Kamini.id / Shampo / Cara Memakai Shampo yang Benar untuk Berbagai Jenis Rambut

Cara Memakai Shampo yang Benar untuk Berbagai Jenis Rambut

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keramas sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Ini merupakan aktivitas membersihkan rambut yang biasa dilakukan orang setiap hari, dua hari sekali, atau tiga hari sekali. Keramas bukan hanya sekadar menjaga kebersihan rambut, tapi juga membersihkan kulit kepala dan minyak berlebih, sel kulit mati, dan berbagai jenis kotoran lainnya.

Meskipun terlihat sederhana nyatanya banyak orang yang belum memakai cara yang tepat saat mencuci rambutnya. Kalau keramas dengan cara yang salah, kamu bisa terkena sejumlah masalah rambut, lho. Oleh karena itu, Kamini akan memberikan panduan cara pakai shampo yang benar untuk berbagai jenis rambut.

Petunjuk Sebelum Keramas

Agar rambutmu tetap sehat dan terhindar dari sejumlah masalah rambut, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum keramas. Hal-hal tersebut antara lain adalah:

  • Pilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Pilih Shampo Khusus

Sangat penting untuk menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Shampo bukan hanya sekadar alat untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi, pilih shampo yang tepat sesuai jenis rambutmu. Hindari kebiasaan berganti-ganti shampo karena itu dapat merusak rambutmu.

  • Sisir Rambut Sebelum Keramas

Sisir Rambut dalam Kondisi Kering

Apa sih manfaat menyisir sebelum keramas? Menyisir rambut sebelum keramas akan membuat rambutmu jadi lebih halus. Selain itu, membiarkan rambut kusut pada saat keramas hanya akan meningkatkan risiko kerontokan rambut, lho.

  • Tentukan Frekuensi Keramas

Tentukan Frekuensi Keramas

Ada yang suka keramas setiap hari, ada pula yang tiga hari sekali baru keramas. Sebenarnya kapan frekuensi keramas yang tepat? Frekuensi keramas yang benar ditentukan oleh jenis rambutmu.

Kalau rambutmu berminyak, kamu boleh keramas 2 hari sekali. Namun, kalau rambutmu kering, sebaiknya keramas 2-3 hari sekali. Kebiasaan keramas setiap hari ternyata bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepalamu.

Petunjuk sebelum keramas ini nampak sepele. Bahkan, tak sedikit orang yang mengabaikan petunjuk ini. Namun, meskipun terlihat sepele ternyata hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum keramas ini berpengaruh besar untuk kesehatan dan keindahan rambutmu.

Cara Keramas dan Memakai Shampo yang Benar

Sudahkah kamu mencuci rambutmu dengan benar? Terkadang aktivitas membasahi rambut dengan air dan shampo sudah dianggap sebagai cara keramas yang benar. Padahal, ada serangkaian aturan yang wajib kamu lakukan jika ingin mencuci rambutmu dengan benar.

Berikut adalah panduan cara keramas yang benar agar rambut dan kulit kepala lebih bersih dan sehat:

  • Basahi Rambut Terlebih Dahulu

Membilas Rambut Tidak Bersih

Selama ini, suhu air yang dipakai untuk membasahi dan membilas rambut saat keramas selalu jadi perdebatan. Di satu sisi, ada yang mengatakan air dengan suhu normal lebih baik. Sementara di sisi lain menyarankan keramas dengan air hangat.

Jika rambutmu normal atau kering, gunakan air dengan suhu normal untuk membasahi rambut sebelum keramas. Pemilik rambut berminyak bisa memakai air hangat saat membasahi rambut karena air hangat mampu membuka pori-pori kulit kepala dan membersihkan minyak maupun kotoran di pori-pori.

Saat membasahi rambut pastikan bagian dalam rambut juga ikut basah. Kegiatan membasahi rambut ini bukan hanya sekadar agar shampo bisa menghasilkan busa, tapi juga untuk menggelontor sebagian kotoran di rambut dan kulit kepala.

  • Tuang Shampo Secukupnya

Pakai Shampo untuk Rambut Kering dan Mengembang

Sesuaikan banyaknya shampo yang akan kamu pakai untuk keramas dengan ketebalan dan panjang rambutmu. Terlalu sedikit memakai shampo tentu akan membuat busa tidak berlimpah.

Tuangkan shampo di telapak tangan dan hindari menuangkan langsung di rambut karena hal itu merupakan pemborosan dan bisa membuat rambut menjadi kering.

  • Teknik Keramas

Teknik Keramas

Usapkan shampo di telapak tangan dari ujung bawah hingga akar rambut. Jangan langsung mengusap shampo di kulit kepala karena penumpukan residu busa shampo akan menyebabkan ketombe. Lanjutkan dengan meratakan busa shampo di sisi kiri dan kanan rambut.

  • Memijat Bukan Menggosok

Memijat Bukan Menggosok

Seringkali orang menggosok kulit kepalanya dengan kuku saat keramas dengan alasan untuk menghilangkan rasa gatal sekaligus membersihkan kotoran di kulit kepala. Akan tetapi, cara ini salah karena menggosok kulit kepala dengan kuku hanya akan menimbulkan ketombe berlebih.

Lakukan pemijatan dengan buku-buku jari, bukan dengan kuku. Pemijatan akan melancarkan peredaran darah di area kepala. Kalaupun harus menggosok kulit kepala, gunakan buku-buku jari dan lakukan secara perlahan.

  • Bilas Minimal 30 Detik

Keramas dengan Air Biasa

Setelah ritual mencuci rambut dengan shampo selesai, kini tiba saatnya untuk membilas rambut. Seperti pada saat membasahi rambut, kamu bebas memilih jenis suhu air yang dipakai asalkan sesuai dengan jenis rambutmu.

Saat membilas rambut dengan shower atau gayung, kamu harus melakukan pembilasan minimal 30 detik. Sambil dibilas, kamu boleh menggosok lembut kulit kepala dan rambut dengan buku-buku jari.

Mengapa harus membilas minimal 30 detik? Durasi ini dipakai untuk memastikan bahwa tidak ada sisa shampo yang masih melekat pada rambut atau kulit kepala.

Setelah ritual keramas dengan shampo selesai, biasanya sebagian orang akan melanjutkan dengan memakai conditioner. Sebelum memakai conditioner, peras rambutmu agar sisa airnya sedikit berkurang. Kamu juga bisa mencari tahu cara mengaplikasikan conditioner yang benar dengan membaca artikel cara menggunakan conditioner berikut ini.

Aturan Mengeringkan Rambut Setelah Keramas

Usai keramas dan memakai conditioner, kamu harus mengeringkan rambutmu dengan benar. Rambut yang masih terlalu basah akan menimbulkan tetesan-tetesan air yang membasahi pakaian maupun lantai. Jadi, meskipun tidak menggunakan hair dryer kamu tetap bisa meminimalisir tetesan air akibat rambut basah, lho.

Inilah tips mengeringkan rambut yang benar setelah keramas:

  • Tepuk dan Usap Pakai Handuk Kering

Tepuk dan Usap Pakai Handuk Kering

Setelah keramas biasanya orang akan langsung menggosok rambutnya dengan handuk kering. Padahal, cara ini hanya akan meningkatkan risiko kerontokan dan rambut kering. Keringkan rambut dengan handuk kering, tapi dengan cara yang berbeda.

Ambil handuk kering, lalu tepuk-tepuk dan usapkan pada rambut yang basah. Pegang handuk dengan kedua tangan, lalu ambil sejumput rambut dari akar dan usapkan handukmu dengan gerakan dari atas ke bawah.

  • Bungkus Rambut dengan Handuk

Bungkus Rambut dengan Handuk

Apabila tetesan-tetesan air sudah berhasil diserap oleh handuk, lanjutkan dengan membungkus rambutmu pakai handuk seperti ketika orang hendak melakukan creambath. Bungkus selama 5-10 menit saja, jangan terlalu lama agar rambut tidak berbau.

  • Biarkan Terurai dan Kering Secara Alami

Biarkan Terurai dan Kering Secara Alami

Hindari penggunaan hair dryer jika tidak terlalu mendesak. Rambutmu berhak mendapatkan perlakuan yang lebih baik, bukan paparan suhu panas yang dikeluarkan oleh hair dryer.

Uraikan rambut dan biarkan rambut kering secara alami. Bila perlu beraktivitas lah di ruangan terbuka agar rambut cepat kering. Jangan tidur dalam keadaan rambut masih basah karena kebiasaan itu bisa menjadi penyebab munculnya kutu rambut.

Sudah tahu cara pakai shampo yang benar, kan? Cara ini bisa diterapkan pada berbagai jenis rambut, lho. Tak ada salahnya mencuci rambut dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan keindahan mahkota alamimu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *