kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Yuk, Mari Mengenal Semua Jenis dan Tipe Shampo di Pasaran!

Yuk, Mari Mengenal Semua Jenis dan Tipe Shampo di Pasaran!

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 9 April 2020

Apa jenis shampo yang kamu ketahui? Tentu saja kamu paling mengenal liquid shampoo alias shampo cair yang biasa kita pakai sehari-hari. Sejatinya, di supermarket atau toko kelontong terdekat memang paling banyak menjual liquid shampoo ini. Padahal, ada beberapa jenis shampo yang tersedia tapi mungkin cukup jarang dijual bebas seperti shampo cair.

Nah, Kamini akan mengajakmu mengenal jenis-jenis shampo yang tersedia di pasaran. Selain itu, kami juga akan membahas tentang tipe-tipe shampo yang bisa disesuaikan dengan jenis atau masalah rambut yang sedang kamu alami. Yuk, silakan simak pembahasannya berikut ini.

Jenis-jenis Shampo

Di Indonesia, jenis shampo yang paling familiar adalah shampo cair (liquid shampoo). Kalaupun ada jenis shampo lain yang mulai dipakai oleh masyarakat, itu merupakan shampo kering (dry shampoo). Sementara di negara-negara lain jenis shampo yang tersedia terbilang cukup lengkap.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan jenis-jenis shampo, baca ulasan selengkapnya di daftar ini, ya!

  • Shampo Bubuk (Powder Shampoo)

Shampo Bubuk

Bentuk shampo yang satu ini  menyerupai bedak tabur. Sebagian besar jenis shampo bubuk ini merupakan dry shampo alias shampo kering yang tidak perlu dibilas dengan air. Namun, ada juga shampo bubuk yang bisa menghasilkan busa pada rambut basah sehingga perlu dibilas dengan air.

  • Shampo Padat (Shampoo Bar)

Shampo Padat

Yang satu ini mungkin sangat jarang ditemukan di Indonesia. Ya, shampo padat ini bentuknya seperti sabun mandi batangan. Sebagian pengguna shampo padat ini merasa bahwa shampo ini lebih hemat dibanding shampo cair. Selain itu, shampo padat dipercaya mampu mengembalikan kesehatan dan kilau alami rambut.

  • Shampo Cair (Liquid Shampoo)

Bukan Pengganti Shampo Konvensional

Kalau jenis shampo yang satu ini tentu saja sudah sangat kamu kenal, bukan? Shampo cair adalah shampo yang biasa dipakai sebagian besar masyarakat Indonesia. Shampo ini memiliki warna dan kekentalan beraneka ragam. Bahkan, ada shampo cair yang bening seperti gel.

  • Shampo Kering (Dry Shampoo)

Dry Shampo

Hampir semua shampo kering yang dijual pasaran selalu dikemas dalam botol semprot (spray). Kemasan ini tentu saja memudahkan penggunanya mengaplikasikan shampo ini. Shampo kering mampu menghilangkan minyak berlebih di rambut. Namun, jenis shampo ini tidak benar-benar membersihkan rambut dan kulit kepala.

  • Shampo Berbahan Dasar Minyak (Oil-based Shampoo)

Oil-based Shampoo

Kamu pasti berpikir bahwa shampo berbahan dasar minyak hanya dikhususkan untuk rambut kering. Akan tetapi, oil-based shampoo bisa dipakai untuk semua jenis rambut. Menariknya, shampo ini tidak akan meninggalkan residu minyak setelah dibilas. Kemampuan shampo ini dalam membersihkan rambut juga tidak kalah dengan shampo cair konvensional.

Itulah jenis-jenis shampo yang saat ini beredar di pasaran. Meskipun kamu terbiasa menggunakan shampo cair, bukan berarti kamu tak bisa mencoba jenis shampo lainnya. Kecuali shampo kering (dry shampoo), semua jenis shampo di atas aman untuk dipakai keramas sehari-hari.

Tipe Shampo Sesuai Kondisi Rambut

Setelah mengenal jenis-jenis shampo, kini saatnya kita mengenal tipe-tipe shampo yang bisa disesuaikan dengan kondisi rambut atau kebutuhanmu. Ada lebih dari sepuluh tipe shampo yang bisa kamu beli sesuai kebutuhan. Tak perlu menunggu lama, simak ulasan tipe-tipe shampo berikut ini.

  • Shampo Rambut Berminyak (Clarifying Shampoo)

Shampo Rambut Berminyak

Pernahkah kamu merasa rambut terasa lepek dan kotor? Kelepekan rambutmu itu disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala. Rambutmu membutuhkan shampo yang bisa mengurangi minyak berlebih.

Clarifying shampoo merupakan pilihan yang tepat untukmu. Kamu bisa menemukan shampo jenis ini pada shampo yang di kemasannya bertuliskan: “shampo untuk rambut berminyak” atau “shampo anti-lepek”.

  • Shampo untuk Menambah Volume (Volumizing Shampoo)

Shampo untuk Menambah Volume

Terlepas dari masalah rambut lepek, ada beragam kondisi yang membuat rambut jadi terlihat lesu dan tidak mengembang alami. Untuk menambah volume rambutmu, kamu memerlukan volumizing shampoo.

Jenis shampo yang satu ini akan membuat rambut yang semula lesu dan lepek jadi lebih bervolume. Tak perlu khawatir memakai shampo ini karena rambutmu akan terlihat mengembang secara rapi, bukan mengembang seperti rambut singa.

  • Keratin Shampo

Blow In

Nah, yang satu ini adalah shampo yang mengandung keratin. Di Indonesia, ada sejumlah brand yang menawarkan shampo yang mengandung keratin sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencarinya di luar negeri.

Manfaat keratin dalam shampo adalah menambah asupan keratin, protein pada rambut, agar rambut tidak kusam dan rapuh. Penggunaan shampo keratin ini tentu sangat bermanfaat untuk melindungi rambut yang sering ditata menggunakan alat styling atau bahan kimia.

  • Shampo Rambut Rontok (Hair Loss Shampoo)

Kenali Jenis Rambut dan Pakai Produk yang Cocok

Masalah rambut yang berikut ini nampaknya sering dialami oleh banyak orang. Ya, apalagi jika bukan rambut rontok. Kerontokan sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, kamu bisa berkunjung ke artikel penyebab rambut rontok untuk mengetahui lebih detail.

Shampo untuk rambut rontok biasanya mampu menguatkan akar dan batang rambut. Jenis shampo ini akan mengurangi kerontokan secara efektif. Namun, kamu juga perlu melakukan perawatan lain seperti menggunakan hair tonic untuk rambut rontok.

  • Shampo Rambut Kering (Dry Hair Shampoo)

Shampo Rambut Kering

Satu lagi masalah rambut yang kerap kali dialami oleh banyak orang, yakni rambut kering. Pada umumnya, rambut kering ini juga bisa diikuti dengan masalah rambut kusam, bercabang, dan mengembang. Kamu perlu shampo rambut kering terbaik untuk mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan karena faktor rambut kering ini.

Selain keramas dengan shampo untuk rambut kering, kamu pun wajib merawat rambutmu dengan conditioner. Kombinasi antara shampo rambut kering dan conditioner akan menghasilkan rambut yang lebih sehat, berkilau alami, dan tidak mengembang tak beraturan.

  • Shampo Rambut Berwarna (Colour Protecting Shampoo)

Keramas dengan Air Dingin

Nah, bagi kamu yang selalu tak mau ketinggalan tren warna rambut terbaru, kamu juga harus siap dengan sejumlah perawatan agar rambut berwarnamu tidak kering dan kusam. Penggunaan shampo khusus rambut berwarna sangat dianjurkan untuk menjaga warna rambut agar tidak pudar.

  • Shampo Rambut Smoothing (Smoothing Care Shampoo)

Peminat

Metode pelurusan rambut seperti rebonding dan smoothing memang tak pernah lekang oleh waktu. Terbukti sampai saat ini masih banyak orang yang tertarik meluruskan rambutnya dengan metode tersebut. Padahal, paparan bahan kimia pada obat pelurus rambut bisa merusak rambut.

Untuk menjaga kesehatan dan keawetan rambut smoothing-mu, keramas lah dengan memakai shampo rambut smoothing secara teratur. Bila perlu, gunakan vitamin rambut untuk menghindari masalah rambut kering dan sebagainya.

Masih banyak jenis dan tipe shampo yang mungkin belum dibahas di sini. Kalau kamu punya informasi mengenai jenis atau tipe shampo yang belum kami ulas di sini, silakan menambahkan pada kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk selalu memilih shampo yang sesuai dengan kondisi atau masalah rambut yang kamu miliki. Kunjungi juga artikel cara keramas dan pakai shampo yang benar agar kamu dapat menggunakan shampo secara tepat.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram