kamini.id
Kamini.id / Lifestyle / 10 Cara Menjadi Orang Cuek dan Dingin di Chat, Mau Coba?

10 Cara Menjadi Orang Cuek dan Dingin di Chat, Mau Coba?

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 9 Februari 2021

Orang yang cuek dan dingin kadang memiliki daya tarik tersendiri. Maka tak heran bila banyak orang yang ingin membangun karakter seperti itu di hadapan orang lain. Tapi ada juga yang ingin menjadi cuek dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menghindari orang-orang yang tidak ia sukai.

Kalau kamu termasuk golongan yang mana, nih? Apapun alasannya, kamu sangat bisa menjadi sosok yang cuek dan dingin. Salah satunya dapat kamu tunjukkan lewat caramu membalas atau mengetik chat. Penasaran? Yuk, langsung simak cara jadi orang cuek dan dingin di chat yang sudah dirangkum oleh Kamini.

1. Lama Membalas Chat

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Lama Membalas Chat

* sumber: www.freeimages.co.uk

Ada banyak alasan kenapa orang lama membalas chat, salah satunya bisa jadi karena ia sibuk sehingga tak sempat melihat ponselnya terlalu lama. Akan tetapi, orang cuek punya alasan tersendiri kenapa ia lama membalas chat.

Baik sibuk maupun tidak, orang cuek biasanya tidak akan peduli dengan pesan/chat yang masuk ke HP-nya. Apalagi bila dia sedang asyik mengerjakan sesuatu yang lain, bunyi notifikasi chat tidak akan pernah mengalihkan perhatiannya. Nah, kalau kamu ingin jadi orang yang cuek, biasakan untuk tidak terpengaruh dengan notifikasi chat di HP kamu.

2. Balasan yang Singkat

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Balasan yang Singkat

* sumber: www.insidehook.com

Orang yang cuek memang lama membalas chat, dan begitu ia membalasnya, ia lebih memilih balasan yang super singkat. Inilah salah satu ciri orang cuek dan dingin saat di-chat. Lagi-lagi alasannya karena ia tidak begitu peduli dengan chat tersebut, jadi balasan yang singkat pun dianggapnya sebagai sesuatu yang wajar.

Bila ditanya sesuatu, ia cukup mengetikkan jawaban dengan satu kata. Atau ketika diberi info tentang sesuatu, ia hanya mengetik 'ya' atau 'ok', bahkan terkadang lebih singkat lagi hanya dengan memakai satu huruf.

Buat kamu yang ingin jadi cuek dan dingin, ikuti saja cara ini. Misalnya kamu ditanya kapan akan keluar rumah, cukup balas 'nanti' atau 'besok'. Kamu tidak perlu membalas, “aku sih rencananya keluar besok sore, soalnya sekarang lagi hujan”. Jangan memberi balasan chat yang terlalu panjang, karena chat yang panjang menandakan kamu tertarik untuk mengobrol dengan lawan bicaramu.

3. Online tapi Tidak Membaca dan Membalas Chat

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Online tapi Tidak Membaca dan Membalas Chat

* sumber: hasura.io

Orang yang dingin dan cuek terkadang agak menyebalkan, salah satu penyebabnya karena mereka malas membalas chat, bahkan sengaja tidak membacanya walaupun sedang online. Tapi kalau kamu berniat jadi sosok yang cuek sekaligus dingin, cara yang satu ini harus kamu lakukan.

Tidak membaca/membalas chat saat sedang online punya kesan yang lebih 'dingin' dibanding poin 1 dan 2 di atas. Pasalnya, hal ini akan semakin menunjukkan ketidakpedulianmu terhadap orang yang berusaha membuka obrolan denganmu.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Emoticon dan Sticker

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Jangan Berlebihan Menggunakan Emotikon dan Sticker

* sumber: www.inc.com

Emoticon dan sticker adalah salah satu cara untuk mengekspresikan emosi/perasaan lewat chat. Tapi orang yang punya sifat cuek dan dingin cenderung tidak suka atau tidak pandai untuk mengekspresikan diri. Itulah kenapa orang dengan sifat seperti ini nyaris tidak pernah memanfaatkan fitur emoticon dan sticker.

Meski demikian, tetap ada beberapa emoticon yang kadang digunakan oleh orang cuek, misalnya emoticon rolling eyes atau thumb up/down. Kalau kamu ingin terlihat cuek, jangan biasakan memakai emoticon, apalagi sampai memakainya secara berlebihan dalam satu baris chat.

5. Tidak Pernah 'Tertawa' atau Memakai Emoticon Tawa

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Tidak Pernah 'Tertawa' atau Memakai Emoticon Tawa

* sumber: theconversation.com

Orang yang cuek dan dingin biasanya minim bicara, begitu pun saat berbicara lewat chat. Orang cuek juga jarang sekali – bahkan tidak pernah – 'tertawa' dalam chat-nya, termasuk menggunakan emoticon tawa.

Jika kamu 'tertawa' saat sedang chat, hal itu justru akan menunjukkan kalau kamu termasuk orang yang asyik atau ramah. Jadi hindarilah 'tertawa' agar kamu terkesan cuek dan dingin terhadap lawan bicara.

6. Jangan Pernah Bertanya Balik

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Jangan Pernah Bertanya Balik

* sumber: www.techgenyz.com

Salah satu cara untuk memulai obrolan adalah dengan melontarkan pertanyaan. Sedangkan orang cuek nyaris tidak pernah memulai percakapan, bahkan dengan orang yang ia kenal sekalipun.

Orang biasa cenderung bertanya balik untuk memperpanjang obrolan, misal ketika ditanya apakah ia sudah makan, ia tidak hanya berkata 'sudah' atau 'belum', tapi juga dilanjut dengan pertanyaan, “kalau kamu bagaimana? Sudah makan?”.

Orang yang bersifat cuek dan dingin tidak akan mengajukan pertanyaan balasan. Ia baru akan bertanya ketika memang ada hal yang sangat penting untuk ia ketahui. Akan tetapi, cara bertanya orang cuek tetap berbeda dengan orang kebanyakan. Ia akan menggunakan kalimat yang singkat, tanpa basa-basi, dan langsung ke inti permasalahan.

7. Membalas dengan Kalimat Ketus

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Membalas dengan Kalimat Ketus

* sumber: gvwire.com

Orang cuek tidak hanya membalas chat dengan super singkat, tapi kadang bernada ketus. Coba perhatikan contoh chat di bawah:

A: “Hei, lagi sibuk, enggak? Aku mau minta tolong, nih!”

B: “Apa”

A: “Kamu udah ngerjain tugas, kan? Aku lihat, dong!”

B: “Bodo amat”

A: “Ayolah, jangan pelit-pelit begitu sama temen sendiri.”

B: “Berisik”

Dari chat di atas, pasti terlihat mana orang yang bersifat cuek dan yang bukan. Balasannya memang terkesan agak ketus, tapi bila yang menerimanya adalah teman dekat, tentu balasan seperti itu tidak akan menjadi masalah karena sudah saling kenal satu sama lain.

8. Jangan Mengumbar Isi Hati dan Pikiran

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Jangan Mengumbar Isi Hati dan Pikiran

* sumber: thenankoo.com

Orang yang cuek dan dingin biasanya kurang begitu suka mengumbar perasaannya di depan publik. Jadi, salah satu kunci menjadi orang yang cuek adalah dengan menahan diri untuk tidak memberitahu isi hatimu kepada orang lain.

Ketika dalam sebuah grup chat terjadi perdebatan dan perbedaan pendapat, sebaiknya kamu tidak usah ikut-ikutan berdebat. Bahkan ketika kamu sedang jatuh cinta pada seseorang, kamu tidak perlu terlalu gamblang mengungkapkan perasaanmu pada orang tersebut.

9. Jangan Baper dan Jangan Pedulikan Omongan Orang Lain

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Jangan Baper dan Jangan Pedulikan Omongan Orang Lain

* sumber: stephanheinrich.com

Kalau kamu ingin jadi orang yang cuek, belajarlah untuk tidak peduli dengan omongan orang lain, terlebih bila omongan itu adalah pendapat yang negatif. Ketika ada orang yang memberikan komentar buruk tentang dirimu, jangan mudah baper dan anggap saja angin lalu. Dalam hal ini, menjadi cuek itu sangat penting!

Cuek dengan omongan orang memang bukan hal yang mudah, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sensitif. Tapi cobalah belajar pelan-pelan. Percayalah kalau orang yang berkomentar buruk itu tidak lebih baik darimu.

Kalau ada yang merendahkanmu lewat pesan teks atau chat, kamu tidak perlu membalasnya. Jika hal itu terjadi dalam sebuah grup chat, kamu bisa pura-pura berbicara dengan anggota grup yang lain untuk menunjukkan kalau kamu tidak terganggu dengan komentar negatif yang ditujukan padamu.

10. Katakan 'Terserah'

cara menjadi orang cuek dan dingin di chat_Katakan 'Terserah'

* sumber: www.canadianunderwriter.ca

Kebanyakan orang yang cuek biasanya tidak terlalu peduli dengan hal-hal di sekitarnya, begitu pun saat sedang chatting. Ketika berada dalam sebuah percakapan dan ditanya tentang pendapat atau disuruh memutuskan sesuatu, orang yang cuek cenderung mengatakan 'terserah' karena ia malas memikirkan hal tersebut.

Misalnya kamu sedang dalam sebuah grup chat, lalu teman-temanmu berencana mengerjakan tugas bersama dan hendak menentukan lokasinya.  Jika kamu ingin terlihat cuek, jangan terlalu terlibat dalam obrolan tersebut. Bila ada yang bertanya pendapatmu soal lokasi pengerjaan tugas, cukup balas ‘terserah kalian’ yang artinya kamu tidak terlalu peduli dengan hal itu.

Nah, begitulah cara menjadi orang yang cuek dan dingin saat sedang chatting. Tidak terlalu sulit, bukan? Walau cuek, jangan sampai  kamu mengabaikan perasaan orang lain, ya! Dan kalau punya tips lain, kamu boleh lho berbagi lewat kolom komentar di bawah.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram