10 Produk Skincare Terbaik untuk Bantu Atasi Fungal Acne

Ditulis oleh Siti Hasanah

Fungal acne merupakan kondisi yang diakibatkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur di dalam folikel rambut. Kelenjar sebaceous di dalam kulit menghasilkan minyak yang disebut sebum. Kelenjar ini dapat memproduksi minyak secara berlebihan.

Pori-pori serta folikel rambutmu dapat tersumbat oleh minyak tersebut bersamaan dengan bakteri dan jamur yang secara alami ditemukan di kulit. Bila bakteri dapat menyebabkan jerawat, jamur dapat menyebabkan radang pada folikel rambut.

Fungal acne tidak menjalar, menular atau bukan indikator kebersihan kulit yang buruk. Lalu apa yang menyebabkan munculnya fungal acne? Adakah skincare untuk mengatasi fungal acne? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Penyebab Fungal Acne

Penyebab Fungal Acne

Fungal acne cenderung muncul di waktu yang panas, lembap, dan karena keringat. Bisa juga timbul setelah pengobatan dengan obat-obatan seperti antibiotik dan steroid/prednisone. Selain itu bisa juga diakibatkan penyakit sistemik, seperti diabetes.

Banyak perawatan jerawat bersifat antibakteri, sehingga dapat menghilangkan bakteri pada kulit namun menciptakan lingkungan yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. Dari sinilah fungal acne menyebar.

Bentuk Fungal Acne

Bentuk Fungal Acne

Fungal acne biasanya berbentuk breakout yang cenderung kecil, dengan benjolan merah yang timbul dari folikel rambut. Fungal acne seringkali muncul pada dahi dalam barisan yang simetris, tersebar di pipi dan, kadang-kadang, di punggung atas atau dada bagian atas. 

Fungal acne berbeda dengan jerawat biasa karena kamu tidak akan melihat komedo, pustula, atau nodul dan kista yang lebih dalam dan menyakitkan.

Skincare untuk mengatasi fungal acne

Walaupun menyebalkan, fungal acne dapat diatasi dengan skincare yang tepat. Misalnya dengan menghindari skincare yang memiliki kandungan asam lemak serta bahan-bahan kimia. Berikut ini adalah pilihan skincare untuk fungal acne yang bisa kamu beli di pasaran.

1. Derma-E Very Clear Spot Treatment

Derma-E adalah salah satu brand produk skincare yang sangat direkomendasikan untuk mereka dengan fungal acne. Produk satu ini kemasannya berwarna putih dan ada hiasan yang berbentuk bunga seperti bunga teratai di bagian depannya yang memiliki warna oranye.

Produk dengan merk Derma-E Very Clear Spot Treatment ini adalah produk yang direkomendasikan untuk mereka yang memiliki fungal acne. Produk Derma-E jenisnya krim dan dapat mengeringkan jerawat, membantu mengurangi iritasi, dan meredakan peradangan kulit. 

Tak hanya itu, produk dari Derma-E ini juga bisa menyejukkan serta menutrisi kulit dari dalam. Derma-E very Clear Spot Treatment ini mengandung anti-inflammatory dari bahan botanical extra yang dapat meredakan peradangan pada kulit. Kandungannya termasuk ekstrak tea tree, willow bark, chamomile, dan lavender.

2. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Pilihan skincare untuk fungal acne lainnya yaitu essence ikonik dari merek COSRX. Seperti namanya, essence ini bahannya 96% ekstrak mucin yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Produk skincare dari Korea ini juga diklaim dapat memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu, essence in diklaim bisa membuat kulit terasa jadi lebih kenyal serta sehat. Meskipun teksturnya lumayan kental tapi tetap mudah untuk meresap di kulit. Bahkan daya serap essence ini termasuk cepat dan ringan di kulit. 

Daya melembapkannya tidak akan membuat kulit jadi terasa berminyak. Untuk mereka yang terkena fungal acne, produk ini cukup membantu dalam menangani masalah tekstur kulit yang tak merata.

3. Cahaya Naturals Pure Tea Tree Essential Oil

Kali ini adalah produk skincare lokal asal Indonesia yang bisa dipakai untuk mengatasi fungal acne. Cahaya adalah merk baru di pasaran. Meski begitu, produk-produknya tidak akan membuat kamu menyesal. Produk ini saja sukses menghasilkan campuran yang berasal dari beragam ekstrak bahan alami.

Semua campuran bahan tersebut cocok untuk kulit wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam Cahaya essentials oil ini adalah lemon, deep sleep blend, jeruk, eucalyptus, tea tree, dan germ buster blend. Keunggulan lain produk ini yaitu terbuat dari minyak alami yang memiliki sifat terapis. 

Produk ini juga dapat menangani masalah jerawat serta fungal acne pada kulit wajahmu. Selain itu, essential oil dari Cahaya ini juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit, juga bersifat antibakteri dan anti-fungal serta mampu menjadi imun booster.

Aroma dan wangi produk skincare untuk fungal acne ini cukup khas serta menenangkan juga bisa digunakan sebagai aromaterapi. Produk ini harganya dimulai dari Rp220.000.

4. Wardah Acnederm Spot Treatment Gel

Salah satu produk perawatan untuk wajah berjerawat ini dikenal sebagai produk yang halal. Memang produk ini khusus diformulasikan untuk mengatasi wajah yang berjerawat. Karena itu produk dari Wardah ini sangat bagus untuk mereka yang mengalami fungal acne.

Produk yang berbentuk gel ini dikemas dalam tube berwarna biru-putih. Ada 7 manfaat yang terkandung dalam produk Wardah ini, yaitu untuk membantu mengurangi komedo pada kulit, membersihkan debu serta kotoran pada kulit, serta mengecilkan pori-pori.

Selain itu produk ini juga dapat menghidrasi serta melindungi kulit wajah dari sinar UV, merawat kulit berjerawat, membantu menyamarkan noda, dan mencerahkan kulit wajah. Produk ini bagus untuk fungal acne dan bisa dibeli melalui link yang telah Kamini sediakan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram