Kamini.id / Merawat Sepatu / Cara Mencuci Sepatu Suede yang Benar dan Paling Mudah

Cara Mencuci Sepatu Suede yang Benar dan Paling Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepatu suede tidak pernah ketinggalan jaman. Bukan hanya secara otomatis akan membuat tampilan fashionable, sepatu suede juga bisa digunakan dalam berbagai acara. Baik formal maupun non-formal. Akan tetapi, menjaga sepatu suede agar selalu kelihatan baru dan bersih bukanlah hal yang mudah.

Mencuci sepatu suede bila dilakukan dengan tepat akan memberikan tampilan suede yang selalu baik dan tahan lama. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan keliru jangan berharap banyak sepatu suede yang kamu miliki akan menemani kakimu dalam jangka waktu lama. Lantas, bagaimana cara mencuci sepatu suede yang tepat? Kabar baiknya, Kamini punya caranya untukmu. Simak langkah-langkah berikut ya!

1. Sikat Kotoran Menggunakan Suede Brush

Cara membersihkan sepatu suede_gunakan suede brush (Copy)

* sumber: www.youbeauty.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berinvestasi pada suede brush adalah hal terpenting dalam menjaga sepatu suede. Walau masih terdengar asing, tapi alat ini sudah cukup banyak bertebaran di e-commerce. Jadi kamu tak perlu kebingungan dimana mencari produk ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam mencuci sepatu suede adalah dengan menyikat satu arah area sepatu yang kotor menggunakan suede brush. Menyikat sepatu suede satu arah berfungsi untuk membersihkan lapisan permukaan sepatu dari kotoran dan benang-benang lain.

Setelah itu, sikat area yang kotor kembali dengan gerakan bolak-balik dan sedikit lebih keras. Langkah ini dapat membantu mengangkat kotoran yang tersangkut lebih dalam pada kain sepatu. Meski sangat direkomendasikan untuk menggunakan suede brush pada langkah ini, kamu juga dapat menggunakan sikat kuku atau sikat gigi, terutama yang bulu sikatnya halus.

2. Coba Gunakan Suede Rubber

Cara-membersihkan-sepatu-suede_pakai-suede-rubber

* sumber: cleaning.lovetoknow.com

Selain mengandalkan suede brush, adalah langkah yang tepat bila kamu juga menggunakan kit pembersih sepatu suede. Biasanya, pada kit pembersih ini sudah terdapat karet pembersih suede khusus.

Karet ini akan sangat membantu bila sepatumu tidak begitu kotor namun ingin secara instan membuat sepatu tampak bersih dan baru. Kalau tak ada karet pembersih suede kamu juga bisa menggunakan karet penghapus biasa yang bersih.

Cara menggunakan pembersih suede ini juga cukup mudah. Pertama, letakkan sepatu di atas kain ataupun handuk kecil. Lalu, hapuslah noda menggunakan karet pembersih suede hingga noda kotoran hilang, biasanya sekitar beberapa menit.

3. Jangan Lupakan Suede Lotion

Cara membersihkan sepatu suede_pakai suede lotion (Copy)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merasa tak puas mencuci tanpa melibatkan sabun? Tapi hati-hati kamu tidak boleh menggunakan sabun sembarangan ketika mencuci sepatu suede demi menjaga warna dan bulu suede dalam keadaan tetap baik.

Kabar baiknya, di Indonesia sudah banyak bertebaran produk pembersih suede yang bekerja baik dalam mengangkat kotoran layaknya sabun. Produk ini beredar di pasaran dengan nama Suede Lotion. Kamu dapat membeli produk ini pada link yang telah disediakan.

Cara menggunakan suede lotion ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menuangkan suede lotion pada spons, lalu menggosokkan spons tersebut pada sepatu suede dengan gerakan searah. Setelah itu, diamkan sepatu hingga mengering atau tunggu semalaman untuk hasil yang maksimal. Kamu akan mendapati sepatu suede menjadi tampak seperti baru setelahnya. Coba deh!

4. Coba Pakai Cuka atau Alkohol

Cara membersihkan sepatu suede_pakai cuka (Copy)

* sumber: www.wikihow.com

Meski banyak yang berpikiran asam dapat merusak warna atau bagian dari sepatu, namun di saat yang bersamaan, asam juga sangat baik dalam memecah kotoran yang menggumpal. Alih-alih merusak sepatu, bila dilakukan dengan tepat, penggunaan asam cuka atau alkohol bisa menjadi pahlawan dalam membantu memecah kotoran yang menggumpal pada sepatu suede.

Tuangkan sedikit saja alkohol atau cuka pada handuk atau lap pembersih. Jangan sampai mencelupkan semua bagian handuk. Setelah itu, gosok bagian kotoran yang menggumpal pada sepatu suede menggunakan handuk tersebut hingga kotoran benar-benar hilang.

Namun perlu diingat, penggunaan cuka dapat mengganggu warna sepatu suede sementara ketika sepatu masih dalam keadaan basah. Tapi, setelah menguap dan mengering, warna suede akan kembali seperti semula.

5. Cukur untuk Memperhalus Tekstur Suede

Cara membersihkan sepatu suede_cukur (Copy)

* sumber: www.onegoodthingbyjillee.com

Bila sudah digunakan cukup lama, serat-serat kain pada sepatu suede akan tampak sedikit bersabut. Tapi, bila ingin mengembalikan tekstur kain seperti semula kamu hanya perlu menggunakan alat cukur yang sudah tidak terpakai.

Cukup cukur sabut-sabut sepatu suede perlahan bila tampak muncul hingga semua sabut tersebut berguguran. Setelah itu, bersihkan sisa sabut yang telah tercabut menggunakan suede brush atau sikat gigi bulu halus.

6. Sempurnakan Kembali Serat Suede

Cara membersihkan sepatu suede_sempurnakan serat suede kembali (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Alih-alih membuat tampilan suede menjadi bersih dan baru, kegiatan membersihkan seperti menggosok dan menyikat akan membuat tampilan sepatu suede-mu malah tampak kusam. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan cuka dan alkohol kembali untuk menghilangkan kekusaman ini.

Gosokkan sepatu suede menggunakan handuk yang dibasahi sedikit oleh cuka atau alkohol kemudian tunggu hingga sepatu mengering kembali. Setelah kering, gunakan sikat untuk membuat bulu-bulu kain suede kembali mengembang. Bim—salabim sepatu suede-mu akan kembali bersih dan tampak seperti baru.

7. Aplikasikan Suede Protectant Spray

Cara membersihkan sepatu suede_spray (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Langkah satu ini merupakan langkah opsional namun cukup penting untuk dipertimbangkan. Pasalnya, langkah ini akan membantu mencegah sepatu suede menjadi tidak terlalu kotor nantinya. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Untuk menempuh langkah ini, kamu dapat menggunakan suede protectant spray. Meski barang ini cukup sulit ditemukan di Indonesia, namun bila beruntung kamu dapat menemukannya di website e-commerce.

8. Serahkan pada Professional

Cara membersihkan sepatu suede_serahkan pada professional (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan sepatu suede favoritmu adalah dengan menyerahkannya pada jasa cuci sepatu profesional. Para profesional ini tak hanya dapat membantu mengangkat kotoran sepatu suede, namun juga dapat membuat tampilannya tampak seperti baru kembali. Dan karena profesional, kamu tidak perlu meragukan lagi kemampuan mereka dalam mencuci berbagai jenis sepatu.

Jangan khawatir kesulitan mencari jasa profesional ini. Sekarang, sudah banyak shoe laundry yang bertebaran di Indonesia. Bila ingin tahu shoe laundry terdekat, kamu bisa langsung mencarinya di mesin pencarian.

Itulah cara-cara mencuci sepatu suede yang dapat dilakukan. Bila mengikuti langkah-langkah di atas dengan tepat sepatu suede-mu akan senantiasa bersih kembali seperti semula. Oh iya, selain cara mencuci sepatu suede, Kamini juga memiliki tips untuk merawat sepatu suede hingga mengembalikan warna sepatu suede yang sudah pudar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *