10 Pilihan Toner Lokal Terbaik yang Mengandung Salicylic Acid

Ditulis oleh Zalfa Rannan Sopian

Punya masalah dengan kulit berminyak, jerawat, komedo, ataupun pori-pori yang terlihat besar? Jika kalian mengalami satu atau mungkin semua masalah kulit tersebut, inilah saatnya untuk beralih menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid.

Salicylic acid merupakan bahan skincare yang sangatlah populer. Kandungan ini memiliki sifat oil-soluble yang membuatnya mampu tembus sampai ke dalam pori.

Ketika sudah masuk, Salicylic Acid akan bekerja dengan meluruhkan segala isi yang menyumbat pori, seperti minyak berlebih dan sel kulit mati yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat maupun komedo.

Bahan satu ini tersedia dalam segala bentuk skincare, tak terkecuali toner. Nah, jika kalian sedang mencari toner yang mengandung salicylic acid yang bagus, khususnya dari brand kosmetik lokal, Kamini sudah menyiapkan beberapa pilihan terbaik. Yuk, lihat selengkapnya di bawah!

1. Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Water

Avoskin YSB-salicylic acid_

Dengan adanya kandungan 1% salicylic acid, varian toner Avoskin Your Skin Bae ini akan bertindak sebagai exfoliating toner yang ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, pori, dan komedo. Untuk membuatnya semakin ampuh, Avoskin mengkombinasikan salicylic acid dengan kandungan lain, seperti zinc dan tea tree water.

Kedua kandungan anti jerawat tersebut akan bekerja sebagai anti inflamasi sekaligus mengurangi bakteri yang berkembang dalam pori-pori. Lalu, Zinc dan Tea Tree Water ini juga bagus dalam mengendalikan kadar minyak berlebih pada kulit.

Selain diperkaya oleh kandungan yang bagus untuk kulit rentan berjerawat, toner ini juga bebas dari bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti alkohol dan pewangi sintetis. Untuk yang ingin mencoba, setiap botol toner salicylic acid dari Avoskin YSB dengan isi 100ml bisa didapatkan dengan harga 149.000.

2. Mineral Botanica Perfect Purifying Acne Care Toner

mineral botanica-acne-toner_

Sedang dalam keadaan budget pas tapi ingin pakai toner yang mengandung salicylic acid dengan harga super terjangkau? Brand lokal Mineral Botanica punya produk yang bisa memuaskan kalian. Toner yang masuk dalam seri Perfect Purifying Acne Care ini diformulasikan untuk kulit berjerawat, berminyak, maupun kombinasi.

Selain diperkaya dengan kandungan musuh jerawat dari salicylic acid, toner ini juga dibekali oleh jojoba oil. Minyak ini dikenal ramah untuk kulit berminyak dan tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Lalu, berkat adanya anti-inflamasi dan antibakteri, jojoba oil juga berperan besar dalam menumpas jerawat.

Selain itu, ada juga ekstrak adansonia digitata yang bisa memberikan kelembapan, membantu menjaga elastisitas kulit serta memproteksi kulit dari efek buruk radikal bebas. Segala manfaat tersebut bisa kalian dapatkan hanya dengan mengeluarkan kocek sekitar 30.000.

3. ElsheSkin Acne Refresh Toner

elsheskin-acne-refresh-toner_

Toner khusus kulit berjerawat yang diformulasikan oleh ElsheSkin mengandalkan dua kandungan yang terkenal akan keampuhannya dalam menumpaskan jerawat yakni, salicylic acid dan sulfur. Mereka bekerja sama untuk membasmi bakteri P.Acne sekaligus meluruhkan minyak berlebih serta sel kulit mati yang terjebak dalam pori.

Di samping itu, terdapat juga kandungan allantoin yang akan membantu memberikan kelembapan dan menjadikan kulit terasa halus. Kandungan ini juga tergolong sebagai calming agent yang turut serta dalam meredakan peradangan pada kulit.

Selain bermanfaat dalam penyembuhan kondisi kulit berjerawat, toner ini juga akan memberikan sensasi segar dan mengembalikan pH alami kulit agar produk skincare selanjutnya menjadi lebih mudah menyerap pada kulit.

Dengan dikemas oleh botol flip-top berisi 100ml, ElsheSkin Acne Refresh Toner dibanderol dengan harga sekitar 65.000.

4. Haple Midnight Sky BHA Toner

haple-midnight sky-bha-toner_

Haple Midnight Sky BHA Toner diklaim cocok untuk pemilik kulit berminyak yang baru ingin mencoba toner eksfoliasi yang mengandung salicylic acid karena mild exfoliator ini diperkaya dengan salicylic acid dengan kadar yang tak begitu besar, yakni 1%.

Menariknya lagi, di dalam ingredients list tertera kandungan niacinamide. Dengan begini, toner bisa menjadikan kulit lebih cerah dan menyamarkan penampakan noda. Niacinamide juga diklaim dapat membantu kondisi kulit berjerawat. Lalu, dengan adanya kandungan air mawar, toner ini mampu memenuhi kebutuhan hidrasi sekaligus membantu menenangkan kulit.

Toner BHA dari Haple ini merupakan favorit dari banyak pecinta skincare, karena mampu dengan baik membuktikan setiap klaimnya. Untuk yang ingin menambahkan Haple Midnight Sky BHA Toner dalam rangkaian rutinitas skincare kalian, setiap botolnya bisa dibeli dengan harga sekitar 129.000.

5. Bhumi Resurface Mild Exfoliating Toner

bhumi-resurface-mild-toner_

Konsentrasi salicylic acid 1% dirasa kurang mempan untuk kulit? Brand kosmetik lokal Bhumi menawarkan toner dengan konsentrasi salicylic acid yang lebih tinggi. 2% salicylic acid di dalamnya akan berkolaborasi dengan kandungan eksfoliasi lain seperti glycolic acid dan lactic acid.

Meskipun dibandingkan dengan rekomendasi sebelumnya konsentrasi toner ini lebih tinggi, Bhumi memformulasikannya sebagai mild exfoliating toner yang bisa dipakai setiap hari, baik pagi maupun malam.

Untuk menetralkan kandungan eksfoliasi yang biasanya membuat kulit terasa kering, Bhumi menambahkan beberapa bahan yang terkenal bagus dalam melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, ceramide, dan rosehip oil.

Sementara untuk harga, satu botol Bhumi Resurface Mild Exfoliating Toner yang berisi 150ml ini dibanderol dengan harga berkisar 205.000.

6. Purivera White Willow Essence Toner

purivera-white-willow-toner_

Merek skincare lokal yang mengedepankan bahan natural Purivera juga mempunyai koleksi toner yang mengandung salicylic acid. Di setiap kemasan toner ini terkandung natural salicylic acid, ekstrak willow bark sebanyak 2%. Kandungan yang digunakan juga pada COSRX BHA Blackhead Power Liquid ini akan dengan lembut mengikis sel kulit mati dan mengangkat sumbatan pori-pori.

Dalam toner essence ini, salicylic acid bekerjasama dengan ekstrak centella asiatica dan bunga calendula. Keduanya akan saling bersinergi dalam membuat kulit menjadi tenang, memberikan hidrasi, serta membantu proses pemulihan kulit bermasalah, termasuk reaksi sensitif dan jerawat meradang.

Kelebihan dari toner ini dibandingkan dengan toner salicylic acid sintetik adalah toner ini cenderung aman untuk digunakan oleh kulit sensitif dengan tambahan kandungan-kandungan di atas. Jika toner ini sesuai dengan kebutuhan kulit kalian, setiap botolnya yang berisi 100 ml bisa didapatkan dengan harga 130.000.

7. Trueve B2C Acne Treatment Essence Toner

trueve-b2c-acne-treatment-essence-toner_

Untuk dapat menghasilkan toner yang efektif dalam mengatasi permasalahan kulit seputar jerawat, Trueve memadukan salicylic acid berkadar 2% bersama dengan tea tree oil dan ceramide. Konsentrasi salicylic acid yang lumayan tinggi tentu akan membuat toner ini bekerja lebih intens dalam mengatasi sumbatan pori yang merupakan akar dari tumbuhnya komedo maupun jerawat.

Kinerja salicylic acid akan dibantu dengan minyak tea tree yang menghambat pertumbuhan bakteri dan membantu meredakan kemerahan pada jerawat. Lalu, hadirnya ceramide membuat toner ini mampu memenuhi kelembapan kulit serta merevitalisasi skin barrier agar mampu bekerja dengan optimal.

Jadi, bagi yang ingin mendapatkan kulit sehat yang terhindar dari minyak berlebih dan jerawat, Trueve B2C Acne Treatment Essence Toner bisa dibeli dengan harga berkisar 159.000.

8. Erha Acneact Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner

erha-acneact-withc hazel-chamomile-toner_

Salicylic acid memang kandungan yang efektif untuk merawat kulit berjerawat dan berminyak. Sayangnya, bahan satu ini bisa menimbulkan kering dan efek cekat-cekit pada kulit. Namun, efek tersebut minim ditimbulkan oleh varian toner Erha Acneact ini. Karena, selain ada salicylic acid, di dalamnya juga terkandung banyak kandungan yang bagus dalam menenangkan dan melembapkan kulit.

Kandungan-kandungan tersebut seperti chamomile, panthenol, ekstrak lidah buaya, dan allantoin. Mereka akan bekerja dengan meredakan merah-merah yang biasanya dialami oleh kulit dengan kondisi berjerawat. Sedangkan untuk membasmi jerawat dan mengontrol kadar minyak salicylic acid dibantu dengan adanya kandungan witch hazel dan juga zinc gluconate.  

Jadi, Erha Acneact Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner tetap efektif dalam mengatasi jerawat, namun tidak membuat kulit kering maupun tidak nyaman. Bila toner dengan kandungan salicylic acid seperti inilah yang kalian cari, setiap botol toner ini bisa dibeli sekitar 119.900.

9. Envygreen AC Clean Face Toner

envygreen-clean-pore-face-toner_

Envygreen AC Clean Face Toner ini didesain untuk kulit berminyak maupun kombinasi yang memiliki permasalahan jerawat, bruntus, maupun komedo. Untuk dapat membuat toner ini bekerja sesuai klaim, Envygreen mengkombinasikan salicylic acid, centella asiatica, dan minyak tea tree.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terkandung beberapa ekstrak tanaman yang bagus untuk kulit, seperti polygonum cuspidatum root, german chamomile, dan scutellaria baicalensis root extract. Mereka memiliki peran sebagai skin-soothing serta antioksidan yang menawarkan proteksi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Envygreen Clean Pore Face Toner tersedia dalam 2 kemasan. Versi penuh dengan isi 100ml bisa didapatkan dengan harga 48.000. Sementara untuk yang masih baru mencoba, ukuran mini 30ml bisa dibeli dengan harga 19.000.

10. Dermaluz Proactive Acne Skin Toner

dermaluz-proactive-acne-skin-toner_

Koleksi toner khusus kulit acne-prone yang diformulasikan oleh Dermaluz juga mengandalkan kandungan aktif salicylic acid sebagai pembasmi jerawatnya. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat kandungan serba bisa dari niacinamide. Berkat kemampuannya dalam meredakan peradangan dan meregulasi minyak, niacinamide juga dapat mendorong salicylic acid dalam menumpaskan jerawat.

Niacinamide memiliki fungsi juga untuk memperkuat skin barrier. Lalu, seperti yang banyak dari kita ketahui dia juga bagus dalam menjadikan kulit cerah bebas noda. Berkat adanya ekstrak lidah buaya, toner ini juga akan memberikan efek soothing, segar, serta membantu menenangkan jerawat yang meradang.

Harga yang dibanderol untuk setiap botol Dermaluz Proactive Acne Skin Toner tergolong cukup terjangkau, yakni sekitar 49.000 untuk isi 100ml.

Itu dia 10 rekomendasi toner yang mengandung salicylic acid terbaik yang diproduksi brand kosmetik dalam negeri. Terlepas dari banyak manfaatnya untuk kulit berminyak maupun berjerawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan salicylic acid.

Penggunaan salicylic acid harus dibarengi dengan penggunaan sunscreen di pagi hari. Karena bahan ini berpotensi membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV. Lalu salicylic acid, terutama dalam kadar yang tinggi, tidak disarankan untuk digunakan bersama dengan beberapa bahan aktif ataupun digunakan terlalu sering. Jadi, jangan lupa untuk selalu cermati label ya!

Bagaimana? Sudahkah memilih toner salicylic acid lokal yang tepat untuk menghempaskan permasalahan seputar kulit berjerawat?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram