diambil dari tumbuhan. Senyawa ini dapat mengurangi bahaya sinar matahari dan berfungsi untuk menstabilkan vitamin C dan E pada produk perawatan kulit. Senyawa ini juga dapat membantu menangkal bahaya radikal bebas.

asam folatSumber: freepik.com

Asam folat / Folic Acid

Merupakan vitamin B9 yang dapat diperoleh dari berbagai jenis buah dan syuran. Dalam produk kosmetik, asam folat dapat membantu menjaga kesehatan kulit, melawan penuaan kulit terutama kerutan dan garis halus, serta meningkatkan produksi kolagen.

AsetonSumber: freepik.com

Aseton

Pelarut tanpa warna dengan bau menyengat yang khas. Aseton biasanya ditemukan pada produk pembersih kuteks dan bekerja dengan melarutkan molekul polimer dari kuteks.

Ashy

Kondisi dimana ketika warna produk kompleksi seperti foundation, BB cream, CC cream, DD cream, concealer ataupun bedak tidak menyatu dengan warna kulit dan menyebabkan kesan warna yang terlihat abu-abu atau terlalu putih.

Asiaticoside

Salah satu bahan aktif dari tanaman Centella Asiatica. Bahan atau senyawa ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat hingga menyamarkan bekas jerawat.

Astaxanthin

Astaxanthin

Merupakan kelompok karotenoid yaitu pigmen alami warna kuning, oranye atau merah yang biasanya diambil dari hewan laut. Dalam produk kosmetik, astaxanthin dapat memperlambat penuaan kulit serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

AstringentSumber: freepik.com

Astringent

Produk perawatan kulit yang biasanya diaplikasikan setelah membersihkan wajah dan sebelum pemakaian pelembab. Produk ini berfungsi untuk membersihkan sisa kotoran, kelebihan minyak dan mengencangkan pori-pori. Astringent cenderung lebih keras dibandingkan toner, menjadikannya hanya cocok digunakan pemilik kulit berminyak.

Avobenzone

Avobenzone

Bahan kimia yang biasanya ditemukan dalam tabir surya. Senyawa ini dapat menyerap UVA dan mencegah penetrasinya pada kulit. Akan tetapi Avobenzone tidak dapat melindungi dari sinar UVB.

Avocado oilSumber: freepik.com

Avocado oil

Minyak yang diekstraksi dari buah alpukat. Minyak ini kaya akan antioksidan dan bersifat anti-inflamasi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembut, kuat, dan elastis. Minyak alpukat juga bermanfaat untuk kuku dan kulit kepala.

Azelaic Acid

Azelaic Acid

Komponen alami dari gandum dan jelai yang juga terdapat pada kulit manusia. Asam ini dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, menenangkan kulit sensitif serta rosacea hingga meringankan melasma.

AzuleneSumber: phys.org

Azulene

Bahan aktif dari ekstrak chamomile yang memiliki sifat menenangkan. Bahan ini dapat mencegah peradangan bila digunakan dalam dosis kecil serta menyembuhkan dalam dosis yang besar.

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram